Cara Membuat Cv Lamaran Kerja Fresh Graduate

By | November 21, 2023
|

Cara Membuat Cv Lamaran Kerja Fresh Graduate – Lulusan baru terkadang bingung saat mengisi bagian “pengalaman kerja” di resume mereka. Jika Anda tidak punya pengalaman sama sekali, apa yang harus Anda tulis?

Bagi para profesional yang sedang membangun karir, pengalaman kerja adalah salah satu aset paling berharga yang menarik perhatian perekrut.

Cara Membuat Cv Lamaran Kerja Fresh Graduate

Cara Membuat Cv Lamaran Kerja Fresh Graduate

Lalu bagaimana nasib para freshgraduate yang baru saja lulus dan belum pernah bekerja? Jangan khawatir, Prosple punya beberapa tips agar resume Anda diperhatikan oleh perusahaan impian Anda. Berikut beberapa di antaranya:

Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Baik Dan Benar, Pasti Dilirik Hrd!

Selain informasi pribadi, tulislah profil singkat sebagai perkenalan dengan pemberi kerja. Bagian ini adalah “ringkasan” dari isi resume Anda secara keseluruhan, menyoroti keterampilan, pendidikan, dan potensi Anda.

Sebutkan juga tujuan karir yang Anda harapkan, posisi yang Anda lamar, atau keterampilan apa yang ingin Anda kembangkan di perusahaan tersebut.

Masukkan pendidikan Anda, isi nama institusi dan tahun pendidikan. Jika nilai akhir atau IPK Anda cukup bagus, Anda bisa memasukkannya juga.

Jika jurusan Anda masih relevan dengan posisi yang Anda lamar, jelaskan juga secara singkat apa yang Anda pelajari dalam program tersebut.

Mau Cari Kerja? Intip Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Baik, Yuk!

Lulusan baru yang aktif berorganisasi akan mempunyai nilai plus tersendiri. Anda secara tidak langsung dilatih soft skill dalam kepemimpinan, kerjasama tim dan kemampuan beradaptasi.

Anda dapat menggabungkan pengalaman Anda dengan berpartisipasi dalam organisasi kampus atau rumah, kegiatan filantropi, kegiatan komunitas, menjadi sukarelawan, dan bertugas di komite saham. Jelaskan juga tugas-tugas yang menjadi tanggung jawab Anda dalam mengikuti kegiatan tersebut.

Soroti dan jelaskan keterampilan yang relevan dengan posisi yang Anda lamar. Jika Anda telah menyelesaikan kursus atau pelatihan bersertifikat untuk mengembangkan keterampilan ini, buatlah kolom khusus yang disebut “Sertifikasi” untuk menunjukkannya.

Cara Membuat Cv Lamaran Kerja Fresh Graduate

Jika memungkinkan, sertakan juga portofolio (bisa berupa file PDF atau link ke website pribadi dan media sosial yang memuat contoh koleksi karya Anda), terutama jika Anda melamar posisi di tim kreatif.

Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris Yang Memikat Hrd

Pernahkah Anda menjadi salah satu lulusan terbaik di kampus atau memiliki prestasi akademik lainnya? Kesuksesan yang bersangkutan tentu bisa menjadi nilai plus tersendiri. Misalnya, Anda pernah memenangkan lomba fotografi, lomba menulis cerita, lomba edit video, atau prestasi lain yang berkaitan dengan profesi yang Anda lamar.

Namun, kesuksesan tidak terbatas pada balapan atau kompetisi. Anda juga dapat menguraikan tujuan atau “pencapaian” apa yang berhasil Anda capai dalam pekerjaan Anda, sebaiknya dengan angka atau persentase tertentu.

Misalnya, Anda adalah manajer media sosial sebuah toko online dan Anda berhasil meningkatkan jumlah pengikut atau penjualan. Anda bisa menulis “Dapatkan 10.000 pengikut dalam 6 bulan pertama” atau “Tingkatkan penjualan sebesar 40% di tahun kedua”.

Baca Juga:  Universitas Negeri Yang Ada Jurusan Akuntansi

Selalu gunakan “active voice” atau kalimat aktif dalam setiap deskripsi yang Anda tulis. Baik untuk menjelaskan kemampuan, aktivitas atau prestasi.

Contoh Cv Lamaran Kerja Dan Struktur Isinya, Catat!

Misalnya, suatu pencapaian yang ditulis dengan kalimat “berhasil meningkatkan kehadiran acara menjadi 1.000 orang” akan memiliki dampak yang lebih besar dibandingkan dengan kalimat pasif “berhasil meningkatkan kehadiran acara menjadi 1.000 orang”.

Contoh lain, kalimat “Mengembangkan konsep iklan yang akan ditampilkan di jejaring sosial” lebih mudah dibaca daripada “Saya akan membuat iklan yang akan ditampilkan di jejaring sosial”.

Detail kecil ini akan membuat resume Anda lebih pendek dan terorganisir, serta meninggalkan kesan yang lebih positif dan membuat Anda merasa “lebih kuat”. Coba periksa kembali resume Anda untuk melihat apakah ada kalimat pasif yang bisa diganti dengan kalimat aktif.

Cara Membuat Cv Lamaran Kerja Fresh Graduate

Sebagai lulusan baru yang rajin mengirimkan resume Anda ke banyak perusahaan, Anda dapat mengubah atau “mengubah” isi resume Anda agar sesuai dengan tujuan Anda.

Contoh Cv Fresh Graduate Tanpa Pengalaman Kerja Terbaik

Tentu saja, pekerjaan yang berbeda memerlukan kualifikasi yang berbeda pula. Ini tidak berarti bahwa Anda harus menulis ulang isi resume (atau bahkan membuat bagian baru), tetapi cukup menyesuaikannya dengan kebutuhan pemberi kerja.

Anda dapat melakukannya dengan mengubah atau menambahkan detail (misalnya pada bagian keterampilan atau pengalaman) yang lebih relevan dengan kebutuhan pekerjaan yang Anda lamar. Dengan resume yang lebih spesifik atau “disesuaikan”, Anda akan memiliki peluang lebih besar untuk diundang ke wawancara.

Sebagai lulusan baru, wajar jika Anda memiliki pengalaman kerja yang minim. Jadi tidak perlu menjadi rentan dan kemudian memalsukan detail pengalaman kerja untuk bisa terpilih. Karena bisa saja perekrut yang membaca resume Anda akan memeriksa kebenaran data atau menanyakannya saat wawancara.

Untuk membantu Anda lebih memahami tips di atas, di bawah ini kami telah melampirkan contoh resume yang menarik dan profesional untuk lulusan baru, meskipun Anda belum memiliki pengalaman kerja.

Contoh Cv Lamaran Kerja Lulusan Smk Beserta Cara Membuatnya

Tak perlu bingung dan frustasi jika Anda adalah seorang freshgraduate yang minim pengalaman. Anda masih memiliki banyak waktu dan kesempatan untuk mengembangkan karir Anda.

Pengalaman kerja memang penting, namun bukan merupakan hal utama dan satu-satunya yang bisa membuat seseorang bekerja di suatu perusahaan. Terus tingkatkan keterampilan Anda dan tunjukkan bahwa Anda adalah kandidat potensial yang bersedia melanjutkan pendidikan Anda.

Jadi percaya diri dan ungkapkan segala kelebihan dan kemampuanmu dalam CV. Resume Anda adalah representasi diri Anda, jadi buatlah semenarik mungkin. Jika Anda masih membutuhkan inspirasi dalam membuat CV, klik artikel 25 Template CV Keren dan Gratis dari Prosple. Semoga sukses dalam pencarian kerja Anda!

Cara Membuat Cv Lamaran Kerja Fresh Graduate

💼Pekerjaan Management Trainee 💼Pekerjaan Magang di Indonesia 💼Pekerjaan Lulusan Baru di Jakarta 💼Pekerjaan Magang di Jakarta 💼Pekerjaan Lulusan Baru di Bandung 💼Pekerjaan Magang di Bandung

Baca Juga:  Jadwal Kereta Api Karawang Cikarang 2022

Template Cv Gratis Yang Membuat Kamu Lebih Menarik

Untuk lulusan baru, unduh 25 templat gratis pilihan ini untuk membuat resume Anda terlihat lebih kreatif, profesional, dan…

Baru lulus tapi incar gaji besar, malah jadi 2 digit? Bisa kalau kamu bekerja di perusahaan besar… Alisa Melita Rahmati “Kamu tidak bisa menjalani hidupmu untuk orang lain. Anda harus melakukan apa yang benar untuk Anda, bahkan jika itu menyakiti beberapa orang yang Anda cintai.” – Nicholas Sparks, The Notebook

Akan ada kesempatan untuk menunjukkan hasil pekerjaan dan pengalaman Anda. Namun bagaimana jika Anda tidak memiliki pengalaman kerja sama sekali?

Tetap tenang dan jangan khawatir, meski baru lulus dan belum memiliki pengalaman kerja, Anda tetap bisa menjadi kandidat terbaik.

Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Benar Agar Dapat Menarik Perhatian

Meskipun Anda tidak memiliki banyak pengalaman atau pengalaman kerja, Anda tetap perlu memberikan kesan pertama yang baik.

Berikan kata-kata yang menunjukkan rasa percaya diri Anda sebagai lulusan baru yang layak dipekerjakan meski tanpa pengalaman yang cukup.

“Saya lulusan perguruan tinggi (IPK 3,7) sebagai sarjana (masukkan gelar sarjana saya). Berkemauan keras, bertanggung jawab atas pekerjaannya dan cepat beradaptasi.

Cara Membuat Cv Lamaran Kerja Fresh Graduate

Perekrut sudah bisa memberikan kesan pertama yang baik pada kita. Lalu jangan lupa sertakan juga IPKnya jika di atas 3,0 agar termasuk salah satu nilai terbaik juga.

Contoh Cv Barista Pemula Yang Menarik Dan Cara Membuatnya

Namun, ada hal lain yang perlu ditambahkan ke resume lulusan baru tanpa pengalaman. Tujuannya adalah untuk memiliki nilai

Selain itu, Anda dapat memasukkan unit kegiatan mahasiswa (USU) yang pernah Anda ikuti, kegiatan kerelawanan, kursus atau seminar, dan karya akademis Anda.

Bersikaplah keren Anda masih dapat menunjukkan keunggulan Anda dengan memasukkan lokakarya, kursus, atau sertifikasi sukarelawan yang Anda selesaikan selama kuliah.

Tips lain yang dapat meningkatkan profil CV Anda bagi lulusan baru yang belum memiliki pengalaman adalah bagian prestasi dan keterampilan.

Tips Membuat Dan Contoh Cv Fresh Graduate Tanpa Pengalaman

Ketahuilah bahwa prestasi yang akan Anda terima tidak akan sia-sia, bahkan prestasi kali ini benar-benar akan memberikan Anda nilai tertinggi.

Bagian prestasi dalam CV lulusan baru juga dapat menunjukkan karakter Anda dalam berorganisasi atau bekerja dalam tim.

Jujurlah dalam segala hal yang Anda masukkan ke dalam resume Anda. Kejujuran akan memberi Anda awal yang baik dalam karier Anda.

Cara Membuat Cv Lamaran Kerja Fresh Graduate

Apakah resume Anda sudah siap? Langsung saja hubungi perusahaan yang diinginkan. Lihat lowongan terbaru di sini! CV adalah hal yang perlu Anda ketahui. CV ini akan menjadi salah satu dokumen yang harus dilampirkan pada lamaran kerja.

Lihat Cara Membuat Cv Lulusan Sma Menarik [+contohnya]

Resume disiapkan dalam format kronologis yang mencakup pendidikan dan pengalaman kerja. Tidak ada aturan khusus tentang berapa banyak halaman yang harus dimiliki sebuah resume, namun semakin banyak prestasi dan pengalaman yang Anda miliki, semakin tebal resume Anda.

Baca Juga:  Pt Astra Honda Motor Karawang

Adalah memperhatikan tata letak resume Anda. Perlu diketahui, saat ini terdapat 2 (dua) jenis CV yaitu CV Kreatif dan CV Reguler.

Perbedaan antara resume kreatif dan resume biasa berkaitan dengan desain. Anda harus berusaha semaksimal mungkin untuk membuat resume yang menarik, namun pastikan HRD tidak kebingungan saat membaca resume Anda.

Jadi, Anda harus memperhatikan tata letak resume Anda. Pastikan Anda telah memasukkan informasi dan foto Anda dengan benar.

Contoh Cv Tulis Tangan Yang Baik Dan Benar Terlengkap 2023

Selain memperhatikan desain resume Anda, Anda juga diharuskan memasukkan informasi pribadi dan kontak Anda dengan benar. Informasi data pribadi diperlukan agar HR dapat mengetahui siapa Anda.

Sementara itu, kontak tersebut akan membantu HRD untuk menghubungi Anda untuk proses rekrutmen selanjutnya. Anda dapat mengisi kontak ini dengan alamat email, nomor telepon, dan akun media sosial Anda.

HR biasanya akan mengecek media sosial Anda dan melihat bagaimana Anda berperilaku di media sosial. Jadi, pastikan Anda membuatnya

Cara Membuat Cv Lamaran Kerja Fresh Graduate

Selain informasi pribadi dan kontak yang bisa Anda hubungi, cara lainnya adalah dengan merangkum pengalaman Anda. Bagi Anda yang sudah mempunyai pengalaman kerja, Anda bisa mencantumkan pengalaman kerja Anda di sini.

Contoh Cv Dokter Perawat Nakes Untuk Melamar Kerja

Selain merangkum pengalaman Anda, Anda juga bisa mencantumkan pencapaian Anda hingga saat ini. Prestasi tersebut meliputi prestasi anda semasa sekolah atau kuliah.

Jika Anda memiliki prestasi di satu bidang, Anda dapat memasukkannya ke dalam resume ini. Pencapaian ini dapat menjadi pertimbangan dalam pemilihan Anda untuk HRD.

Riwayat pendidikan adalah bagian yang dapat Anda sertakan dalam resume Anda. Terdapat beberapa biografi yang mengulas tentang sejarah pendidikan mulai dari pendidikan sekolah dasar hingga perguruan tinggi.

Jika Anda tidak memiliki pengalaman kerja, pengalaman kerja Anda dapat menggantikan kegiatan sosial atau pengalaman menjadi sukarelawan. Maka tidak heran jika banyak siswa yang mencari kegiatan sosial saat berada di sekolah atau kuliah.

Tips Dan Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan Yang Benar

Pengalaman melakukan kegiatan sosial atau menjadi sukarelawan dapat dianggap sebagai HRD karena orang yang berpengalaman dalam kegiatan sosial biasanya memiliki kemampuan kepemimpinan yang baik.

Hobi dan minat dapat menjadi bagian dari resume Anda. tujuan

Membuat cv lamaran kerja fresh graduate, cv lamaran kerja fresh graduate s1, cv lamaran kerja fresh graduate sma, template cv lamaran kerja fresh graduate, cara membuat cv lamaran kerja fresh graduate sma, cv lamaran kerja untuk fresh graduate, cv lamaran fresh graduate, contoh cv lamaran kerja fresh graduate s1, cara membuat cv lamaran kerja untuk fresh graduate, contoh cv lamaran kerja fresh graduate, contoh cv lamaran kerja fresh graduate smk, cv lamaran kerja fresh graduate

Tinggalkan Balasan