Makalah Penulisan Surat Lamaran Kerja

By | Januari 25, 2024
|

Makalah Penulisan Surat Lamaran Kerja – Apakah Anda aktif mencari pekerjaan? Jangan lupa persiapkan lamaran pekerjaan Anda juga. Di bawah ini contoh, format, dan pedoman pembuatan surat lamaran kerja (cover letter) yang lengkap dan akurat. –

Bertindak sebagai pemeriksaan awal bagi HRD sebelum mengevaluasi CV dan memasukkannya ke dalam berkas lamaran utama.

Makalah Penulisan Surat Lamaran Kerja

Makalah Penulisan Surat Lamaran Kerja

Surat lamaran adalah dokumen lamaran kerja yang dikirimkan kepada penerima melalui CV, dengan tambahan informasi tentang pengalaman dan keterampilan yang relevan dengan pekerjaan yang dilamar. Lamaran kerja merupakan perkenalan diri yang memuat alasan mengapa Anda tertarik bekerja di perusahaan tersebut. Kamu bisa memberi

Perbedaan Makalah Dan Proposal: Pengertian, Ciri, Dan Strukturnya

Anda bisa melamar pekerjaan secara online atau online. Saat ini sudah banyak website atau website yang dapat membantu Anda dalam menulis lamaran kerja dengan lebih mudah dan cepat. Ada juga perusahaan di beberapa daerah yang memerlukan lamaran kerja tulisan tangan.

Bagi yang masih bingung bagaimana cara menulis lamaran kerja, yuk simak penjelasannya berikut ini. Ada juga contohnya lho!

Saat menulis surat lamaran kerja, Anda perlu mengetahui format penulisannya. Nah, berikut 8 hal yang sebaiknya dicantumkan dalam surat lamaran:

Mulailah lamaran pekerjaan Anda dengan salam terbuka kepada perekrut atau HRD. Jika Anda mengetahui nama perekrut atau perusahaannya, Anda bisa memberikan pernyataan pembuka. Jika tidak, tulis Dear. HRD [nama perusahaan] atau Hon. Personil penting. Jika Anda menulis dalam bahasa Inggris, Anda dapat menyampaikan salam Anda kepada Manajer Sumber Daya Manusia yang Terhormat atau HRD yang Terhormat di [Nama Perusahaan].

Pengumuman Ii Selter Jpt Pratama November 2023

“Izinkan saya memperkenalkan diri, nama saya Karina Anastasia. Berdasarkan postingan yang saya lihat di LinkedIn beberapa hari yang lalu, perusahaan Anda sedang membuka lowongan untuk posisi Content Writer. Dengan surat lamaran ini, saya ingin melamar posisi tersebut .

Jelaskan secara singkat pendidikan Anda selanjutnya dan terakhir. Agar lebih mencengangkan, Anda bisa menceritakan beberapa pencapaian atau aktivitas yang Anda lakukan selama menyelesaikan pendidikan.

“Saya lulusan [universitas/vokasi/SMA]. Selama kuliah, saya aktif mengikuti berbagai kegiatan seperti menjadi video jurnalis (VJ) dan mengikuti program magang untuk meningkatkan keterampilan dan kemampuan saya.”

Makalah Penulisan Surat Lamaran Kerja

Saat menulis surat lamaran, Anda bisa mengecek kembali persyaratan yang tertera di iklan lowongan kerja. Cocokkan keterampilan yang Anda miliki dengan kualifikasi yang Anda butuhkan. Cukup sertakan keterampilan atau pengalaman yang relevan, bukan?

Jasa Ketik Murah Dan Akurat

“Saya juga berkesempatan bekerja paruh waktu sebagai tenaga penjualan kreatif di sebuah perusahaan telekomunikasi. Saya ditugaskan menentukan ide konten bulanan, memberi pengarahan kepada tim kreatif, dan menulis berbagai postingan media sosial. Saya juga memiliki keterampilan dalam penggunaan Adobe Premiere, program untuk menulis konten dan menyalin.

Baca Juga:  Cara Membaca Pesan Messenger Yang Telah Dihapus

Tolong jelaskan mengapa Anda melamar posisi ini. Bisa jadi karena pendidikan, kualifikasi, atau pengalaman kerja Anda. Hindari menulis alasan pribadi, bukan?

“Dengan keahlian dan pengalaman yang saya miliki, saya tertarik menjadi penulis konten untuk perusahaan Anda. Saya yakin bekerja di [nama perusahaan] akan memungkinkan saya untuk berkembang dan belajar banyak.”

Tambahkan nomor telepon yang aktif, pastikan tidak ada font saat mengetik. Masukkan alamat email Anda untuk memudahkan HRD menghubungi Anda untuk informasi rekrutmen lebih lanjut.

Yellow Modern Marketing Strategy Book Cover (3) Pages 1 13

– Dapatkan saran dan tips melamar pekerjaan langsung dari Kak Iman Usman. Dari review resume, cara menjawab pertanyaan wawancara kerja, cara melacak hasil seleksi pekerjaan, dan banyak lagi! Klik banner dibawah ini ya! –

Untuk poin tambahan tertentu, ada perusahaan yang hanya membutuhkan CV dan investasi. Namun ada pula yang mengharuskan calon melampirkan dokumen tambahan seperti fotokopi sertifikat pelatihan atau keterampilan tertentu, KTP, KK atau SKCK. Jadi bacalah persyaratan lowongan dan dokumen lamaran yang diperlukan dengan cermat.

Izinkan saya memperkenalkan diri, nama saya Karina Anastasia, BA bidang Ilmu Komunikasi dari ABC University. Bersama surat ini saya ingin melamar posisi copywriter di PT Makmur Jaya. Saya mengetahui tentang lowongan ini beberapa hari yang lalu di LinkedIn.

Makalah Penulisan Surat Lamaran Kerja

Di bangku kuliah, saya mengembangkan kemampuan interpersonal dan kepemimpinan dengan aktif mengikuti berbagai organisasi seperti BEM dan Serikat Mahasiswa. Selain itu, saya juga mempunyai pengalaman magang sebagai social media spesialis di PT Kue Ku. Selama magang ini saya bertugas mencari ide konten, headline copy dan presentasi singkat untuk aset visual Instagram, Line, Twitter dan Facebook. Selain itu, saya juga mengikuti beberapa kursus pelatihan terkait prostetik untuk meningkatkan pengalaman saya.

Makalah Membuat Surat Lamaran Kerja

Walaupun saya merupakan seorang freshgraduate, namun saya yakin dapat berkontribusi pada perusahaan yang bapak pimpin dengan keahlian yang saya miliki.

Bersamaan dengan surat ini, saya lampirkan Curriculum Vitae (CV) saya untuk ulasan Anda. Begitulah cara saya menulis aplikasi ini. Saya berharap dapat mendiskusikan peluang lebih lanjut untuk bekerja di perusahaan Anda. Terima kasih atas waktu dan pertimbanganmu.

Izinkan saya memperkenalkan diri, nama saya Karina Anastasia. Saya menulis untuk menyatakan minat saya untuk bergabung dengan perusahaan Anda sebagai karyawan administrasi. Saya mendapat informasi tentang pekerjaan ini dari situs kerja PT Shoes Indonesia.

Baca Juga:  Susu Yang Menambah Tinggi Badan

Saya lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) bidang manajemen perkantoran. Selama studi saya, saya menjadi tertarik pada manajemen. Saya dapat mengoperasikan komputer dan beberapa Microsoft Office untuk keperluan menulis. Saya juga mempelajari etika dasar kantor, cara menjawab telepon, persiapan ruang rapat, dan keterampilan berbicara di depan umum. Saya juga mengikuti pelatihan untuk meningkatkan keterampilan saya dengan Microsoft Office.

Contoh Surat Lamaran Kerja Di Toko

Meskipun saya masih freshgraduate, saya yakin saya dapat berkontribusi pada perusahaan anda dengan keterampilan yang saya miliki. Selama di sekolah, saya mengikuti penempatan kerja lapangan (PKL) selama 3 bulan di jurusan manajemen. Selama saya melakukan kegiatan PKL, saya ditugaskan untuk memilah dan mendistribusikan surat, merawat dan menata peralatan kantor, melakukan akuntansi dasar, dan menyiapkan ruang rapat atau rapat. Saya suka mempelajari hal-hal baru dan dapat bekerja dengan baik baik secara mandiri maupun dalam tim.

Bersamaan dengan surat ini, saya lampirkan Curriculum Vitae (CV) saya untuk ulasan Anda. Jadi saya menulis surat lamaran ini. Saya berharap Indonesia bergabung dengan PT Shoes. Terima kasih atas perhatian Anda.

Izinkan saya memperkenalkan diri, saya Karina Anastasia. Melalui email ini saya ingin mengajukan lamaran magang sebagai content writer di PT Serba Bisa. Saya melihat lowongan pekerjaan ini di LinkedIn pada 1 Agustus 2022.

Makalah Penulisan Surat Lamaran Kerja

Saya seorang mahasiswa ilmu komunikasi di Universitas ABC. Saya memiliki keterampilan menulis yang baik dan senang mempelajari hal-hal baru. Selama kuliah, saya aktif di komunitas kampus, khususnya di grup media digital yang mengajarkan saya tentang menulis dan media sosial. Melalui kegiatan ini saya juga belajar mengatur waktu dan melatih keterampilan interpersonal. Saya percaya dengan kesempatan magang di perusahaan bapak saya akan dapat mengembangkan keterampilan yang saya miliki dan belajar banyak hal baru.

Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Benar Dan Cara Membuatnya

Saya melampirkan Curriculum Vitae (CV) dan portofolio tulisan saya bersama dengan surat ini. Jika Anda memiliki dokumen atau apa pun, silakan hubungi saya dengan nomor telepon dan alamat email tambahan. Terima kasih pak/bu atas perhatiannya.

Setelah Anda mengetahui format dan contohnya, berikut beberapa tips cara menulis surat lamaran yang bisa Anda lamar. Anda secara otomatis diundang untuk berkunjung!

Karena setiap perusahaan berbeda, Anda harus melakukan riset sebelum mulai menulis lamaran kerja. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang perusahaan dan posisi yang Anda lamar. Penelitian ini dapat membantu Anda membuat surat lamaran karena Anda tidak mengirimkan surat lamaran untuk semua pekerjaan. Anda dapat menemukan informasi tentang perusahaan melalui jejaring sosial, situs berita atau situs resmi perusahaan.

Baca Juga:  Cara Menulis Surat Lamaran Yg Benar

Jadilah dirimu sendiri, oke? Hindari menjiplak kata-kata teman Anda atau orang lain secara online. Contoh-contoh di atas dapat digunakan sebagai referensi, namun tidak harus menyeluruh. Ingat

Makalah Komunikasi Bisnis Kelompok 3

Selain itu, jangan mengirimkan satu lamaran ke semua perusahaan ya. Apalagi jika posisi yang Anda lamar berbeda-beda. Surat lamaran Anda biasanya akan mencantumkan nama atau lokasi perusahaan yang Anda lamar. Awasi itu, bukan? Kalau sekedar copy paste, saya khawatir Anda akan menyebut nama perusahaan lain di surat itu.

Misalnya menguasai teknik menulis SEO, memahami tren media sosial, copywriting berbagai konten media sosial, dan keterampilan lainnya. Itu bagus

, Anda tidak perlu menyebutkan keterampilan ini dalam lamaran pekerjaan Anda. Tidak relevan dengan posisi yang dilamar, mubazir ya.

Makalah Penulisan Surat Lamaran Kerja

Tentu saja tidak banyak lamaran pekerjaan yang perlu direview oleh HRD, jadi buatlah lamaran Anda singkat, padat dan jelas. Hindari penggunaan kalimat yang panjang. Nyatakan poin-poin utama yang ingin Anda sampaikan dengan jelas.

Pemkab Minut Buka Pendaftaran Seleksi Terbuka Jabatan Sekertaris Daerah Sampai 10 Oktober 2022

Sebelum mengirimkan surat, ingatlah untuk memeriksa kembali seluruh isi lamaran kerja. Pastikan tidak ada kesalahan ketik

Hindari penggunaan formulir yang disingkat agar HRD tidak bisa membacanya, lalu pastikan nomor telepon Anda masih aktif dan tidak salah agar HRD bisa mendapatkan informasi lebih lanjut.

Ini adalah contoh yang baik dan cara menulis surat lamaran yang baik. Semoga dapat membantu Anda mengkoordinasikan pekerjaan Anda. Apakah boleh melamar pekerjaan? Skills Academy memiliki kelas kesiapan kerja yang akan membantu Anda menjadi lebih percaya diri dan tidak ragu-ragu. Ada kelas review resume, wawancara kerja, wawancara, komunikasi, bahkan kelas mentoring dengan HR profesional lho. Sangat penuh, bukan? Klik spanduk di bawah untuk menemukan dan membeli kursus! Selamat belajar~

Penulisan tanggal surat lamaran kerja, penulisan kop surat lamaran kerja, syarat penulisan surat lamaran kerja, format penulisan surat lamaran kerja, cara penulisan surat lamaran kerja, penulisan surat lamaran kerja, penulisan amplop surat lamaran kerja, penulisan alamat surat lamaran kerja, penulisan lampiran surat lamaran kerja, aturan penulisan surat lamaran kerja, contoh penulisan surat lamaran kerja, format penulisan lamaran kerja

Tinggalkan Balasan