Cara Kirim Surat Ke Luar Negeri Via Pos

By | Februari 26, 2024
|

Cara Kirim Surat Ke Luar Negeri Via Pos – 29 Maret, 2021 30 Maret 2021 Asep Sopiyan 22 Komentar Menangani Keluhan Pelanggan, Pelayanan Pelanggan, EMS, Jasa Kurir, Ongkos Kirim, Kirim Paket ke Luar Negeri, Pos Indonesia, Status Pengiriman Paket, Syarat dan Ketentuan

Pada tanggal 18 Maret 2021, saya bermaksud mengirimkan barang berbentuk jaket ke Perancis di Kantor Pos Lillis County, Distrik Garot. Alhamdulillah prosesnya lancar sampai pembayaran

Cara Kirim Surat Ke Luar Negeri Via Pos

Cara Kirim Surat Ke Luar Negeri Via Pos

Beberapa hari kemudian, diterima informasi dari kantor pos bahwa ada persyaratan yang harus dilengkapi berupa dokumen/identitas pengirim dan penerima. Faktanya saya langsung mengirimkan foto KTP saya, sedangkan KTP penerima tidak dapat terkirim karena yang bersangkutan berada di Perancis dan kami kesulitan untuk menghubunginya.

Ingin Mengirim Dokumen Ke Luar Negeri? Pakai Sap Express Saja!

Saya hanya punya satu pertanyaan, mengapa persyaratan ini diumumkan kemudian dan bukan pada saat saya mengirimkan barang pada tanggal 18 Maret 2021? Jadi saya bisa membatalkan pengiriman karena saya kehilangan persyaratannya.

Beberapa hari kemudian pihak pos mengatakan paket tersebut tidak dapat dikirimkan. Tentu saja saya kecewa, tapi saya memahaminya. Yang saya tidak mengerti adalah uang

Dear Pak Asep Sobyan, Terima kasih Pak Asip Sobyan sudah menggunakan jasa kurir kami…

Hak konsumen untuk didengar pendapat dan pengaduannya mengenai barang dan/atau jasa yang digunakannya dijamin berdasarkan Pasal 4 UU Perlindungan Konsumen.

Ternyata Begini Cara Kirim Paket Ke Luar Negeri, Gampang!

Yang Terhormat Terima kasih, Media Konsumen, telah menyetujui postingan kami. Kami adalah salah satu penjual di Tokopedia yang fokus menjual handphone.

Keputusan sepihak yang diambil penyelenggara konser Ed Sheeran di Jakarta untuk mengubah tempat konser secara sepihak sangatlah mengecewakan

Tidak Bisa Kirim Parcel, Ongkos Kirim Rs 850.000 Pending… Oleh Asep Sopiyan Baca dalam: 1 menit Seperti topik yang saya tulis di atas, postingan ini saya tulis untuk menceritakan pengalaman saya mengirim parsel ke luar negeri. Pada postingan saya sebelumnya saya sudah membahas tentang pengiriman barang ke luar negeri menggunakan EMS (artinya saya lupa mengirim paket ke luar negeri melalui kurir). Menggunakan pengiriman surat EMS memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya adalah barang yang kita kirim cepat sampai tujuan, dan kelemahan utama EMS adalah biaya pengirimannya yang mahal.

Cara Kirim Surat Ke Luar Negeri Via Pos

Pertama, pelanggan tetap saya di Malaysia bertanya apakah ada layanan pelacakan kemacetan EMS yang murah. Berbekal pengetahuan saya yang terbatas, saya mulai meneliti dan membandingkan banyak layanan pencarian yang tersedia di planet ini. Intinya yang selalu saya dapatkan untuk jalan-jalan ke luar negeri adalah ongkos kirim masih lebih murah menggunakan jasa POS (kok bisa!!!). Ya, jika ada yang bisa memberi tahu saya tentang layanan pelacakan asing yang murah dan andal, beri tahu saya. Saya baru tahu ini.

Baca Juga:  Lowongan Kerja Pt Ahm Cikarang

Biaya Kirim Barang Ke Singapore Lewat Kantor Pos

Ketika saya browsing online, ternyata angka ongkos kirimnya lebih rendah dibandingkan ongkos kirim menggunakan EMSPT. Pos Indonesia yang merupakan singkatan dari Paket Ekspres dan Paket Laut. Yang menarik minat saya tentang angka-angka ini adalah perbedaan besar antara pengiriman paket menggunakan EMSPT. Pos Indonesia menggunakan paket ekspres. Bedanya, harga paket ekspres yang ditawarkan Pos Indonesia hanya setengah dari harga pengiriman EMS (mungkin ada beberapa tujuan yang tidak terlalu jauh) yang bernilai setiap sennya bagi pedagang kecil seperti saya dan klien saya. Sebagai perbandingan disini kita bisa melihat biaya pengiriman yang saya dapatkan dari website PT. Pos Indonesia.

Saya pun menceritakan hal ini kepada pelanggan saya dan dia setuju untuk mengirimkan pesanan selanjutnya dengan Paket Cepat dari POS INDONESIA.

Keesokan harinya, setelah menyelesaikan packing pesanan untuk pelanggan dari Malaysia, saya mulai berangkat ke kantor POS saya di Jalan Pemuda, Rawamanjun, Jakarta. Karena kantor pos ini cukup besar, juga memiliki banyak counter untuk layanan pelanggan. Setelah memarkir Chelsea (motor saya) saya melewati pintu utama kantor pos (hanya satu pintu yang terbuka). Di depan pintu kita akan bertemu dengan petugas kantor pos yang akan menanyakan kebutuhan kita. Tujuan menanyakan kepada petugas disana adalah untuk memberikan kita nomor antrian yang sesuai dengan kebutuhan kita, ketika kita datang ke kantor pos, biasanya kita mendapatkan nomor antrian untuk pengiriman surat dan parsel dan sebelumnya saya biasa mendapatkan nomor antrian bagus bernama C222. Nomor pengiriman surat dan parsel biasanya diawali dengan huruf CXXX.

Saat kita memasuki kantor pos, titik pengantaran surat dan parsel ada di sebelah kiri kita. Terdapat sekitar 5 gerai di kawasan sekitar yang melayani pengiriman surat dan parsel dalam dan luar negeri. Jadi silakan mengambil tempat untuk menunggu sementara nomor daftar tunggu kami dipanggil oleh “e-lady” yang bertugas memanggil pelanggan ke konter. Jangan lupa untuk memperhatikan layar informasi TV, karena counter akan menghubungi kita jika kita tidak mendengar panggilan tersebut.

Tutorial Cara Kirim Paket Ke Malaysia Via Pos Indonesia

Sambil menunggu nama kita, ada baiknya kita menyiapkan terlebih dahulu formulir pengiriman keluar yang bisa diminta ke petugas yang melayani pelanggan lain. Data yang harus diisi berupa:

Formulir ini tersedia dalam rangkap 5 (lima). Lalu satu (yang kuning akan ditawarkan bersama kartu pos) agar kita bisa menghemat waktu pengetikan (agar kita siap mengisi rincian pengiriman ketika nomor daftar tunggu kita dipanggil).

Baca Juga:  Cara Pengajuan Bri Kur Online

Jadi ketika nomor pesanan kami dipanggil, akan cepat dan karyawan akan segera mengantarkannya. Untuk pengiriman barang disarankan mengemasnya dengan hati-hati, jika tidak maka PT. Pos Indonesia akan mengemas ulang kiriman kita, tidak gratis untuk kemasan plastik, biayanya Rp. 20.000, saya kurang tahu untuk kemasan kaya (untuk barang mudah pecah).

Cara Kirim Surat Ke Luar Negeri Via Pos

Formulir dan barang yang akan dikirim diberikan kepada petugas counter yang segera memproses dan menghitung biaya pengiriman. Sekadar informasi, saat mengirim barang, perhatikan ukuran kotaknya. Jika kotaknya terlalu besar, Anda akan dikenakan biaya makanan berdasarkan ukuran barangnya, bukan beratnya. Untuk mencari berdasarkan ukuran, gunakan rumus berikut:

Cara Kirim Rokok Ke Luar Negeri

Hasil perkalian di atas adalah berat barang yang akan dikirim. Saat petugas yang melayani saya sedang bekerja, petugas di sebelahnya bertanya kepada saya, “Wah, selalu mengantarkan pak.”

Malah alhamdulillah saya sering melahirkan, dan itu terus berlanjut hingga saat ini. Saya harap ini terus berlanjut. Oke, kembali ke topik. Setelah proses entry data petugas selesai, saya harus membayar seluruh biayanya. Untuk 10 kg (berdasarkan volume) saya harus membayar Rs. 470.000,-. Selanjutnya kita akan mendapatkan dua lembar kertas seperti gambar di bawah ini:

Biasanya semua halaman formulir ada stempel PPLN, tapi kali ini saya tidak mendapatkannya. Saya bertanya kepada petugas itu.

“Tidak ada prangko lagi, Pak,” kata petugas itu, “tapi sudah masuk ke sistem. Lihat kuitansi kuningnya.”

Resi Kiriman Terbaru

Setelah saya melihat resi dan memastikan paketnya benar-benar cepat dan alamatnya benar, saya pergi ke bengkel sepeda motor untuk mengantar Shelia ke kantor.

Sesampainya di depan gerbang parkir, saya terkejut dengan apa yang disampaikan oleh operator komputer parkir PT. Pos Indonesia disana bilang, tarif parkir disana naik lagi (karena baru kemarin naik dan sekarang naik lagi). Saya berada di sana kurang dari 20 menit dan dikenakan biaya Rs. 2000, -. Lebih mahal dibandingkan biaya parkir pusat perbelanjaan untuk sepeda motor. Posting bagaimana caranya, berikan parkir kepada pihak ketiga, biayanya sangat mahal. Jujur saja, saya hanya pergi ke kantor pos jika diperlukan, dan yang paling parah adalah biaya parkir yang mahal membuat saya semakin malas untuk pergi ke kantor pos (pendapat pribadi). Fokus pada manajemen PT. Pos Indonesia.

Postingan ini banyak sekali pertanyaannya, jadi saya ingin melanjutkan cerita pengiriman ke luar negeri dengan Speed ​​Post. Kali ini ceritanya tentang apa yang terjadi setiap kali kita mengirim barang.

Cara Kirim Surat Ke Luar Negeri Via Pos

Anda harus mengetahuinya setiap kali Anda mengirim barang ke luar negeri. Status atau lokasi terkini barang dagangan kami. Itu sebabnya Pt. Pos Indonesia juga menyediakan fasilitas pelacakan barang yang kami kirim dalam negeri dan luar negeri. Untuk mengetahui keberadaan barang kita, kita harus mengunjungi website PT. Pos Indonesia dari alamat web http://www.posindonesia.co.id/.

Baca Juga:  Lowongan Kerja Bali 2021 Lulusan Sma

Kirim Surat Ke Luar Negeri Pos Indonesia

Kemudian pada bagian kanan website terdapat 3 jenis tab yaitu Pengiriman, Harga dan Kode Pos. Bagi yang ingin melacak lokasi barangnya, kita dapat mengisi kotak (kotak biru) yang tersedia. Warna asli kotaknya adalah putih, dan diberi warna agar lebih mudah ditemukan. Untuk pengiriman kurir kita harus mengisi kotak dengan nomor pengiriman tertentu, biasanya kode awal sebelum nomor diakhiri dengan “CP” dan “ID”.

Setelah kita mengisi kolom ini kita akan melihat tracking kiriman kita, jika kita salah memasukkan nomor kiriman akan terlihat seperti ini.

Sebagai informasi tambahan. Sebelum kami mengirim barang ke luar negeri atau dalam negeri dengan PT. Setelah membuka website Pos Indonesia PT, kita bisa mengecek total biaya yang dibebankan kepada kita. Indonesia Post sebagaimana disebutkan di atas. Pada gambar di atas, kita klik tab “Harga” (panah 1) lalu klik “Pengiriman Internasional” (panah 2) seperti terlihat pada gambar di bawah.

Setelah itu kita akan bisa melihat halaman website PT selanjutnya. Catatan bahasa Indonesia di bawah ini. Kami kemudian dapat memasukkan lokasi pengiriman dan tujuan. Jangan lupa sertakan berat dan dimensi barang tersebut, karena jika besar bisa dihitung volumenya dan bukan berdasarkan beratnya. Pos Indonesia merupakan perusahaan jasa pengiriman nasional yang menyediakan layanan pengiriman lokal dan internasional sejak tahun 1746. Saat ini Pos Indonesia memiliki jaringan yang tersebar di lebih dari 17.000 pulau di seluruh Indonesia.

Contoh Surat Jalan Pengiriman Barang Beserta Formatnya

Selain unggul dalam pengiriman lokal, Pos Indonesia juga memiliki layanan pengiriman internasional melalui EMS Indonesia. Dengan menggunakan EMS (Express Mail Service), Anda dapat mengirim barang dari Indonesia ke berbagai negara seperti Amerika, Korea, dan negara lainnya.

EMS Indonesia merupakan layanan pengiriman dokumen dan barang dengan waktu pengiriman antar 235 negara dari H+3 hingga H+5.

Cara kirim paket ke luar negeri lewat pos, cara kirim paket ke luar negeri via pos, kirim paket ke luar negeri via pos, kirim surat ke luar negeri via pos, kirim makanan ke luar negeri via pos, pos indonesia bisa kirim ke luar negeri, kirim paket ke luar negeri via jne, kirim pos ke luar negeri, pos indonesia kirim ke luar negeri, kirim barang ke luar negeri via pos, biaya kirim ke luar negeri via pos, kirim paket ke luar negeri pos indonesia

Tinggalkan Balasan