Pekerjaan Di Bandara Untuk Lulusan Smk

By | November 16, 2023
|

Pekerjaan Di Bandara Untuk Lulusan Smk – Bagi Anda yang baru saja lulus Sekolah Menengah Atas (SMA) atau SMK sederajat pastinya mempunyai cita-cita yang ingin dicapai, seperti mungkin ingin bekerja dan hidup sukses.

Karena pekerjaan ini sedang berkembang dan menjadi dambaan banyak anak muda yang baru lulus SMA/SMK atau sejenisnya, maka pekerjaan ini adalah AVSEC (Aviation Security).

Pekerjaan Di Bandara Untuk Lulusan Smk

Pekerjaan Di Bandara Untuk Lulusan Smk

Jika Anda pernah bepergian dengan pesawat, dijamin Anda memeriksa barang bawaan Anda sebelum penerbangan.

Lowongan Kerja Untuk Lulusan Smk, Suplai Komoditi Global Buka Loker Hingga 21 September, Buruan Kirim Lamaran

Mesin yang digunakan dilengkapi dengan sinar X. Tujuannya untuk mendeteksi barang-barang berbahaya dan terlarang seperti senjata tajam, senjata api atau obat-obatan terlarang seperti narkotika.

Selain itu, berdasarkan Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Udara Nomor: SKEP/2765/XII/2010 Bab Poin 9, untuk menjadi AVSEC harus memiliki STKP (Sertifikat Pelatihan Awak Kapal) atau AVSEC pada umumnya. disebut lisensi.

Aviation security (AVSEC) sangat berbeda dengan petugas keamanan pada umumnya, seperti satpam atau satpam yang biasa kita lihat di supermarket, sekolah atau bank.

Tidak semua orang bisa menjadi AVSEC. Sebab, untuk menjadi AVSEC, suatu bandara harus memiliki izin yang dikeluarkan langsung oleh STKP atau Badan Keamanan Penerbangan.

Keren! Pt Angkasa Pura Supports Buka Lowongan Kerja Untuk Lulusan Sma, Peluang Besar Karir Gemilang Di Bumn

Hal ini diatur dalam Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Udara Nomor: SKEP/2765/XII/2010 poin poin 9 yang memberikan tugas dan tanggung jawab di bidang keamanan penerbangan kepada Aviation Security Officer (AVSEC).

Oleh karena itu, AVSEC dapat disebut sebagai polisi bandara karena fungsi utamanya adalah menjaga keselamatan dan keamanan pengguna jasa bandara.

Bentuk pengamanan lain yang dilakukan AVSEC adalah dengan melindungi segala jenis benda tajam atau benda berbahaya yang dibawa penumpang.

Pekerjaan Di Bandara Untuk Lulusan Smk

Dalam praktiknya, setiap perusahaan memiliki persyaratan khusus untuk mempekerjakan personel AVSEC. Namun, umumnya semua perusahaan memiliki sekitar 70% kualifikasi dan persyaratan.

Nggak Harus Terbang: 8 Profesi Didunia Penerbangan

Bagi anda lulusan SMA/SMK pastinya mempunyai pertanyaan apakah lulusan SMK bisa menjadi AVSEC di bandara?

Telah dijelaskan di atas bahwa berdasarkan peraturan Dirjen Perhubungan Nomor SKEP/2765/XII/2010 poin 9, untuk menjadi operator bandara AVSEC harus memiliki STKP (Sertifikat Kompetensi Personil) atau yang biasa disebut dengan disebut lisensi.

Jadi, jika Anda seorang siswa SMA dan ingin menjadi AVSEC, Anda harus melanjutkan pendidikan untuk mendapatkan STKP atau lisensi.

Untuk dapat memperoleh STKP/SKP atau izin, seluruh calon AVSEC harus mengikuti pendidikan dan pelatihan khusus di sekolah AVSEC yang telah mendapat persetujuan resmi dari Direktorat Jenderal Perhubungan Udara. Bagi Anda yang ingin belajar di SMK penerbangan, terkadang Anda bertanya-tanya, “Apa itu SMK penerbangan?”, “Apakah lulusannya bisa pergi kemana saja dan bisa bekerja apa?” Pertanyaan seperti di atas terkadang muncul di benak Anda.

Baca Juga:  Pekerjaan Freelance Yang Bisa Dikerjakan Di Rumah

Wow, Tarif Perdana Indonesia

Nah pada artikel kali ini kita akan membahasnya, agar anda mengetahui SMK penerbangan yang paling dekat dengan pekerjaan setelah lulus. Saya penasaran… Mari kita bicara.

Sekolah Kejuruan Penerbangan merupakan sekolah menengah yang mengkhususkan diri pada bidang teknologi penerbangan. Keterampilan teknologi penerbangan (inti) adalah: Badan Pesawat dan Pembangkit Listrik, Avionik Listrik, Teknik Transmisi dan Komunikasi (Penerbangan) serta Otomasi dan Manajemen Perkantoran (Bandara).

SMK Penerbangan telah berdiri di beberapa kota di Indonesia mulai dari Aceh hingga Papua, salah satunya adalah SMK Penerbangan Bakti Nusantara yang berdiri pada tahun 2011 dan berlokasi di Kabupaten Bekasi Provinsi Jawa Barat.

Pekerjaan Di Bandara Untuk Lulusan Smk

Setelah lulus dari sekolah kejuruan penerbangan, Anda dapat memutuskan langkah selanjutnya kemanapun Anda pergi. Entah kamu memilih untuk belajar atau bekerja, jangan khawatir, kamu bisa memilih keduanya asalkan kamu melakukannya dengan penuh semangat.

Produk Kreasi Siswa Smk Di Jawa Barat Dipamerkan Di Bandara Kertajati

Bagi yang ingin belajar, lanjutkan ke pendidikan tinggi seperti akademi atau universitas. Pilihan jurusan dan universitas dapat disesuaikan dengan tujuan yang ingin Anda capai. Saat ini banyak sekali sekolah dan universitas yang memiliki jurusan dirgantara, mulai dari negeri hingga swasta.

Jika Anda ingin bekerja, Anda bisa. Sekolah menengah kejuruan bertujuan untuk mempersiapkan peserta didik dalam dunia kerja dan mampu bersaing dalam proses kerja di masa depan. Namun hal ini perlu didukung dengan keterampilan lain yang diakui dan diakui.

Kita berdua perlu tahu bahwa kesuksesan itu tidak cepat. Semuanya memerlukan waktu, proses, tenaga, ketekunan dan disiplin yang tinggi. Begitu pula profesionalisme dalam dunia penerbangan memerlukan pelatihan yang tinggi, karena kesalahan kecil saja dalam dunia penerbangan akan berdampak besar yang dapat berakibat fatal dan merugikan.

Misalnya saja kita bisa belajar dari perilaku, seperti: ketika Anda mengendarai mobil, jika Anda tidak melihat mobilnya terlebih dahulu, dan mobil tersebut mogok di tengah jalan, maka Anda dapat dengan mudah membalikkan mobil tersebut. Kemudian cobalah mencari bengkel terdekat untuk memperbaiki mobil tersebut. Bayangkan, jika terjadi sesuatu pada pesawat padahal pesawat sedang bermasalah (

Pembukaan Praktek Kerja Lapangan (pkl) Siswa Smk Darussalam Martapura Oleh Komandan Lanud Sjamsudin Noor Di Rumkit

) harus diatasi dalam waktu singkat, karena pesawat di udara tidak dapat berhenti atau parkir untuk sementara waktu. Risiko terbesar adalah kerugian total. Dapat disimpulkan bahwa kedisiplinan menjadi landasan partisipasi dalam segala kegiatan termasuk penerbangan.

Baca Juga:  Pt Baru Di Kawasan Mm2100

Lulusan akademi penerbangan memerlukan program lain untuk meniti karir sebagai pilot dengan melanjutkan ke akademi pilot (sekolah). Pasalnya, kurikulum di sekolah pelatihan penerbangan seluruh Indonesia mempersiapkan lulusannya menjadi profesional. Jika taruna bercita-cita menjadi pilot, Anda perlu mempersiapkan diri untuk masuk sekolah pilot setelah menyelesaikan studi di akademi penerbangan. Persyaratan untuk menjadi pilot adalah:

Kesehatan jasmani dan rohani, tinggi badan minimal 160 cm. Serangkaian tes kebugaran dan kesehatan akan dilakukan selama proses penerimaan sekolah.

Pekerjaan Di Bandara Untuk Lulusan Smk

Kemampuan berpikir cepat, pemahaman komprehensif, kemampuan membaca, kreativitas, kemampuan berbahasa. Persyaratan ini sangat penting untuk menjadi seorang pilot. Serangkaian tes seperti tes psikologi, akademik, bakat dan bahasa Inggris harus dilalui dengan hasil yang memuaskan.

Pendaftaran Tenaga Kerja Ke Jepang Mulai Dibuka, Penghasilannya Menggiurkan

Sekolah penerbangan memerlukan biaya yang besar, biaya ini lebih tinggi dibandingkan sekolah kedokteran. Setidaknya kita perlu menyiapkan uang 500 juta hingga 1 miliar untuk bisa diterima di sekolah pilot swasta. Namun jangan putus asa, karena ada sekolah percontohan yang dikelola pemerintah seperti Akademi Pilot Indonesia di Banyuwangi yang biasanya didanai oleh Kementerian Perhubungan sehingga biayanya tidak sebesar sekolah swasta. Jadi kami sarankan Anda menabung untuk mewujudkan impian Anda menjadi pilot.

Jika Anda sudah mengetahui Aviation Academy, bergabunglah bersama kami sebagai bagian dari Bankati Nusantara Aviation Academy, Tambun Bekasi – Jawa Barat.

Jadi apa pekerjaanmu selanjutnya? Tunggu artikel selanjutnya, kami akan menjelaskannya dengan baik. Kunjungi saja media sosial dan website kami..

Untuk memberikan pengalaman terbaik, kami menggunakan teknologi seperti cookie untuk menyimpan dan/atau mengakses informasi perangkat. Mengaktifkan teknologi ini akan memungkinkan kami memproses data seperti perilaku penelusuran atau ID unik di situs ini. Menahan atau mencabut persetujuan dapat berdampak buruk pada fitur dan fungsi tertentu.

Jawaban Mengapa Lulusan Smk Sulit Cari Kerja

Penyimpanan atau akses teknis sangat diperlukan untuk tujuan sah yang memungkinkan penggunaan layanan tertentu yang secara tegas diminta oleh pelanggan atau pengguna, atau untuk tujuan transmisi komunikasi melalui jaringan komunikasi elektronik.

Penyimpanan atau akses teknis diperlukan untuk tujuan sah dalam mempertahankan preferensi yang tidak diminta oleh pelanggan atau pengguna.

Penyimpanan atau akses teknis digunakan untuk tujuan statistik saja. Penyimpanan atau akses teknis digunakan untuk tujuan statistik anonim saja. Tanpa panggilan pengadilan, kepatuhan sukarela dari penyedia layanan internet Anda atau catatan pihak ketiga tambahan, informasi yang disimpan atau diambil semata-mata untuk tujuan ini umumnya tidak akan digunakan untuk mengidentifikasi Anda.

Pekerjaan Di Bandara Untuk Lulusan Smk

Penyimpanan atau akses teknis diperlukan untuk membuat profil pengguna untuk mengirimkan iklan atau untuk melacak pengguna di situs web atau di beberapa situs web untuk tujuan pemasaran serupa. Siapa disini yang mau kerja di bandara? Seorang teman saya sering mengikuti acara sekolah untuk memberikan inspirasi dan bimbingan dalam pendidikan dan bimbingan karir. Jadi, ketika dia datang ke sekolah dan menanyakan pertanyaan di atas, banyak siswa yang mengangkat tangan. Setelah mengacungkan tangan, pertanyaannya adalah, “Apa sebenarnya nama pekerjaan Anda?”

Baca Juga:  Po Sinar Jaya Double Decker

Smk Di Jawa Barat Pamerkan Karya Dan Inovasi Di Bandara Kertajati

Ya, kebanyakan dari kita berpikir jika bekerja di bandara, maka kita akan menjadi pilot atau pramugari. Hmmm… sebetulnya sobat, pramugari, dan pilot lebih banyak bekerja di pesawat dibandingkan di bandara, hehe. Bandara hanyalah terminal atau tempat peristirahatan bagi pilot dan awak pesawat.

Bayangkan jika seluruh pekerjaan di bandara hanya terdiri dari pilot dan pramugari. Saat pilot dan pramugari sedang bertugas, siapa yang memerintahkan pesawat lepas landas? Hmm…kalau iya, apa saja pakar bandaranya? Yuk simak artikel selanjutnya!

Umumnya profesi ini memberikan jasa pengatur lalu lintas udara, khususnya lalu lintas udara seperti pesawat terbang, helikopter, dan lain-lain. Ya, masing-masing penerbangan tersebut memiliki rutenya masing-masing. Mengapa pesawat mempunyai rutenya sendiri?

, jawabannya kalau pesawat keluar jalur, bisa saja pesawatnya jatuh dan sebagainya. Pesawat tidak boleh lepas landas sampai pilot mendapat izin dari ATC.

Info Lowongan Kerja

Jadi, apakah ATC berfungsi di udara atau di darat? Ya, ATC ini bekerja di lapangan. Lantas, bagaimana mereka bisa berkomunikasi dengan pilotnya ya?

Pokoknya tugas ATC itu penting banget guys. Jika tidak ada ATC di bandara, penerbangan mungkin tidak dapat dioperasikan karena banyak terjadi kecelakaan. ATC adalah orang yang akan mengarahkan pilot dari titik keberangkatan hingga tujuan. Menarik bukan, itu pekerjaan seorang pekerja ATC?

Ini teman-teman! Yang perlu Anda ketahui adalah AVSEC tidak sama dengan keamanan secara umum, oke? Untuk menjadi AVSEC, Anda harus memiliki beberapa lisensi terkait keamanan bandara.

Pekerjaan Di Bandara Untuk Lulusan Smk

Jika AVSEC ingin dilisensikan, pekerjaan AVSEC sangatlah penting, bukan? Wah, itu jelas penting banget ya guys. Perlu Anda ketahui, AVSEC mempunyai satu tujuan yaitu keselamatan awak pesawat

Dinas Pendidikan Aceh Jissho Jalin Kerja Sama Pemagangan Lulusan Smk Ke Jepang

Pekerjaan di jakarta lulusan smk, lowongan pekerjaan untuk lulusan smk, pekerjaan yang cocok untuk lulusan smk, lowongan pekerjaan lulusan smk, pekerjaan lulusan smk, pekerjaan di jepang lulusan smk, lowongan pekerjaan di bandara lulusan sma, loker bandara lulusan smk, pekerjaan untuk lulusan smk, pekerjaan di bandara lulusan smk, lowongan pekerjaan di bandung lulusan smk, pekerjaan bumn lulusan smk

Tinggalkan Balasan