Kebakaran Hutan Di Sumatera Selatan

By | Februari 13, 2024
|

Kebakaran Hutan Di Sumatera Selatan – Aparat Penegakan Hukum KLHK, Senin (18/9/2023). (ANTARA/HO-Kementerian LHK)

JAKARTA (Antara) – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menutup kawasan kebakaran hutan dan lahan di Sutra Selatan (Susel) melalui petugas pengawas lingkungan hidup dan polisi kehutanan.

Kebakaran Hutan Di Sumatera Selatan

Kebakaran Hutan Di Sumatera Selatan

Di lokasi tersebut telah didirikan papan larangan beroperasi dan Hotline Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (PPLH), kata Direktur Jenderal Penegakan Hukum Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Nisbah Rido Sani, dalam keterangannya. Di Jakarta, Selasa.

Usaha Warga Gotong Royong Padamkan Kebakaran Hutan Dan Lahan

Lokasi frontage terbanyak berada di Kabupaten Ogan Koering yaitu PT KS dengan luas 25 ha, PT BKI dengan luas 60 ha, PT SA dengan luas 30 ha, PT RAJ dengan luas seluas 1.000 ha, dan saat ini lahan lainnya di I Kedaton. Dalam tahap pembangunan, pihaknya memiliki lahan sekitar 1.200 hektare, sedangkan PT WAJ memiliki lahan sekitar 1.000 hektare.

Rasio tersebut menjelaskan bahwa penyegelan areal kebakaran hutan dan lahan oleh tim pengawas merupakan upaya awal untuk mencegah meluasnya dampak kebakaran.

Kebijakan penyegelan tersebut diamanatkan Pasal 74 ayat (1) huruf j Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

Koordinasi terus dilakukan dengan pemerintah daerah dan gugus tugas penanganan kebakaran hutan, hutan, dan lahan agar upaya lebih efektif, termasuk upaya penegakan hukum, kata laporan itu.

Kebakaran Lahan Gambut Di Sumsel

Sesuai dengan Instruksi Presiden RI No. 3 Tahun 2020 tentang Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan berupaya memperkuat pencegahan dan penegakan hukum sebagai upaya penanggulangan kebakaran hutan dan lahan.

Operasi pengawasan intensif dilakukan untuk mendeteksi daerah-daerah yang teridentifikasi sebagai titik api atau titik api. Inspeksi lapangan dilakukan sebagai langkah awal untuk mencegah dan mengambil tindakan terhadap penyebaran api.

Baca Juga:  Acara Berita Di Tv One Hari Ini

Apabila ditemukan adanya kesengajaan atau kelalaian, maka aparat penegak hukum yang berada di bawah kewenangan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan akan digunakan untuk menindak tegas para pelaku usaha dan kegiatan peruntukan hutan dan lahan.

Kebakaran Hutan Di Sumatera Selatan

“Sanksi terhadap perusahaan yang melakukan pembakaran di kawasan konsesi dapat berupa sanksi administratif, penegakan atau penghentian sementara oleh pemerintah, pembatalan izin, dan penegakan hukum pidana,” jelas rasio.

Penampakan Kebakaran Hutan Kepung Tol Palembang Indralaya

Baca Juga: BNPB Sebut Cakupan Asap Karhutla Sulsel Terkendali Baca Juga: KLHK: Ancaman Karhutla di Indonesia Surut

Perusahaan yang kedapatan lalai atau sengaja membakar hutan dan lahan terancam hukuman 10 tahun penjara dan denda Rp 10 miliar.

Hukuman tersebut sesuai dengan ketentuan Pasal 108 UU No. 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

Selain itu, perusahaan dapat dikenakan sanksi administratif dan hukum pidana. Bahkan, penegakan hukum pembakaran hutan dan lahan juga dapat dilakukan melalui gugatan perdata untuk kompensasi lingkungan hidup.

Kebakaran Hutan Dan Lahan Sampai September 2019 Hampir 900 Ribu Hektar

Selain itu, rasio tersebut menyebutkan kasus kebakaran hutan dan lahan memerlukan perhatian khusus karena berdampak langsung terhadap lingkungan dan kesehatan masyarakat.

Kai berkomitmen untuk terus menjalankan tugas sesuai kewenangannya untuk mencegah karhutla dan menindak tegas pelakunya, tutupnya. Bayung Lensir, Musi Banyuwasin, Sumsel, Rabu (21/8/2019). Antara foto/Vahdi Septiwan/Pers/Amin.

…Kasus karhutla tahun 2020 sebanyak 24 kasus, namun pada tahun sebelumnya ada 36 kasus… Palembang (Antara) – Kapolda Sumsel, Kapolres Eko Indra Heri S. Terungkap. Pada musim kemarau tahun 2020, jumlah kasus kebakaran hutan di wilayah tersebut mengalami penurunan sebesar 36 persen.

Baca Juga:  Acara Tv Hari Ini Sctv Samudra Cinta

Kebakaran Hutan Di Sumatera Selatan

“Pada tahun 2020 terdapat 24 kasus karhutla berdasarkan paparan, sedangkan pada tahun sebelumnya terdapat 36 kasus,” ujarnya dalam keterangan kinerja jajarannya pada tahun 2020.

Pj Gubernur Sumatera Selatan Agus Fatoni Dan Satgas Karhutla Tinjau Langsung Kebakaran

Berdasarkan kasus yang ditangani penyidik ​​Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Sumsel, sebanyak 26 tersangka telah diproses sesuai hukum pada tahun ini. Dia tidak mengatakan apakah ada individu atau perusahaan yang menjadi tersangka.

Sedangkan akibat pembakaran hutan dan lahan yang disengaja, luas lahan dan hutan yang terbakar mencapai 33,25 hektar.

Karena masih adanya kasus pembakaran hutan dan lahan, polisi meminta perusahaan dan pemilik lahan di wilayah tersebut untuk menghentikan pembakaran hutan dan lahan serta membuka lahan baru setiap musim kemarau.

Pembakaran hutan dan lahan merupakan tindak pidana karena asap yang dihasilkan pada saat pembakaran lahan dapat menimbulkan gangguan terhadap berbagai aktivitas dan kesehatan masyarakat.

Foto: Darurat Kebakaran Hutan Dan Lahan

Kasus karhutla terdapat di beberapa kabupaten yang rawan karhutla, antara lain Kabupaten Ogan Komering Ilir, Kabupaten Ogan Ilir, Kabupaten Banyuasin, dan Kabupaten Musi Banyuasin.

Kebakaran hutan dan lahan tidak boleh dibiarkan karena dampaknya sangat berbahaya karena dapat menimbulkan kabut asap dan kerusakan lingkungan, ujarnya. Kebakaran Hutan dan Lahan 2022 di Ogan-Ilir Sumatera Selatan 28-06-2022 Rabu 29 Juni 2022 669 1 Informasi Awal Kebakaran Hutan dan Lahan di Ogan-Ilir Kabupaten Sumatera Selatan | 28-06-2022 Informasi awal Pusat Krisis Kesehatan mengenai bencana kebakaran hutan dan lahan di Kecamatan 1 Pemulutan Barat, Ogan-Ilir, Sumatera Selatan pada 28-06-2022. Selasa (28/06/2022) terjadi kebakaran di Desa Arisan Jaya, Kecamatan Pemulutan Barta, Kabupaten Banyuwasin yang melibatkan semak, ilalang, batang, dan semak belukar. Luas lahan yang terbakar ± 9,5 ha. Data awal yang diterima dari dinas kesehatan setempat berkoordinasi dengan beberapa instansi terkait, jumlah korban jiwa sebanyak 0 orang, antara lain 0 meninggal, 0 meninggal, 0 hilang, 0 luka berat/rawat inap, dan 0 luka ringan/rawat jalan. dan 0 orang yang melarikan diri. Upaya yang dilakukan Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota: Mangala Agni dan BPBD Cub melakukan pemantauan. Upaya Dinas Kesehatan Daerah Ogan Ilir : Menghubungi Dinas Kesehatan Kabupaten. Upaya Pelayanan Kesehatan Wilayah Ogun Ilir: Upaya Kementerian Kesehatan: Pemantauan Menyiapkan laporan Untuk informasi lebih lanjut, hubungi, Badan: BPBD Kab. Nama Pelapor Ogun Ilir : Jabatan : No. telepon:

Baca Juga:  Prediksi Skor Persija Vs Persita

PASAL TERKAIT KEKERASAN- SRAGEN JAWA TENGAH, 12-02-2024 KEBAKARAN DI KOTA-JAKARTA-UTARA, DKI-JAKARTA, 25-01-2024 NAGEKEO, NUSA-TENGARA-2001-2000 GEMPA NAGEKEO. , Kalimantan Utara, 24-01-2024 Topan Indramayu, Jawa Barat, 24-01-2024 Artikel Populer Dampak Penebangan Hutan Ilegal terhadap Lingkungan Bagaimana Indonesia menghadapi El Nino dan La Nina? Apa dampak negatif penggundulan hutan terhadap kehidupan dan apa penyebab banjir?

Kebakaran Hutan Di Sumatera Selatan

Instagram Facebook Twitter Youtube Hubungi Kami Pusat Krisis Kesehatan Jl. H.R. Razuna Said, Prof. Bangunan. Sujudi, Letjen. 6, Jakarta 12950 Telp. (021) 526 5043, 521 0411, 521 0421, 521 0394 Faks. Hubungi 527 1111, 521 0395| Pertanyaan yang Sering Diajukan | RSS | PETA SITUS

Karhutla Di Indonesia Dari Ujung Ke Ujung

Kebakaran hutan di kalimantan selatan, kebakaran hutan di kalimantan, kebakaran hutan sumatera selatan, madu hutan sumatera selatan, penyebab kebakaran hutan di sumatera, kebakaran hutan di pekanbaru, berita kebakaran hutan di sumatera, kebakaran hutan di indonesia, penyebab kebakaran hutan di indonesia, kebakaran hutan di sumatera, artikel kebakaran hutan di indonesia, data kebakaran hutan di indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *