Review Oli Fastron Techno 10w 40

By | Januari 10, 2024
|

Review Oli Fastron Techno 10w 40 – Setiap jenis oli motor biasanya memiliki kode tersendiri pada botol atau kemasan merk olinya. Kode-kode tersebut sebenarnya memiliki arti yang berbeda-beda dan biasanya menunjukkan ciri-ciri oli.

Oleh karena itu, setiap pemilik kendaraan, baik roda empat maupun roda dua, diimbau untuk memahami arti setiap kode pada oli.

Review Oli Fastron Techno 10w 40

Review Oli Fastron Techno 10w 40

SNI merupakan kode wajib yang harus ada pada setiap botol minyak yang beredar di Indonesia. Sebab jika oli tersebut tidak memiliki kode SNI berarti oli tersebut tidak boleh dijual di Indonesia.

Blue Sight: Review Beberapa Brand Oli

“Itu wajib, jadi kalau tidak punya bisa lapor ke polisi. “Karena bisa jadi itu minyak palsu,” Nurudin Jr. Spesialis teknis untuk peralatan berputar dan mesin gas Pertamina.

Sebaliknya, jika oli tidak memiliki kode ini, kualitas oli tidak dapat dijamin.

Berikutnya adalah kode SAE yang menunjukkan kekentalan oli. Setiap jenis mesin biasanya membutuhkan kekentalan oli yang berbeda-beda.

Nuruddin menjelaskan, ada dua kategori pengkodean dalam kode SAE itu sendiri. Pertama ada monograde yang biasanya ditandai dengan dua angka misalnya SAE 40, kedua ada semua musim yang ditandai dengan 3 atau 4 angka misalnya SAE 5W-40, SAE 10W-40, SAE 15W-. 40 dan lainnya.

Merk Oli 10w 40 Terbaik Dan Paling Laris Dipasaran

“Untuk kendaraan penumpang di Indonesia saat ini banyak digunakan multi seri karena lebih baik pada suhu mesin dingin dan panas,” jelas Nurudin.

Nurudin menjelaskan, angka pertama pada oli serba guna, misalnya 15W-40, mengacu pada tingkat kekentalan oli pada suhu rendah. Sedangkan huruf W melambangkan musim dingin atau suhu dingin.

“Semakin rendah angkanya maka kekentalan oli juga semakin rendah. Nah, saat pertama kali mesin dihidupkan, biasanya suhunya masih rendah sehingga mobil membutuhkan oli yang lebih encer agar bisa melaju lebih cepat,” jelas Nooruddin.

Review Oli Fastron Techno 10w 40

Sedangkan dua angka terakhir oli segala musim menunjukkan tingkat kekentalan oli saat mesin dipanaskan. Semakin tinggi angkanya, semakin kental minyaknya.

Jual Oli Dari Pertamina Untuk Mobil Karimun Kotak Harga Terbaik & Termurah Januari 2024

Untuk kendaraan penumpang yang dijual di Indonesia seperti MPV, SUV, LCGC, hatchback atau city car, umumnya disarankan menggunakan kode spesifikasi oli belakang 30 atau 40. Ada yang merekomendasikan 20 kode mundur.

“Semakin tinggi kode kebalikannya, semakin kental minyaknya. Dan untuk mesin mobil biasa, pengencerannya lebih lama sehingga kalau dipakai pada mobil biasa membuat kerja mesin lebih keras, jelas Nooruddin.

Baca Juga:  Biaya Pembuatan Akta Notaris Cv

Nurudin mengatakan, angka-angka pada kode SAE inilah yang harus benar-benar diperhatikan dan dijadikan pedoman dalam membeli oli, itu adalah kode dibalik angka SAE.

“Jadi misalnya manual mobil kami menyarankan pakai 5W-30. Tapi saat itu ada 10W-30 dan 10W-40 di pasaran, jadi pilihlah 10W-30. Jadi minimal kode posnya harus sama, kata Nuruddin.

Terbukti Bahwa Oli Berkualitas Itu Lebih Baik Daripada Oli Standar Yang Disediakan Oleh Bengkel Resmi

Meski begitu, Nurudin tetap menyarankan penggunaan oli dengan kode SAE yang benar-benar memenuhi rekomendasi di buku manual.

Kode ketiga ini, API, menunjukkan tingkat performa oli saat diaplikasikan pada mesin kendaraan. Nurudin mengatakan, pengkodean pada API sendiri terbagi menjadi mesin bensin dan diesel.

Kendaraan bermesin bensin biasanya ditandai dengan kode dua huruf yang diawali dengan huruf S (Spark). Sedangkan kode huruf di bagian belakang biasanya menunjukkan kualifikasi oli.

Review Oli Fastron Techno 10w 40

Nurudin menjelaskan: “Biasanya setelah angka terakhir, huruf terakhir A menjadi N. Semakin besar hurufnya, semakin baik kesesuaian minyaknya.”

Oli 10w 40

Semakin baik kualifikasi suatu oli, misalnya SN, maka akan semakin baik pula efisiensi bahan bakarnya, minimalnya timbunan kerak pada mesin dan penurunan kualitas oli.

Selain itu, mesin diesel biasanya memiliki 2 angka yang diawali dengan angka C. Seperti halnya bensin, solar diikuti dengan huruf kedua dalam alfabet.

“Diselnya juga sama. Kualitas pelumas ditentukan oleh kode huruf di belakang huruf C. Semakin besar fontnya, semakin baik kualitasnya. “Saat ini yang terbaik adalah CK,” jelas Nurudin.

Namun saat ini bahan bakar solar yang memenuhi standar CK4 sangat sulit dan kurang cocok digunakan pada kendaraan diesel di Indonesia. Hal ini dikarenakan spesifikasi sulfur untuk solar yang saat ini dijual di Indonesia umumnya masih lebih tinggi dari sulfur 15 ppm, serta belum terpasangnya banyak peralatan filter partikulat dan sistem aftertreatment canggih, sehingga penggunaan oli CK-4 kurang menguntungkan.

Mengenal Oli Pertamina, Oli Mesran, Dan Oli Fastron

Nurudin mengatakan, untuk pasar Indonesia bisa memilih solar yang sesuai API CH4 seperti Pertamina Meditran SX Bio bagi yang masih menggunakan biodiesel. Sedangkan untuk yang menggunakan bahan bakar pertamina Dex bisa menggunakan oli CI4 seperti FASTRON Diesel SAE 15W-40.

Jika spesifikasi oli yang digunakan tidak sesuai dengan bahan bakar yang biasa digunakan, hal ini akan berdampak pada kondisi oli yang akan rusak saat digunakan.

Oli sepeda motor memiliki tambahan kode JASO. Kode ini biasanya mengacu pada tingkat kekerasan oli. Ada dua jenis kode di JASO yaitu MA artinya matte dan MB artinya licin.

Baca Juga:  Penerimaan Cpns 2021 Untuk Lulusan Sma

Review Oli Fastron Techno 10w 40

Khusus untuk kode MA biasanya dibagi menjadi dua lagi yaitu nilai ambang batas (MA1) dan nilai ambang batas (MA2). Sedangkan untuk oli halus JASO MB tidak lepas dari bahan aditif khusus yang berperan memperlancar aliran oli di ruang mesin.

Oli Fastron Mobil

“Berkat bola dengan aditif nano ini, tingkat gesekan komponen mesin menjadi lebih rendah. Hasilnya, kebutuhan penyaluran bahan bakar menjadi lebih irit, artinya bahan bakar lebih hemat dan emisi lebih bersih, jelas Nurudin.

Untuk sepeda motor dengan sistem transmisi kopling basah/tenggelam, Nurudin menyarankan untuk menggunakan oli dengan spesifikasi JASO MA, baik MA1 maupun MA2. Sedangkan untuk sistem transmisi kopling kering seperti sepeda motor matic, disarankan menggunakan oli dengan spesifikasi JASO MB.

Dan terakhir, ada kode ILSAC yang menunjukkan tingkat efektivitas oli dalam mengurangi endapan ruang, pembentukan lumpur, dan emisi gas buang. Saat ini sebagian besar oli yang dijual di Indonesia sudah memiliki spesifikasi ILSAC GF5.

Dari kelima kode yang terdapat pada kemasan oli, setidaknya ada 3 kode yang harus diwaspadai pemilik kendaraan saat membeli oli mesin untuk kendaraannya, yaitu SNI, SAE, dan API. Ketiga jenis oli ini dinilai sangat penting dalam menentukan spesifikasi oli yang tepat untuk sebuah kendaraan. Pertamina Fastron Techno 10W40 – PT Pertamina Lubricants merupakan anak perusahaan PT Pertamina (Persero). Menghasilkan pelumas ternama di dunia dan khususnya di Indonesia. Salah satu pelumas Pertamina yang beredar di pasaran adalah Pertamina Fastron Oil.

Jual Ganti Oli Fastron Techno Sn 10w 40

Fastron bisa dikatakan sebagai oli terbaik yang memahami kebutuhan setiap pengendara. Karena Fastron memiliki Nano Guard yang tidak terdapat pada oli merek lain. Ini adalah formula khusus Fastron dari bahan-bahan terbaik dunia untuk menjaga mesin mobil tetap sehat dan berjalan seperti baru. Dan yang terpenting adalah bisa menghemat bahan bakar.

Oli pertamina fastron ada 4 varian yaitu pertamina fastron gold, pertamina fastron platinum racing, pertamina fastron platinum dan pertamina fastron techno. Kali ini kita akan membahas salah satu pilihannya yaitu Pertamina Fastron Techno 10W40. Apa kelebihan dan aplikasinya? Lihat pembahasannya di bawah ini.

Pertamina Fastron Techno 10W40 merupakan oli motor premium yang dibuat dari bahan dasar sintetik dan bahan aditif pilihan dengan tingkat efisiensi tertinggi dengan service group API SN/CF. Viskositas 10W40 direkomendasikan untuk mesin SAPS rendah.

Review Oli Fastron Techno 10w 40

Pertamina Fastron Techno 10W40 cocok untuk mesin bensin dan direkomendasikan untuk mobil generasi terbaru dari pabrikan mobil terkemuka yang membutuhkan pelumas dengan kandungan SAPS (SAPS Solfated ash, Phosphorus, Sulphur) yang rendah.

Baca Juga:  Lowongan Kerja Koran Surya Hari Ini

Tips Memilih Oli Pertamina Fastron Yang Cocok Untuk Mobil Kesayangan

Salah satu tempat terbaik untuk membeli Pertamina Fastron Techno 10W40 adalah Cakra Motor 11. Bengkel resmi Jabodetabek yang tersebar di seluruh dunia akan membantu Anda dengan mudah mendapatkan kebutuhan kendaraan Anda.

Lokasi di Jl. Boulevard Taman Surya No. 3, RT. 13/RW. 03, Pegadungan, Kecamatan Kalideres, Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta 11830, telepon/whatsapp 0878-7770-8891

Lokasi di Jl. Camuning Merah No.26, RT. 09 / RW.13, Kecamatan Kebon Jeruk, Kota Jakarta Barat, Ibukota Khusus Jakarta 11520, Nomor Telepon/Whatsapp 0878-7770-8892

Lokasi di Jl. Sultan Hasanuddin Blok B No 9, RT. 03/RW. 01, Melawai, Kecamatan Kebayoran Baru, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12160, Telp/whatsapp 0878-7770-8893

Promo Pertamina Fastron Techno 10w40 Oli Mobil [4 Liter] Diskon 19% Di Seller Longdrain Center

Lokasi Pasar Segar Ruko AutoPart Blok ROA No.3, RT 01, RW 08, Kecamatan Cinere, Kota Depok, Jawa Barat 16514, nomor telepon/whatsapp 0877-7779-6335

Lokasi di Jl. Raya Kelapa Puan Blok AD14 no 16&17, Pakulonan Bar., Kec. Kopral Dua, Tangerang, Banten 15810 Telepon/Whatsapp 0877-7779-6334

Bagi yang di luar Jabodetabek bisa mengunjungi official store Tokopedia Cakra Motor 11. Produk yang dijual 100% original, selalu tersedia dan gratis ongkos kirim ke seluruh Indonesia.

Review Oli Fastron Techno 10w 40

Jadi jangan ragu untuk belanja di Tokopedia Cakra Motor 11. Untuk harga bersaing, Pertamina Fastron Techno 10W40 dibanderol Rp. 90.000 untuk 1 liter (https://www.tokopedia.com//pertamina-fastron-techno-10w40-1lt) dan Rp. 320.000 – untuk 4 liter. (https://www.tokopedia.com//pertamina-fastron-techno-10w40-4lt) Murah kan? Dapatkan juga gratis ongkir dari Cakra Motor 11.

Oli Fastron Techno 10w 40 Oli Fastron Hijau 1 Liter Original Oli Mobil Fastron Techno 10w 40 Termurah Oli Mobil

Jadi serahkan segala kebutuhan mobil Anda pada Cakra Motor 11. Jika Anda mempunyai keraguan mengenai produk atau keluhan mengenai mobil Anda, Anda dapat menghubungi Cakra Motor 11 di nomor WhatsApp 087777796334.

Spesifikasi oli fastron techno 10w 40, spesifikasi fastron techno 10w 40, oli fastron techno 10w 40, oli fastron techno 10w 40 untuk mobil, fastron techno 10w 40 mobil, fastron techno sae 10w 40, kelebihan oli fastron techno 10w 40, pertamina fastron techno 10w 40, harga oli fastron techno 10w 40, oli fastron techno 10w 40 untuk motor, fastron techno 10w-40, harga fastron techno 10w 40

Tinggalkan Balasan