Cara Ekspor Lele Ke Luar Negeri

By | Februari 27, 2024
|

Cara Ekspor Lele Ke Luar Negeri – Cirebon – Banyak orang yang menganggap memelihara ikan lele itu mudah. Namun, hanya segelintir petani ikan yang rata-rata mampu memanen hingga tiga ton per hari. Pasar global juga terfokus.

Suganda adalah salah satu dari sedikit kelompok budidaya ikan yang sukses bersama Pokdakan Kersa Mina Mulya Bakti yang dipimpinnya. Suganda sendiri bukanlah pendatang baru. Sejak tahun 1998, lulusan paket C ini menekuni usaha ikan lele. Awalnya ia masih kecil, hingga ia mendapat dorongan dari instruktur perikanan dari Kementerian Perikanan dan Kelautan (MFMA) yang mengajarinya tentang tata cara beternak.

Cara Ekspor Lele Ke Luar Negeri

Cara Ekspor Lele Ke Luar Negeri

“Keluarga saya petani, keluarga petani padi. Saat dihubungi melalui telepon selulernya, Kamis (4/11/2021), pria asal Desa Kertasura, Kecamatan Kapetakan, Cirebon ini bercerita, “Saya terjun ke dunia perikanan melalui trial and error dan saya tertarik setelah belajar dari pekerja tambahan.”

Potensi Dan Prosedur Ekspor Produk Umkm Desa Margokaton By Kkn Ugm Seyegan

Ia tidak langsung memilih ikan lele untuk dibudidayakan, melainkan memilih ikan gurami, nila, dan ikan mas. Dalam perjalanan bisnisnya, karena kondisi geografis Cirebon yang merupakan wilayah pesisir, ia beralih ke ikan lele. Daerah pesisir dengan aliran air yang jarang dan oksigen yang rendah lebih cocok untuk ikan yang dikenal kuat.

“Dibandingkan ikan lainnya, ikan lele memiliki kepribadian dan perawatan yang istimewa, tidak begitu sulit. Kita tidak bisa mengubah faktor alam, bukan? “Nah ini tantangannya, kita harus berani berinovasi,” kata penggila bulutangkis ini.

Inovasi yang diajukan Ganda, demikian sebutannya, menguji berbagai jenis ikan untuk melihat mana yang paling cocok untuk pengembangannya. Jenis ikan lele yang ingin diternakkan adalah lele dumbo dan lele sangkuriang. Ia kini fokus membudidayakan Ikan Lele Mutiara, spesies unggul terbaru yang dilepas Balai Penelitian Pembibitan Ikan (BPPI) pada 27 Oktober 2014, Sukamandi, Subang, Jawa Barat. Ikan Lele Mutiara merupakan hasil seleksi silang empat ikan lele dumbo. Indonesia.

Tentu saja, Ganda bukanlah pemain tunggal. Di lahan seluas 35 hektare, 16 Pokdakan Kersa Mulya Bakti dan rekan-rekannya mengontrol ketat skema penjualan harian Mutiara Mutiara rata-rata dua hingga tiga ton. Secara khusus, waktu penanaman dan penjualan benih harus berdasarkan Prosedur Operasi Standar (SOP).

Peluang Usaha Di Desa Yang Potensial Dan Menguntungkan

“Dalam SOP, kami mengontrol kapan menanam, kapan memanen, dan menjual. Pokdakan Kersa Mina Mulya Bakti mengatakan, Pokdakan Kersa Mina Mulya Bakti selalu menghadirkan masyarakat setempat, “Semua anggota yang ingin menanam harus melapor terlebih dahulu ke pihak pengelola agar bisa dikontrol umur dan ukurannya sehingga bisa panen setiap hari untuk memenuhi konsumen. permintaan” semua dalam produk.

Keuntungan pasti datang, apalagi produk lele Pokdakan Kersa Mulya Bakti mendapat sertifikasi Cara Budidaya Ikan yang Baik (CBIB) dari KKP berkat SOP yang ketat. Pasar internasional menjadi sasarannya. Ekspor ke Kanada sudah dimulai bekerja sama dengan PT Sumber Laut Bengindo. Tak hanya itu, di masa pandemi Covid-19 pun, Korea yang dikenal masyarakatnya sebagai pencinta makanan laut pun ikut diusut.

Baca Juga:  Lowongan Kerja Cimahi Hari Ini

Jadi, memasuki pasar global ini, ada SOP baru yang harus diikuti. Ikan lele yang diekspor harus memenuhi kendali mutu. “Harus bersih, perut dan rahangnya harus dibuang. Dalam prosesnya, kami menerapkan prinsip-prinsip yang memenuhi standar kesehatan internasional dan standar pemerintah untuk ekspor. Modelnya dari fillet, bukaan tengahnya atau berbentuk ikan terbang seperti yang ada di restoran, karena peminatnya paling besar dari restoran, ujarnya.

Cara Ekspor Lele Ke Luar Negeri

Terbukanya pasar luar negeri bukan berarti Pokdakan Kersa Mina Mulya Bakti melupakan pasar lokal. Mereka masih harus memenuhi permintaan konsumen hingga Cirebon, Kuningan, Majalengka, Jawa Tengah, dan Jabodetabek. Berkat dukungan Lembaga Pengelola Modal Usaha Kelautan dan Perikanan (LPMUKP) Pokdakan Kersa Mina Mulya Bakti yakin dapat memenuhi permintaan konsumen.

Go Internasional, 10 Makanan Indonesia Ini Harganya Selangit

Ganda mengatakan, prinsipnya dalam menjalankan bisnis harus selalu berpikiran terbuka dan mau belajar. Anda harus rela mengesampingkan ego Anda. Entah pendidikan formal itu sebatas atau tidak, yang terpenting adalah keinginan ingin belajar. “Apalagi kalau kita diberi amanah untuk mengelola modal usaha, kita harus pastikan tidak dirugikan. “Bagi kami, kepercayaan ini akan kami jadikan dimana-mana dan akan berdampak besar bagi kehidupan kita,” tutupnya. Indonesia harus bisa memanfaatkan meningkatnya permintaan ikan konsumen di pasar global sebagai peluang bisnis. untuk sektor perikanan dan kelautan. Selain sektor perikanan tangkap, Indonesia harus memaksimalkan budidaya perikanan sebagai peluang. Selain itu, produksi ikan dari sektor ini saat ini ditingkatkan dengan prinsip berkelanjutan.

Slamet Soebjakto, Direktur Jenderal Perikanan Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan (MMF), mengatakan Organisasi Pangan Dunia (FAO) mencatat produksi ikan global terus meningkat dari waktu ke waktu, dan memang demikian permintaan dunia. dimana ikan terus meningkat. tumbuh hingga melebihi populasi dunia.

Bagi Slamet, fakta di atas merupakan peluang besar bagi sektor budidaya perikanan nasional untuk mendorong peningkatan produksi ikan lele secara nasional. Karena diperkirakan permintaan ikan global di masa depan tidak akan bergantung pada produksi hewan buruan.

“Kedepannya diperkirakan akan sangat bergantung pada budidaya perikanan (fishing). “Ini merupakan peluang yang mulai terbuka bagi para pelaku usaha ikan lele untuk memenuhi kebutuhannya, termasuk untuk tujuan ekspor khususnya ke Uni Eropa dan Timur Tengah,” jelasnya di Jakarta, pekan lalu.

Ikan Dan Produk Ikan Pdf

Selama budidaya ikan lele di Indonesia bersertifikat berkelanjutan dan cocok untuk pasar ekspor, maka peluang ekspor ke luar negeri sangat besar. Foto: Direktur Jenderal Perikanan Budidaya, KKP/Indonesia

Baca Juga:  Info Loker Jogja Tanpa Ijazah

Karena besarnya peluang tersebut, Slamet menggalakkan strategi pengembangan industri budidaya ikan lele yang berkelanjutan. Tujuannya jelas, yaitu untuk meningkatkan produksi ikan nasional dan memenuhi kebutuhan ikan konsumsi, serta memenuhi permintaan ikan dari luar negeri. Menurutnya, hal ini akan menjadi peluang ekspor yang sangat baik bagi budidaya ikan lele di Indonesia.

Untuk meningkatkan produksi lele nasional, Slamet menguraikan tiga strategi utama yang harus diterapkan oleh para peternak lele di Indonesia. Ketiga strategi tersebut selain baik untuk meningkatkan produksi ikan lele, juga dapat mengembangkan industri ikan lele dengan mengedepankan prinsip berkelanjutan.

Cara Ekspor Lele Ke Luar Negeri

Strategi pertama adalah meningkatkan fasilitas budidaya menjadi industri berbasis teknologi berkelanjutan. Strategi ini harus dikelola secara komprehensif melalui pengembangan industri benih, pengembangan sistem produksi, dan pengembangan

Tap And Growler

“Hal ini dapat dilakukan sekarang untuk mendorong industri berbasis teknologi berkelanjutan. “Selain itu, inovasi teknologi juga berkembang sangat progresif,” ujarnya.

Budidaya ikan dengan teknologi sistem Bioflok diusung oleh Dirjen KKP Budidaya Perikanan. Teknologi bioflok ini diyakini bisa meningkatkan produksi ikan lele hingga tiga kali lipat. Foto: DJPB KKP/Indonesia

(RAS) untuk artikel ikan lele. Teknologi ini terbukti meningkatkan produktivitas hingga 100 kali lipat dibandingkan cara tradisional. Selain itu, ada keuntungan yang tidak bisa dicapai dengan cara tradisional.

Menurut Slamet, banyak manfaat yang dapat diperoleh dari penggunaan teknologi saat ini, karena industri benih telah menjadi bagian penting dan tidak terpisahkan dalam produksi budidaya perikanan. Hal ini dikarenakan benih dapat menentukan kualitas produksi ikan lele sampai batas tertentu. Selain itu, penggunaan benih dengan RAS tetap dapat dilakukan dengan mengedepankan prinsip berkelanjutan dan ramah lingkungan.

Kisah Inspiratif Khairul Saleh, Petani Vanili Yang Sukses Ekspor Hingga Benua Afrika

Selain teknologi RAS, Slamet mengatakan teknologi lain yang kurang baik digunakan untuk produksi ikan lele adalah bioflok. Teknologi ini terbukti dapat meningkatkan produktivitas peternakan khususnya produktivitas ikan lele. Dengan Biofloc, image ikan lele diangkat sebagai produk umum dan dapat diterima masyarakat.

Paten terkait Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). KKP bekerjasama dengan LIPI untuk mengadopsi teknologi ini.

“Teknologi ini juga mampu meningkatkan kelangsungan hidup dan produktivitas secara signifikan serta dapat diterapkan secara efektif pada budidaya ikan lele,” jelas Slamet.

Cara Ekspor Lele Ke Luar Negeri

Menurut Slamet, strategi selanjutnya yang sebaiknya dilakukan petani adalah meningkatkan daya saing tanamannya. Strategi ini patut dilakukan karena produk ikan ke depan akan berorientasi ekspor sehingga memerlukan peningkatan daya saing produk tersebut. Cara paling efektif untuk mencapai tujuan ini adalah dengan meningkatkan jaminan mutu dan keamanan pangan.

Bahas Tuntas Teknik Dan Cara Ablasi Mata Udang

Mempertimbangkan hal tersebut, Slamet menilai standardisasi teknologi dan sertifikasi cara budidaya ikan yang baik (CBIB) akan terus digalakkan di tingkat peternak. Jika hal ini terjadi maka image ikan lele di mata konsumen akan semakin meningkat. Hal ini pada akhirnya akan mendorong terciptanya ekspor ikan ke negara lain.

Baca Juga:  Beasiswa Ke Amerika Untuk Lulusan Sma

Strategi penting lainnya, atau strategi ketiga yang sebaiknya diterapkan petani, menurut Slamet, adalah mendorong terciptanya efisiensi tanaman. Strategi tersebut adalah menciptakan proses produksi yang lebih efisien dan sederhana dengan mengutamakan kualitas pada setiap produk.

Syamsul Mansur, seorang peternak ikan di Desa Barombong, Kecamatan Tamalate, Makassar, Sulawesi Selatan, mulai mencoba metode bioflok untuk membudidayakan ikan lele di halaman belakang rumahnya. Keunggulannya adalah tidak mengeluarkan bau seperti budidaya ikan lele secara tradisional. Foto: Wahyu Chandra/Indonesia

Slamet pun mencontohkan, salah satu faktor yang menentukan keberhasilan peternak dalam mencapai efisiensi produksi adalah penggunaan pakan ikan. Di pasaran saat ini, harga pakan terus meningkat dari waktu ke waktu, apalagi bahan baku pakan ikan sebagian besar masih diimpor sehingga harga tersebut mempengaruhi nilai tukar mata uang Amerika.

Pokdakan Kersa Mina Mulya Bakti Ekspor Ikan Lele Ke Kanada Dan Korea

“Pakan ini merupakan faktor biaya produksi yang paling tinggi, dan jumlahnya bisa mencapai 70-75 persen dari total biaya produksi.

Menurut Slamet, ketika kondisi seperti itu muncul, jalan yang paling aman adalah segera memanfaatkan pakan mandiri sebagai pakan ikan. Hal ini tidak hanya menghemat biaya, namun meningkatkan margin keuntungan usaha produksi ikan dengan menggunakan pakan mandiri. Menurutnya, yang paling mengejutkan adalah tidak ada perbedaan besar antara kualitas hidup mandiri dengan kehidupan yang dihasilkan pabrik-pabrik besar.

Oleh karena itu, Slamet meminta para pengusaha di Indonesia dapat memanfaatkan momen ini dan menyusun strategi yang tepat bagi badan usaha untuk menjalani kehidupan mandiri. Strategi pembangunan kemudian dapat diintegrasikan dengan kebijakan Partai Komunis Tiongkok yang ada. Jika hal ini terjadi, produksi ikan dapat ditingkatkan dengan biaya lebih rendah dan ramah lingkungan.

Cara Ekspor Lele Ke Luar Negeri

“Saya berharap kucing ini menjadi ikan favorit, bukan hanya ikan lokal saja. Namun juga bisa menguasai pangsa pasar ekspor yang besar ke Timur Tengah, ujarnya.

Cara Orang China Diam Diam Pindahkan Kekayaan Ke Luar Negeri

Susi Pudjiastuti, Menteri Kelautan dan Perikanan, bersama Slamet Soebjakto, Dirjen Budidaya Perikanan KKP

Cara ekspor jahe ke luar negeri, cara ekspor ikan ke luar negeri, cara ekspor buah ke luar negeri, cara ekspor ikan lele ke luar negeri, cara ekspor barang ke luar negeri, cara ekspor ke luar negeri, ekspor barang ke luar negeri, cara ekspor kerajinan tangan ke luar negeri, cara ekspor makanan ke luar negeri, ekspor lele ke luar negeri, cara ekspor kelapa ke luar negeri, ekspor ke luar negeri

Tinggalkan Balasan