Lowongan Kerja Pt Bintang Delapan Mineral Morowali

By | Desember 31, 2023
|

Lowongan Kerja Pt Bintang Delapan Mineral Morowali – Sore itu di penghujung Maret 2014, Massus mencari perlindungan di bawah pohon rindang. Tangan kanannya memegang parang. Sambil berjongkok, ia terus memotong potongan-potongan kayu kecil menjadi lingkaran untuk mengisi lubang-lubang di perahu.

Pria berusia 60 tahun itu berasal dari Bungku, suku di Morowala, Sulawesi Tengah. Putranya yang masih duduk di bangku kelas lima SD ikut bersamanya. Anak suka bermain sepak bola di pantai dan sesekali menggali pasir.

Lowongan Kerja Pt Bintang Delapan Mineral Morowali

Lowongan Kerja Pt Bintang Delapan Mineral Morowali

Jaraknya kurang dari satu kilometer dari tempat Masus mengungsi, tepatnya di pantai Desa Fatufia, Kecamatan Bahodopi, Kabupaten Morowali. Desa ini merupakan salah satu desa pesisir di sekitar tambang Osam Zvezda.

Sulteng Raya Edisi Sabtu, 6 Maret 2021

Massus biasa pergi ke laut setiap pagi atau sore hari. Sekarang jadwal penangkapan ikan tidak menentu. Ikannya semakin berat. Jarak memancing semakin jauh.

“Dulu kalau tidak melaut, mencari damar, sagu, atau rotan bisa dicari di hutan. Sekarang sulit untuk pergi ke laut, kami bahkan tidak bisa pergi ke hutan,” kata Mašuš.

Dulu, hutan bakau tumbuh di pulau ini. Dikenal sebagai Pulau Polo. Terumbu karang yang indah. Ikan banyak bermain. “Biasanya kami mancing di sana.” Sejam mancing, penghasilannya bisa beli beras. “Hidup kami damai,” kata Massus. Tangannya menunjuk ke pulau yang dipenuhi kantor oleh Bintang Delapan.

Sekarang semuanya hilang. Perusahaan pertambangan datang, pabrik didirikan. Pantainya penuh. Hutan bakau ditebang. Pulau itu dibeli. Yang terjadi selanjutnya, kapal mulai bergerak maju mundur di depan mereka.

Bupati Wempi & Wabup Jakaria Paparkan Sejumlah Pencapaian Dalam Refleksi 2 Tahun Kepemimpinannya

Semuanya telah berubah. Masyarakat tidak lagi pergi ke laut. Bahkan ketika mereka melaut, hasilnya jauh dari harapan. “Di laut yang sudah terisi kembali, kami memancing dengan purse seine. Ibu-ibu biasa mencari “bija” (kerang). Karena nenek moyang kita mencari makan disini. “Sekarang laut sudah berubah warna menjadi coklat kusam akibat lalu lintas kapal yang memuat bijih nikel.”

Bijihnya berupa nikel mentah yang masih bercampur dengan tanah. Massus mengatakan sekitar lima kapal besar berlabuh di dekat desanya setiap hari. Kapal-kapal kecil mengangkut bijih nikel dari Pelabuhan Bintang Empat di Desa Fatufia ke kapal-kapal besar. Kapal tidak berlabuh. Jaraknya sekitar satu kilometer. Kemudian sebuah kapal besar yang membawa bijih nikel menghilang dari pandangan mereka. Tujuan kapal itu adalah Tiongkok.

“Siang malam kapal sibuk, mudik.” Aktivitas tak henti-hentinya. Desa kami menjadi berisik. Kita tidak bisa beristirahat. “Kami baru dengar Bintang Delapan akan mengisi laut sekitar 200 meter lepas pantai untuk membangun dermaganya, pelabuhan,” kata Massus.

Lowongan Kerja Pt Bintang Delapan Mineral Morowali

Pemandangan kantor bintang delapan dari tepi desa Fatufia di distrik Bahodopi. Kawasan pesisir tampaknya telah diisi oleh perusahaan untuk membangun fasilitasnya di sana. Foto: Christopel Paino

Dokumen Resiko Sosial Dan Pengelolaanya Pt Scm 21 3 2022 (e)

Pemandangan kantor bintang delapan di Desa Fatufia, Kecamatan Bahodopi, menghadap ke pulau yang akan dibeli perusahaan. Foto: Christopel Paino

Baca Juga:  Universitas Negeri Yang Menerima Mahasiswa Pindahan

Masyarakat bukannya tanpa perlawanan. Mereka memprotes perusahaan tersebut. Suatu ketika, pada Desember 2013, masyarakat melihat aktivitas Orang Bintang Delapan melakukan pengeboran di laut tak jauh dari Pantai Fatufia. Saat ditanyai warga, pihak perusahaan mengaku hanya mengecek struktur dan kedalaman laut.

Pengeboran semakin sering dilakukan dan warga pun curiga. Mereka berkumpul. Satu demi satu perahu yang diparkir didorong ke laut. Seseorang sedang memegang balok. Murmur bisa didengar. Tujuannya untuk mengintimidasi pekerja perusahaan. Sesampainya di lokasi pengeboran, para pekerja tampak takut berhadapan dengan masyarakat.

Kecurigaan warga belum hilang. Mereka melihat para pekerja telah membawa pasir hitam itu bersama mereka. Bahkan, mereka mengaku mengetahui kedalaman laut. “Ternyata ada pihak perusahaan yang mengambil pasir berwarna hitam atau krom dari laut ini,” kata Massus.

Vale Indonesia Dalam Tekanan Politik Dpr Dan Tiga Gubernur Halaman All

Kromium atau kromit merupakan satu-satunya mineral yang menjadi sumber logam kromium. Komposisi kimia kromit sangat bervariasi karena dipengaruhi oleh unsur lain. Kromit dibagi menjadi tiga jenis; Kromit kaya akan kromium, kaya akan aluminium dan besi.

Warga yang lega berhasil mengusir orang-orang yang mencuri krom tersebut dari perusahaan. Namun hal itu tidak berlangsung lama. Kabarnya pihak perusahaan melakukan negosiasi di kantor kecamatan dan mengundang kepala desa serta aparat lainnya. Penduduk tidak termasuk. Alhasil, perusahaan tersebut diizinkan beroperasi di Laut Fatufian.

Mendengar hal tersebut, emosi para penyewa pun bergejolak. Mereka mengatur diri mereka sendiri. Perlawanan pun dilakukan. Orang-orang dari perusahaan diangkut dengan kano yang membawa parang dan balok. Sekali lagi warga berhasil.

Lowongan Kerja Pt Bintang Delapan Mineral Morowali

“Sayangnya, perusahaan mempunyai banyak peluang untuk memuluskan rencana tersebut.” Tetua desa dihubungi dan izin diberikan lagi. “Kami masih berjuang.” Kemudian penduduk desa mencari tetua desa dan hampir dipukuli. “Sekarang, syukurlah, mereka tidak lagi menggunakan kromit.”

Zainab Al Wahida

Keberhasilan mengusir warga perusahaan pasir hitam tak terulang ketika warga memprotes penimbunan pantai. Warga tidak bisa berbuat apa-apa. Bintang kedelapan berhasil melakukan perbekalan di pantai. Kami sekarang mendekati pulau itu. Warga berhadapan dengan polisi dan tentara. Tombol pistol selalu siap membidik.

“Polisi dan tentara sering bepergian.” Saya mendengar bahwa delapan bintang itu milik delapan jenderal. “Kami tidak tahu pasti, asal semua orang tahu kalau perusahaan ini milik jenderal.”

Pesisir desa Fatufia, kecamatan Bahodopi dan tongkang. Desa ini memiliki mineral lain yaitu kromium. Pada akhir tahun 2013, warga sekitar mengusir karyawan Bintang Osam yang diduga menelan pasir hitam krom di desanya. Foto: Christopel Paino

Tanggal 24 Juli 2010 adalah hari yang penuh mimpi buruk bagi desa-desa seperti Baho Makmur, Peukrea dan Fatufia. Sawah, kebun, sapi dan kambing, bahkan rumah pun terendam banjir. Banjir setinggi 1,5 meter menggenangi desa-desa di distrik Bohodopi Selatan, Morovali. Sawah tidak bisa dipanen dan mesin pompa tangan yang baru dipasang Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) rusak.

Baca Juga:  Jadwal Pendaftaran Cpns 2021 Lulusan S1

Kuliah Umum Di Untad, Preskom Pt. Imip Ceritakan Kisahnya Bangun Perusahaan Tambang Di Morowali

Warga marah. Sebab, selama ini wilayah mereka belum pernah terjadi banjir. Ini merupakan pertama kalinya tambang mineral Bintang beroperasi.

Sebuah perusahaan datang dan membangun jalan pertambangan bernama Houling Road. Terjadi penyempitan Sungai Bahongkolangu. Jalan ini berjarak sekitar 30 meter dari desa.

Beberapa hari setelah banjir, utusan dari Bintang Minerals datang untuk mendata rumah-rumah dan mencatat kerusakan akibat banjir. Warga menunggu dan mengharapkan bantuan. Namun yang datang hanya paket Superma. Warga kecewa.

Lowongan Kerja Pt Bintang Delapan Mineral Morowali

Para korban kewalahan menyaksikan aksi 4 Agustus 2010 di kantor cabang perusahaan tambang tersebut. Protes tersebut tidak dihiraukan dan emosi warga memuncak hingga berujung pada terbakarnya timbangan nikel perusahaan. Saat itu, Bintang Mineral mengaku mengalami kerugian sekitar Rp7 miliar.

Lowongan Kerja Bintang Delapan Group Tahun 2021

Polisi segera merespons. Empat penyewa yang dianggap provokator ditangkap. Mereka dituduh menyebabkan kerusakan sendi. Namun, aparat negara sepertinya sudah melupakan kerugian yang dialami warga akibat banjir pasca perusahaan tersebut didirikan. Kasus penyewa ini tidak diselidiki sama sekali.

Tadi pagi tanah ini menguning…sekarang sungai mengering, irigasi tidak mengalir dan padi tidak bisa tumbuh lagi. Saat ini hanya ilalang kering saja yang memenuhi sawah. Foto: Sapariah Saturi

Pada hari Selasa, 12 Juli 2011, hujan deras kembali melanda. Air Sungai Bahongkolangu meluap akibat putusnya jembatan pemukiman. Rumah warga di Desa Bahodopi, Keurea, Fatufia, Trans McCarthy dan Bahho Makmur terendam banjir.

“Iya, begitu, kamu bisa melihatnya sekarang.” Sawah hanya ditumbuhi rumput liar. “Padi sudah tidak bisa tumbuh lagi,” kata Waryoto, warga Bajo Makmur.

Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Baik Dan Benar Agar Dilirik Hrd Halaman All

Penderitaan warga masih berlanjut hingga saat ini. Saat hujan, banjir terjadi. musim kemarau, kekeringan. Mereka juga kekurangan air bersih. Keadaan menjadi lebih buruk ketika padi tidak dapat tumbuh sepanjang tahun dan tanaman pekarangan seperti jambu mete dan mangga tidak dapat berbuah lagi. Segalanya tampak tandus.

Sebelumnya, kata Varjoto, setiap hektar sawah menghasilkan empat ton beras. Ada dua kali panen dalam setahun, dengan luas sawah di desa tersebut sekitar 200 hektar. “Cukup untuk kehidupan kita sehari-hari.” Masih banyak lagi yang dijual. Saat ini padi sudah kering meski ditanam. Mati.”

Sebelum ada tambang, air irigasi dialirkan ke sawah. Sekarang hal itu tidak mungkin lagi. masa kekeringan. Bendungan milik perusahaan lebih tinggi dari sungai sehingga air tidak mengalir ke lahan warga.

Lowongan Kerja Pt Bintang Delapan Mineral Morowali

Bukan hanya sawah. Tanaman yang tumbuh sudah tidak berbuah lagi, seperti jambu mete dan mangga. “Misalnya mangga mekar, tidak berbuah, mekar lalu gugur.”

Tungku Nikel Meledak 13 Pekerjatewas, Tak Disangka Pabriknya Ternyata Milik Raksasa

Bagaimana kehidupan masyarakat saat ini? “Ada menjadi ahli bangunan.” Ia mencari damar di hutan. “Ada juga yang masih bekerja di Bintang Delapan,” kata Varyoto.

Baca Juga:  Tabel Angsuran Kpr Bca 2021

Menemukan resin tidak semudah dulu. Sebagian tanahnya menjadi tambang dan Jalan Houling. “Dulu, saat kami membujuk warga untuk menjual tanah untuk Howling Road, pihak perusahaan bilang kalau ada jalan, warga akan mudah mencari tempat parkir. Jadi makin sulit bagi kami.”

Penderitaan warga tidak berhenti sampai di situ. Selama musim kemarau, polusi udara berdampak pada lanskap. Di Desa Baho Makmur, Jalan Houling, 30 hingga 50 meter belakang desa, debu memenuhi lingkungan warga dan masuk ke rumah mereka saat musim kemarau. Sekalipun orang tetap berada di dalam rumah, pakaian dan tubuhnya tertutup debu.

“Kalau sudah kering, piring dan gelas yang ingin dipakai harus dilap lagi karena penuh debu,” kata Sumina, tetangga Varyot, 60 tahun.

Bisnis Indonesia 3 Agustus 2023

Anak-anak bermain di jalanan desa Baho Makmur. Sejauh mata memandang, hamparan sawah ditumbuhi rerumputan dan ilalang, sebagian ada yang kering. Saat badai debu memenuhi desa ini. Bagaimana masa depan anak-anak ini? Foto: Sapariah Saturi

Pompa air ini baru dipasang beberapa hari yang lalu saat banjir tahun 2010 merusak gedung ini. Ini tidak berfungsi saat ini. Warga kesulitan mengakses air bersih. Foto: Sapariah Saturi

Hal ini dibuktikan dengan data pasien Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) dari Dinas Kesehatan Kabupaten Morovalli. Pada tahun 2013 penyakit ISPA tertinggi terdapat di Kecamatan Bahodopi dan Kecamatan Pertambangan. ISPA sebanyak 922 kasus, alergi kulit 444 kasus, hipertensi 304 kasus, anemia 196 kasus, dan diare 135 kasus.

Lowongan Kerja Pt Bintang Delapan Mineral Morowali

Wahida, salah satu ibu rumah tangga di Desa Baho Makmur, mengatakan, beras saat ini semakin sulit ditanami karena sawah sudah tidak lagi digarap. “Suami kami sudah tidak bekerja lagi.” Kalau pabriknya ditambang, pabriknya sudah tidak kuat lagi. Itu sudah tua,” katanya.

Program Csr Sinergi Berdaya Kawasan Imip Tanam Bibit Mangrove

Tidak ada tanggung jawab sosial perusahaan terhadap masyarakat di sekitar tambang. “Ini mungkin sulit. Senang rasanya mereka pergi,” kata Margioto.

Pada tahun 2012, perusahaan menyalurkan dana sosial sebesar Rp 5 miliar ke sembilan desa, termasuk Baho Makmur. Tiap desa menerima Rp 615 juta. Sebagian dana digunakan untuk menimbun jalan.

“Rs 300 crore dibagikan kepada warga. Sekitar 315 keluarga tinggal di desa ini saja. Sisa dananya tidak transparan. Penderitaan kami tidak dapat dibayar dengan jumlah ini. Itu tahun 2012. Sekarang tidak ada bantuan.”

Baho artinya air dalam bahasa Bungku. Desa ini dinamakan Baho Makmur karena banyaknya sumber mata air. Belakang desa berbatasan dengan hutan. Sayangnya,

Pt. Juhdi Sakti Engineering

Pt bintang 88 morowali, bintang delapan mineral morowali, lowongan kerja pt mineral alam abadi, pt bintang delapan morowali, pt bintang delapan mineral, pt bintang delapan mineral morowali, bintang delapan mineral, lowongan kerja pt wanxiang morowali, pt bintang delapan group, lowongan kerja pt amman mineral nusa tenggara, pt bintang delapan mineral sulawesi, lowongan kerja pt bdm morowali

Tinggalkan Balasan