Berita Kebakaran Hutan Di Jambi

By | Februari 10, 2024
|

Berita Kebakaran Hutan Di Jambi – Alasan lain terjadinya monopoli air oleh 27 perusahaan di Jabi adalah pembangunan kanal yang memicu kebakaran hutan dan lahan Jabi (Antra) – Provinsi Jabi tertutup hutan dan lahan yang terbakar antara Januari hingga September 2023. Lebih dari 335 hektar tersebar di 27 titik.

Berdasarkan data dan dokumen Pokja Kehutanan dan Kehutanan Jabi melalui Aplikasi Kehutanan dan Kehutanan di Provinsi Jabi dan Juwat, Kabupaten Batangari, Tebo, Erangin, Bangko, Uro Jabi, Tanjung Jabun Barat, dan Tanjung Jabung merupakan wilayah yang paling banyak terbakar. Thiur, Kecamatan Sarolangan.

Berita Kebakaran Hutan Di Jambi

Berita Kebakaran Hutan Di Jambi

Rincian luas lahan yang terbakar: 111,14 ha, Sarolangun 40,02 ha, Tebo 31,20 ha, Tanjung Jabung Barat 16,13 ha, Erangin 9,80 ha, Bunko 9,45 ha, Jabung 7 ha, Jabung 7 ha ha. dan kerajaan. Memiliki lahan seluas 4,80 hektar.

Perkumpulan Hijau Jambi Sayangkan Wwf Indonesia Manfaatkan Artis Endorse Soal Karhutla

Permasalahan karhutla ini muncul dari adanya aktivitas masyarakat yang membuka lahan dengan cara membakar, serta adanya monopoli air dengan membuat kanal untuk mengatasi karhutla, yang diketahui ada 27 kasus. Perusahaan di Jabi diduga melakukan monopoli air.

Sementara itu, Direktur Green Community Feri Irawan mengatakan, saat ini Jabi memiliki Kawasan Hidrologi Gabout (KHG) seluas 904.424 hektar dengan 14 titik, namun 60 persen lahannya sudah dimiliki oleh perkebunan kelapa sawit besar. Perusahaan, Hutan Tanaman Industri (HTI) dan Hak Penguasaan Hutan (HPH) Pengelolaan Tersirat Pengelolaan Ekosistem Lahan Gambut.

Selain itu, perusahaan-perusahaan di Provinsi Jabi juga membangun kanal-kanal untuk memelihara perkebunan kelapa sawit dan hutan tanaman industri.Pada musim kemarau, kanal-kanal tersebut ditutup atau ditutup untuk mengontrol aliran air dan menyuplai tanaman yang terbakar untuk diperbaiki.

Namun saat hujan, air yang tergenang di lahan basah dialirkan melalui saluran tersebut. Mencegah lahan perusahaan terendam banjir.

Kebakaran Lagi Di Muaro Jambi, 2 Hektar Lahan Di Desa Teluk Jambu Terbakar

Rezim ini juga disebut monopoli air. Sesuai PP Nomor 57 Tahun 2016, jika ketinggian air di lahan terlantar tetap terjaga maka akan sulit untuk dibakar.

Menurut PP, kebakaran lahan gambut sulit dilakukan jika lahan gambut memiliki tinggi muka air tanah aksial 40 cm dan tidak ada drainase. Fungsi saluran adalah untuk mengalirkan atau membuang air setinggi 10 kaki dari rumput, sehingga mengalirkan air di dalam rumput.

Baca Juga: Kualitas Udara Buruk, Warga Kota Jabi Diimbau Pakai Masker Keselamatan Baca Juga: Satgas Tebo Padamkan Karhutla di Negeri Jabi Dengan Dukungan Pasokan Air Baca Juga: Polisi Tangkap Pelaku Pembakaran Lahan di Sarolankun Jabi 29 Juni 2020, Hutan Provinsi Jambi dan Pertanahan (Karhutla) Pemerintah mulai mengeluarkan peringatan darurat. Keputusan tersebut diambil setelah Negara Bagian Bathanhari dan Tanjung Jabung Barat mengumumkan peringatan darurat kebakaran hutan dan lahan pada awal Juni. Mwaro Jambi, lahan gambut terluas di Jambi, juga bersiap menaikkan statusnya ke tingkat siaga darurat.

Baca Juga:  Harga Telur Horn 1 Kg

Berita Kebakaran Hutan Di Jambi

“Kalau dipromosikan, seluruh sumber daya yang ada di pusat baik peralatan, anggaran, dan mobilitas pasukan bisa membantu Jambi. Kalau tidak promosi, kita akan kesulitan karena tim banyak. tim dipimpin gubernur dan dibantu TNI-Polri dan BPBD, kata Bachuni Deliansya, Kepala Eksekutif Badan Penanggulangan Bencana Daerah Jambi.

Kemarau, 300 Hektare Hutan Di Jambi Terbakar

Pemerintah Desa Bayu diminta ikut serta dalam upaya menyadarkan masyarakat untuk tidak membuka lahan dengan cara membakar, terutama pada musim kemarau dimana hutan dan lahan rawan kebakaran.

Antara Januari hingga 25 Juni, terdapat 269 titik panas yang teramati oleh satelit Terra-Aqua SNPP dan NOAA 20 serta 120 di wilayah Tanjung Jabung bagian barat. Lebih dari 123 hektar lahan terbakar di Jambi.

Daerah paling berbahaya adalah Tanjung Jabung Timur, Tanjung Jabung Barat, dan Muwaro Jambi. Sekitar 600.000 hektar lahan gambut di Jambi tersebar di tiga kabupaten.

Antara tanggal 2 dan 22 Juni, Gubernur Jambi Fakhrori Umar meminta BNPB mengubah cuaca untuk menghasilkan hujan buatan guna melembabkan lahan gambut di tiga kabupaten tersebut.

Alokasi Anggaran Berkurang, Hutan Restorasi Di Jambi Terancam Pembakaran Lahan

Pada tanggal 29 Mei 2020, Gubernur Jambi mengirimkan surat kepada bupati dan walikota untuk melakukan pengecekan kesiapan peralatan pemadam kebakaran dan personel operasional perusahaan berkoordinasi dengan TNI-Polri, untuk segera dilakukan terutama pada kawasan rawan hutan dan lahan. . di wilayah mereka.

Mulai dari Mangala Agni, BPBD, TNI-Polri hingga petugas pemadam kebakaran, pemerintah Jambi mengerahkan 3.992 personel untuk melawan ancaman karhutla.

Kepala Dinas Kehutanan Jambi Ahmad Bestari mengatakan perbatasan Jambi dengan Sumsel merupakan wilayah rawan kebakaran hutan dan lahan. Kebakaran terjadi berulang kali di kawasan tersebut, khususnya di PT Putra Duta Inda Wood dan PT Pesona Belantara Persada.

Berita Kebakaran Hutan Di Jambi

“Kedua TPP ini sering mengalami kebakaran, hal ini membuat kami khawatir. Pasca kebakaran tahun 2019, kedua DHW ini tidak aktif. Kami sudah lapor ke kementerian untuk dievaluasi. Kedua wilayah ini rawan kebakaran, ujarnya dalam diskusi online, 29 Juni lalu.

Kebakaran Hutan Seluas 229 Hektare Landa Jambi Sepanjang 2023, Satgas: Kesalahan Warga Membuka Lahan

Bestari mengatakan, Kelompok Restorasi Rumput Daerah (TRGD) Jambi di bawah Dinas Kehutanan telah membangun 418 sekat kanal untuk mengairi lahan guna mencegah kebakaran. Selain itu juga dibangun 466 sumur gali untuk membantu pemadaman kebakaran hutan dan lahan.

Wakil Muwaro Jambi Bambang Bayu Suseno mengatakan, masyarakat sudah diinformasikan untuk tidak membuka lahan dengan cara membakar. Ia mengatakan, Kabupaten Kumbe lebih rawan kebakaran.

“Kami pantau secara ketat dan Polda Jambi mengusulkan pemasangan kamera CCTV di kawasan rawan karhutla. “Sekecil apa pun apinya, kami berharap bisa segera siap,” ujarnya.

Musim kemarau tahun ini diperkirakan akan sama keringnya dengan tahun 2019. Kepala Data dan Informasi Observatorium Meteorologi Sultan Taha-Jambi Kurnianingsih mengatakan, cuaca kering pada 2020 akan netral dan hal seperti ini tidak akan terjadi. Fenomena El Nino.

Baca Juga:  Live Streaming Barcelona Real Betis

Kebakaran Hutan Dan Lahan Di Bungo, Jambi, 08 08 2023

Jambi mempunyai musim kemarau pada bulan Juni sampai September dan puncaknya pada bulan Juli sampai Agustus. Curah hujan diperkirakan masih akan berlanjut dengan intensitas ringan namun ringan.

Ratusan blok saluran dibangun dan lahan rumput dibasahi. Namun gambut Jambi hampir setiap tahun terbakar saat musim kemarau.

KKI Warsi mencatat lebih dari 100.000 hektar atau 60% kebakaran tahun 2019 terjadi di lahan gambut. Menariknya, lahan gambut dengan kedalaman lebih dari dua meter merupakan lahan yang paling banyak mengalami kebakaran.

Berita Kebakaran Hutan Di Jambi

Direktur KKI Warsi Rudy Sayaf mengatakan risiko kebakaran tahun ini tinggi karena belum ada perubahan signifikan dalam pola pengelolaan lahan gambut.

Hektar Kawasan Hutan Dan Lahan Terbakar Di Jambi

“Di konsesi kelapa sawit HTI dan HGU, kanal-kanalnya masih dalam – permukaan air lebih dari 40 cm – meski sudah dibangun sekat kanal di beberapa kawasan, namun hal ini tidak menjawab seluruh pertanyaan.”

Ia mengatakan, pihak perusahaan masih merasa penutupan kanal akan menimbulkan kerugian akibat berkurangnya produksi kelapa sawit. “Karena kalau kita membangun sekat kanal

Tak hanya perusahaan, warga pengelola lahan gambut juga mengeringkan gambut untuk dibakar. “Kalau lahan gambut tergenang, karena akarnya basah, daun akasia menguning dan hasil sawit menurun. Begitulah situasi di sana.”

Lahan mineral rentan terhadap kebakaran, terutama di zona konflik. “Ada di Tebo, Muwaro Jambi, Batangari. “Saya yakin ada kemungkinan besar terulangnya kembali skandal tersebut karena skandal tersebut belum terselesaikan.”

Kebakaran Lahan Terjadi Lagi Di Jambi, Kali Ini Di Tanjabbar

Menurut Rudy, menaikkan tingkat peringatan darurat lebih dini dapat memberikan dampak positif terhadap pencegahan kebakaran hutan dan lahan. Merujuk pada kebakaran tahun 2015, ia mengatakan jumlah kebakaran mengalami penurunan pada tahun 2016, 2017, dan 2018 setelah berbagai upaya preventif diperkuat oleh pemerintah dan tindakan tegas terhadap pelaku pembakaran. Meski banyak pendapat yang menyebutkan musim kemarau tidak berlangsung lama.

“Di sisi pemerintah, pengaruh polisi setempat sangat berpengaruh, apalagi jika ada penangkapan langsung.”

Direktur Walhi Jambi Rudiansya mengatakan, upaya pemerintah dalam membahas lahan basah saat ini kurang baik dan masih ada risiko kebakaran.

Berita Kebakaran Hutan Di Jambi

Dia mencontohkan, desa Sepongen, Rukum, Sogo, Tanjung hingga Jebus yang dijadikan desa tunggu gambut terus mengalami kebakaran pada tahun 2019. Tanjung Jabung Timur, Koto Gedang, Jati Mulyo, desa-desa yang berdekatan dengan konsesi. , terbakar di luar.

Kebakaran Sumur Minyak Ilegal Di Jambi Picu Karhutla, 1 Oknum Polisi Diamankan

Ia mengatakan, pembahasan mengenai lahan basah tidak boleh terbatas pada satu hal tertentu, terutama dalam kerangka pembagian hidrologi lahan gambut. “Ini tidak bisa dibenarkan

Keterbatasan kewenangan BRG untuk melakukan intervensi terhadap lahan basah di dalam wilayah konsesi telah dianggap sebagai masalah selama beberapa waktu. Lahan basah di konsesi perusahaan terbukti kering dan rawan kebakaran. Bahkan terjadi beberapa kali kebakaran.

Baca Juga:  Harga Jual Kembali Emas Antam Hari Ini

Valhi menyerukan agar BRG diberikan wewenang penuh untuk melakukan intervensi dalam konsesi perusahaan guna memastikan pemulihan lahan basah dan area yang terbakar.

BRG bertujuan merestorasi lebih dari 200.000 hektar dari 617.000 hektar lahan gambut di Jambi. Sayangnya, lahan seluas 128.472 hektare menjadi kewajiban izin perusahaan. Hanya 46 ribu hektare yang berada di kawasan lindung khusus, 25 ribu hektare di kawasan tidak sah.

Kerugian Kebakaran Hutan Dan Lahan Sepanjang 2019 Capai Rp 75 Triliun

“Siapa yang akan memastikan bahwa zona akses ini basah dan dapat dipulihkan?” Ini merupakan masalah sepanjang waktu. “Akan terjadi kebakaran berulang di sini (konsesi-AD).

Penggunaan sistem analisis pemantauan kebakaran hutan dan lahan “asap digital” yang diluncurkan Pemerintah Provinsi Jambi beberapa waktu lalu dinilai tidak tepat untuk pencegahan kebakaran.

Walhi Jambi menghimbau sektor kehutanan, perkebunan, dan jasa lingkungan untuk bekerja sama mencegah kebakaran hutan dan lahan serta memulihkan lahan basah yang terbakar. “Belum

Berita Kebakaran Hutan Di Jambi

Pemerintah juga diminta memetakan kawasan rawan kebakaran hutan dan lahan serta memastikan pengelolaan lalu lintas jalan yang lebih baik, mulai dari mesin hingga personel.

Kebakaran Melahap Mess Karyawan Tempat Hiburan Di Jambi

“Peran Fire Concerned Persons (FCPs) juga penting karena selama ini mereka hanya terlibat dalam kebakaran hutan dan lahan dibandingkan pencegahan,” ujarnya.

Pemerintah daerah juga didorong untuk berani menggugat perusahaan yang memiliki konsesi tanpa bergantung pada pemerintah pusat. “Kecurigaan pemerintah pusat sekarang akibat tahun 2015. Itu hanya sebagian saja. Kalau pemerintah pusat tergantung.

Pemerintah daerah yang berani takut akan terjadinya kebakaran berulang kali untuk menindak perusahaan. “Jika tidak ada efek pertahanan, api di Jambi akan terus berkobar lagi.”

Foto utama: Perkebunan kelapa sawit di Jambi Jambi, Jambi Jambi, tahun lalu. Foto: Yitne dan Suprapo / Indonesia, Jumbi – untuk dua wilayah terakhir Jambi dan kebakaran hutan dan lahan Jambi. Faktanya, kabut berbahaya kini telah mempengaruhi banyak wilayah di provinsi tersebut.

Kebakaran Sumur Minyak Ilegal Di Tahura Batanghari, Frn Jambi: Apakah Pemiliknya Sudah Di Tangkap Polisi?

Provinsi ini setiap harinya merupakan bagian dari hutan dan lahan, seperti Kabupaten Tangung Jabung Timur, Mwaro Jambi, dan Battonangre.

Banyak kabupaten dan kota yang terkena dampak kabut asap, sehingga pemerintah daerah mengambil kebijakan untuk mengecualikan siswa dari sekolah

Berita kebakaran hutan 2015, berita kebakaran hutan di riau, contoh berita kebakaran hutan, berita kebakaran hutan di sumatera, kebakaran hutan jambi, berita kebakaran hutan di kalimantan, penyebab kebakaran hutan di jambi, kebakaran hutan di jambi, berita kebakaran hutan terbaru, berita tentang kebakaran hutan, berita kebakaran hutan, berita kebakaran hutan di indonesia

Tinggalkan Balasan