Universitas Yang Menerima Jurusan Ips

By | Maret 27, 2024
|

Universitas Yang Menerima Jurusan Ips – DITERIMA sebagai calon mahasiswa baru Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat (ULM) yang bukan jurusan sains mendadak viral di Twitter beberapa hari terakhir.

MASALAHnya, calon mahasiswa tersebut dikatakan mahasiswa jurusan ilmu sosial non eksakta, padahal sebenarnya kuliah di Fakultas Kedokteran ULM yang termasuk dalam kategori ilmu eksakta (IPA).

Universitas Yang Menerima Jurusan Ips

Universitas Yang Menerima Jurusan Ips

Karena itu, timbul perdebatan di kalangan netizen karena calon mahasiswa tersebut disebut-sebut adalah mahasiswa teknik komputer. Akibatnya calon mahasiswa di-bully atau di-bully di Twitter.

National University Preparatory School (nups)

Seperti yang dicatat oleh akun Buruan @sbmptnfess yang membeberkan identitas calon mahasiswa Fakultas Kedokteran ULM tersebut. Bahkan, para calon mahasiswa mengikuti Seleksi Berbasis Ujian Nasional (SNBT) di seluruh perguruan tinggi se-Indonesia melalui Pusat Pengelola Tes Pendidikan (BP3) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Dikatakan pula akibat kesalahan sistem seleksi nasional penerimaan peserta didik baru (SNPMB) tahun 2023 dan bukan kesalahan calon mahasiswa, apalagi jika berprestasi dan menjadi pilihan kedua. Bahkan, sistem penerimaan peserta didik baru secara online atau digital disebut-sebut rusak.

Wakil Rektor Bidang Akademik ULM, Dr. Iwan Aflanie bercerita tentang pro dan kontra menerima mahasiswa baru Fakultas Kedokteran ULM yang bukan dari jurusan eksakta.

“Ada aturan baru dari Kemendikbud. Dengan aturan baru ini, penerimaan peserta didik bisa lintas jurusan melalui jalur SNBP dan SNBT,” kata Iwan Aflanie, Selasa (27/6/2023). ).

Rekomendasi Sekolah Kedinasan Buat Anak Ips, Kuliah Gratis Dan Jadi Cpns

Mantan Dekan Fakultas Kedokteran ULM ini mengatakan, Seleksi Berbasis Prestasi Nasional (SNBP) dan Seleksi Berbasis Ujian Nasional (SNBT) pada tahun 2023 akan memberikan kesempatan kepada calon mahasiswa untuk memilih program studi sesuai minatnya.

“Mahasiswa dari jurusan IPA bisa memilih kurikulum hukum sosial (ilmu sosial), sedangkan mahasiswa dari jurusan ilmu sosial dan bahasa bisa memilih kurikulum sains dan teknologi (eksakta),” kata Iwan.

Pemeriksa kesehatan RSUD Ulin ini menegaskan mengapa calon mahasiswanya bisa lulus ujian? Sebab, yang diuji bukanlah hal yang mendalam.

Universitas Yang Menerima Jurusan Ips

“Pada dasarnya yang diujikan hanya literasi bahasa Indonesia, literasi bahasa Inggris, dan penalaran matematis. Jadi semua anak yang pintar mungkin bisa mengerjakan tes dengan baik dan mendapatkan hasil yang bagus,” jelas Iwan.

Jurusan Kuliah Untuk Anak Ips Lengkap Dengan Prospek Kerjanya!

Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kalsel ini membantah hal tersebut akibat kesalahan sistem penerimaan mahasiswa baru.

“Karena dirancang Kementerian, kita ikuti saja. Sebab, pada SNBT kemarin, ujian BP3 dilakukan secara terpusat dan sistemnya terbuka dan transparan, jelas Iwan.

“Sekarang bisa, ada fasilitas untuk memilih peminatan. Dari jurusan IPA, IPS, atau bahasa, boleh memilih prodi PTN sesuai keinginan. Tidak ada syarat tertulis yang (mahasiswa jurusan IPA) harus pilih prodi A, B, C, D, (mahasiswa jurusan IPS tidak bisa masuk (prodi) A, B, C, D, tidak ada apa-apa. Jadi bisa pilih program sarjana di PTN,” tambah Iwan. () 5 Gelar Sains Paling Menjanjikan di Era 4.0 4 Juli 2022 Tips Beasiswa Pascasarjana di Luar Negeri 4 Juli 2022

Baca Juga:  Contoh Cv Pengalaman Kerja Administrasi

Mata kuliah IPS terpopuler di kampus. Bagi yang baru lulus SMA sebagai siswa IPS, yuk kita bareng-bareng. Artikel ini untuk Anda! Apalagi jika Anda masih memikirkan banyaknya pilihan dalam memilih seorang spesialis.

Apakah Siswa Ips Bisa Mengambil Jurusan Sistem Informasi?

Sebelum memilih jurusan untuk dipelajari selama 3 hingga 4 tahun, Anda perlu memastikan bahwa jurusan tersebut sesuai dengan minat Anda. Atau jika Anda tidak berbicara tentang cinta, setidaknya ketahuilah bahwa jurusan ini akan membantu Anda mendapatkan karir yang Anda inginkan kelak.

Pilihan pertama jurusan IPS terpopuler adalah Akuntansi Keuangan. Fakultas Ekonomi dinilai sangat keren dan peluang kerjanya sangat beragam. Pekerjaan apa saja yang bisa dilakukan oleh lulusan akuntansi? Dengan gelar ini, Anda dapat bekerja sebagai akuntan, akuntan, auditor dan banyak lagi. Tentunya setiap kantor, baik negeri maupun swasta, membutuhkan seorang akuntan. Baik institusi maupun institusi pendidikan.

Dalam kursus ini, Anda akan mempelajari prinsip-prinsip akuntansi, akuntansi keuangan, akuntansi pajak, akuntansi manajemen, hukum akuntansi, metode akuntansi, audit, dan banyak lagi.

Universitas Yang Menerima Jurusan Ips

Departemen Psikologi dapat disebut sebagai “Departemen Kedokteran” mahasiswa IPS dan merupakan jurusan IPS terpopuler. Setelah memperoleh gelar sarjana, Anda dapat melanjutkan ke gelar master yang berkualifikasi profesional dan memulai praktik konseling Anda sendiri sebagai psikolog. Bagaimana jika Anda lulus dengan gelar Psikologi? Tak perlu khawatir karena Anda bisa bekerja sebagai human resource development (HRD) officer di perusahaan-perusahaan di berbagai sektor industri seperti pendidikan, kesehatan, pariwisata, dan manufaktur. Di jurusan ini Anda juga dapat memilih untuk fokus pada Psikologi Industri, Psikologi Klinis, Psikologi Anak, dan Psikologi Perkembangan.

Jurusan Kuliah Favorit Anak Ips, Kamu Pilih Mana?

Lalu ada Hubungan Internasional yang biasa disingkat HI. Program studi ini menjanjikan minat yang besar bagi mahasiswa jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial. Banyak profesi yang dianggap bergengsi oleh masyarakat umum, seperti diplomat, konsultan imigrasi, jurnalis internasional, dan penasihat politik, dipegang oleh lulusan HI. Selama kuliah di Institut Hubungan Internasional, Anda akan mempelajari materi yang tidak jauh dari hubungan internasional antar negara seperti hukum internasional, perdagangan luar negeri, dll.

Profesi pengacara tidak hanya bergengsi, tapi juga menjanjikan penghasilan yang tinggi. Tentu saja, jika Anda ingin berkarir sebagai pengacara, Anda harus mengikuti sekolah hukum terlebih dahulu.

Tidak jauh berbeda dengan Jurusan Psikologi, namun untuk menjadi seorang pengacara Anda perlu melanjutkan pendidikan bahkan setelah menyelesaikan gelar sarjana hukum. Pilihan karir lain yang bisa Anda lakukan adalah menjadi Notaris dan Juru Ukur Tanah (PPAT). Setelah lulus dari Fakultas Hukum, Anda harus menyelesaikan pelatihan profesional pertama Anda sebagai notaris. Jika Anda belum mencapai jenjang profesional, jangan berkecil hati karena lulusan hukum masih memiliki banyak peluang kerja. Gelar Sarjana Hukum seringkali dapat mengisi posisi hukum di suatu perusahaan atau industri. Tugasnya adalah menjaga kontrak perusahaan untuk karyawan dan kemitraan bisnis.

Baca Juga:  Beasiswa S3 Luar Negeri Tanpa Toefl

Kategori Komunikasi mencakup berbagai disiplin ilmu karena dapat digunakan dalam berbagai disiplin ilmu, termasuk karya seni. Buktinya, banyak orang terkenal yang memutuskan kuliah di Jurusan Ilmu Komunikasi.

Profil Dan Informasi Universitas Brawijaya (ub)

Departemen ini mengajarkan berbicara di depan umum, fotografi, desain periklanan, keterampilan menulis dan banyak lagi. Pekerjaan yang sangat bergengsi setelah mendapatkan gelar di bidang ilmu komunikasi, misalnya manajer hubungan masyarakat (PR) dan manajer pemasaran.

Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) merupakan jurusan yang mempelajari konsep-konsep komunikasi yang disampaikan melalui media visual seperti gambar, foto dan bentuk visual lainnya. Nantinya, Anda bisa mendesain logo, gambar, dan visual lainnya sebagai alat periklanan dan penjangkauan. Media visual digunakan sebagai cara untuk mengkomunikasikan informasi tertentu dan untuk membujuk (mempengaruhi) orang.

Permintaan yang tinggi ini telah menjadi permintaan yang tinggi sejak awal era digital. Anda dapat berperan aktif sebagai animator, spesialis multimedia, desainer grafis, dll. di berbagai institusi seperti perusahaan swasta dan instansi pemerintah.

Universitas Yang Menerima Jurusan Ips

Perlu diketahui bahwa dengan berkembangnya dunia jurnalisme digital dan internet saat ini, media dapat terus berkembang. Oleh karena itu, masyarakat memerlukan informasi berita yang jelas dan akurat. Jika Anda tertarik bekerja di media, Anda harus belajar jurnalisme. Secara khusus, analisis media, penelitian komunikasi, penulisan kreatif, rilis berita, penelitian, dll. Prospek pekerjaan atau karier bagi reporter TV/koran/media online,  editor, penulis, editor, pelatih, analis, media, peneliti, dll.

Anak Ips Masuk Farmasi? Bisakah?

Jika DKV berfokus pada pembuatan desain, Jurusan Animasi mendalami teori dan teknik pembuatan animasi 2D dan 3D dalam film, game, dan bidang lainnya. Disiplin ini mencakup studi komposisi seni visual, membaca dan narasi kritis, pengenalan CGI, komposisi visual 3D, animasi dasar, dan banyak lagi. Jika Anda lulus dari jurusan animasi, Anda dapat berkarir sebagai Animator Film Nasional dan Internasional, seniman naskah, desainer game, desainer efek visual, seniman konsep. Menarik bukan? Apalagi sekarang industri film dan hiburan sedang sangat aktif, karier Anda juga bisa pesat.

Nah, itulah 8 IPS terpopuler di kampus. Sebenarnya jurusan lain tidak penting, Anda hanya boleh menyukai jurusan lain kecuali 8 jurusan yang disarankan di atas. Seperti disebutkan di awal, Anda harus mempertimbangkan prospek karier selain minat dan bakat Anda. Selamat menjelajah!

Baca Juga:  Freelance Yang Bisa Dikerjakan Di Rumah

Informasi menarik lainnya dapat Anda ketahui lebih lanjut melalui situs resminya. Di website ini Anda juga dapat memilih proses pendaftaran online sesuai kriteria Anda. Ayo, bergabunglah hari ini dan mulailah karir Anda bersama!

Mahasiswa baru yang diterima di PTN dikelompokkan berdasarkan jurusan pada tingkat SMA, pada jenjang SMA dan sederajat terdapat 3 jurusan yaitu IPA, IPS dan Bahasa.

Jurusan Kuliah Yang Cocok Untuk Anak Mak Dan Anak Ma Keagamaan, Anak Smk Dan Lainnya

Jurusan Ilmu Sosial masuk dalam kelompok Ilmu Sosial ketika mendaftar ke universitas, dimana mahasiswa hanya dapat memilih aspek perguruan tinggi dengan latar belakang mata pelajaran IPS.

Saat duduk di bangku SMA, sebaiknya pilih jurusan yang sesuai dengan minat, karena jika ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang sarjana, penting untuk mengetahui jurusan apa yang bisa diambil.

Soshum, singkatan dari Social Humanities, merupakan kelompok seleksi jurusan di perguruan tinggi negeri berdasarkan ilmu-ilmu sosial.

Universitas Yang Menerima Jurusan Ips

Jurusan IPS di UGM berjumlah 30 jurusan, Universitas Indonesia berjumlah 32 jurusan, dan Universitas Brawijaya mempunyai 29 jurusan untuk mahasiswa IPS yang termasuk dalam kelompok IPS.

Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun 2022/2023

Jadi, sebelum mendaftar, kamu bisa melihat di website masing-masing universitas program studi sosial dan humaniora apa saja yang tersedia, lalu kamu bisa menentukan kampus dan jurusan apa yang ingin kamu ambil.

Misalnya saja jika mengikuti SNMPTN, Anda akan diminta memilih 2 universitas dan 2 jurusan ilmu sosial dan humaniora jika mendaftar melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, dan Mandiri.

Melihat persaingan di banyak perguruan tinggi negeri seperti UI, UGM, UB dan lain-lain, terdapat jurusan studi IPS yang paling banyak diminati, hal ini dapat dilihat melalui website LTMPT.

Departemen Psikologi termasuk dalam kelompok Ilmu Pengetahuan Sosial dan Kemanusiaan yang nomor 1 terpopuler di kalangan mahasiswa ilmu sosial. Bidang keilmuan yang mempelajari perilaku dan mentalitas manusia dalam tahapan keilmuan adalah psikologi.

Universitas Sriwijaya Pelajari Praktik Akuntansi Di Fe Uny

Melihat animo penerimaan mahasiswa tahun lalu, misalnya Universitas Gadjah Mada

Universitas yang menerima kip kuliah, universitas yang menerima jurusan ips masuk keperawatan, universitas kedokteran yang menerima jurusan ips, universitas keperawatan yang menerima jurusan ips, universitas swasta yang menerima kjmu, universitas swasta kedokteran yang menerima jurusan ips, fakultas kedokteran gigi yang menerima jurusan ips, universitas turki yang menerima beasiswa, universitas yang menerima beasiswa, fakultas kedokteran yang menerima jurusan ips, universitas yang menerima kelas karyawan, universitas yang menerima jurusan ips masuk kedokteran