Harga Telur Hari Ini Blitar

By | Februari 25, 2024
|

Harga Telur Hari Ini Blitar – Ilustrasi – Para pekerja mengatur telur yang baru dikumpulkan di sebuah pusat peternakan ayam di Blitar, Jawa Timur. Antara Jawa Timur/Irfan Anshori

Saat ini harga telur ayam kampung Rp 13.800 per kg. Rp 14.200 per kilogram kemarin Blitar (ANTARA) – Peternak ayam di Kabupaten Blitar, Jawa Timur, mengeluhkan harga telur ayam yang anjlok hingga Rp 13.800 per kilogram karena tidak sesuai dengan biaya pemeliharaan.

Harga Telur Hari Ini Blitar

Harga Telur Hari Ini Blitar

“Hari ini harga telur ayam kampung Rp 13.800 per kilogram. Kemarin Rp 14.200 per kilogram,” kata Sukarman, Ketua Koperasi Unggas Sejahtera (Putera) di Blitar, saat dikonfirmasi, Senin.

Jual Telur Ayam Kampung Omega Fress Asli Blitar Telur Ayam Kampung Segar Di Seller Omahunggas

Menurut dia, penurunan harga telur ayam terjadi sejak awal pandemi COVID-19. Kebijakan PPKM juga menurunkan harga telur ayam. Produksi telur ayam stabil, dan barang tidak bisa dikirim ke luar kota secara gratis.

Kabupaten Blitar merupakan salah satu sentra peternakan ayam penghasil telur ayam terbesar. Selain untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri, telur-telur tersebut juga dikirim ke berbagai wilayah Indonesia, termasuk Jakarta. Bahkan, telur ayam Blitar juga menjadi salah satu penopang kebutuhan telur nasional.

Sebelum pandemi COVID-19, pengiriman harian bisa mencapai 450 ton. Namun saat ini jumlah persalinan akibat PPKM mengalami penurunan yang cukup signifikan. Misalnya saja di Jakarta, permintaan telur menurun akibat penghentian sementara program pangan murah.

“Jadi intinya kan ada pandemi, makanya arus orangnya berkurang. Ini pada akhirnya akan menurunkan harga telur, meski produksinya tetap stabil. Bahan baku pakannya impor, yang juga akan meningkat di masa pandemi. Jadi, pengalaman kesulitan peternakan, serta PPKM beberapa bulan terakhir malah lebih parah,” ujarnya.

Penyebab Melonjaknya Harga Telur Di Kota Bandung

Selain anjloknya harga telur, harga pakan juga masih tinggi, pakan jadi berharga sekitar Rp6.600 per kilogram. Sedangkan jagung Rp 6.000 per kilogram. Padahal, sesuai aturan Kementerian Perdagangan, harga jagung harusnya Rp 4.500 per kilogram.

Menurut dia, HPS telur yang ideal adalah Rp 20.500 per kilogram. Namun karena harga saat ini berkisar Rp 14.000 per kilo, otomatis petani harus mengeluarkan biaya sekitar Rp 6.500 per kilo.

Ia juga menambahkan, saat ini banyak peternak yang meninggalkan bisnisnya. Sekitar 20 persen dari 4.500 petani di Kabupaten Blitar sudah berhenti beroperasi.

Harga Telur Hari Ini Blitar

Pihaknya juga bertemu dengan Presiden Joko Widodo dan sejumlah tukang kebun lainnya. Ia merasa lega karena Presiden bertemu dengan para peternak sapi dan ingin membahas industri peternakan di masa pandemi COVID-19.

Stok Peternak Minim, Harga Telur Ayam Di Pasar Tradisional Di Blitar Tembus Rp. 30.000 Per Kg

Sementara itu, Suroto, warga Desa Suruhwadang, Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar mengaku harga telur ayam ras sedang anjlok. Hal ini berbanding terbalik dengan kenaikan harga pakan.

Baca Juga:  Cuaca Samarinda Hari Ini Bmkg

Menurut dia, saat ini harga jagung Rp6 ribu per kilogram dan Rp6 ribu 200 per kilogram. Padahal, harga jagung seharusnya Rp 4.500 per kilogram sesuai aturan pemerintah. Selain mahal, jagung sulit didapat dan petani pun kebingungan.

“Jagung sulit didapat dan mahal. Kalau mudah didapat, kalaupun Kementan surplus 2 juta ton pada 2021, harganya tidak akan mahal,” ujarnya.

Sebagai petani kecil, ia berharap harga jagung bisa normal sesuai aturan pemerintah yakni Rp 4.500 per kilogram. Dengan hal tersebut tentunya para peternak bisa bertahan meski di masa pandemi COVID-19 Blitar – Menjelang akhir tahun, harga telur ayam kampung di pasar Kota Blitar semakin naik, sekarang ayam banget. telur mencapai level tertinggi dalam beberapa tahun terakhir, yakni Rp 32 ribu/kg.

Harga Telur Naik, Peternak Ayam Blitar Sebut Bisa Tutupi Kerugian 15 Persen

Situasi ini memaksa warga mencari cara untuk mengatasi mahalnya harga telur ayam. Konsumen kini sudah mulai menggunakan bentesana atau telur ayam pecah-pecah yang harganya jauh lebih murah yakni Rp 20.000/kg.

“Karena harga telurnya mahal, banyak masyarakat yang beralih membeli telur bentesan karena selisih harganya Rp 12.000,” kata Tiny, pedagang telur di Pasar Templek Blitar.

Meski kondisinya utuh dan faktor kebersihannya masih dipertanyakan, telur Bentesano menjadi solusi mahalnya harga telur konvensional. Selisih harga Rp 12 ribu sangat meningkatkan penjualan telur ayam ventesan.

Harga Telur Hari Ini Blitar

Bahkan, rata-rata penjualan telur ayam Venta dalam sehari mencapai 50 kg. Berat badannya hanya bertambah 10-20 kilogram dari hari sebelumnya. Sementara penjualan telur ayam konvensional mengalami penurunan dan kini rata-rata hanya 5-10 kg per hari.

Fakta Fakta Harga Telur Makin Melambung, Imbas Biaya Produksi Hingga Distribusi

“Penjualan telur di Bentesa meningkat pesat, bahkan setengah sen, dari awalnya 10 kilogram menjadi 20 kilogram,” tambah Tini, seorang penjual telur.

Konsumen yang menggunakan telur bentesan sebagian besar adalah pedagang dan pemilik industri kue rumahan. Mahalnya harga telur memaksa produsen kue mencari telur yang lebih murah. Kalaupun cangkangnya rusak, bagian dalam telurnya masih bagus dan bisa dimanfaatkan.

Meski Blitar merupakan daerah pemasok telur nasional, namun harga jual telur di kota tersebut juga mengalami peningkatan. Tingginya permintaan telur ayam saat periode Natal dan Tahun Baru disebut-sebut menjadi penyebab kenaikan harga telur ayam.

Kondisi ini diperkirakan akan berlangsung hingga akhir tahun depan. Para pedagang dan konsumen kini mengharapkan pemerintah mengambil tindakan langsung untuk mengatasi tingginya harga bahan pokok, termasuk telur. Pedagang membersihkan telur ayam di kawasan Pejat, Jakarta Selatan, Rabu (30/11/2022). Menjelang Natal dan Tahun Baru 2023, kebutuhan pokok mulai banyak bermunculan, kata pedagang, harga telur ayam naik hingga Rp. 28.000 seharga Rp. 31.000 – 35.000 tergantung level penjualnya. FOTO: SALMAN TOIBI/JAVA POS

Baca Juga:  Sepak Bola Live Streaming Hari Ini 2022 Rcti

Kementerian Pertanian Atasi Gejolak Harga Telur Ayam Di Blitar

Harga telur ayam ras mengalami kenaikan menjelang Hari Raya Keagamaan Nasional (HKBN) Natal dan Tahun Baru 2023. Hingga Minggu 4 Desember 2022, harga telur ayam ras mencapai Rp 31.045 per kilogram.

Mengutip laman informasi pangan resmi Jakarta, harga telur ayam ras di Pasar Kalideres mencapai Rp 34.000 per kilogram, tertinggi di DKI Jakarta. Sedangkan harga terendahnya Rp 29.000 per kilogram di Pasar Sunter Podomoro.

Sehubungan dengan itu, asosiasi pekebun nasional yang tergabung dalam “Rumah Bersama” berkomitmen membantu pemerintah dalam menstabilkan harga pasar. Harga tetapnya adalah Rp 27.500 per kilogram.

Harga Telur Hari Ini Blitar

Untuk menjamin ketersediaan hewan tersebut, akan menyusul produsen telur yang terdiri dari Pinsar Petelur Nasional (PPN), Pinsar Indonesia (PI), PPRN, Koperasi Nasional Pinsar Petelur, Koperasi Peternak Unggas Lampung, Koperasi Kendal, Koperasi Putra Blitar, dan Koperasi Srikandi Blitar. Sebuah truk membawa 5 ton 50 butir telur.

Jokowi Janji Harga Telur Turun Pekan Depan, Peternak Blitar Sambat

Presiden Presidium Pinsar Perantara Telur Nasional (PPN) Yudianto Yosgiarso dalam keterangan tertulisnya, Minggu, mengatakan, “Rumah Bersama menyediakan 50 truk telur dengan total muatan 5 ton untuk menstabilkan harga telur jika pemerintah membutuhkan telur.” (4/12).

Harga tetap yakni Rp 27.500 per kilogram sudah termasuk ongkos kirim peternak dan biaya wadah telur atau wadah telur.

Dan detailnya biaya angkut Rp 1200, petelur Rp 500. Sedangkan harga telur ayam kampung Rp 25.800 per kilogram, jadi totalnya Rp 27.500 per kilogram.

Namun, dia mengakui harga tetap tersebut lebih tinggi dibandingkan harga acuan pembelian (RPP). Pasalnya, harga telur ayam ras di peternak adalah Rp 22-24 ribu per kilogram, sesuai HAP yang ditetapkan pemerintah.

Peternak Ingin Harga Telur Naik Jadi Rp24.700kg Akibat Biaya Produksi

Namun menurut pihaknya, harga mati Rp 27.500 per kilogram dinilai realistis, dampak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM), situasi geopolitik akibat perang Rusia dan Ukraina, serta keuntungan. penggembala

“Karena ada perbedaan biaya, kami memperhitungkan fakta bahwa petani kecil pun mungkin mengeluarkan biaya yang rendah,” katanya.

Hari ini adalah malam Nisfu Syaban, Nisfu Syaban merupakan doa yang bisa diamalkan pada malam hari yang terdiri dari bahasa arab, latin dan artinya.

Harga Telur Hari Ini Blitar

Mulai dari Makan Konate hingga Bruno Moreira, mengikuti jejak mereka yang memilih bermain di Indonesia di usia yang masih sangat muda, harga telur melonjak di Blitar, Jawa Timur dalam sepekan terakhir. Peningkatan tersebut menghasilkan peningkatan yang signifikan pada kisaran Rp 4rb/kg.

Harga Pakan Naik Harga Telur Puyuh Melambung Tinggi

Setelah Jatim di berbagai pasar tradisional di Blitar, harga telur saat ini berkisar Rp 21-22 ribu/kg. Harga hari ini turun Rp2 ribu/kg dibandingkan 3 hari lalu yang mencapai Rp24 ribu/kg.

Baca Juga:  Nonton Live Streaming Sctv Sekarang

Minggu ini lagi Rp 21.000/kg-22.000/kg. Tapi tiap hari naik turun. Jadi kami tidak berani beli dalam jumlah banyak, kata pedagang Budi Temple. Pameran, Kota Blitar, Rabu (09/03/2022).

Musriati, seorang pedagang di Pasar Kanigoro, Kabupaten Blitar, juga mengaku hal serupa. Pekan lalu harga telur sempat di bawah Rp 20.000/kg, namun sejak awal pekan ini rata-rata naik hingga Rp 22.000/kg.

“Tiga hari lalu naik Rp 24 ribu/kg. Tapi turun lagi. Sekarang rata-rata harian Rp 22 ribu/kg-23 ribu/kg,” ujarnya.

Penuhi Kebutuhan Telur, Jakarta Kerjasama Dengan Blitar

Sebelumnya, selisih harga telur di pasar tradisional dengan pasar adalah Rp 5 ribu/kg. Ternyata selisihnya berkurang sekitar Rp 3 ribu/kg. Jika harga telur di pasaran Rp 22.000/kg, maka pedagang akan mengambil Rp 19.000/kg dari hasil bersih.

Sugeng Riyadi, peternak ayam petelur di Kecamatan Nglegok, mengakui harga telur perlahan mengalami kenaikan. Seminggu lalu dia mampu menjual Rp 21 ribu/kg. Namun selama dua hari ini telur dijual dengan harga sekitar Rp 19.000/kg.

“Senin masih laku Rp 20.000, tapi Selasa turun jadi Rp 19.000. Hari ini stabil tapi truknya mogok ke arah barat jadi saya tidak bisa kirim,” jawabnya lewat telepon.

Harga Telur Hari Ini Blitar

Sementara Suroto di Kecamatan Kademangan, seorang peternak mengaku, jika harga telur ditentukan pada pukul 13.00 WIB hari ini, mereka bisa menjualnya dengan harga Rp 19.500/kg per kandang.

Harga Telur Ayam Melambung Tingggi Karena Cuaca Panas Dan Banyak Hajatan?

“Tiga hari lalu bisa dijual 21.000 rupiah. Tapi dua hari terakhir turun lagi menjadi 18.700 rupiah hingga 19.000 rupiah. Hari ini tidak ada yang dikirim ke Jakarta, truknya diberhentikan di Batang, Jawa Tengah.” menyimpulkan.

Harga telur hari ini harga telur hari ini, Blitar, Jawa Timur, harga telur, harga telur ayam, Blitar, Jawa Timur Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) menyayangkan harga telur di pasaran yang terus naik. . Artinya, tidak ada upaya untuk menurunkan harga telur, sehingga harga telur secara nasional akan naik. (merdeka.com/Iqbal

Harga telur ayam hari ini di blitar, harga telur blitar hari ini, info harga telur puyuh blitar hari ini, update harga telur blitar hari ini, harga telur ras blitar hari ini, harga telur puyuh di blitar hari ini, harga telur hari ini di blitar, harga telur bebek blitar hari ini, harga telur horn blitar hari ini, harga telur ras di blitar hari ini, update harga telur puyuh blitar hari ini, harga telur puyuh hari ini blitar

Tinggalkan Balasan