Lulusan Stem Akamigas Bekerja Dimana

By | Januari 21, 2024
|

Lulusan Stem Akamigas Bekerja Dimana – Politeknik Energi dan Mineral (PEM) Akamigas Cepu membuka Seleksi Penerimaan Baru (PMB) Tahun Akademik 2023/2024 (TA). PEM Akamigas terbuka bagi siswa-siswa terbaik tanah air lulusan SMA/MA Sains atau Sekolah Profesi Teknik/sederajat yang ingin menjadi profesional di bidang energi dan sumber daya mineral.

Proses seleksi PMB Akamigas TA 2023/2024 dibuka mulai 22 Desember 2022 hingga 1 Maret 2023 dan dilakukan dalam tiga gelombang. Pendaftarannya terbagi dalam tiga metode yaitu Metode Etis, Metode Metode dan Metode Bersama.

Lulusan Stem Akamigas Bekerja Dimana

Lulusan Stem Akamigas Bekerja Dimana

Rencana umum diperuntukkan bagi peserta PMB yang membiayai pendidikan mandirinya. Peserta dengan cara biasa akan disaring kemampuan belajarnya melalui tes keterampilan. Sedangkan calon peserta dengan prestasi akademik terbaik dan kemampuan bahasa asing tertinggi dapat mendaftar melalui Jalur Prestasi Umum.

Pem Akamigas Kenalkan Jalur Pmb Ta 2024/2025 Di Smk Migas Cepu

Sedangkan Kemitraan ditujukan bagi calon peserta yang mempunyai edukasi keuangan melalui hibah kerjasama pemerintah atau Pusat Bisnis/Pusat Bisnis (business copy).

Pada TA 2023/2024, PEM Akamigas telah membuka kuota bagi 320 mahasiswa baru untuk memperoleh Surat Keterangan (S.Tr) atau Diploma IV. Seleksi calon peserta dilakukan secara online melalui aplikasi Selezione Nacional (Selena).

“Pendidikan di PEM Akamigas menggunakan pendidikan seni untuk melatih siswa di lingkungan sekolah dan sekitarnya. Hal ini untuk menjaga dan meningkatkan mutu pendidikan dan pelayanan siswa yang baik,” kata Direktur PEM Akamigas Cepu Erdila Indriani melalui keterangan tertulis. Kamis (22/12/2022).

Untuk informasi lebih lanjut mengenai peserta PMB PEM Akamigas TA 2023/2024 dapat mengunjungi website pmb.akamigas.ac.id atau akun media sosial resmi PEM Akamigas dan Kementerian.

Kementerian Esdm Ri

Kontrol Ketat Subsidi LPG Sabtu 20 Januari 2024 2024 Subsidi Listrik: Lebih dari 50% Anggaran… Sabtu 20 Januari 2024 Izin Penguasaan Darat, Badan Geologi Proses 8.047 Izin Sabtu 20 Januari 2024 Badan Deidentifikasi Geologi Dari 47 Properti Penting Sabtu 20 Januari 2024 Tahun 2023 Pengunjung Museum Geologi Capai 500.000 Orang Jumat 19 Januari 2024 Kerja Badan Geologi 2023: Fokus Empat Pilar Pembangunan Geologi Jumat 19 Januari 2024 STEM, setelah pengumuman Menteri. Peraturan Energi dan Sumber Daya Mineral 55 Tahun 2017 tanggal 8 November 2017 tentang organisasi dan tata kerja Politeknik Energi dan Mineral, diubah menjadi Politeknik Energi dan Mineral atau disingkat PEM. Hal tersebut diungkapkan Bambang Supadiyono, Ketua Senat PEM saat membuka Rapat Group Discussion (FGD) Perkembangan Informasi Lulusan PEM.

Baca Juga:  Loker Part Time Online Untuk Mahasiswa

FGD yang dilaksanakan di Semarang, 5 – 7 Desember 2017, mengungkap berbagai intelijen dari berbagai pihak untuk menyelesaikan pekerjaan pendidikan yang dilakukan PEM serta informasi mahasiswa yang dibutuhkan untuk bisnis.

Untuk meningkatkan profil lulusan PEM, diperlukan masukan dari banyak pihak. Pemaparan pertama mengenai Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) Migas disampaikan oleh Bambang Eka Satria dari Dirjen Migas KESDM. Dimana akan lebih baik jika lulusan PEM dibekali dengan sertifikat.

Lulusan Stem Akamigas Bekerja Dimana

Pemaparan kedua dilakukan oleh Rugun Simatupang, Pertamina Corporate University mengenai peta kebutuhan lulusan Diploma III Pertamina. Dimana terdapat kompetensi internasional yang fokus pada keterampilan dan hingga saat ini lulusan PEM dianggap sebagai konsumen yang baik.

Nostalgia Ilugas Masa Kuliah Di Pem Akamigas

Senada dengan Seto Udityo, Chevron Pacific Indonesia yang turut menyampaikan rencana permintaan lulusan Diploma III, mengatakan kinerja lulusan PEM masih bagus.

Namun dengan perkembangan global saat ini dan PEM ingin meluluskan mahasiswa terbaik yang beradaptasi dengan kebutuhan perusahaan.

Oleh karena itu, diperlukan perubahan PEM secara menyeluruh, sehingga kontribusi pemikiran “outside the box” sangat diperlukan. Padahal, kita perlu berpikir “outside the box” dan memunculkan ide-ide cemerlang untuk menghadapi perubahan zaman. Demikian pesan Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia ESDM I Nyoman Wiratmaja Puja sebelum menutup acara FGD Pengembangan Lulusan PEM. (drm) CEPU – Mengelola bisnis minyak dan gas (migas) dalam menghadapi ketatnya persaingan dan keterbatasan waktu dalam pemanfaatan sumber daya alam memerlukan pemikiran bisnis jangka panjang dan kompleks. Siklus hidup industri migas harus didukung dengan mengidentifikasi pengetahuan yang dihasilkan oleh Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas.

Kebutuhan akan tenaga profesional di industri migas dikembangkan oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral () melalui pendirian Politeknik Energi dan Mineral (PEM) Akamigas yang berlokasi di Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah yang kini berstatus . dari Kantor Layanan Umum (BLU). Sekolah yang ditransformasikan oleh Sekolah Tinggi Energi dan Mineral (STEM) ini kini telah melahirkan ribuan generasi di bidang minyak dan gas.

Annual Report Pertamina 2013 By Guntur Irawan Subagiyo

Visi dan Misi PEM Akamigas dibacakan dengan baik oleh Indira Anggit Wahyadi pada wisuda PEM Akamigas tanggal 18 Juli 2018 kemarin. Meski orang tuanya mendidiknya untuk belajar kedokteran, namun hal tersebut tidak mempengaruhi keputusan gadis berusia 22 tahun itu untuk menjadi lulusan minyak dan gas. Sukarela merantau dari Sidoarjo, Jawa Timur untuk mengejar cita-citanya sejak duduk di bangku SMP.

Baca Juga:  Cara Mengirim Cv Via Email

“(PEM Akamigas) satu-satunya sekolah yang sesuai dengan minat saya. Impian ingin berkarya yang bisa bermanfaat bagi negara dan bekerja di ladang minyak seperti impian saya.”, candanya usai lulus dari Okta Graha PEM Akamigas . Pulang setelah upacara wisuda.

Indira sangat menginginkan hasil dari bagaimana sekolah selama empat tahun ini menggemblengnya untuk memahami ilmu warisan kilang. Lebih banyak praktik daripada teori lebih baik. Tak salahnya jika Indira lebih memahami kondisi peralatan kilang di lapangan.

Lulusan Stem Akamigas Bekerja Dimana

“Kajian PEM Akamigas berbeda karena migas bisa kita praktikkan langsung sesuai kondisi di lapangan. Tidak seperti yang ada di negara lain,” ujarnya.

Penyempurnaan Profil Lulusan Pem Akamigas

Keberhasilan PEM Akamigas dalam produksi minyak dan gas didukung oleh proses yang sukses. Mahasiswa mendapatkan keuntungan dari peralatan laboratorium yang lengkap, ruang perpustakaan dan asrama dengan fasilitas seperti hotel. “Nyaman sekali. Ada pendingin ruangan (AC), laundry, dan laboratorium lengkap,” jelas Indira.

Kamar hotel tingkat pertama pun membawa berkah tersendiri bagi peraih lulusan terbaik Lembaga Penelitian Migas, Dyah Ayu Sekar Melati (21). Diakui Sekar, keberadaan hotel tersebut menimbulkan kepedulian terhadap lingkungan. “Sekarang orang-orang yang tadinya cuek sama teman, kini berkumpul sama teman,” jelas Sekar.

Sedangkan pembelajarannya dirancang berbeda dengan bacaan pada umumnya. Belum ada Sistem Kredit Semester (SKS) yang dikenal saat ini di universitas. Penelitian ini dinilai oleh sekolah pada tingkat yang sama. Hal ini juga berlaku bagi guru yang baik. Banyak pakar di bidangnya dan pakar yang didatangkan.

Hal serupa juga disampaikan oleh peraih lulusan terbaik Balai Penelitian Migas, Defianti Putri Utami, yang menjelaskan bahwa ada guru yang telah memberikan banyak pengalaman dalam menyelesaikan berbagai permasalahan di lapangan. “Ilmu yang didapat lebih banyak karena materi penelitiannya lebih banyak,” kata wisudawan dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,63 itu.

Selamat Datang Calon Mahasiswa Baru Pem Akamigas 2023/2024

Dominasi laki-laki di sektor migas masih terlihat. Hal ini juga tercermin dari perbandingan jumlah siswa PEM Akamigas putra dan putri. Namun hal tersebut tidak menyurutkan semangat Sekar untuk mencari ilmu. Meski sering pergi ke hutan untuk berlatih, hal itu membuatnya bahagia.

“Kami benar-benar tertinggal di hutan selama tiga hari. Tidak ada masalah, tidak ada air,” kata wisudawan dengan IPK 3,55 itu. Hal ini tidak lepas dari pilihannya sebagai mahasiswa yang mempelajari migas dimana migas seringkali jauh dari pemukiman penduduk. Gunakan perspektif ini sebagai investasi pendidikan untuk memasuki dunia kerja di masa depan.

Baca Juga:  Fasilitas Pt Tirta Alam Segar Mm2100

Untuk menggembleng siswa agar lebih berkarakter, Indira mengatakan, sekolah yang berdiri sejak tahun 1967 ini menerapkan disiplin tinggi yang disebut samapta bagi pegawai Tentara Nasional Indonesia (TNI). “Bisa jadi karena kedisiplinan yang tinggi, saya mendapat predikat cum laude karena jam belajar sudah ditentukan,” jelasnya.

Lulusan Stem Akamigas Bekerja Dimana

Wanita yang bersekolah di SMA 1 Waru ini menyukai tantangan baru dalam hidupnya. “Ini menjawab tantangan-tantangan yang orang pikir tidak dapat mereka atasi,” tambahnya. Saat masih kuliah, ia memanfaatkan akhir pekannya untuk bekerja di luar komitmennya, seperti networking. Hasil positif yang didapat nantinya akan menjadi tradisi yang dibawa Indira dalam kehidupan sekolah.

Orang Hari Ini Resmi Menjadi Mahasiswa Pem Akamigas

Melalui ilmu dan karakter yang kuat, apa yang dilakukan Indira dan Sekar membuahkan hasil yang manis. Setidaknya, hal ini bisa diukur dari karya akhir kedua peneliti tersebut. Pengalamannya bekerja di berbagai bidang, seperti Pertamina Balongan, Petrochina Tuban, dan Pertamina Cilacap, menginspirasi tekad untuk mengatasi permasalahan migas yang ada.

Indira juga sudah mulai menggarap pengoperasian kilang yang menjadi benchmark. “Di kilang ada yang manual dengan operator kilang Pertamina Cilacap, saya ikut pembuatan mesin otomatis,” ujarnya. Sistem dibuat dengan membandingkan cairan 1 dengan cairan 2 kemudian mencampurkan keduanya.

Penelitian terkait pengendalian laporan ini, jelas Indira, diciptakan oleh pegawai Pertamina Cilacap agar dapat dimanfaatkan sebagai anti oksidan. “Ini bisa dipakai, harus dibangun dulu,” jelasnya.

Berbeda dengan Indira, Sekar mengangkat persoalan produksi migas yang kerap menjadi permasalahan di beberapa titik. Seringkali, tekanan dari bawah tidak membawa minyak ke tanah. Dengan mengembangkan Proyek Reklamasi Air, Sekar memfasilitasi pengambilan minyak dari dalam tanah. “Salah satunya dengan mendorong air dari atas,” jelasnya.

Politeknik Energi Dan Mineral Akamigas

Penelitian ini, kata Sekar, diterapkan di Pertamina EP. Pertamina EP juga tertarik dengan penelitian Sekar yang fokus pada pemulihan sekunder. Bahkan seorang insinyur produksi dari Pertamina EP pun tertarik merekrut Sekar sebagai karyawannya. “Mereka menghargai saya dan menghormati saya,” katanya.

Misi PEM Akamigas di atas berdasarkan arahan Menteri Ignasius Jonan mengenai karya ilmiah.

Soal tes stem akamigas, lulusan stks bekerja dimana, stem akamigas, prospek kerja stem akamigas cepu, lulusan akamigas balongan, lulusan stem akamigas, gaji lulusan stem akamigas, cara bekerja di australia lulusan sma, lulusan stan bekerja dimana, cara bekerja di jepang lulusan sma, lulusan universitas terbuka bekerja dimana, bekerja di luar negeri lulusan s1

Tinggalkan Balasan