Cara Kirim Uang Dari Luar Negeri Ke Bank Bca

By | Maret 27, 2024
|

Cara Kirim Uang Dari Luar Negeri Ke Bank Bca – JAKARTA, KOMPAS.com – Josef Pandu Untorojono, perwakilan Ria Transfer di Indonesia, mengatakan dikenakan biaya administrasi untuk transaksi pengiriman uang melalui aplikasi DANA dari negara tuan rumah pekerja migran ke Indonesia.

Namun biaya administrasinya dinilai masih relatif rendah. Ria Transfer sendiri merupakan anak perusahaan Euronet Worldwide, Inc. yang telah bermitra dengan Dana Indonesia untuk memfasilitasi pengiriman uang dari luar negeri.

Cara Kirim Uang Dari Luar Negeri Ke Bank Bca

Cara Kirim Uang Dari Luar Negeri Ke Bank Bca

“Tidak ada biaya administrasi untuk mengunduh aplikasi seluler. Ini hanyalah contoh transfer dari Singapura dengan biaya S$3. Menurut penerjemah, kalau di Indonesia harganya di bawah Rp 10.000, semuanya baik-baik saja,” jelasnya. Di Jakarta, Selasa (27 Juni 2023).

Cara Menerima Transfer Uang Dari Luar Negeri Bank Bri Mudah!

“Jadi misalnya masuk ke rekening Dana lalu ingin menarik uang ke bank, ingin membeli sesuatu atau membayar tagihan jika biayanya kurang dari 10.000 rupiah karena dihitung dalam 1 dolar Singapura. “” Tidak apa-apa, “lanjutnya. Pandu.

Sementara itu, transfer dari Malaysia ke Indonesia hanya dikenakan biaya 10 ringgit per transaksi. Nilai maksimum pengiriman uang adalah Rp 25 juta. Sedangkan kenaikan maksimal pada aplikasi DANA sebesar Rp 45 juta.

“Di Singapura harganya S$3, di Malaysia umumnya antara 5 dan 10 ringgit per transaksi. Biasanya ada cek Rp 25 juta sekali transfer, tidak boleh lebih dari itu,” kata Pandu.

Saat ini layanan pengiriman uang yang termasuk dalam DANA dan Ria Transfer hanya dapat digunakan di Malaysia, Arab Saudi, Singapura, Hong Kong, dan Taiwan.

Simak Cara Mudah Transfer Uang Ke Luar Negeri

Pekerja migran Indonesia dapat mengirimkan uang ke tanah air melalui layanan Ria Transfer dengan memasukkan nomor teleponnya.

Uang tersebut dicatat dalam bentuk saldo di aplikasi DANA. Keluarga yang ingin mentransfer uang dapat menerima uang melalui Alfamart, Pegadaian dan Lawson.

Sebelumnya, aplikasi dompet digital DANA bermitra dengan Ria Transfer untuk memfasilitasi transaksi remitansi bagi pekerja migran di Indonesia.

Cara Kirim Uang Dari Luar Negeri Ke Bank Bca

Kolaborasi ini akan memudahkan pekerja migran Indonesia unbanked untuk mengirimkan uang ke DANA melalui Ria Transfer.

Transfer Uang Yang Aman Ke Luar Negeri

Dengarkan berita terkini dan tips kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita pilihan Anda untuk mengakses saluran WhatsApp Kompas.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp. Informasi berikut tidak berlaku lagi per Mei 2024. Pengguna bijak di Indonesia sudah tidak bisa lagi mengatur saldo.

Kali ini saya akan mencoba berbagi pengalaman saya tentang langkah-langkah transfer uang ke Indonesia dari luar negeri. Kebutuhan untuk mentransfer uang dari luar negeri sangat penting bagi mereka yang tinggal dan bekerja di luar negeri. Apakah Anda ingin mengirim uang ke keluarga Anda? Atau hanya ingin menambah uang rupee Anda di tabungan dalam negeri? Bagaimanapun, prinsip penting ketika memilih layanan pengiriman uang dari luar negeri adalah memastikan nilai tukarnya menguntungkan dan biaya transaksinya murah.

Baca Juga:  Hotel Blora Indah Jawa Tengah

Di bawah ini Anda akan menemukan ikhtisar beberapa layanan pengiriman uang dari luar negeri, serta ringkasan simulasi perhitungan dan rekomendasi pribadi saya.

Bisa dikatakan proses ini merupakan cara paling tradisional dalam mentransfer uang dari luar negeri. Proses transfer memerlukan kode SWIFT bank penerima, nomor rekening dan/atau identitas penerima (jika membayar secara tunai).

Cara Mudah Transfer Uang Dari Luar Negeri Ke Indonesia

Perlu diketahui bahwa biaya transfer bergantung pada bank asal transfer dan tentunya bisa sangat bervariasi. Sebagai contoh, karena pernah ke Inggris sebelumnya, saya akan memberikan gambaran biaya pemrosesan Lloyd’s Bank untuk transfer ke luar Inggris menggunakan link di bawah ini.

Terlihat bahwa transfer dalam mata uang Euro tidak dipungut biaya. Betapa beruntungnya jika ASEAN bisa melakukan hal yang sama. Oleh karena itu, pada artikel kali ini saya hanya akan membahas biaya yang dibebankan oleh bank dalam negeri kepada peminjam asing. Intinya saat transfer dari luar negeri atau sebaliknya, Anda perlu berhati-hati dengan biaya yang dikenakan oleh bank pengirim dan biaya yang mungkin dikenakan oleh bank penerima.

Setiap bank mempunyai kebijakan yang berbeda-beda mengenai penarikan uang dari luar negeri. Termasuk soal jumlah maksimal pengiriman uang dari luar negeri. Misalnya saja proses transfer dari luar negeri ke BCA bisa dilakukan dengan menggunakan layanan Fire Cash atau Moneygram. Anda dapat melihat layanan lengkapnya di sini. Jika Anda menggunakan layanan Fire Cash, beberapa negara memiliki nomor telepon pelanggan untuk membantu Anda dengan layanan pengiriman. Moneygram dibahas lebih detail di bawah ini. Kalau baca websitenya tidak disebutkan berapa biaya transaksinya, itu berdasarkan informasi disana-sini. Setiap kali Anda menarik uang dari luar negeri, Anda akan dikenakan biaya administrasi sebesar $5 dan biaya korespondensi sebesar $15 hingga $30.

Cara Kirim Uang Dari Luar Negeri Ke Bank Bca

Untuk mengetahui biaya kirim uang dari luar negeri lewat BCA, saya coba bertanya di Twitter @HaloBCA. Di bawah ini Anda akan menemukan jawaban dan tautan ke biayanya.

Transfer Uang Dari Luar Negeri Ke Indonesia Menggunakan Transferwise

Alternatif perbankan lain yang coba saya bahas adalah BNI dan CIMB Niaga. Informasi transfer luar negeri ke CIMB Niaga dapat dilihat pada link di bawah ini. CIMB Niaga juga mendukung Moneygram sebagai salah satu alat penerimaan valasnya. Sayangnya belum ada informasi mengenai biaya reshipper. Saya mencoba bertanya lagi di Twitter tetapi tidak mendapatkan jawaban yang tepat. Jika saya memiliki informasi, saya akan menambahkannya.

Baca Juga:  Lowongan Kerja Di Jambi Tamatan Sma

Terakhir, transfer uang dari luar negeri ke BNI. Informasi selengkapnya dapat dilihat pada halaman berikut. BNI juga tampak mendukung Moneygram sebagai layanan pengiriman uang ke luar negeri. Namun biaya pengiriman juga tidak termasuk di sini. Saya juga bertanya lewat chat, namun tidak ada jawaban.

Bahkan, saya juga bertanya-tanya mengapa tidak semua bank mencantumkan biaya penarikan di luar negeri. Tampaknya biaya yang dikenakan sebenarnya bergantung pada bank tertentu yang mengirimkan mata uang asing tersebut.

Cara modern untuk mentransfer uang dari luar negeri adalah PayPal. Syaratnya penerima pembayaran juga memiliki akun PayPal. Pengiriman uang melalui PayPal tidak tunduk pada batasan apa pun dan (mungkin) tidak dikendalikan oleh pemerintah. Namun sisi negatifnya adalah nilai tukar rupiah sangat buruk. Sebagaimana dinyatakan dalam Kebijakan Ketentuan Penggunaan PayPal, dapat ditemukan di sini. PayPal membebankan biaya 2,5% pada nilai tukar. Misal harga jualnya 1 USD = Rp 10.000, nilai tukar di PayPal adalah Rp 9.750 untuk 1 USD. Jadi jika Anda ingin menarik $100 dari PayPal, Anda akan menerima 975.000 Rupee, meskipun Anda harus bisa menarik 1.000.000 Rupee.

Diptara Blog: Pengalaman Melakukan Telegraphic Transfer (tt) Ke Luar Negeri

Pilihan lain untuk mengirim uang dari luar negeri adalah Western Union (WU). Western Union telah lama dianggap sebagai cara paling andal untuk mentransfer uang ke luar negeri. Selain itu, jaringan ini juga bekerja sama dengan seluruh kantor pos di Indonesia sehingga menjadi alternatif terbaik untuk mengirim uang dari luar negeri ke daerah yang tidak tersedia layanan perbankan.

Untuk menerima uang yang dikirim melalui Western Union, Anda memerlukan kode KTP dan MTCN. Harganya gratis karena dibayarkan kepada pengirim. Di sisi lain, WU juga mendapatkan keuntungan dari pertukaran mata uangnya sendiri. Saat ini saya belum menemukan dokumentasi resmi mengenai perbedaan persentase antara kurs pasar menengah dan kurs yang digunakan WU.

WU bekerja sama dengan kantor pos, Moneygram bekerja sama dengan bank-bank di Indonesia. Kirim uang dari luar negeri dengan Moneygram juga sangat mudah dan hampir mirip dengan WU. Penerimanya juga tidak perlu memiliki rekening bank karena uangnya bisa diterima secara tunai. Hampir seluruh bank nasional di Indonesia memiliki fungsi Moneygram. Seperti WU, Moneygram tidak memungut biaya apapun kepada penerimanya, namun nilai tukar yang digunakan didasarkan pada nilai tukar Moneygram yang tentunya berbeda dengan nilai rata-rata internasional.

Cara Kirim Uang Dari Luar Negeri Ke Bank Bca

Saya telah menggunakan Wise sejak saya belajar di Inggris untuk mengirim uang dan menghemat uang. Harganya sangat-sangat murah. Nilai tukar juga merupakan nilai tukar real-time dan dapat dipantau setiap saat melalui tautan DI BAWAH INI.

Cara Kirim Uang Ke Luar Negeri

Untuk mentransfer uang dari luar negeri dengan Wise, Anda harus membuat akun terlebih dahulu DI SINI. Setelah berhasil mendaftar, Anda dapat menautkan akun Wise Anda ke rekening bank asing atau kartu kredit dan debit untuk mengirim uang dengan mudah.

Baca Juga:  Cara Mengisi Bensin Di Spbu

Wise dapat mengirimkan uang langsung ke rekening bank di Indonesia. Sekarang kamu bisa beralih ke OVO, GOPAY dan DANA lho? Tidak perlu menjadi rumit lagi.

Dalam waktu kurang dari dua jam (hari kerja), uang sudah bisa sampai ke rekening penerima di Indonesia. Sejauh ini saya sudah menggunakan Wise untuk mengirim uang dari luar negeri (di mana saya dibayar oleh Upwork sehingga saya tidak perlu menabung – ini akan dibahas lebih detail di artikel berikutnya). Jika Anda ingin mencobanya, klik tautan DI BAWAH dan saya akan memberikan transfer gratis pertama Anda.

Dengan pesatnya perkembangan teknologi, Wise juga beradaptasi dengan meningkatnya tuntutan komunitas global akan sistem perbankan yang transparan dan lancar.

Cara Kirim Uang Antar Negara Via Bank

Selain transfer uang dari luar negeri ke Indonesia, Wise kini juga bisa mentransfer uang dari Rupiah ke mata uang asing.

Selain itu, Wise dapat terhubung ke Apple Pay dan dilengkapi dengan kartu debit virtual dan fisik. Kartu debit virtual Wise Mastercard ini sangat berguna bagi mereka yang lebih menyukai transaksi online melalui website e-commerce luar negeri seperti Amazon, eBay, Aliexpress dan lainnya. Anda juga dapat berlangganan layanan streaming asing eksklusif Hulu.

Sementara itu, kartu debit fisik dapat digunakan untuk bepergian atau jalan-jalan ke luar negeri. Kartu debit fisik Mastercard Wise dapat menyimpan lusinan mata uang (40+) dan dapat digunakan di lebih dari 100 negara. Bepergian menjadi lebih mudah karena Anda tidak perlu khawatir dengan penukaran mata uang.

Cara Kirim Uang Dari Luar Negeri Ke Bank Bca

Hebatnya lagi, nilai tukar yang ditawarkan Wise sangat kompetitif. Dengan nilai tukar terendah dibandingkan bank tradisional.

Cara Kirim Uang Lewat Alfamart, Syaratnya Mudah!

Baik Anda seorang pekerja lepas, nomaden digital, atau pelancong, Wise adalah pilihan tepat untuk kebutuhan pembayaran lintas mata uang Anda yang nyaman, terjangkau, dan cepat!

Untuk menikmati

Cara kirim uang ke rekening luar negeri, kirim uang dari luar negeri ke bca, cara kirim uang dari luar negeri ke bank bri, cara kirim uang ke luar negeri lewat bca, aplikasi kirim uang ke luar negeri, cara kirim uang dari luar negeri ke bca, cara kirim uang dari luar negeri ke bank mandiri, cara kirim uang ke bank luar negeri, kirim uang ke luar negeri, cara kirim uang dari luar negeri ke rekening bca, kirim uang dari luar negeri ke bank bca, cara kirim uang dari luar negeri ke bank indonesia