Dikti Penyetaraan Ijazah Luar Negeri

By | Februari 13, 2024
|

Dikti Penyetaraan Ijazah Luar Negeri – Jakarta – Pendidikan Tinggi; Direktorat Jenderal Riset dan Teknologi (Ditjen ristek) berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat melalui layanan setara ijazah luar negeri bagi lulusan perguruan tinggi luar negeri yang kini serba online. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk mengakui kualifikasi ijazah perguruan tinggi di Indonesia dan kualifikasi ijazah yang diperoleh dari perguruan tinggi luar negeri terhadap Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Selain itu, layanan ini membandingkan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dari perguruan tinggi luar negeri dengan standar nasional pendidikan tinggi di Indonesia.

Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) di Inggris (UK) dan Nottingham menggandeng pelajar Indonesia untuk mempelajari layanan webinar internasional bertajuk ‘Sukses dalam Kesetaraan Diploma Luar Negeri’ yang menjadi tuan rumah. Kuliah Dirjen Ristek di luar negeri akan memberikan informasi yang jelas mengenai kebijakan dan prosedur kesetaraan dengan lulusan dan mahasiswa perguruan tinggi luar negeri.

Dikti Penyetaraan Ijazah Luar Negeri

Dikti Penyetaraan Ijazah Luar Negeri

Plt Perguruan Tinggi; Dirjen Ristek Nizam mengatakan, kuliah di luar negeri merupakan sebuah kesempatan berharga, khususnya bagi mahasiswa penerima beasiswa dari LPDP atau program beasiswa lembaga lain. Uang rakyat tidak boleh disia-siakan. Oleh karena itu Nizam berpesan kepada para santri untuk berusaha dan berprestasi agar dapat bermanfaat bagi masyarakat dan negara.

Persyaratan Dan Ketentuan

“Bukan hanya ijazah saja, tapi juga rekan-rekan, bahkan di sekolah dan universitas di Indonesia, terutama rekan-rekan yang berhubungan dengan teknologi, pengalaman yang bisa dibagikan kepada sekolah dan universitas untuk membekali masyarakat Indonesia dengan cara yang berbeda-beda. Bisa jalan. Perkembangan dan kondisi. Nizam berkata dalam webinar yang dilaksanakan pada Senin (27/9), “Yang terbaru di Inggris, makanya kita perluas hubungan universitas Indonesia dan universitas Inggris dengan melakukan riset dosen dan bentuk kerjasama lainnya.

Nizam juga berharap mahasiswa Indonesia di luar negeri bisa menjadi duta negara yang baik selain menjadi mahasiswa. potensi, keserbagunaan, individualitas, keragaman budaya; Berbicara tentang keindahan pariwisata dan kayanya cita rasa makanan di Indonesia akan menarik minat masyarakat Inggris untuk berkunjung ke Indonesia, bukan hanya Singapura atau Malaysia.

Nizam mengatakan, “Saat pelajar pulang ke kampung halaman dengan membawa ijazah, kami akan mempercepat seluruh proses dengan sikap pelayanan SIGAP, dengan berbagai sistem layanan berbasis online agar lebih efisien dan transparan. Will do.”

Baca Juga:  Lowongan Kerja 2023 Kementerian

Dalam kesempatan tersebut Nizam berbagi informasi mengenai reformasi yang sedang berlangsung di dunia pendidikan khususnya di Indonesia melalui Program Kampus Merdeka. Program tersebut dinilai lebih awal dilaksanakan dibandingkan negara lain yang baru beberapa universitas ternama seperti Harvard dan Stanford yang menerapkannya. Pada program ini mahasiswa diberikan waktu hingga 3 semester untuk menimba ilmu dan pengalaman di luar bidangnya dengan hasil pembelajaran yang lebih kompetitif dan fleksibel dalam Revolusi Industri 4.0.

Dokter Lulusan Luar Negeri Mengubur Cita Citanya

Nizam mengatakan, saat ini terdapat sekitar 80.000 mahasiswa di seluruh Tanah Air yang mengikuti program kampus merdeka dan 80.000 mahasiswa lainnya mengikuti program magang kampus merdeka. Program Magang Merdeka bekerja sama dengan perusahaan dan organisasi internasional seperti Huawei dan PBB memberikan kesempatan belajar intensif kepada siswa untuk memperkuat keterampilan baik hard skill maupun soft skill.

“Termasuk pertukaran pelajar internasional, pada tahun akademik ini telah berhasil ditransfer 1.000 mahasiswa dari 71 universitas, terutama di Eropa, Amerika, Jepang, Australia dan seluruh dunia,” tambah Nizam.

Pendidikan yang lebih tinggi; Prasyanthi Noorwardani, Direktur Jenderal Riset dan Teknologi, menyampaikan melalui slogan SIGAP Melayani yang merupakan singkatan dari Smile, Spirit, Integrity, Collaboration, Trust dan Professionalism. Kementerian menyediakan layanan kesetaraan online dengan 200 hingga 500 ijazah asing yang bekerja untuk kesetaraan.

Dikti Penyetaraan Ijazah Luar Negeri

“Melalui aplikasi yang dikembangkan, kami memastikan mahasiswa dapat dengan mudah mengakses dan mendaftar aplikasi setara diploma. Kami ingin membuktikan kepada Dirjen bahwa kami SIGAP dalam pelayanan,” tegas Paris.

Layanan Penyetaraan Ijazah Luar Negeri Secara Daring

Melalui webinar internasional ini, mahasiswa asing diharapkan dapat lebih mengenal sistem yang dibuat oleh Direktorat Keguruan dan Kemahasiswaan untuk proses penyetaraan ijazah luar negeri.

Selain itu, Direktur Keguruan dan Kemahasiswaan Ares Junadi menjelaskan tujuan proses penyetaraan ijazah luar negeri sebagai bentuk pengakuan terhadap kualifikasi ijazah perguruan tinggi yang diperoleh dari perguruan tinggi asing di Indonesia. Dalam prosesnya, selain setara ijazah, nilai IPK juga akan dikonversi dan dijadikan sebagai penyetaraan hasil pembelajaran akhir dari perguruan tinggi luar negeri sesuai standar nasional pendidikan tinggi di Indonesia. Ayers juga mengungkapkan, pihaknya telah mengubah Overseas Diplomatic Equivalence Service yang sebelumnya melakukan proses kesetaraan diplomasi secara penuh secara terintegrasi, kini bisa mengawasi sepenuhnya secara online.

“Sebelumnya saya sendiri yang menandatangani Surat Perintah Kesetaraan Ijazah Luar Negeri dan memisahkan hasil konversi IPK dengan Surat Perintah Kesetaraan Ijazah Luar Negeri dan menyerahkan Surat Perintah Kesetaraan Ijazah secara tatap muka. Namun, saat ini surat perintah Kesetaraan Ijazah ditandatangani secara elektronik, konversi IPK hasilnya digabungkan dengan surat perintah penyetaraan ijazah luar negeri, dan surat perintah penyetaraan dapat langsung dikirimkan ke email pemohon,” jelas Aris.

Baca Juga:  Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan Fresh Graduate

Satara Akbar Sputra, Koordinator Pelayanan Diploma Luar Negeri Direktorat Riset dan Teknologi, terlibat dalam aspek teknis pengajuan ijazah luar negeri tersebut. Ada 6 langkah untuk mengajukan setara ijazah luar negeri: 1). Pemohon melakukan pendaftaran dengan membuat akun di laman ijazahln.kemendikbud.co.id dan mengisi beberapa formulir. 2). menyelesaikan proses konversi IPK dan dokumentasi yang menyertainya; 3). Proses verifikasi terhadap dokumen yang diunggah oleh operator grup dari Direktorat Pengajaran dan Kemahasiswaan; 4). tingkat penilaian suatu objek oleh kelompok; 5) Penandatanganan SK oleh direktur menggunakan fitur e-sign; 6). SK akan dikirimkan ke email masing-masing pengunggah.

Cara Melakukan Penyetaraan Ijazah Luar Negeri Dikti Bagi Lulusan Universitas China

Sementara itu, Ketua Persatuan Pelajar Indonesia Nottingham Yohan Rubiantur mengatakan webinar tersebut digelar dalam waktu dekat. Artinya, pelajar Indonesia di luar negeri pada tahun ajaran 2020/2021 akan segera kembali setelah menyelesaikan studinya pada akhir September. Yohan mengatakan, tidak hanya pelajar Indonesia dari Inggris saja, tapi juga pelajar dari banyak negara lain yang akan selesai pada akhir September. Terakhir kali Dakitty memposting setara ijazah di IG story saya. Banyak teman menanyakan pertanyaan berbeda kepada saya. Bagaimana melakukannya kecuali seseorang memberitahu Anda mengapa mereka tidak bekerja. Nah, dari pada syuting berulang-ulang, mending sebutkan pengalaman setara ijazah luar negeri (LN) di perguruan tinggi.

Oleh karena itu, mulai 1 Maret 2018, seluruh proses kesetaraan diplomasi asing dilakukan secara online. tidak apa-apa! Jadi Anda tidak perlu berkali-kali datang ke Ducty Office untuk mengurus penyetaraan ijazah Anda. Penelitian Ia mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

Karena tidak ada pertemuan tatap muka (kecuali saat Anda mendapatkan ijazah kesetaraan), yang Anda perlukan hanyalah komputer, pemindai (karena dokumen akan dipindai) dan koneksi internet.

Dikti Penyetaraan Ijazah Luar Negeri

Kemudian daftar akun baru dengan email… lalu ikuti seluruh prosesnya. Mudah dimengerti, semuanya seperti Indonesia. Dokumen yang harus diunggah seperti ijazah, surat rekomendasi; Paspor…

Baca Juga:  Lowongan Kerja Jaga Kantin Surabaya

Panduan Penyetaraan Ijazah Luar Negeri Online

Yang agak membingungkan adalah katalog mata kuliah, silabus dll… Beberapa teman saya yang tinggal di kampus yang sama di UCL mengikuti program yang berbeda. Saat orientasi, penasihat program mereka menyerahkan katalog kursus…yah, benar. Karena saya…tidak mencoba mencari website untuk program Anda…pertama…ada katalog yang bisa diunduh. Anda mungkin juga menemukan bahwa program studi Anda tidak memiliki katalog mata kuliah di situs webnya. Bagaimana saya mendapatkannya? Tanyakan pada bagian administrasi di kampus Anda. Kamu harus.

Menjaga keseimbangan ini membutuhkan kemauan dan kesabaran yang kuat. Mengapa? Pasalnya, prosesnya hanya memakan waktu satu hari dan jumlah lamaran yang diajukan dibatasi 50 per hari. Suami saya (yang berulang kali gagal mengajukan karena kuota harian sudah 50) memulai sistem online dari jam 8 pagi. Tapi saran saya coba pagi-pagi sekali (misal Subuh)… Tapi saya sudah upload tadi malam, jadi saya submit pagi-pagi sekali.

Tapi, sampai kapan? Hmmm jangka waktunya berbeda-beda sesuai pengalaman saya dan hasil bertanya pada banyak teman. Tapi rata-rata sekitar 1 bulan. Tapi jangan khawatir; Tidak perlu menelepon Dikti untuk menanyakan perkembangan lamaran Anda. Pasalnya, sistem akan secara otomatis mengirimkan email kepada Anda untuk memberitahukan kemajuan apa pun dalam proses penyetaraan ijazah. Bagi saya, ini adalah kemajuan.

Jadi total waktu saya dari penyerahan sampai selesai adalah 16 hari. Ini contoh saya, saya tidak bilang waktunya 16 hari. Beberapa teman saya dalam sebulan, 3 minggu atau lebih dari sebulan. Mengapa berbeda? Hmmm saya tidak tahu pasti…tapi asumsi. Mungkin itu sebabnya.

Penyetaraan Ijazah Dikdasmen

Tapi jangan khawatir; Jika ada sesuatu dalam file Anda yang tidak jelas/tidak lengkap; Petugasnya (melalui sistem) pasti akan menginformasikannya…tapi jika anda penasaran karena belum selesai. Saya sarankan sebelum 2 bulan, periksa kantor jaga. Ayo… langsung ke Departemen Pendidikan Tinggi (dalam kasus saya).

Sekarang

Lowongan kerja luar negeri tanpa ijazah, penyetaraan ijazah sma luar negeri, penyetaraan ijazah luar negeri dikti, perguruan tinggi luar negeri yang diakui dikti, beasiswa dikti luar negeri, kuliah di luar negeri tanpa ijazah sma, kerja di luar negeri ijazah sma, daftar universitas luar negeri yang diakui dikti, penyetaraan ijazah dikti, penyetaraan ijazah luar negeri, penyetaraan ijazah s2 luar negeri, kerja luar negeri tanpa ijazah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *