Kejadian Kebakaran Hutan Di Indonesia

By | Februari 25, 2024
|

Kejadian Kebakaran Hutan Di Indonesia – Kebakaran hutan di Indonesia sepertinya sudah menjadi bencana musiman. Kapan pun musim kemarau tiba, kabar kebakaran hutan santer terdengar di berbagai media sosial. Memang dampak kebakaran hutan tidak bisa dianggap remeh. Kabut mengganggu aktivitas, meningkatkan angka korban ISPA dan masih banyak lagi.

Kebakaran hutan dapat disebabkan oleh faktor alam dan manusia. Faktanya, aktivitas manusia seperti pembukaan lahan dengan cara membakar dapat menyebabkan kebakaran hutan. Selain itu, tidak memadamkan api saat berkemah di hutan atau di pegunungan juga turut menjadi penyebab terjadinya kebakaran hutan.

Kejadian Kebakaran Hutan Di Indonesia

Kejadian Kebakaran Hutan Di Indonesia

Lalu apa yang dimaksud dengan kebakaran hutan? Apakah kebakaran hutan di Indonesia serius? Apa penyebab kebakaran hutan? Yuk simak artikel selanjutnya untuk mengetahui jawabannya!

Kebakaran Indonesia Membawa Semakin Banyak Kabut Ke Asia Tenggara

Mengutip laman dlhk.jogjaprov.go.id, kebakaran hutan dan lahan adalah suatu fenomena terjadinya kebakaran hutan atau lahan, baik secara alami maupun melalui perbuatan manusia, sehingga menimbulkan kerusakan lingkungan hidup yang menimbulkan kerusakan lingkungan hidup, ekonomi, sosial budaya, dan politik.

Sedangkan menurut Pedoman Pengendalian Kebakaran Hutan dan Gambut (2005), kebakaran hutan dan lahan didefinisikan sebagai peristiwa kebakaran, baik yang disebabkan oleh alam maupun manusia, yang ditandai dengan penyebaran api yang bebas dan bahan bakar yang dikonsumsi. hutan dan tanah yang dilaluinya.

Merujuk laman databoks.katadata.co.id, luas kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Indonesia meningkat selama tahun 2021 dibandingkan tahun 2020. Berdasarkan data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), kebakaran hutan dan lahan di Indonesia meningkat sebesar 354.582 dunam atau 19,4% dibandingkan tahun 2020 yaitu 296.942 dunam.

Sepanjang tahun 2016 hingga 2021, total hutan dan lahan yang terbakar di Indonesia mencapai 3,43 juta hektar. Pada tahun 2019 terjadi kebakaran hutan dan lahan tahunan terburuk yang membakar 1,6 juta hektar hutan dan lahan.

Kebakaran Hutan Dan Lahan Di Sukamara, Kalimantan Tengah, 26 07 2023

Kebakaran hutan dapat terjadi karena dua faktor utama yaitu faktor manusia dan faktor alam. Faktor alam, misalnya efek El Niño yang menyebabkan kekeringan berkepanjangan sehingga tanaman mudah kering dan busuk. Faktor manusia misalnya membuka lahan dengan cara membakar atau menyalakan api yang lupa dipadamkan sehingga pohon atau semak ikut terbakar.

Salah satu penyebab alami kebakaran hutan adalah sambaran petir. Sambaran petir pada pohon atau semak kering dapat memicu kebakaran yang akan membakar seluruh hutan. Tentu saja petir bukan satu-satunya penyebab kebakaran hutan. Ada beberapa faktor atau kondisi lain yang menyebabkan kayu atau tanah kering lebih mudah terbakar.

Faktor dan kondisi yang berkontribusi ini mencakup iklim, spesies pohon, dan lanskap hutan. Namun kondisi cuaca menjadi faktor utama, terutama jika suhu udara tinggi, jumlah curah hujan rendah, dan tingkat kelembapan juga rendah. Semua hal ini memungkinkan terjadinya kebakaran akibat listrik.

Baca Juga:  Macet Tol Cikampek Arah Jakarta Hari Ini

Kejadian Kebakaran Hutan Di Indonesia

Mengutip theguardian.com, untuk setiap 10.000 sambaran petir di Amerika Utara, antara dua hingga lima sambaran petir menyebabkan kebakaran hutan.

Klhk Klaim Angka Deforestasi Ri Turun 75% Pada 2020

Sementara di Indonesia, sambaran petir menyebabkan kebakaran di Gunungputri, Kabupaten Bogor. Kebakaran terjadi di taman tempat tumpukan ban bekas. Petir menyambar pohon sehingga menimbulkan api yang kemudian menjalar ke tumpukan ban bekas, mengutip antarnews.com.

Letusan gunung berapi juga merupakan penyebab alami kebakaran hutan. Umumnya kebakaran hutan disebabkan oleh aliran lahar panas akibat letusan gunung berapi.

Lava atau biasa disebut lava cair merupakan cairan kental dan panas serta dapat merusak seluruh infrastruktur yang dilaluinya. Suhu lahar saat meletus sekitar 800

Meski bergerak lambat, laharnya mampu membakar pepohonan dan semak-semak yang dilaluinya. Selain itu, banyak gunung berapi aktif yang dikelilingi hutan luas. Akibatnya, hal ini meningkatkan kemungkinan terjadinya kebakaran. Panas yang ekstrim dari lahar dapat menyebabkan vegetasi terbakar dan menyebar, sehingga mengakibatkan kebakaran hutan.

Kebakaran Hutan Di Gunung Lawu, Api Bergerak Ke Puncak, Hari Ini Bnpb Kerahkan Water Bombing

Mengingat inti gunung berapi yang meletus memiliki suhu yang begitu tinggi, maka tidak akan sulit untuk membakar segala sesuatu yang dilaluinya, apalagi jika terjadi musim kemarau panjang.

Mengutip laman antarnews.com, letusan gunung berapi di Indonesia telah menyebabkan kebakaran hutan, khususnya di Nusa Tenggara Timur (NTT). Kawasan hutan lindung di sekitar puncak Gunung Ili Levotolok, Kabupaten Lembata, NTT, terbakar akibat letusan gunung berapi. Tercatat kobaran api mencapai jarak sekitar 1,8 km dari puncak gunung.

Memasuki musim kemarau, kemungkinan terjadinya kebakaran hutan semakin besar. Karena mungkin hanya ada sedikit atau tidak ada hujan selama satu musim. Faktanya, semakin besar atau kecilnya intensitas hujan berpengaruh terhadap jumlah titik api yang terdeteksi

Kejadian Kebakaran Hutan Di Indonesia

Selain itu, faktor cuaca seperti suhu, kelembaban, kestabilan angin serta kecepatan dan arah angin juga berpengaruh langsung terhadap terjadinya kebakaran hutan.

Apa Itu El Nino Di Indonesia !! Bagaimana Dampak Dan Penyebabnya

Di banyak tempat tertentu, seperti Sumatera dan Kalimantan, penyebab kebakaran hutan dipengaruhi oleh kondisi tutupan lahan dan jenis tanah serta berkaitan dengan ketersediaan biomassa yang merupakan salah satu komponen utama terjadinya kebakaran. Dalam kondisi iklim yang sangat kering, ketersediaan biomassa yang tinggi akan meningkatkan kemungkinan terjadinya kebakaran lahan.

Selain itu, jenis tanah juga mempengaruhi kemungkinan terjadinya kebakaran hutan. Lahan gambut merupakan salah satu ekosistem yang memiliki tingkat kerentanan cukup tinggi terhadap kebakaran. Hal ini dikarenakan tanah gambut banyak mengandung bahan atau bahan organik yang terakumulasi secara alami pada kondisi basah, tidak memadat dan hanya mengalami sedikit perubahan.

Baca Juga:  Tayangan Ftv Sctv Hari Ini

Secara alami, lahan gambut selalu basah sehingga sulit terbakar. Namun gambut akan terlalu mudah kering jika air yang terkandung di dalamnya dikeringkan dengan membuat saluran-saluran yang tidak memperhatikan aspek hidrologis gambut. Hal ini kemudian menyebabkan kerusakan lahan gambut hingga berujung pada kebakaran hutan di musim kemarau.

) juga menjadi penyebab kebakaran hutan. Masyarakat memilih cara ini karena mempertimbangkan banyak hal seperti terbatasnya tenaga kerja, terbatasnya mobilitas lahan, dan terbatasnya modal. Akibatnya, salah satu cara penyiapan lahan yang paling mudah dan murah adalah dengan membakar.

Luas Lahan Terbakar Seluruh Indonesia Capai 857 Ribu Ha

) sebagai solusi yang harus ditentukan dan dilaksanakan. Namun biasanya membutuhkan peralatan mekanik yang tidak murah untuk dibeli. Di sini peran pemerintah adalah mendukung agar upaya pembersihan dapat terwujud tanpa harus membakar lahan.

Aktivitas manusia yang ceroboh juga dapat menyebabkan terjadinya kebakaran hutan, salah satunya kebakaran hutan. Saat-saat ketika api unggun menyebabkan kebakaran hutan:

Aktivitas manusia yang tidak bertanggung jawab menyebabkan kebakaran di Indonesia yang membakar kawasan hutan semak di lereng Gunung Sindoro. Menurut pihak berwenang setempat, penyebab kebakaran bisa jadi adalah faktor manusia, dalam hal ini kelalaian para pendaki yang tidak memadamkan api di puncak sebelum menuruni gunung.

Kejadian Kebakaran Hutan Di Indonesia

Angin merupakan salah satu faktor cuaca penting yang menyebabkan kebakaran hutan. Angin dapat menyebabkan kebakaran hutan dalam berbagai cara. Udara membantu mengeringkan bahan bakar, yaitu sebagai pembawa air yang menguap dari bahan bakar.

Antisipasi Kebakaran Hutan Dan Lahan, 2.100 Personel Manggala Agni Siaga Di Wilayah Rawan

Selain itu, hembusan angin juga meningkatkan kemungkinan penyebaran api dari sumber seperti korek api, obor, dan listrik. Begitu nyala api menyala, aliran udara akan meningkatkan kecepatan pembakaran dan membesarnya api.

Perburuan satwa liar juga dapat menyebabkan kebakaran hutan. Apalagi jika perburuan dilakukan dengan senjata. Selain itu, para pemburu juga biasanya mendirikan tenda dan membuat api untuk memasak atau sekadar menghangatkan badan.

Kelembaban udara berasal dari penguapan air tanah, akuifer, dan pompa tanaman. Kelembapan udara di hutan sangat mempengaruhi mudah tidaknya bahan bakar yang ada mengering. Bahan bakar yang mudah kering dapat menjadi salah satu penyebab terjadinya kebakaran hutan.

Sedangkan cuaca atau iklim merupakan faktor yang sangat menentukan kandungan air bahan bakar hutan, terutama peran air hujan. Pada cuaca kering, kelembapan udara sangat menentukan kadar air bahan bakar.

Kebakaran Hutan Berulang Di Indonesia Dipengaruhi Ketegangan Politik Di Tingkat Lokal

Penyebab lain kebakaran hutan adalah penumpukan sampah daun kering. Serasah daun kering merupakan serasah yang berasal dari tumbuhan yang berupa daun-daun kering. Biasanya serasah daun ini jatuh dan terkumpul di bawah pohon. Kehadirannya justru dapat meningkatkan unsur hara dalam tanah.

Baca Juga:  Live Bola Madrid Malam Ini

Namun, sampah daun kering dapat memicu atau memperparah kebakaran. Akumulasi sampah kering merupakan bahan bakar yang dapat mempengaruhi perilaku kebakaran, bukan sumber api yang menyebabkan kebakaran.

Pembakaran padang rumput juga dilakukan oleh sebagian masyarakat dan petani pada musim kemarau. Tujuannya untuk merangsang pertumbuhan rumput muda guna menjamin pasokan pangan.

Kejadian Kebakaran Hutan Di Indonesia

Menurut Harno dan Diarra (1984) referensi jurnal berjudul “Hubungan antara kebakaran dan penggembalaan serta aktivitas pertanian di Nusa Tenggara Timur” produksi bahan kering dari rumput.

Berita Bulan Ini: Kebakaran Hutan Dan Pertanda Darurat Iklim

Namun kegiatan ini juga mempunyai dampak negatif, diantaranya menimbulkan kebakaran hutan. Rerumputan, ranting, dan semak yang terbakar seringkali memicu kebakaran dan mudah menyebar.

Berikut penjelasan penyebab kebakaran hutan dan cara yang bisa kita lakukan untuk mencegahnya. Padahal, kita harus mewaspadai bahaya jika terjadi kebakaran hutan. Dengan cara ini kita akan lebih berhati-hati dan berusaha meminimalisir kemungkinan terjadinya kebakaran hutan.

Kate Revilius. 2020. Kebakaran hutan yang disebabkan oleh petir kemungkinan akan meningkat di Amerika Utara. https://www.theguardian.com/news/2022/apr/14/lightning-sparked-forest-fires-set-to-increase-in-north-america. Diakses 1 Agustus 2022.

Taiwo Victor 2022. 8 Penyebab Kebakaran Paling Umum dan Penyebabnya. https://a-z-animals.com/blog/the-8-most-common-wildfire-triggers-and-how-they-start/. Diakses 1 Agustus 2022.

Kebakaran Hutan Gunung Bromo Berhasil Dipadamkan

Cornelis Kaha. 2021. Letusan Gunung Ili Lutulok di Lambta memicu kebakaran hutan. https://www.antaranews.com/berita/2294490/terjadi-kebakaran-hutan-akibat-erunjung-gunung-ili-lewotolok-di-lembata. Diakses 1 Agustus 2022.

Angreni Nanin dan Trishakti Bambang. 2011. Dalam “Studi Dampak Perubahan Iklim terhadap Kebakaran Hutan dan Deforestasi di Provinsi Kalimantan Barat”.

Ica Patriana. Tahun 2015. Kebakaran hutan Sindoro diduga karena pendaki lupa memadamkan api. https://regional.kompas.com/read/2015/08/28/16092891/Kebakaran.Hutan.Sindoro.Diduga. because.Pendaki.Lupa.Matikan.Api.Unggun. Diakses 1 Agustus 2022.

Kejadian Kebakaran Hutan Di Indonesia

Sueke Ferdinand S. dan Randu Melkiens DS. “Hubungan Kebakaran dengan Penggembalaan dan Kegiatan Pertanian di Nusa Tenggara Timur” (hal.: 81) Politeknik Negeri Kupang. https://media.neliti.com/media/publications/159904-ID-komunikasi-pembakaran-dengan-padang-pengge.pdf

Sorotan Peta Kebakaran Hutan: Kebakaran Hutan Fairbanks

Wika Izqiya Dini. Tahun 2022. Luas kebakaran hutan dan lahan di Indonesia akan meningkat sebesar 19% pada tahun 2021. Diakses 1 Agustus 2022 di https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/01/11/lebar-kebakaran-hutan-dan-lahan -re-berbesar-19 – 2021.

Adinugroho, WC, IN. Suryadputra, Bambang Pahlawan Seharjo dan

Dampak kebakaran hutan di indonesia, berita kebakaran hutan di indonesia, kebakaran hutan di kalimantan, kebakaran hutan di indonesia, kasus kebakaran hutan di indonesia, foto kebakaran hutan di indonesia, kebakaran hutan terbesar di indonesia, penyebab kebakaran hutan di indonesia, kebakaran hutan indonesia, kejadian kebakaran hutan, artikel kebakaran hutan di indonesia, data kebakaran hutan di indonesia

Tinggalkan Balasan