Pekerjaan Untuk Lulusan Sastra Inggris

By | Januari 22, 2024
|

Pekerjaan Untuk Lulusan Sastra Inggris – Menyalin contoh CV umum dari internet saja tidak cukup untuk menarik perhatian perekrut. Lantas, bagaimana contoh CV yang benar untuk lulusan Sastra Inggris?

Jika Anda masih penasaran dengan hal-hal tersebut, yuk simak ulasan cara menulis resume jurusan sastra Inggris beserta contohnya di bawah ini!

Pekerjaan Untuk Lulusan Sastra Inggris

Pekerjaan Untuk Lulusan Sastra Inggris

Nah, selain struktur seperti ini, ada juga orang yang lebih memilih menggunakan resume fungsional yang lebih fokus pada skill seseorang.

Kuliah Sastra Inggris Kelas Karyawan, Kenapa Tidak?

Oleh karena itu, CV ini sangat ideal bagi lulusan Sastra Inggris yang memiliki sedikit atau tanpa pengalaman profesional.

Memang benar, memilih CV dengan struktur yang tepat untuk kebutuhan Anda akan membantu Anda menonjol dari kandidat lainnya.

Sesuai struktur yang disebutkan di atas, bagian atas CV berisi informasi pribadi. Bagian ini berisi informasi tentang:

Salah satu dari lima elemen ini adalah titik kontak. Kontak yang dimaksud mencakup informasi seperti nomor telepon, alamat email, dan media sosial.

Kenapa Belajar Kepariwisataan Penting Di Jurusan Sastra Inggris?

Selain rincian kontak Anda, bagian yang sama pentingnya dari CV lulusan Sastra Inggris adalah deskripsi singkat Anda.

Tujuan utama dari brief ini, menurut The Muse, adalah untuk merangkum keahlian dan pengalaman Anda dalam sebuah paragraf pendek.

Dengan cara ini, perekrut akan dapat mengenal Anda terlebih dahulu dan menentukan seberapa cocok Anda dengan posisi yang ingin Anda lamar.

Pekerjaan Untuk Lulusan Sastra Inggris

Artinya, pengalaman kerja Anda yang terbaru tercantum paling atas dan mengikuti pengalaman kerja Anda sebelumnya.

Penyerahan Mahasiswa Magang Program Kampus Merdeka Jurusan Sastra Inggris Di Dinas Pendidikan Daerah Provinsi Sulawesi Utara

Dalam hal ini, Anda dapat menguraikan tanggung jawab yang dapat membantu Anda berkontribusi pada perusahaan yang Anda lamar.

Namun menurut Enhancv, menulis informasi pendidikan itu penting karena dapat membuktikan bahwa Anda memiliki keterampilan yang relevan dengan pekerjaan tersebut.

Untuk menambah informasi, Anda juga dapat menuliskan di resume Anda bahwa Anda adalah seorang Sarjana Sastra Inggris dengan IPK tersebut.

Perlu juga diingat bahwa memperhatikan keterampilan yang tepat dapat membuat resume Anda lebih ramah ATS atau lebih mudah dibaca oleh mesin ATS. Bertentangan dengan asumsi banyak orang, prospek kerja bagi lulusan sastra Inggris sangat luas. Namun masih banyak orang yang bingung dan bertanya-tanya,

Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris: Info, Mata Kuliah, Prospek Kerja Lengkap

Banyak orang yang beranggapan bahwa peluang karir bagi lulusan Sastra Inggris sangatlah langka dan satu-satunya kesempatan bagi lulusan Sastra Inggris adalah menjadi seorang guru. Padahal, dengan mengambil jurusan Sastra Inggris, kamu bisa bekerja di banyak bidang lain lho!

Belajar bahasa Inggris akan memberikan keterampilan penting untuk dunia kerja, seperti penelitian, analisis kata, berpikir kritis, membaca, komunikasi efektif dan banyak lagi. Keterampilan ini sangat dicari oleh perusahaan. Di era digital ini, banyak perusahaan yang membutuhkan karyawan yang ahli dan memiliki pemahaman mendalam tentang ucapan, bahasa, dan komunikasi.

Baca Juga:  Koran Lowongan Kerja Hari Ini Bandung

Pada artikel ini, Anda akan memahami beberapa kursus khusus sastra Inggris, keuntungan memilih jurusan sastra Inggris, dan banyak prospek kerja dengan jurusan Bahasa Inggris.

Pekerjaan Untuk Lulusan Sastra Inggris

Kesalahpahaman yang paling umum mengenai jurusan sastra Inggris adalah bahwa jurusan tersebut hanya mempelajari bahasa Inggris di kelas bahasa Inggris.

Perbedaan Sastra Inggris Dan Pendidikan Bahasa Inggris

Umumnya mahasiswa sastra Inggris mempelajari bahasa Inggris, sastra, budaya dan bahasa asing lainnya. Namun pada jurusan ini Anda juga akan belajar bagaimana berkomunikasi secara efektif, menghasilkan karya tulis yang terstruktur, memahami sejarah, ideologi budaya yang berbeda, dan kancah bisnis internasional.

Tergantung pada kebijakan dan program masing-masing universitas, kursus dan mata pelajaran berbeda-beda. Berikut beberapa contoh topik Jurusan Sastra Inggris:

✅ Prospek kerja lulusan bahasa Inggris sangat luas mulai dari pendidikan, pariwisata, bisnis, media, hukum hingga IT.

✅ Perusahaan semakin banyak mencari lulusan yang berspesialisasi dalam sastra Inggris karena semakin banyak perusahaan nasional yang menawarkan konten dalam bahasa Inggris.

Program Sarjana Sastra Inggris

✅ Anda dapat belajar sambil bekerja paruh waktu sebagai guru, pemandu wisata, atau penulis konten untuk mendapatkan pengalaman dan keuntungan finansial dengan cepat.

✅ Curriculum vitae (CV), surat lamaran kerja dan proses menghadiri wawancara kerja akan lebih mudah karena kemampuan menulis, analitis dan komunikasi sering dilatih di jurusan sastra Inggris.

Apakah Anda ingin membuat CV untuk lamaran pekerjaan? Menyediakan banyak template yang menarik dan mudah digunakan. Unduh CV Anda dalam format PDF, 100% gratis! 🎉

Pekerjaan Untuk Lulusan Sastra Inggris

Jadi, pekerjaan apa saja yang bisa dilakukan oleh jurusan bahasa Inggris? Yuk, simak 15 prospek kerja lulusan Sastra Inggris berikut ini!

Prospek Kerja Sastra Inggris 2023 Beserta Gajinya!

📝 Job Desk : Penerjemah (penerjemah tertulis) bertugas menerjemahkan karya tulis berupa novel, cerpen, buku cerita anak, dokumen, dll. Selain itu, Anda juga bisa menjadi penerjemah tersumpah untuk menerjemahkan dokumen hukum, keuangan, akademik, dll. Pada saat yang sama, juru bahasa bertanggung jawab untuk menerjemahkan bahasa Inggris secara lisan (dalam waktu nyata) untuk pemerintahan, pertemuan internasional, perusahaan swasta, rumah sakit, sekolah, dll.

✍️ Spesifikasi/keterampilan yang dibutuhkan: fasih ≥ 2 bahasa, spesialisasi di bidang tertentu (bisnis, ekonomi, seni, hukum, teknik, dll), sertifikat ujian kualifikasi penerjemah (UKP) untuk penerjemah tersumpah, konsentrasi tinggi dan ketelitian.

💰 Kisaran gaji : Rp 5.000.000 – Rp 7.000.000 per bulan di perusahaan nasional. Tentu saja gaji di perusahaan asing juga akan lebih tinggi.

📝 Job Desk : Membaca dan merevisi artikel baik berupa majalah, artikel website, buku, dokumen, naskah, surat kabar dll. Umumnya seorang editor akan meninjau tata bahasa, alur, tata letak, ejaan dan keakuratan data/fakta yang terkandung dalam karya tulis dan memastikan bahwa karya tulis tersebut tidak merupakan plagiat.

Baca Juga:  Kursus Salon Kecantikan Di Malang

Jurusan Kuliah Yang Akan Selalu Dibutuhkan Di Dunia Kerja

✍️ Kualifikasi/Keterampilan yang Dibutuhkan: Mampu menggunakan Microsoft Office, Pengalaman sebagai penulis/jurnalis/reporter, Pengetahuan di bidang tertentu (Olahraga, Sains, Bisnis, Seni dll.), Keterampilan menulis, Kemahiran dalam tata bahasa, Kreativitas, Manajemen waktu, Ketelitian , Kesabaran, logika dan imajinasi.

Sebagai lulusan Sastra Inggris, Anda dapat bekerja di bidang penerbitan. Dalam industri penerbitan, Anda bisa menjadi editor, pemimpin redaksi, pemimpin redaksi, pemimpin redaksi, editor akuisisi, pemimpin redaksi, editor hak, dan gambar di sebuah penerbit. Editor

📝 Job Desk: Redaktur Pelaksana, Editor Pelaksana, Editor Akuisisi, dan Editor Hak bertanggung jawab atas aspek teknis publikasi. Misalnya, mereka bertanggung jawab mengelola pekerjaan editor dan tim editorial. Mereka juga bertanggung jawab untuk membuat keputusan bisnis besar seperti penerapan kebijakan, pelacakan biaya, dan persetujuan proyek.

Pekerjaan Untuk Lulusan Sastra Inggris

✍️Kualifikasi/Keterampilan yang Dibutuhkan: Memahami sastra, keuangan, pemasaran, administrasi dan memiliki keterampilan manajemen yang baik. Anda juga harus memiliki keterampilan editor.

Lowongan Kerja Part Time English Teacher Di Lembaga Kursus Dan Pelatihan Surabaya 2022

📝 Job Desk: Saat ini semakin banyak perusahaan lokal yang membutuhkan content writer berbahasa Inggris. Selain bekerja di perusahaan, Anda juga bisa menjadi penulis konten lepas dan menulis konten untuk berbagai industri. Karyanya meliputi menulis konten berbahasa Inggris untuk website, majalah, surat kabar, konten Instagram, jurnal dan buku.

✍️Kualifikasi/Keterampilan yang Dibutuhkan: Kemampuan menulis, menganalisis, dan membaca dengan cermat dalam berbagai gaya penulisan. Kuasai tata bahasa dan kosakata yang luas.

💰 Kisaran gaji: Rp 4.000.000 – Rp 5.000.000 (penulis konten penuh waktu), Rp 2.000.000 – Rp 4.000.000 per bulan (penulis konten lepas).

📝 Job Desk : Membuat tulisan (copy) yang disesuaikan dengan citra perusahaan yang menarik perhatian audiens dalam bentuk slogan, jingle, konten, headline, teks, email dan lainnya. Salinan ini adalah strategi pemasaran yang bertujuan untuk meningkatkan penjualan dan pendapatan.

Prospek Kerja Sastra Jawa Yang Menjanjikan Di Tahun 2023

📝 Job Desk: Membuat dan menulis skrip atau skenario untuk film, serial TV, video game, atau komik. Penulis akan bekerja sama dengan sutradara dan produser untuk melakukan penyesuaian.

Meskipun penulis skenario akan menulis skenario dalam bahasa Indonesia, Anda tetap memiliki kemampuan menulis yang telah diasah di jurusan sastra Inggris untuk menghasilkan skenario yang menarik. Anda juga dapat mencoba mengirimkan skrip Anda ke Netflix.

💰 Kisaran gaji : Rp 20.000.000 – Rp 200.000.000 per film, Rp 5.000.000 – Rp 15.000.000 per proyek sinetron/FTV.

Pekerjaan Untuk Lulusan Sastra Inggris

📝 Job Desk: UX Writer berfokus pada pembuatan kata-kata (mikrokopi) untuk situs web atau aplikasi. Tujuannya adalah untuk memudahkan pengguna dalam menggunakan website atau aplikasi perusahaan. Penulis UX bertanggung jawab untuk membuat kata-kata yang mudah dipahami untuk tombol, chatbot, menu, atau label.

Baca Juga:  Perkembangan Janin Umur 27 Minggu

Mengenal Lebih Jauh Jurusan Sastra Inggris Dan Peluang Kerjanya

✍️ Kualifikasi/Keterampilan Penting: Keterampilan menulis, keterampilan bersosialisasi, kreativitas, kemampuan meneliti, memahami strategi konten, dunia teknologi, dan pengalaman pengguna.

Pekerjaan jurusan sastra Inggris selanjutnya adalah menjadi terapis wicara. Anda juga dapat mempelajari profesi ini dengan peminatan sastra Inggris dengan fokus linguistik, dilengkapi dengan pelatihan D3 terapi wicara.

📝 Job Desk: Ahli Patologi Bahasa Pidato akan membantu merehabilitasi pasien yang menderita gangguan bicara, bahasa, kosa kata, pengucapan, bunyi dan ritme.

Mereka dapat membantu merehabilitasi pasien yang mengalami keterlambatan bicara akibat demensia, autisme, serta pasien yang menderita stroke atau cedera kepala. Terapis wicara dapat bekerja di rumah sakit dan berkolaborasi dengan dokter, bekerja di perusahaan terapi wicara, atau membuka klinik sendiri.

Prospek Kerja Sastra Inggris 2021 Dengan Gaji Tinggi

✍️ Spesialisasi/Keterampilan yang Diperlukan: Linguistik, Ilmu Kesehatan, Patologi Wicara, Pengobatan Fisik dan Rehabilitasi Medis, Sertifikasi Ahli Patologi Bahasa Wicara, Keterampilan Komunikasi yang Baik, Berpikir Kritis, Kemampuan Observasi dan Pelayanan.

Dalam ilmu linguistik, jurusan sastra Inggris disebut linguistik komputasional. Ilmu ini memadukan ilmu linguistik dan ilmu komputer untuk memahami bahasa manusia dalam bidang program komputer. Dengan pengetahuan ini, Anda dapat bekerja di industri perangkat lunak, misalnya sebagai pengembang pembelajaran mesin atau insinyur bahasa.

📝 Job Desk: Pengembangan Kecerdasan Buatan pada Mesin Penerjemahan, Mesin Pemroses Dokumen, Mesin Pemeriksa Tata Bahasa, Chatbots, dll. Contohnya termasuk Apple Siri atau Amazon Alexa. Mereka dapat menggunakan pengetahuan linguistiknya untuk mengembangkan interaksi antara komputer dan manusia, seperti pengenalan ucapan dan suara, input teks prediktif, antarmuka perintah suara, sintesis ucapan-ke-teks, dan algoritma pencarian.

Pekerjaan Untuk Lulusan Sastra Inggris

💰Kisaran Gaji: Rata-rata $76,793 per tahun di AS atau sekitar Rp 25,000,000 – Rp 50,000,000 per bulan di Indonesia

Mendalami Ilmu Sastra Dan Linguistik Bahasa Inggris Di Jurusan Sastra Inggris

📝 Job Desk: Ahli bahasa forensik akan menerapkan linguistik dalam bidang forensik, investigasi forensik, uji coba dan bahasa. Mereka bertanggung jawab untuk menganalisis rekaman suara, panggilan darurat, surat bunuh diri, dan komunikasi ancaman untuk membantu lembaga penegak hukum, pemerintah, atau polisi menyelidiki dan menyelesaikan kejahatan. Seorang spesialis forensik linguistik juga dapat bekerja

Pekerjaan untuk lulusan sastra jepang, pekerjaan untuk jurusan sastra inggris, pekerjaan lulusan sastra inggris, pekerjaan yang cocok untuk lulusan sastra inggris, pekerjaan lulusan sastra jepang, prospek lulusan sastra inggris, lowongan pekerjaan lulusan sastra inggris, pekerjaan untuk sastra inggris, lowongan lulusan sastra inggris, pekerjaan untuk lulusan sastra indonesia, pekerjaan untuk sarjana sastra inggris, lowongan pekerjaan untuk lulusan sastra inggris

Tinggalkan Balasan