Pabrik Mobil Listrik Hyundai Di Indonesia

By | Maret 18, 2024
|

Pabrik Mobil Listrik Hyundai Di Indonesia – Presiden Joko Widodo (kiri) meninjau mobil listrik Ioniq 5 di pabrik Hyundai Motor Manufacturing Indonesia di Bekasi, Jawa Barat, Rabu (16/3/2022). Presiden Joko Widodo hari ini (16/3/2022) meresmikan pabrik Hyundai Motor Manufacturing Indonesia di Bekasi, Jawa Barat, sekaligus meluncurkan Ioniq 5, mobil pertama yang diproduksi di Indonesia. (ANTARA FOTO/) BIRO HO/PERS), KEMENTERIAN PRESIDEN/CRIS MEDIA DAN INFORMASI)

JAKARTA, KOMPAS.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pabrik manufaktur Hyundai Motor pertama di Asia Tenggara yang terletak di kawasan Deltamas, Sikarang Tengah, Jawa Barat.

Pabrik Mobil Listrik Hyundai Di Indonesia

Pabrik Mobil Listrik Hyundai Di Indonesia

Selain memproduksi mobil untuk pasar dalam negeri, Hyundai juga mengoperasikan pabrik di Indonesia yang akan selesai tahun depan sebagai basis pasar ASEAN.

Hyundai Resmi Jadikan Indonesia Sebagai Basis Produksi Di Asean

Dengan hadirnya pabrik Hyundai di Indonesia, Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasmita optimis pasar Indonesia akan menjadi pemain utama dalam rantai pasokan global. Termasuk mobil listrik.

“Kami berharap Indonesia dapat menjadi produsen mobil yang berdaya saing global, ramah lingkungan, dan rendah emisi karbon. Untuk itu, diperlukan langkah-langkah mendesak untuk membangun lingkungan yang kuat dan inklusif,” kata Agus dalam keterangan resmi Kementerian. Website industri, Kamis (117/3/2022).

Agus mengatakan, pihaknya berterima kasih kepada PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia atas komitmennya dalam memproduksi kendaraan listrik di Indonesia.

FOTO/HO/PRESS, ANTARA MEDIA KEMENTERIAN PRESIDEN DAN KANTOR INFORMASI/CHRIS Presiden Joko Widodo (kedua kanan) mendengarkan pengarahan mesin mobil listrik Ioniq 5 di pabrik produksi Hyundai Indonesia di Bekasi, Jawa Barat, Rabu (16/3). /2022). Presiden Joko Widodo hari ini Rabu (16/3/2022) meresmikan pabrik Hyundai Motor Manufacturing Indonesia di Bekasi, Jawa Barat dan meluncurkan mobil Ioniq 5 pertama buatan Indonesia.

Hyundai Motor Group Berkomitmen Wujudkan Ikn Jadi Smart City, Kembangkan Mobil Listrik Dan Advanced Air Mobility

Sebagai langkah awal ditandai dengan peluncuran Ioniq 5, mobil listrik pertama yang dijual di dalam negeri dan luar negeri dari pabrik Hyundai di Indonesia.

“Hal ini penting bagi pengembangan kendaraan listrik di Indonesia dan akan mendukung pengembangan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia yang lebih modern dan berdaya saing global,” kata Agus.

Dia mengatakan pemerintah akan mendorong kendaraan listrik untuk memaksimalkan sumber daya lingkungan, memberi mereka insentif dan menghilangkan berbagai hambatan peraturan.

Pabrik Mobil Listrik Hyundai Di Indonesia

Hal ini bertujuan untuk memungkinkan pertumbuhan industri kendaraan listrik yang sedang berkembang, yang akan berdampak pada terbukanya lapangan kerja dan menggusur produk impor.

Hyundai Semakin Melebarkan Pasar Mobil Listrik Di Indonesia Zonaebt.com

ANTARA FOTO/HO/PRESS, KANTOR MEDIA DAN INFORMASI KEMENTERIAN PRESIDEN/CRIS Presiden Joko Widodo (ketiga kanan) meninjau proses perakitan kendaraan di pabrik Hyundai Motor Manufacturing Indonesia di Bekasi, Jawa Barat, Rabu (16/3/2022). Presiden Joko Widodo hari ini Rabu (16/3/2022) meresmikan pabrik Hyundai Motor Manufacturing Indonesia di Bekasi, Jawa Barat dan meluncurkan mobil Ioniq 5 pertama buatan Indonesia.

Baca Juga:  Beasiswa S2 Di Luar Negeri

Dapatkan berita pilihan dan berita terhangat harian di Kompas.com. Ayo gabung di grup Telegram “Kompass.com News Update”, klik link https://t.me/kompasscomupdate, lalu gabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel Anda, Pabrik PT Hyundai Mr Manufacturing Indonesia di Kawasan Deltamas, Sikarang, Bekasi dibuka Presiden Joko Widodo. Pembukaan pabrik tersebut bertepatan dengan diperkenalkannya mobil listrik pertama di Indonesia, Hyundai Ioniq 5.

Mobil ini merupakan mobil listrik pertama buatan Indonesia yang diproduksi untuk melayani pasar Indonesia dan pasar ekspor, kata Jokowi saat membuka pabrik Hyundai seperti terlihat di akun YouTube Kementerian Presiden, Rabu (16/3/2022). .

Ioniq 5 merupakan mobil listrik ketiga Hyundai di Indonesia. Sebelumnya, Hyundai meluncurkan Kona Electric dan Ioniq Electric pada tahun 2020. Namun kedua mobil tersebut didatangkan langsung dari Korea Selatan dan tidak diproduksi di dalam negeri.

Hyundai Buka Pabrik Baterai Ev Di Indonesia, Nikel Jadi Andalan

Saya kira Ioniq 5 akan menjadi kunci dalam pengembangan kendaraan listrik yang lebih modern dan laris di Indonesia, kata Jokowi.

Sekadar informasi, Hyundai menggunakan Electric Global Modular Platform (e-GMP) untuk memproduksi kendaraan listrik. Salah satu produk yang dibangun dengan E-GMP adalah Hyundai Ioniq 5.

Peralatan e-GMP buatan Hyundai Mister Group rencananya akan digunakan pada 23 jenis kendaraan listrik pada tahun 2025 dan menyediakan 1 juta unit kendaraan listrik.

Pabrik Mobil Listrik Hyundai Di Indonesia

Salah satu keunggulan SUV listrik adalah mampu mengisi daya 10 hingga 80 persen hanya dalam waktu 18 menit. Saat ini mobil tersedia dengan pilihan baterai 72,6 kWh dan rencananya akan ditingkatkan menjadi 77,4 kWh.

Hyundai Bangun Pabrik Mobil Listrik Di Ulsan, Kapasitas 200 Ribu Unit

Ia mampu menyalip Hyundai Ioniq 5 dalam jarak jauh. Jika dulu mobil EV mampu menempuh jarak 423 km, kini Ioniq 5 disebut mampu menempuh jarak 480 km hingga 490 km dengan satu baterai., JAKARTA – Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Hyundai Motors sudah resmi menandatangani kontrak. . Kemitraan investasi kendaraan listrik senilai USD 1,5 miliar atau setara Rp 21 triliun. Investasi tersebut dibagi dalam dua tahap, tahap pertama menelan biaya USD 700 juta.

Memorandum of Understanding (MoU) ditandatangani di pabrik mobil Hyundai di Ulsan, Korea Selatan pada Selasa (26/11/2019). Jokowi sendiri hadir secara pribadi untuk menandatangani investasi triliunan rupiah tersebut.

Sementara dari Hyundai Motor, ada Executive Vice President Hyundai Motor Group Yuisun Group dan President dan CEO Hyundai Motor Company Wonhee Lee.

“Jadi Hyundai akan berinvestasi dulu dengan membangun pabrik di Indonesia yang nilai investasinya sekitar 1,5 miliar dolar AS,” kata Kepala BKPM Bahlil Lahadalia usai bertemu dengan Jokowi di Ulsan, Korea Selatan.

Baca Juga:  Usaha Online Dengan Modal Kecil

Jabar Tempat Pertama Pabrik Mobil Listrik Indonesia Segera Mengaspal Di Ikn Nusantara

Bahlil menegaskan, proses perizinan investasi Hyundai di Indonesia telah selesai. Oleh karena itu, pembangunan pabrik tersebut diharapkan dapat dimulai pada Januari 2020. Hyundai berencana membangun pabrik di Sikarang, Jawa Barat.

“Produksinya diperkirakan mencapai 250 ribu unit dalam waktu 1 tahun dan di Indonesia. Sekarang kemarin kantor pusatnya di Malaysia tapi sekarang mau diboyong ke Indonesia,” kata Bahlil.

Menurutnya, investasi ini akan membawa manfaat bagi Indonesia, antara lain kendaraan listrik ramah lingkungan dan penciptaan lapangan kerja bagi masyarakat Indonesia. Apalagi membuka pasar ekspor.

Pabrik Mobil Listrik Hyundai Di Indonesia

“Pekerja pada tahap pertama bisa menciptakan sekitar 5 sampai 6 ribu lapangan kerja ya,” kata Bahlil.

Tahun Ini Mobil Listrik Hyundai Ioniq 5 Siap Diproduksi Di Indonesia

Kunjungan Presiden Jokowi ke Korea Selatan menjadi istimewa karena disambut oleh Presiden Korea Selatan Moon Jae-in dan Ibu Negara Korea Selatan Kim Jung-sook di Istana Changdeok. Istana ini konon berusia 600 tahun dan terdaftar…

Setelah diskusi panjang di industri otomotif Tanah Air, Hyundai Motor Company akhirnya mengumumkan telah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan pemerintah Indonesia.

Penandatanganan MOU secara resmi dilakukan pada Selasa, 26 November 2019 di pabrik Hyundai Motor di Ulsan, Korea Selatan.

Presiden RI Joko Widodo, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Kerja Sama Ekonomi RI Airlanga Hartarto, Bahlil turut hadir dalam acara tersebut. Lahadalia, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Yuisun Chung, Wakil Presiden Eksekutif Hyundai Motor Group dan Wonhee Lee, Presiden dan CEO Hyundai Motor Company.

Jabar Tempat Pertama Pabrik Mobil Listrik Indonesia

Berkat kerja sama dan dukungan pemerintah Indonesia, pembangunan pabrik manufaktur Hyundai Motor di Indonesia dapat terlaksana, kata Yuisun Chung dalam siaran pers yang diterima, Selasa (26/11/2019).

Pembangunan pabrik ini memiliki nilai investasi sekitar US$ 1,55 atau setara dengan Rp. 21,5 triliun pada tahun 2030, termasuk biaya operasional dan pengembangan produk.

Fasilitas manufaktur tersebut akan mulai dibangun pada bulan Desember tahun ini dan diharapkan dapat memulai produksi komersial pada paruh kedua tahun 2021 dengan kapasitas tahunan sekitar 150,000 unit.

Pabrik Mobil Listrik Hyundai Di Indonesia

* Fakta atau Fiksi? Untuk memverifikasi keaslian informasi yang beredar, silakan ketik kata kunci yang diinginkan cukup dengan mengetik Nomor Cek Fakta WhatsApp 0811 9787 670 JAKARTA (ANTARA) – Perusahaan mobil terbesar di Korea Selatan, Hyundai Motor Co. Upacara peletakan batu pertama pabrik mobil listrik di kota industri Ulsan telah dilaksanakan pada Senin (13/11) yang bertujuan untuk memproduksi 200.000 mobil per tahun mulai tahun 2026.

Baca Juga:  Pekerjaan Part Time Untuk Ibu Rumah Tangga

Hyundai Bakal Produksi Baterai Mobil Listrik Di Indonesia Mulai 2024

Hyundai akan mengeluarkan dana sebesar 2 triliun won (Rp 23,7 triliun) untuk membangun pabrik mobil listrik di lahan seluas 548.000 meter persegi di Ulsan, 300 kilometer tenggara Seoul. Jika selesai, fasilitas tersebut akan menjadi pabrik domestik pertama Hyundai dalam 29 tahun sejak pabrik Asan dibangun pada tahun 1996.

Menurut Yonhap, pada Senin (13/11), acara tersebut dihadiri oleh CEO Hyundai Motor Group Yuisun Chung dan Walikota Ulsan Ki Doo-geum.

Menurut Hyundai, pusat yang direncanakan akan dioperasikan melalui proses manufaktur perusahaan yang didirikan oleh Pusat Inovasi Hyundai Motor Group di Singapura, yang merupakan pusat mobilitas perkotaan perusahaan.

Platform ini mempertimbangkan dan memfasilitasi aspek-aspek yang berkaitan dengan keselamatan, kenyamanan, dan operasi efisien karyawan. Hyundai menggunakan sistem kendali cerdas berdasarkan kecerdasan buatan dan metode produksi rendah karbon serta ramah lingkungan.

Presiden Jokowi Resmikan Pabrik Mobil Hyundai Di Cikarang Berkapasitas 250 Ribu Unit

“Industri kendaraan listrik (EV) yang unik ini menandai awal lain menuju elektrifikasi 50 tahun ke depan,” kata Chung dalam sambutannya pada upacara tersebut.

Chung berjanji untuk bekerja sama dengan pemerintah setempat untuk menjadikan Hyundai Ulsan sebagai kota “gerakan inovasi terdepan” menuju era listrik.

Sebelumnya, Hyundai mengumumkan target jangka menengah dan panjang untuk memproduksi dan menjual 940.000 unit kendaraan listrik pada tahun 2026 dan 2 juta unit pada tahun 2030.

Pabrik Mobil Listrik Hyundai Di Indonesia

Baca Juga: Hyundai Motor Akan Bangun Pabrik Mobil di Arab Saudi Baca Juga: Hyundai Kebut Pembangunan Pabrik Listrik di AS Baca Juga: Toyota Kaji Pembangunan Pabrik Baterai EV di Indonesia JAKARTA, — Pabrik baterai mobil listrik siap beroperasi tahun depan, PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) pun tengah menyiapkan mobil listrik baru yang akan menggunakan baterai dalam negeri pada tahun 2024.

Punya Pabrik Di Indonesia, Harga Mobil Listrik Hyundai Bakal Lebih Murah?

Menurut Chief Operating Officer (COO) HMID, Franciscus Sorzopranoto, hal ini merupakan bagian dari komitmen Hyundai dalam menghadirkan mobilitas listrik kepada pelanggan Indonesia.

Perancis mengungkapkan bahwa mobil listrik terbarunya akan diberi nama Hyundai Ioniq 5 dan model terbaru ini kemungkinan akan memiliki 7 kursi karena Hyundai belum mendapatkannya secara global.

Mobil hyundai di indonesia, pabrik mobil hyundai indonesia, harga mobil hyundai di indonesia, harga mobil listrik hyundai di indonesia, pabrik mobil hyundai di cikarang, pabrik hyundai di indonesia, mobil listrik hyundai di indonesia, pabrik mobil hyundai di indonesia, pabrik mobil listrik hyundai indonesia, mobil listrik hyundai indonesia, pabrik hyundai indonesia, jenis mobil hyundai di indonesia