Cara Mengirim Scan Lamaran Kerja Lewat Email

By | Februari 25, 2024
|

Cara Mengirim Scan Lamaran Kerja Lewat Email – Di bawah ini Anda akan menemukan beberapa cara mudah melamar pekerjaan melalui email dan melihat contoh melamar pekerjaan melalui email.

Bisnis.com, Jakarta – Melamar pekerjaan melalui email bisa dilakukan melalui ponsel atau laptop. Selain itu, perusahaan biasanya memberikan informasi lowongan kerja melalui website resmi perusahaan, akun media sosial, dan lamaran kerja.

Cara Mengirim Scan Lamaran Kerja Lewat Email

Cara Mengirim Scan Lamaran Kerja Lewat Email

Seperti halnya proses lamaran kerja biasa, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat melamar pekerjaan melalui email. Namun di luar berkas lamaran pekerjaan Anda, berikut beberapa tip untuk meningkatkan peluang Anda dipanggil untuk wawancara:

Contoh Dan Cara Mengirim Surat Lamaran Kerja Via Email

Cara melamar pekerjaan lewat email yang pertama adalah dengan menggunakan alamat perusahaan untuk menunjukkan bahwa Anda serius melamar pekerjaan melalui email. Hindari penggunaan alamat email dengan kata atau nama panggilan yang tidak pantas.

Sebaiknya gunakan alamat email yang mencantumkan nama lengkap Anda dengan format berikut: nama depan(dot)nama belakang(at)email(dot)com. Jika alamat email Anda saat ini menggunakan nama samaran, sebaiknya Anda membuat email baru untuk melamar pekerjaan tersebut.

Berkas terpenting yang perlu Anda persiapkan sebelum melamar pekerjaan adalah resume (CV). CV adalah resume yang memuat data biometrik individu, pengalaman kerja, riwayat pendidikan, dan pencapaian yang relevan.

Hindari membuat resume yang terlalu mencolok atau terlalu gamblang. Karena mungkin terdengar tidak profesional (kecuali jika Anda melamar pekerjaan yang berhubungan dengan desain grafis).

Mengirim Surat Lamaran Kerja Via Email

Cara melamar pekerjaan melalui email sangatlah penting. Email sangat fleksibel dan dapat digunakan kapan saja. Namun bukan berarti Anda bisa begitu saja mengirimkan lamaran tanpa mengkhawatirkan waktu. Sebaiknya kirimkan lamaran Anda pada jam kerja: 08:00 – 17:00, Senin sampai Jumat. Ini menunjukkan bahwa Anda profesional dan menghargai jam kerja mereka.

Dapatkan informasi lengkap di Bisnis.com, diproses secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk membaca artikel konten premium. Selamat malam para pembaca setia, setelah padatnya jadwal kerja, akhirnya saya mendapat kesempatan untuk berbagi ilmu lagi yang bermanfaat bagi anda khususnya para pencari kerja. Anda dapat dengan mudah mendapatkan pekerjaan dengan memahami metode dan tip secara menyeluruh dan mengirimkan resume Anda melalui email bersama dengan lamaran pekerjaan Anda.

Ada banyak perusahaan yang biasanya mengharuskan Anda mengirimkan lamaran PDF melalui email saat Anda melamar pekerjaan, baik dalam bentuk cetak maupun online, namun sebagian orang mungkin belum mengetahui cara mengirim CV PDF melalui email. Dan ya, masih ada orang yang belum mengetahui cara menulis body text saat melamar pekerjaan melalui email, atau ditolak karena besarnya file lampiran saat mengirimkan lamaran pekerjaan melalui Gmail. Ini cukup panjang, jadi saya akan menjelaskan secara detail dengan contoh bekerja dengan aplikasi melalui tutorial membuat email, baris subjek email, isi isi email, ukuran lampiran, dan PDF singkat. Hal itu tidak disangkal. Saya berharap setelah membaca artikel ini, peluang mendapatkan pekerjaan di perusahaan tersebut semakin besar.

Baca Juga:  Sewa Apartemen Harian Di Lippo Karawaci

Cara Mengirim Scan Lamaran Kerja Lewat Email

Di era online saat ini, segala hal menjadi lebih serba instan dan praktis, tak terkecuali dalam dunia pencarian kerja, para pencari kerja ataupun perusahaan mulai beralih ke metode online. Sebab, selain lebih praktis, cara ini tentu saja memerlukan biaya yang sangat mahal. Mengirim lamaran ke pencari kerja akan lebih hemat biaya. Tidak perlu membuat banyak salinan cetak atau membeli resume dan folder yang mahal, dan HRD Anda akan mudah memilah ribuan lembar masing-masing. Diantara lamaran yang dikirimkan ke perusahaan, lamaran resume pelamar dapat diakses kapanpun dan dimanapun di HRD tanpa memenuhi seluruh ruang HRD dengan lamaran pekerjaan pelamar.

Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Baik Dan Benar, Dijamin Lolos!

Selain itu, saat ini masyarakat lebih banyak menggunakan smartphone dibandingkan komputer atau laptop, sehingga tutorial ini juga akan menjelaskan cara mengirim resume melalui email khususnya bagi pengguna smartphone Android. Sebenarnya pengiriman lamaran lewat email menggunakan laptop atau komputer pun sama saja. .. Hanya tampilannya saja yang berbeda. Jadi, harap perhatikan tips cara mengirimkan lamaran CV melalui email berikut ini.

Di bawah ini adalah contoh lamaran resume yang dikirimkan menggunakan email Gmail dengan lampiran DOC. Silakan baca penjelasannya satu per satu. Dari nomor pertama di alamat email Anda hingga nomor terakhir di lampiran, akan saya jelaskan di bawah ini. Anda juga dapat mengetuk gambar untuk memperbesarnya.

1. Gunakan email kantor Anda. Email kantor Anda adalah email pribadi atau utama yang sering Anda gunakan, baik untuk pendaftaran akun sosial, bisnis, atau kebutuhan lainnya. Itu juga merupakan email yang selalu Anda akses untuk pembaruan di kotak masuk Anda. Tidak peduli apakah itu laptop, komputer atau ponsel Android.

Saat Anda menulis email pertama, sebaiknya gunakan nama asli dan email utama Anda seperti yang dijelaskan pada postingan sebelumnya. Selain itu, email yang menggunakan nama asli akan memperkuat kepercayaan HRD terhadap pelamar dan pada akhirnya meningkatkan kemungkinan untuk merekrut mereka dengan lebih mudah.

Berikut Cara Melamar Kerja Lewat Email, Pasti Sukses!

Jika Anda belum memiliki email sama sekali, atau sudah memiliki email namun belum memenuhi kriteria email kantor, silahkan baca postingan cara membuat akun Gmail di bawah ini.

Baca Juga:  Pekerjaan Seorang Ibu Rumah Tangga

2. Tulis subjek email dan baris subjek yang benar Hal pertama yang dilihat HRD Anda di kotak masuk mereka adalah subjek atau baris subjek email Anda. Saat mengirimkan lamaran Anda melalui email, pastikan untuk memasukkan baris subjek email sesuai dengan subjek email yang Anda kirim. HR mengabaikan email ini karena banyak pelamar kerja tidak terlalu memperhatikannya. Jika maksud dan tujuan Anda tidak jelas, gunakan judul yang ringkas dan jelas. Format baris subjek yang umum untuk mengirim surat lamaran melalui email adalah:

Melamar Pekerjaan [Lamar Posisi] – Nama Kandidat Contoh: Melamar Pekerjaan [Layanan Pelanggan] – Fikri Wilden Nugraha

Cara Mengirim Scan Lamaran Kerja Lewat Email

Postingan lowongan kerja yang Anda terima akan selalu mencantumkan kode posisi yang Anda lamar pada subject email yang Anda kirimkan (misalnya RCV, ADM, CS, SM). Ikuti saja ini. Karena HRD menjadi lebih mudah dalam memilah lamaran berdasarkan postingan yang dilamar.

Tips Simpel Mengirim Lamaran Lewat Email

Penggunaan jabatan yang tepat, ringkas dan jelas, meningkatkan peluang mudah dipekerjakan oleh perusahaan.

3. Kata-kata di badan email Anda harus singkat, padat dan jelas. Jika Anda ingin mengirimkan lamaran Anda melalui email, kami menyarankan agar isi email ini ditulis sesuai dengan format lamaran EYD standar (lihat contoh gambar di atas). Kebanyakan pelamar tidak menulis satu kata pun. Isi body email ini hanyalah lampiran saja, ini merupakan kesalahan fatal karena body email adalah isi email lamaran Anda.

Jika Anda belum mengetahui cara menulis surat lamaran sesuai standar EYD, Anda bisa membaca postingan kami sebelumnya untuk pembahasan selengkapnya, hingga kalimat pertama dan terakhir isi surat. surat itu.

Dan jika anda ingin kumpulan contoh lamaran kerja baik yang ditulis tangan di kertas lipat ganda maupun diketik di komputer, bacalah postingan saya.

Contoh Kata Kata Untuk Mengirim Email Ke Perusahaan Yang Disukai Hrd

4. Pindai lampiran sebagai format file dokumen PDF berukuran kecil. Untuk lampiran atau attachment, saat mengirimkan lamaran kerja melalui email ke suatu perusahaan, umumnya disarankan untuk tidak mengirimkan file PDF atau Doc yang berukuran lebih dari 2 MB. Filter spam yang menolak email dengan lampiran. Jangan heran jika Anda mengirimkan CV Anda ke perusahaan yang berukuran lebih dari 2 MB dan melampirkan file dokumen PDF yang berukuran lebih dari 2 MB. Sistem tidak terkirim karena email Anda penuh, email Anda ditolak, atau Anda menerima notifikasi lainnya.

Baca Juga:  Part Time Job Di Depok

Informasi loker penerima biasanya berisi berkas-berkas yang dibutuhkan untuk melamar pekerjaan melalui email (misalnya scan KTP, scan resume, scan SKCK, scan ijazah, dan lain-lain). Yang harus Anda lakukan adalah mengikuti persyaratan yang diminta. , tidak perlu mengirim file lain (misalnya sertifikat penghargaan). Untuk proses pemindaian ini, Anda bisa menggunakan layanan foto copy yang memiliki mesin pemindai untuk memindai semua file yang Anda perlukan. Jangan khawatir tentang ukuran setiap file. Hasil scan mesin scanner biasanya tidak lebih dari 60kb dalam format jpg sehingga anda dapat mengirimkannya kepada kami. Aplikasi Anda tidak akan gagal atau ditolak oleh sistem. Jika perusahaan Anda membutuhkan file PDF atau Doc, Anda dapat mengonversinya ke format JPG terlebih dahulu. Konversikan file yang dipindai ke file PDF atau Doc. Jika Anda belum mengetahui cara mengubah file pindaian ke doc atau pdf, silakan simak topik di bawah ini.

Saat ini biasanya perusahaan meminta pengiriman resume hanya melalui email karena ukurannya yang kecil, namun ketika mendekati wawancara, perusahaan meminta seluruh dokumen fisik seperti KTP, SKCK, CV, Ijazah, dll. Resume berbeda dengan CV.

Cara Mengirim Scan Lamaran Kerja Lewat Email

Jika Anda masih bingung perbedaan CV dan Resume atau ingin contoh CV menarik agar mudah diterima bekerja di perusahaan, baca postingan saya.

Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email Terbaru 2024

5. Tutorial Pembuatan PDF: Cara Mengonversi Lampiran JPG yang Dipindai ke Dokumen PDF Tutorial kami tentang cara membuat lampiran PDF sebenarnya cukup sederhana. Katakanlah Anda telah memindai semua file yang Anda perlukan untuk lamaran pekerjaan Anda. format jpg, dipindai dari pemindai atau diambil secara manual dari foto di ponsel Anda. Jika Anda menggunakan kamera foto manual di ponsel Android, usahakan foto Anda sebersih mungkin. Setelah semuanya siap, buka terlebih dahulu software Microsoft Word di laptop anda. Kami menggunakan Microsoft Word 2016 di sini.

Masukkan semua file jpg berisi kata-kata dari aplikasi Anda ke dalam dokumen Microsoft Word. Buatlah petunjuk halaman demi halaman agar semuanya tetap rapi dan teratur ketika semuanya sudah selesai.

Cara mengirim email lamaran kerja, cara mengirim lamaran kerja lewat email, cara mengirim foto lamaran kerja lewat email, cara mengirim berkas lamaran kerja lewat email, mengirim email lamaran kerja, cara mengirim email lamaran kerja lewat hp, mengirim lamaran lewat email, cara mengirim lamaran lewat email, cara mengirim file lamaran kerja lewat email, cara scan lamaran kerja lewat email, cara mengirim cv lamaran kerja lewat email, cara mengirim lamaran lewat email scan

Tinggalkan Balasan