Jumlah Partai Politik Di Indonesia

By | Februari 2, 2024
|

Jumlah Partai Politik Di Indonesia – KPU menetapkan 17 parpol nasional dan 6 parpol lokal di Aceh sebagai peserta pemilu 2024. Sejumlah parpol mengaku akan bekerja lebih keras karena persaingan semakin ketat.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy’ari dan perwakilan pimpinan partai politik peserta pemilu 2024 pada acara pengundian dan penetapan jumlah parpol peserta pemilu 2024 beserta urut-urutannya. nomor, kompleks kantor KPU, Jakarta, Rabu (14/12/2022).

Jumlah Partai Politik Di Indonesia

Jumlah Partai Politik Di Indonesia

JAKARTA, – Persaingan diperkirakan semakin ketat pada pemilu 2024 pada Rabu (14/12/2022), seiring dengan ditetapkannya 17 partai politik nasional dan enam partai lokal Aceh sebagai peserta pemilu 2024 oleh KPU. Sebab, jumlah partai politik yang berstatus elektoral semakin banyak, namun niche elektoral dan ideologi partai politik bersinggungan sehingga pemilih yang bersaing pun sama.

Kpu Kabupaten Sumbawa :

Penetapan partai politik ini diwarnai oleh komentar kritis masyarakat sipil dan sejumlah mantan penyelenggara pemilu yang menekankan aspek integritas sebenarnya dari proses pemeriksaan partai politik peserta pemilu 2024.

Teridentifikasinya 17 partai politik nasional dan 6 partai politik lokal peserta pemilu 2024 di Aceh terjadi pada rapat pleno ringkasan nasional hasil verifikasi dan identifikasi partai politik peserta pemilu KPU 2024. Bangunan. , Jakarta, Rabu. Sebagai perbandingan, pada pemilu 2019 terdapat 16 partai politik nasional dan empat partai politik Aceh.

Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari mengatakan, dari 17 parpol yang lolos pemeriksaan, 9 parpol merupakan partai parlemen, dan lima parpol non parlemen atau peserta yang tidak lolos ambang batas parlemen pada pemilu 2019. Sementara tiga lainnya merupakan partai politik baru.

Dari sembilan parpol yang mengikuti pengecekan fakta, Partai Ummat menjadi satu-satunya partai yang tidak lolos verifikasi karena tidak memenuhi syarat di dua negara bagian, yakni Nusa Tenggara Timur dan Sulawesi Utara. Atas keputusan tersebut, Partai Ummat mengajukan protes tertulis kepada KPI.

Pdf) Perkembangan Partai Politik Pada Masa Orde Baru (1966 1998)

Wakil Ketua Umum Partai Ummat Nazaruddin mengatakan, Partai Ummat protes karena hasil rekapitulasi KPU di dua provinsi yang tidak memenuhi syarat tersebut tidak sesuai dengan informasi yang dimilikinya. Selain itu, Nazaruddin mengatakan Partai Ummat merasa KPU kesulitan memverifikasi fakta di beberapa daerah.

Ketua Biro Pengawasan Pemilu Rahmat Bağca mengatakan, partai politik yang tidak layak menjadi calon peserta pemilu dan merasa tidak enak dengan keputusan KPU bisa berselisih dengan Bavaslu. Mereka punya waktu tiga hari kerja untuk mengajukan banding ke pengadilan setelah surat keputusan KPU keluar.

Perwakilan pimpinan partai politik lokal Aceh dan nomor yang diperoleh pada Undian dan Penjumlahan Partai Politik peserta Pemilu 2024 di halaman Kantor KPU, Jakarta, Rabu (14/12/2022).

Jumlah Partai Politik Di Indonesia

Pada Rabu malam, KPI melakukan pencabutan nomor urut partai politik peserta pemilu. Sesuai Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2022, partai politik yang menempati palang parlemen peserta Pemilu 2019 boleh menggunakan nomor lamanya. Sedangkan partai politik non-parlemen dan partai politik baru yang akan mengikuti pemilu 2024 harus menarik nomor urutnya. Dari parpol peserta Pemilu Riksdag 2019, hanya PPP yang mengikuti undian nomor urut. Delapan parpol lainnya menggunakan nomor lama.

Baca Juga:  Bunga Pinjaman Kur Bri 2023

Daftar Nomor Urut Partai Lokal Aceh Peserta Pemilu Dari 2009 2024 » Dialeksis :: Dialetika Dan Analisis

Dengan adanya 17 partai politik yang bersaing pada pemilu 2024, PDI-P tidak boleh sombong atau menganggap diri mereka yang terbaik, kata Bambang Vuryanto, Ketua Badan Pemenangan Pemilu PDI Perjuangan. Semua partai politik, bahkan partai besar sekalipun, tetap perlu mempersiapkan diri dengan baik.

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa, Jenderal Muhaimin Iskandar, sadar persaingan pada pemilu 2024 akan sengit. Namun menurutnya, hal itu kembali lagi pada strategi partai politik untuk merebut hati masyarakat guna memenangkan pemilu. “Kita harus pintar-pintar membuktikan bahwa kita mempunyai tujuan yang jelas untuk bangsa ini.

Meningkatnya jumlah partai politik peserta pemilu akan membuat persaingan semakin ketat. Karena partai-partai politik peserta pemilu mempunyai niche dan ideologi pemilu yang tumpang tindih, mereka bersaing satu sama lain untuk mendapatkan massa pemilih yang sama.

Sementara itu, Plt Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan Muhammad Mardiono mengaku tak khawatir dengan keikutsertaan sejumlah partai baru pada pemilu 2024. PPP juga tak khawatir suaranya tergerus akibat keikutsertaan dalam pemilu. pemilu. sejumlah partai baru. “Sekarang tinggal meyakinkan masyarakat,” kata Mardiono.

Kerja Partai Politik Di Tahun 2023

Hurriya, Plt Direktur Eksekutif Pusat Penelitian Politik Universitas Indonesia, mengatakan peningkatan jumlah partai politik peserta pemilu akan membuat persaingan semakin ketat. Karena partai-partai politik peserta pemilu mempunyai niche dan ideologi pemilu yang tumpang tindih, mereka bersaing satu sama lain untuk mendapatkan massa pemilih yang sama. Namun ambang batas pemilu parlemen cukup tinggi yakni 4 persen sehingga tidak semua partai bisa lolos. Seperti pada pemilu 2019 yang diikuti 16 parpol, ada 7 parpol yang gagal masuk parlemen.

Oleh karena itu, menurutnya, diperlukan inovasi untuk meyakinkan pemilih. Masa kampanye yang singkat yaitu 75 hari harus diatasi dengan menjual program-program yang dibutuhkan pemilih. Partai politik baru harus melakukan lompatan untuk menarik perhatian masyarakat.

Sejumlah mantan anggota KPU dan Bawaslu beberapa kali meminta pengusutan dugaan manipulasi pengecekan fakta yang dilakukan partai politik peserta Pemilu 2024. Valina Singka Subekti, mantan anggota Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu, mengatakan jika data cek fakta terbukti palsu maka akan menjadi catatan buruk dalam proses demokrasi Indonesia. Pemilu harus dilaksanakan berdasarkan prinsip-prinsip yang jujur, adil dan demokratis sebagaimana diatur dalam konstitusi.

Baca Juga:  Cara Daftar Naik Haji Onh Plus

Jumlah Partai Politik Di Indonesia

Mantan Anggota KPU Hadar Nafis Gumay mengaku khawatir sekaligus marah atas dugaan manipulasi hasil pemeriksaan partai politik. Menurutnya, polemik ini menjadi persoalan besar karena diduga dilakukan oleh KPI yang merupakan jantungnya lembaga penyelenggara pemilu. Ia menilai permasalahan ini harus diselidiki secara menyeluruh.

Parpol Peserta Pemilu 2019

Partai Politik Induk Cetak Sirkulasi Berita Terkini Pemilu 2024 Nomor Urut Parpol Pengidentifikasi Parpol Peserta Pemilu 2024. Suasana syuting, Minggu (18/2/2018). Di Aceh, 14 partai politik (parpol) dan empat partai politik lokal lolos cek fakta untuk mengikuti pemilu 2019. (KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO)

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemilihan umum (pemilu) lima tahunan Partai Demokrat selalu menjadi peristiwa politik yang seru. Dengan segala cerita dan sensasinya.

Sejumlah partai politik peserta pemilu 1955 tidak lagi ikut serta, seperti Majelis Syuro Muslim Indonesia (Masyumi), Partai Sosialis Indonesia (PSI), dan Partai Komunis Indonesia (PKI) yang dibubarkan.

Golkar menang dengan mengumpulkan 62,8 persen suara (236 mandat DPR). Berikutnya adalah Nahdlatul Ulama (NU) dengan perolehan suara 18,6 persen (58 kursi); Parmusi 5,3 persen suara (24 kursi); Partai Islam Indonesia (PNI) meraih 6,9 persen suara (20 kursi), sedangkan Partai Islam Indonesia Syarikat (PSII) meraih 2,3 persen suara (10 kursi).

Ini Partai Politik Paling Unggul Di Indonesia Saat Ini, Hasil Survei Spektrum Politika

Dengan adanya Undang-Undang Nomor 3 Tahun 1975 tentang Partai Politik dan Golkar, jumlah partai politik peserta pemilu semakin berkurang.

Pada pemilu 1977-1997, hanya tiga partai politik yaitu Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Demokrat Indonesia, dan Golkar yang ikut serta dalam pemilu.

Pemilu 1977-1997 diselenggarakan untuk memilih anggota legislatif di bawah pemerintahan Presiden Soeharto. Presiden dan wakil presiden dipilih oleh MPR. Golkar dan Soeharto selalu menang pada pemilu 1977-1997.

Jumlah Partai Politik Di Indonesia

PDI-P menang dengan 33,74 persen suara. Pada saat yang sama, Ketua Dewan Syuro PKB Abdurrahman Wahid (Gus Dur) dan PDI-P Megawati Soekarnoputri terpilih sebagai presiden dan wakil presiden.

Infografik Elektabilitas Partai Politik Hasil Survei 31 Maret 4 April 2023

Partai Indonesia Baru, Partai Kristen Indonesia, Partai Supeni Indonesia, Partai Aliansi Demokrasi Indonesia, Partai Kebangkitan Islam Indonesia, Partai Umat Islam, Partai Kebangkitan Ummat, Partai Masyumi Baru, Partai Persatuan Pembangunan, Partai Syarikat Islam Indonesia, Partai Perjuangan Demokrasi Indonesia, Abul Parti Yatama, Partai Bangsa Merdeka, Partai Demokrat Cinta Bangsa, Partai Amanat, Partai Rakyat Demokrat, Partai Syarikat Islam Indonesia 1905, Partai Katolik Demokrat, Partai Pilihan Rakyat, Partai Rakyat Indonesia, Partai Politik Islam Masyumi Indonesia, Partai Bulan Bintang, Partai Solidaritas Buruh , Partai Keadilan, Partai Nahdlatul Umat, Partai Indonesia – Front Marhaenis, Partai Persatuan Pendukung Kemerdekaan Indonesia, Partai Republik, Partai Demokrat Islam, Partai Indonesia – Massa Marhaen, Partai Diskusi Banyak Orang, Partai Demokrat Indonesia, Partai Golongan Karya, Partai Persatuan, Kebangkitan Partai Bangsa, Partai Persatuan Demokrasi Indonesia, Partai Buruh, Partai Bincang Keluarga Gotong Royong, Partai Kedaulatan Rakyat, Partai Cinta Damai, Partai Keadilan dan Persatuan, Partai Solidaritas Buruh Seluruh Indonesia, Partai Bangsa Indonesia, Partai Bhinneka Tunggal Ika Indonesia, Solidaritas Serikat Buruh Indonesia Partai, Partai Demokrat, Partai Islam Indonesia, Partai Buruh Indonesia.

Baca Juga:  Pinjam Uang Online Aman Dan Terpercaya

24 partai berpartisipasi dalam pemilu 2004. Untuk pertama kalinya, presiden dan wakil presiden dipilih langsung oleh Partai Demokrat pada tahun 2004.

Beberapa partai yang gagal memperoleh tiga persen suara pada pemilu 1999 kemudian berganti nama untuk mengikuti pemilu 2004. Salah satunya, Partai Keadilan, berganti nama menjadi Partai Keadilan yang sedang berkembang.

PDI-P, PPP, PKB, Golkar, PAN, PBB, PKS, Partai Marhaenisme Indonesia, Partai Buruh Sosial Demokrat, Partai Merdeka, Partai Persatuan Demokrasi Nasional, Partai Persatuan Indonesia Baru, Partai Banteng Kemerdekaan, Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia, Partai Pendukung Demokrasi Indonesia, Partai Persatuan Nahdlatul Ummat Indonesia, Partai Peduli Bangsa Carya, Partai Bintang Reformasi, Partai Perdamaian dan Sejahtera, Partai Patriot Pancasila, Partai Sarikat Indonesia, Partai Persatuan Daerah, Partai Pelopor.

Partai Politik Lokal Meneguhkan Demokrasi Di Aceh

Dan Partai Demokrat berhak mendapatkan kursi di Kongo dengan 21.703.137 suara atau 20,85 persen; Golkar 15.037.757 suara atau 14,45 persen; dan PDI-P dengan 14.600.091 suara atau 14,03 persen.

PKS menempati peringkat keempat hingga keenam dengan perolehan 8.206.955 suara atau 7,88 persen; PAN 6.254.580 suara atau 6,01 persen, PPP 5.533.214 suara atau 5,32 persen.

Kemudian posisi ketujuh hingga kesembilan ditempati PKB sebanyak 5.146.122 atau 4,94 persen; Gerindra memperoleh 4.646.406 suara atau 4,46 persen dan terakhir Hanura memperoleh 3.922.870 suara atau 3,77 persen.

Jumlah Partai Politik Di Indonesia

Ada 12 partai yang bertarung pada pemilu 2014, antara lain PDI-P, Golkar, Demokrat, PKB, PPP, PAN, PKS, Gerindra, Hanura, Nasdem, PBB dan PKPI.

Tahapan Jadwal Pemilihan Umum 2024

Sepuluh partai yang maju ke DPR adalah PDI Perjuangan (18,95 persen), Golkar (14,75 persen), Gerindra (11,81 persen), Demokraten (10,19 persen), PKB (9,04 persen), PAN (7,59 persen), PKS (6,79 persen). ). ). ), Nasdem (6,72 persen) PPP (6,53

Daftar partai politik di indonesia, fungsi partai politik di indonesia, peran partai politik di indonesia, sejarah partai politik di indonesia, nama partai politik di indonesia, partai politik di indonesia, sistem partai politik di indonesia, logo partai politik di indonesia, perkembangan partai politik di indonesia, masalah partai politik di indonesia, jumlah partai politik, jumlah partai politik 2014

Tinggalkan Balasan