Bisnis Sampingan Untuk Guru Honorer

By | Desember 25, 2023
|

Bisnis Sampingan Untuk Guru Honorer – Magatan, ||Demi memenuhi kebutuhan finansial seorang guru honorer (GTT) yang mengajar di salah satu pesantren swasta di Magatan, tekadnya untuk memulai usaha untuk mencari nafkah harus berjalan beriringan.

Namanya Eny Luthfiah (44 tahun), beliau merupakan seorang ibu kelahiran Sampung Slagreng Sidorejo, Kabupaten Prausan, Kabupaten Magdan, dan 3 orang putranya juga berada di tempat kelahirannya, Kabupaten Sidorejo, Kabupaten Magdan MI Ilyasa Sampung Menjabat sebagai Guru Honorer atau GT.

Bisnis Sampingan Untuk Guru Honorer

Bisnis Sampingan Untuk Guru Honorer

Sekitar tahun 2008, ia menjadi guru honorer dan menjabat sebagai guru kelas, dengan sabar mendidik siswa di kelasnya.

Kisah Elias Mengkoa, Guru Honorer Di Matim Yang Alih Profesi Jadi Pengusaha

Niat saya mendidik putra-putri desa kami dan mencerdaskan generasi negara. Kedua SD ini merupakan warisan dari orang tua kami dan Insya Allah akan kami kembangkan,” ujarnya. dikatakan . Ya, saat kami bertemu di rumahnya.

Gaji Enya sebagai guru honorer memang tidak seberapa, namun ia rela melakukannya dengan penuh tekad demi kepentingan yayasan dan murid-muridnya.

Namun kondisi tersebut tidak serta merta membatasi kreativitasnya. Sejak menjadi guru, Ernie mencari nafkah dengan berjualan bakso penthol cilok dan berjualan jajanan untuk memenuhi kebutuhan keluarganya, namun hal tersebut tidak bertahan lama karena banyak pengusaha berjualan sepeda motor yang selalu melewatkan waktu istirahatnya.

Enni tak pantang menyerah, dengan penuh kesabaran, keuletan, dan tekad, ia mencoba membuat pakan dendeng dari ayam broiler, berawal dari modal kecil ia membuat beberapa bungkus dan dibagikan kepada rekan-rekannya sebagai bentuk promosi.

Bukanlah Guru Tetap, Melainkan Hanya Seorang Guru Honorer Di Sekolah Dasar Rancabungur

Berawal dari promosi, rekan-rekan kantor Aina pun mencoba menyampaikannya ke beberapa pedagang sayur keliling atau penjual “ethek” keliling begitu mereka biasa disapa, menitipkan beberapa parsel di beberapa pesantren bahkan dikomersialkan melalui media sosial.

Mengunjungi tempat produksinya yang terletak di dekat pesantren tempatnya mengajar, dapur berukuran sekitar 10 x 8 meter tempat Eny memproduksi dan membuat bersama kedua pekerjanya.

Bahan-bahan yang kami temui antara lain bumbu halus dan puluhan kilogram daging ayam yang siap diolah menjadi daging cincang.

Bisnis Sampingan Untuk Guru Honorer

“Awalnya output saya tidak banyak karena masih merintis usaha. Kecuali pesanan daging cincang puluhan bahkan ratusan kilogram, kami kerja lembur dengan dibantu dua orang pekerja setiap harinya,” ujarnya. .

Usaha Sampingan Guru Honorer, Bantu Tambah Penghasilan

Seiring berjalannya waktu, bisnisnya terus berkembang. Bahkan, omzet yang diraihnya lebih besar dibandingkan gajinya sebagai guru. Rata-rata, ia memperoleh laba bersih sekitar Rp 2-3,5 juta per bulan, hal itu masih ia syukuri.

Pesanan kata eny sebagian besar berasal dari chat, pedagang sayur keliling, dan toko, bahkan luar daerah pun setiap bulannya tidak ada pesanan dari luar pulau jawa.

Baca Juga:  Kerja Di Pt Kai Lulusan Sma

“Awalnya kami hanya memiliki dana 400.000 yuan. Dengan kesabaran dan ketekunan, kami mengembalikan dana tersebut dalam waktu sebulan,” jelasnya.

Dengan cara dan langkah seperti itu, Enni mengaku semakin merasa nyaman menjadi guru honorer, karena jika hanya mengandalkan gajinya sebagai guru honorer saja jelas tidak akan cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup ketiga putranya.

Tempat Bagi Guru Honorer Untuk Menambah Penghasilan

“Bahkan saat ini, ketika saya masih sekolah, saya bangun setiap pagi dan memasak nasi dan membuat sate dari bahan-bahan yang tidak terpakai seperti kulit dan jeroan ayam itik, dan menjualnya di sekolah,” lanjutnya.

Kesuksesan komersialnya tidak lupa bahwa ia berhak atas program wajib mingguan seperti “Jumat Berkah” yang dibagikan kepada mereka yang membutuhkan, juga tidak serta merta memaksanya untuk meninggalkan profesi guru.

Sebagai guru GTT, Eny beberapa kali mendaftar menjadi pegawai negeri sipil berdasarkan perjanjian (PPPK) namun kerap gagal atau gagal dalam ujian. Sebelumnya, ia sudah beberapa kali mendaftar CPNS. Namun, keberuntungan belum berpihak padanya sehingga ia gagal. Menjalankan bisnis sampingan mengajar tentu menyenangkan ketika Anda merasa masih dibayar sangat sedikit. Khusus guru honorer, nominal gajinya masih rendah.

Bisnis Sampingan Untuk Guru Honorer

Jika gaji yang Anda terima masih belum cukup atau hampir tidak memenuhi kebutuhan. Dengan cara ini Anda bisa memulai pekerjaan sampingan dan mendapatkan penghasilan tambahan. Ada banyak pilihan, ada yang sederhana dan murah.

Pekerjaan Sampingan, Jalan Ninja Gen Z Dan Milenial

Ide bisnis pertama adalah menjadi net promotor organisasi Deeppublish Publisher. NetPromoter adalah program afiliasi yang misinya adalah bertindak sebagai perantara antara penulis dan penerbit Deepublish.

Singkatnya, Anda akan mempromosikan layanan penerbit, yang menampilkan mentor, guru, dan penulis profesional, hingga penulis. Layanan yang diberikan meliputi penerbitan, percetakan, pengadaan buku, pengelolaan kekayaan intelektual, dll.

Mengapa bisnis ini menarik? Anda tidak memerlukan dana di sini, cukup manfaatkan jaringan Anda yang ada, aktif di media sosial dan aktif berkonsultasi dengan tim penerbitan Deeppublish.

Perangkat pemasaran dan dukungan lainnya akan membantu Anda menjadi promotor online yang sukses. Banyak tutor dan guru yang bergabung bisa mendapatkan komisi yang besar dan bervariasi dari program ini.

Kurnia Sang Guru Honorer Bandung Yang Menanti Kepastian

Sebagai seorang guru, jika Anda menyukai mengajar dan kegiatan pendidikan lainnya, Anda bisa menjadi tutor. Ini berarti Anda dapat menawarkan layanan Anda sebagai tutor pribadi di sini. Bisa mengajar dari rumah atau mendatangi rumah siswa, tinggal beradaptasi saja.

Les privat populer di kalangan orang-orang yang peduli dengan pendidikan anak-anak mereka. Selain itu, Anda tidak perlu mengeluarkan uang di sini, karena Anda hanya perlu mempromosikan layanan Anda di jejaring sosial dan menyelesaikan tugas pendaftaran.

Jadi berapa penghasilannya? Sedangkan untuk penghasilannya, Anda bisa menyesuaikannya dengan biaya les di tempat Anda tinggal. Namun, Anda juga bisa berkonsultasi dengan orang tua calon siswa sebelum mencapai kesepakatan.

Baca Juga:  Lowongan Kerja Fresh Graduate Cikarang

Bisnis Sampingan Untuk Guru Honorer

Ide lain bagi para guru adalah menjadi guru online yang masih relevan dengan pengajaran. Saat ini, semakin banyak situs web yang menawarkan layanan les privat online yang dapat Anda ikuti.

Pekerjaan Sampingan Untuk Guru Honorer

Biaya di sini sama dengan tutor biasa, namun akan ada diskon di website atau platform. Cari tahu platform mana yang memiliki sistem dan kebijakan yang tepat sehingga Anda dapat mengajar online dari rumah atau di mana saja.

Ide wirausaha guru yang keempat adalah membuka toko online. Kita semua tahu bahwa toko online merupakan bisnis sederhana yang membutuhkan modal murah dan cocok untuk semua orang.

Toko online mudah dikelola selama jam sibuk karena tidak memerlukan pemeliharaan sepanjang waktu. Pesanan yang diterima dapat diproses setelah jam sekolah sehingga tidak mengganggu pekerjaan akademik.

Jadi apa yang harus dijual oleh toko online? Jawabannya bisa apa saja, sesuaikan saja dengan keinginan atau faktor lainnya. Anda bisa menjual jajanan, jajanan, aneka kue kering, kerajinan tangan, barang populer, buku, dll.

Mayoritas Guru Punya Pekerjaan Sampingan, Mengapa Begitu? Halaman 1

Salah satu pekerjaan sampingan yang banyak dilakukan anak muda saat ini adalah menjadi seorang freelancer. Freelancer adalah seseorang yang bekerja secara freelance dan tidak terafiliasi dengan suatu perusahaan.

Jadi di sinilah Anda memutuskan sendiri pekerjaan apa yang ingin Anda selesaikan dan berapa besar gaji yang Anda harapkan. Layanan freelancing dapat ditawarkan pada platform independen seperti UpWork.

Ada juga banyak pilihan freelancing yang dapat disesuaikan dengan keahlian Anda. Misalnya menulis artikel SEO, copywriting, social media manager, webmaster, dll. Apa yang harus saya lakukan jika saya tidak memiliki keterampilan? Ini kemudian dapat dimasukkan ke dalam entri data.

Bisnis Sampingan Untuk Guru Honorer

Ide bisnis lain untuk guru adalah menjadi seorang blogger. Mengapa disebut perusahaan? Karena blogger dikelola secara pribadi, maka bisa terus berkembang secara profesional. Cukup banyak orang yang sukses sebagai blogger.

Kisah Ahmad Jamaludin Berhenti Jadi Guru Honorer, Jualan Sapu, Kini Malah Bisa Bangun Sekolah Gratis

Blogger memperoleh penghasilan melalui jasa penyewaan ruang iklan dan menerima hadiah dengan mengikuti kompetisi blog. Penghasilan dari menyewa ruang iklan bisa sangat bagus, apalagi jika blog Anda memiliki traffic yang bagus.

Kuncinya adalah terus menulis dan fokus pada topik tertentu. Anda dapat berbagi pengalaman Anda sebagai guru, berbagi resep masakan, berbagi acara perjalanan dan wisata kuliner, dll.

Siapa yang tidak kenal YouTube? Website berbagi video ini dikunjungi jutaan orang setiap harinya di Indonesia dan seluruh dunia. Menariknya, YouTube bisa menjadi tempat menghasilkan uang tambahan secara online.

Maksudnya menjadi seorang pembuat konten di antaranya yang disebut dengan vlogger. Yang harus Anda lakukan adalah membuat video di sini dan membagikannya di akun YouTube Anda. Asalkan rutin, pelan-pelan akan mengikuti banyak orang, menguangkan, dan memberi penghasilan.

Baca Juga:  Lowongan Pekerjaan Lulusan Sma Di Tangerang

Usaha Sampingan Guru Honorer Di Desa By Bimbelputrabangsa

Jadi apa yang harus Anda bagikan? Saat ini, hampir semua hal bisa dijadikan konten. Dimulai dari aktivitas di tempat kerja dan diakhiri di rumah dengan sebuah nama

Toko online sangat populer saat ini karena selain sederhana juga murah dan tidak memerlukan modal banyak. Selain YouTuber, guru juga bisa menjadi influencer atau pembuat konten di media sosial.

Influencer dengan banyak pengikut menawarkan peluang untuk mendapatkan kesepakatan dukungan. Jika Anda lebih beruntung lagi, Anda mungkin mendapatkan posisi BA dengan nilai kontrak yang sangat tinggi.

Bisnis Sampingan Untuk Guru Honorer

Namun kesuksesan di bidang ini membutuhkan konsistensi dan kreativitas dalam pembuatan konten. Jenis konten yang dibagikan mungkin tidak terkait dengan profesi guru dan mungkin dalam bidang populer dan penguasaan lainnya. Baik itu tata rias, memasak, fashion atau apa pun.

Tiga Peluang Usaha Sampingan Bagi Guru

Ide bisnis lain untuk guru adalah dengan mengikuti program afiliasi. Misalnya, selain jejaring sosial seperti TikTok, ada juga marketplace seperti Shopee dan Tokopedia.

Afiliasi pasar sering kali hanya membagikan tautan produk di web dan jejaring sosial mereka. Jika ada sesuatu yang terjual, Anda mendapat komisi berdasarkan persentase dari total pembelian pelanggan.

Pada saat yang sama, TikTok kerap membuat konten yang mempromosikan produk di TikTok Shop, bisa berupa video atau beberapa jepretan foto. Saat diunggah nanti, akan ada keranjang berwarna kuning yang meminta pengguna untuk melakukan pemesanan.

Setiap program afiliasi memiliki kebijakannya sendiri, jadi harap diperhatikan. Jika Anda tetap melakukannya, Anda memiliki peluang untuk menghasilkan banyak uang tambahan. Misalnya, jika konten afiliasi di TikTok berfungsi sebagai FYP, Anda bisa mendapatkan penghasilan hingga puluhan juta.

Kisah Guru Honor Bergaji Rp350 Ribu Kerja Sampingan Jadi Mua, Pulang Ngajar Makeupin Klien

Di antara filosofi bisnis guru berikut, manakah yang Anda minati? Tidak hanya bisa dilakukan secara offline, beberapa ide bisnis juga bisa diterapkan secara online kapanpun dan dimanapun. Jadi Anda tidak perlu mengabaikan tanggung jawab Anda sebagai seorang pendidik. Saya harap ini bermanfaat.

Cukup siapkan naskah penelitian (tesis, tesis, tesis, artikel ilmiah atau naskah lainnya) dan kami akan mengkonversinya

Kerja sampingan untuk guru honorer, pinjaman bjb untuk guru honorer, pinjaman untuk guru honorer, kerja sampingan guru honorer, bisnis sampingan untuk guru, usaha sampingan untuk guru, usaha sampingan guru honorer, pekerjaan sampingan guru honorer, bisnis sampingan guru, usaha sampingan untuk guru honorer, bisnis sampingan guru honorer, usaha sampingan guru honorer di desa

Tinggalkan Balasan