Berita Politik Hukum Nasional Terbaru Hari Ini Kompas Com

By | 11 November 2023

Berita Politik Hukum Nasional Terbaru Hari Ini Kompas Com – Banyaknya pasal KUHP yang diterbitkan jelas menunjukkan nilai demokrasi yang lebih baik dibandingkan KUHP peninggalan kolonial Belanda. Namun, diperlukan penegakan hukum yang lebih tegas.

Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana (KUHP) yang disahkan pada 6 Desember 2022 merupakan warisan pemerintahan Presiden Joko Widodo yang penting di tanah air untuk memajukan hukum negara. Padahal, KUHP baru yang mengemban tugas denasionalisasi, demokratisasi dan integrasi hukum pidana merupakan peristiwa penting dalam pembangunan hukum negara, khususnya dalam konstruksi konstitusi.

Berita Politik Hukum Nasional Terbaru Hari Ini Kompas Com

Berita Politik Hukum Nasional Terbaru Hari Ini Kompas Com

Namun KUHP masih menghilangkan komentar-komentar penting yang memunculkan kemungkinan pengurangan nilai administratif yang dianggap buruk. Situasi ini disebabkan oleh adanya beberapa pasal yang mengancam kebebasan berpendapat warga negara (, Indeks keadaan terancam, 8/12/2022).

Berita Harian Penegakan Hukum Terbaru Hari Ini

Ketika kita melihat dokumen-dokumen penting ini, beberapa pertanyaan penting muncul. Benarkah KUHP baru lebih demokratis dibandingkan KUHP kolonial? Apa implikasi politik dari hukum pidana yang baru? Bagaimana menemukan keseimbangan antara kepentingan nasional, sosial dan pribadi? Ketiga pertanyaan ini akan dibahas dalam dokumen ini sebagai jawaban atas kekhawatiran masyarakat.

Jika kita melihat pasal 218 sampai dengan pasal 220 yang menimbulkan kekacauan, apalagi cara yang menyerang kehormatan atau harkat dan martabat Presiden dan/atau Wakil Presiden mempunyai ketentuan yang melindungi kebebasan rakyat. Program-program tersebut telah menunjukkan upaya untuk melindungi kebebasan berpikir dan berekspresi, dalam hal ini kritik, opini publik, dan demonstrasi.

Lebih lanjut, perlindungan hak asasi manusia tercermin dalam konstruksi penghapusan tindak pidana, apabila suatu tindakan ofensif dilakukan untuk kepentingan rakyat atau untuk membela diri. Untuk meningkatkan perlindungan, persidangan hanya dapat dilaksanakan apabila terdapat pengaduan tertulis dari Presiden dan/atau Wakil Presiden.

Di sisi lain, KUHP tetap memuat ketentuan pada Pasal 240 hingga 241 yang mengarah pada penghinaan terhadap pemerintah atau lembaga pemerintah. Lirik-lirik ini juga merupakan lirik yang kontroversial di depan umum karena hinaan sering kali dianggap sebagai opini yang keras atau pernyataan kasar di acara tersebut, berdasarkan sifatnya. Namun penyusun KUHP Umum menggunakan perlindungan yang sama dengan ketentuan yang merugikan kehormatan atau harkat dan martabat Presiden dan/atau Wakil Presiden, yaitu diperlukan pengaduan dari pelakunya.

Partai Buruh Dan Tantangan Menguatkan Kesadaran Kolektif Buruh

Jadi secara keseluruhan, perubahan tersebut menunjukkan nilai demokrasi yang lebih baik dibandingkan dengan hukum pidana warisan kolonial Belanda. Namun secara rinci, jika kita menyimak Pasal 218 hingga 220, serta Pasal 240 hingga 241, maka sistem pertahanan kebebasan manusia akan berhasil apabila memenuhi syarat utama, yaitu diperlukan keterampilan tingkat tinggi. agar penegak hukum dapat menafsirkan dengan benar perbedaan antara kritik, tajam, ofensif dan tindakan yang merendahkan atau menyerang kehormatan.

Baca Juga:  Berita Kecelakaan Di Jakarta Hari Ini

Cara untuk melindungi kebebasan manusia akan berhasil jika memenuhi persyaratan yang paling ekstrim, yaitu keterampilan tingkat tinggi yang dibutuhkan oleh petugas polisi.

Dengan kata lain, untuk dapat mewujudkan kebutuhan-kebutuhan penting tersebut, perlu dilakukan peningkatan kapasitas aparat penegak hukum mengenai terlaksananya secara baik sumbangan pidana. Situasi ini menjadi tugas dalam negeri yang sulit setelah diberlakukannya undang-undang pidana baru.

Berita Politik Hukum Nasional Terbaru Hari Ini Kompas Com

Bisa dikatakan negara ini membutuhkan pemain yang bisa memainkan sepak bola yang bagus dan menarik berdasarkan semua prinsip sepak bola Belanda. Menciptakan sebuah permainan yang menarik memerlukan beberapa unsur penting yaitu imajinasi, kecerdasan, semangat, kreativitas, inovasi dan kepemimpinan (David Winner, 2000). Jadi, pada akhirnya, hal ini bersinar dalam sebuah sistem yang terus berkreasi dan berkembang. Dari sudut pandang legenda sepak bola Belanda Johan Cruyff, sistem ini harus didukung oleh pemain-pemain terampil, yang tidak bisa dimainkan oleh pemain cadangan (Sindhunata, All Football oleh Gus Dur, 18/12/2000).

Visi Indonesia 2045

Pada akhirnya, harapan-harapan ini akan menimbulkan pertanyaan nyata apakah periode saat ini, yaitu periode keanggotaan tiga tahun sebagaimana didefinisikan dalam pasal 624 perjanjian penutupan, diperbolehkan untuk membimbing atau memberikan instruksi kepada petugas polisi berdasarkan undang-undang pidana yang baru. ?

Selain itu, tema yang kurang penting adalah pengakuan terhadap aspek politik penting dari hukum pidana umum. Bila kita menyimak pengertiannya dalam hukum pidana umum, maka pembentuk undang-undang telah menetapkan beberapa hal penting, antara lain konsistensi, kemanfaatan dan keamanan hukum, serta asas kebenaran, ketertiban dan persamaan kepentingan nasional, sosial, dan pribadi.

Kita perlu mencermati beberapa aspek hukum pidana umum. Antara lain Pasal 218 hingga Pasal 220, Pasal 240 hingga Pasal 241. Kemudian ditautkan dengan Pasal 256 KUHP yang mengatur tentang penyelenggaraan parade, demonstrasi, atau unjuk rasa. Pasal 263 hingga 264 juga mengatur ketentuan terkait penyebaran atau publikasi berita bohong. dari KUHP Umum. Selanjutnya, ketentuan mengenai kejahatan terhadap agama atau kepercayaan terdapat pada Pasal 300 hingga 305 KUHP. Mengenai perzinahan dan hidup bersama, terdapat ketentuan lain yang diatur dalam Pasal 411 dan 412 KUHP Umum. Terakhir, menyangkut perlindungan negara yang diatur dalam Pasal 188 hingga 190. dari KUHP Umum.

Berdasarkan ketentuan tersebut, terdapat budaya politik yang mengutamakan keamanan, ketertiban umum, dan stabilitas sosial agar dapat terlaksana dengan baik meskipun ada upaya demokrasi. Oleh karena itu, ada tiga faktor penting yang mendukung tindakan tersebut.

Berita Harian Bharada Richard Eliezer Terbaru Hari Ini

Pertama, penelitian Mark Tushnet (2015) menunjukkan persamaan antara hukum pidana biasa dengan apa yang terjadi di Singapura. Dalam hal ini, hukum pidana Singapura yang memiliki ketentuan terkait pencemaran nama baik, penghasutan, ketertiban umum, media, internet dan keamanan dalam negeri, dirancang tidak hanya untuk mengendalikan kritik terhadap kebijakan pemerintah, tetapi juga untuk menjaga stabilitas keamanan dari kekerasan. di masyarakat.

Baca Juga:  Sejarah Real Madrid Vs Barcelona

Hukum pidana saat ini tidak memerlukan gagasan yang jelas tentang sekularisme liberal atau perubahan sosial yang cepat, hal ini mempengaruhi pemeliharaan langkah-langkah keamanan.

Oleh karena itu, kepastian hukum, stabilitas politik dan sosial harus dijaga dalam dua langkah. Pertama, undang-undang dan peraturan perundang-undangan anti korupsi menjamin kepercayaan masyarakat dan pihak asing terhadap pemerintah karena berdampak pada perekonomian. Jadi kalau kita melihat hukum pidana yang ada, menunjukkan sifat yang tidak lepas dari hukum, atau sifat hukum yang tidak sepenuhnya mencerminkan sifat kebebasan, itu memungkinkan.

Berita Politik Hukum Nasional Terbaru Hari Ini Kompas Com

Kedua, perlindungan terhadap ketentuan kejahatan terhadap agama dan ketentuan KUHP Umum tentang pembetulan akhlak menunjukkan tidak hanya besarnya kekuasaan pemerintah untuk merambah ranah privat warga negara, namun juga hakikat menjaga hukum. . Dalam hal ini, konservatisme yang dituangkan dalam hukum pidana mempunyai banyak tujuan, yaitu (1) melindungi lembaga keagamaan; (2) memelihara struktur sosial yang telah mapan, dalam hal ini keluarga, budaya, dan agama; (3) penolakan terhadap gerakan reformasi sosial yang membangun ketertiban sosial.

Pendaftaran Cpns 2023 Diperpanjang, Ini Jadwal Terbarunya

Singkatnya, hukum pidana saat ini tidak mensyaratkan konsep yang jelas tentang sekularisme liberal atau perubahan sosial yang cepat, hal ini berdampak pada terpeliharanya ketentuan keselamatan seperti; kejahatan agama dan moral. Di sisi lain, KUHP menunjukkan sikap yang berbeda, yaitu cara masyarakat Indonesia memandang hubungan antara negara dan agama. Dalam hal ini pentingnya nilai-nilai agama dan budaya sehingga perlu dilindungi oleh instrumen hukum, di sisi lain penting untuk menentukan pilihan yang kuat antara pemerintah dan agama, atau dengan kata lain soft spiritualitas ( Setyo Wibowo, 2018).

Ketiga, UU Kesenjataan Pancasila pada Pasal 188 sampai 190 KUHP merupakan cara bela negara yang dirancang mempunyai kemampuan untuk melumpuhkan atau menghilangkan pemikiran atau pemahaman yang bertentangan dengan Pancasila. Di sisi lain, daftar ini mengungkap masalah populisme yang tersembunyi.

Sebagaimana kita ketahui, populisme merupakan konsep yang sempit, sehingga sebenarnya populisme seolah berakar pada beberapa unsur ideologi, untuk mendukung program politik yang menarik perhatian masyarakat (Cas Mudde, Cristóbal R Kaltwasser, 2017). Dengan demikian, dalam konteks Pasal 188 hingga 190 KUHP, populisme dikaitkan dengan nasionalisme dan Pancasila itu sendiri sehingga menjadikannya sebagai strategi defensif.

Jadi kalau kita ambil contoh sepak bola, maka politik hukum hukum pidana umum berdasarkan tiga poin penting tersebut menunjukkan strategi catenaccio. Jalur sepak bola meninggalkan tradisi Italia yang dianut oleh pelatih Helenio Herrera di Inter Milan saat meraih kesuksesan di Italia dan Eropa, serta Enzo Bearzot di timnas Italia pada Piala Dunia 1982 yang mengandalkan serangan, atau pertahanan. , pertandingan sepak bola. Catenaccio digambarkan sebagai rantai atau gembok, bertujuan untuk mengunci, melumpuhkan dan mengganggu serangan lawan sambil menunggu serangan yang efektif dengan mengandalkan disiplin intelektual (Jonathan Wilson, 2013).

Baca Juga:  Rcti Live Streaming Tv Bersama

Jelang Pilpres, Cara Membatasi Paparan Berita Politik Agar Tidak Stres Halaman All

Terakhir, dari kebutuhan untuk meningkatkan kemampuan aparat kepolisian dalam memahami hukum pidana terkini yang mengusung politik hukum, maka diperlukan perbandingan untuk melakukan hal tersebut. Keseimbangan antara kepentingan negara, masyarakat dan individu dapat dicapai bila tiga faktor berikut terpenuhi:

Pertama, efisiensi operasional aparat kepolisian dapat ditingkatkan dengan memperbarui KUHP agar sejalan dengan revisi KUHP. Kedua, hakim sebagai lembaga utama dalam penafsiran hukum pidana dituntut untuk memiliki integritas, kecerdasan, dan kreativitas di atas rata-rata serta didorong untuk menguasai perkara yang diterimanya agar putusannya mempunyai kualitas terbaik.

Ketiga, pengawasan terhadap lembaga-lembaga publik harus dilakukan secara aktif dan terpadu agar mampu mengkaji kelemahan-kelemahan hukum pidana umum agar hukum pidana tersebut tidak merugikan hak-hak warga negara. Dalam konteks ini, mobilisasi hukum berupa kepentingan publik yang berarti perlindungan hak asasi manusia atau konstitusi yang berupaya mengubah institusi atau kebijakan pemerintah (Lehoucq, Taylor, 2019), suatu keputusan yang dapat menjadi bahan pertimbangan masyarakat. . jika hukum pidana umum dapat atau akan mempengaruhi sepenuhnya hak-hak warga negara.

Berita Politik Hukum Nasional Terbaru Hari Ini Kompas Com

Analisis acara kebebasan berpendapat indeks nasional hukum kebebasan berpendapat politik hukum d nicky fahrizal opini d nicky fahrizal uu konstitusi konstitusi konstruksi konstitusi csis jakarta konsep liberal-sekularismeGaspol bagian tujuh bagian I mengangkat tema awal yang kompleks sebuah partai baru Indonesia dengan komentar dari Sekretaris Jenderal Partai Gelora Mahfuz Sidik dan Ketua Eksekutif Partai Kebangkitan Bangsa (PKN) Gede Pasek Suardika serta penyidik ​​Pertamam Fadli Ramadanhil. (Spesial)

Ini Jawaban Luhut Saat Kuasa Hukum Haris Fatia Tanya Soal Rangkap 15 Jabatan

JAKARTA, KOMPAS.com – Empat partai politik baru diumumkan lolos sertifikasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat dan mendapat peserta Pemilu 2024 dalam jumlah besar.

Meningkat atau menurun

Berita nasional hari ini terbaru, berita politik nasional terbaru hari ini, kompas com hari ini, berita hari ini kompas, berita politik hari ini kompas, berita politik nasional, kompas berita politik, kompas com hari ini terbaru, berita politik nasional hari ini, berita politik hari ini, berita politik terbaru hari ini kompas, kompas com politik hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *