Berita Politik Aceh Hari Ini

By | November 10, 2023
|

Berita Politik Aceh Hari Ini – Tiga dari enam partai lokal di Tanah Air berpeluang melewati ambang batas parlemen pada pemilu 2024. Namun, banyak program yang harus segera dibenahi untuk mewujudkan keinginan tersebut.

Calon legislatif Aceh, pengurus, dan kader partai dipanggil ke kantor Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh/KPU Aceh, Kamis (5/11/2023) untuk melakukan pendaftaran calon anggota DPR Aceh.

Berita Politik Aceh Hari Ini

Berita Politik Aceh Hari Ini

BANDA ACEH, – Sebanyak enam partai politik lokal di Provinsi Aceh akan diuji komposisinya pada Pilkada 2024. Pasalnya, pada dua pemilu terakhir, perolehan suara parpol lokal cenderung menurun.

Lakukan Verifikasi Akhir Partai Adil Sejahtera, Kadiv Yankum Sampaikan Harapan

Sebanyak 81 kursi Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) akan diperebutkan 17 partai nasional dan enam partai lokal. Partai lokal tersebut adalah Partai Aceh (PA), Partai Nanggroe Aceh (PNA), Atjeh Beusaboh Thaat dan Partai Generasi Taqwa (Gabthat), Partai Adil Sejahtera (PAS). Selain itu, ada Partai Darul Aceh (PDA) dan Partai Sira.

Peneliti Politik Jaringan Survei Inisiatif, Arios Nivada, Senin (15/5/2023), di Banda Aceh, mengatakan keberadaan partai politik lokal membuat Partai Demokrat di Aceh selalu menarik untuk dikaji. Sementara partai politik lokal terbesar, BKP, diyakini masih mampu menguasai parlemen. Namun, ada kemungkinan kesehatan justru menurun.

Pada hari terakhir pendaftaran calon legislatif provinsi, Minggu (14/05/2023), enam partai lokal menyerahkan berkas ke Komisi Independen Pemilihan Umum/KPU Provinsi Aceh.

Aryos memperkirakan hanya tiga parpol lokal yang lolos, yakni PA, PDA, dan PNA. Sementara itu, tiga parpol lokal lainnya akan berjuang untuk mencapai ambang batas tersebut.

Biro Humas Dan Protokol Setda Aceh

PA, PDA, dan PNA memiliki struktur partai yang kuat, basis elektoral yang jelas, dan didukung oleh sosok presiden jenderal, kata Arios.

Baca Juga:  Nonton Bola Live Persija Hari Ini

Partai Aceh sebagai partai politik lokal terbesar didominasi oleh mantan pejuang Gerakan Aceh Merdeka (GAM). Sejak awal berdirinya, posisi Ketua Umum masih dijabat oleh mantan Panglima GAM, Muzakir Manaf.

Sementara itu, mantan Gubernur Aceh Iruandi Yusuf diangkat kembali menjadi Ketua Umum PNA. Meski mantan narapidana koruptor, Iruandi tetap memiliki pendukung setia. Sosok Irwandi diyakini mampu mendongkrak popularitas PNA.

Berita Politik Aceh Hari Ini

Namun ada sejumlah tantangan bagi parpol lokal, kata Arios, belakangan ini sejumlah pimpinan parpol lokal di daerah tersangkut kasus korupsi.

Berita Dan Informasi Kehidupan Politik Kerajaan Aceh Terkini Dan Terbaru Hari Ini

BKP merupakan satu-satunya partai politik lokal yang bertahan sejak didirikan. Namun perolehan suara PA turun pada pemilu 2014 dan 2019.

Pada tahun 2014, PA meraih 29 kursi di DPR Aceh dari total 81 kursi. Pada Pemilu 2019, perolehan suara anjlok menjadi hanya 18 kursi dari 81 kursi.

“Kami mengimbau para mantan bupati/wali kota Partai Poros untuk maju sebagai calon legislatif agar peluang kemenangannya semakin besar,” kata Nurzahri.

Nurzahri mengatakan, terdapat perubahan signifikan pada daftar calon legislator pemilu 2024. Salah satu yang signifikan adalah latar belakang pendidikan, yakni 4 orang PhD, 9 orang Magister, 29 orang Sarjana, dan 50 orang Lulusan SMA.

Sebut Aceh Darurat Kekerasan Seksual, 38 Lembaga Gelar Aksi Damai Di Dpra

“Kami ingin mengubah image yang menyebut partai paket C menjadi partai yang dari segi pendidikan lebih berkualitas dibandingkan partai lain. Dalam tiga pemilu parlemen sebelumnya, banyak calon anggota parlemen dari Partai Poros yang mengenyam pendidikan menengah.

Nurzahri optimistis pada pemilu 2024 Partai Aceh akan meraih separuh kursi di DFRA. Isu eksepsionalisme dan perdamaian masih menjadi komoditas utama kampanye.

Baca Juga:  Kabar Militer Dunia Hari Ini

Ketua Umum PDA Tgk H Muhibbusabri juga sangat yakin partainya bisa melewati ambang batas dan meraih 10 kursi DPRA dari 10 daerah pemilihan.

Berita Politik Aceh Hari Ini

Mohibusbri menolak membeberkan strategi kampanyenya. Namun, kata dia, ada beberapa tokoh daerah yang dicalonkan agar calon legislatif mendapat suara maksimal.

Kpu Kabupaten Ngawi :

“PDA itu partai yang unik, belum tiga kali lolos, tapi suaranya terus bertambah. Tahun 2009 dan 2014 hanya ada satu kursi, tapi 2019 kita dapat tiga kursi. Kali ini kami yakin itu kami akan melewati ambang batas dan mencalonkan calon gubernur,” kata Mohibusbri.

Penyandang disabilitas mengikuti simulasi pemungutan suara di aula Museum Aceh, Banda Aceh, Aceh, Minggu (14/4/2019). Simulasi tersebut dilakukan untuk memudahkan mereka memilih pada pemilu serentak 17 April 2019. Terdapat 494 pemilih penyandang disabilitas di Banda Ach.

Dosen Politik Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa, Mohammed Alkaf, mengatakan pasca anjloknya perolehan suara, PA harus berbenah dengan menjadi partai terbuka. Jika selama ini masih dihuni oleh mantan kombatan, PA seharusnya membuka pintunya bagi banyak kelompok.

“Selama mereka mempunyai visi yang sama dengan yang diperjuangkan BKP, mereka harus diberi kesempatan untuk bergabung. Tujuannya agar partai tidak hanya milik satu kelompok saja, kata Alkaf.

Pengurus Rapi 2022 2026 Dikukuhkan, Pj Wali Kota

Agar tetap menjadi partai lokal yang besar, Alkaf mendorong PA membuka ruang dialog dengan lintas kelompok, seperti dunia kampus, ulama, dan generasi muda.

Berita politik hari ini terbaru, berita politik nasional hari ini, berita politik aceh, berita politik aceh terkini, berita politik hari ini, berita politik aceh terbaru, berita politik terhangat hari ini, berita politik hari ini kompas, berita tentang politik hari ini, politik aceh hari ini, berita politik dunia hari ini, berita terkini politik hari ini

Tinggalkan Balasan