Kompas Com Jokowi Hari Ini

By | November 27, 2023
|

Kompas Com Jokowi Hari Ini – Pernyataan tersebut disampaikan Presiden Joko Widodo secara online dari Istana Kepresidenan Bogor, Rabu (19/4/2023). Jokowi berhasil mengumumkan kenaikan gaji masyarakat. (dok. Sekretariat Presiden)

JAKARTA, KOMPAS.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan memaparkan Undang-Undang (RUU) Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun 2024 beserta Laporan Keuangan hari ini pada Rabu sore (16/8/2023). Salah satu yang bisa diumumkan Jokowi adalah kenaikan gaji pegawai negeri sipil (PNS).

Kompas Com Jokowi Hari Ini

Kompas Com Jokowi Hari Ini

Pernyataan terkait kenaikan gaji aparat kepolisian seperti yang sebelumnya disampaikan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Dalam beberapa kesempatan, Sri Mulyani pernah melontarkan pernyataan bahwa Jokowi akan mengumumkan kenaikan upah buruh dalam pidato tahunannya di DPR.

Pdi P Nilai Anies Tak Paham Kebijakan Jokowi

“Bapak Presiden akan menyampaikan RUU APBN 2024 pada 16 Agustus (2023),” ujarnya di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (30/5/2023).

“Salah satu yang kami masukkan dalam perluasan tersebut adalah kenaikan gaji bagi ASN, TNI, Polri, dan pensiunan,” imbuhnya.

Pernyataan soal kenaikan gaji buruh itu diperkuat dengan pernyataan Menteri Negara Pemberdayaan Alat dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas. Mei lalu, Azwar meminta kenaikan upah pekerja, sebagai bagian dari rencana perubahan struktur tunjangan.

“Kami minta gaji (PNS) dinaikkan sedikit. Ini sedang dibicarakan dengan Menteri Keuangan,” ujarnya dalam Konferensi Nasional Penganggaran 2023, di Jakarta, Rabu (17/5/2023).

Senyum Jokowi Soal Meningkatnya Kepuasan Masyarakat Terhadap Pemerintah Di Survei Litbang Kompas

Namun, beberapa waktu kemudian dia menegaskan pihaknya fokus pada penetapan aturan kerja sukarela (tukin) dibandingkan menaikkan gaji masyarakat. Kenaikan upah hanyalah sebagian dari perubahan jumlah angkatan kerja tukin.

“Saya merasa tidak bicara kenaikan gaji. Bukan kenaikan gaji. Di PP baru ini kita bahas soal kerja sukarela. Jadi sekali lagi tidak ada (kesepakatan dan perundingan) kenaikan gaji dan thukin,” kata Azwar. .

Diketahui, Jokowi terakhir kali menaikkan gaji polisi pada tahun 2019. Pada tahun tersebut, pemerintah menaikkan gaji polisi termasuk Polri dan TNI sebesar 5 persen. Kenaikan gaji juga disampaikan Jokowi dalam pidato tahunannya di DPR.

Kompas Com Jokowi Hari Ini

Dapatkan pilihan berita terkini dan terhangat setiap hari dari Kompas.com. Gabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, klik link https://t.me/kompascomupdate, lalu gabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel Anda.

Berita Harian Tanda Kehormatan Bintang Republik Indonesia Adipradana Terbaru Hari Ini

Berita Terkait: Rencana kenaikan gaji polisi dinilai ‘berkaitan’ dengan politik 16 Agustus Sri Mulyani: Kenaikan Gaji PNS Dibahas dengan Presiden Debat Anggota DPR Soal Kenaikan Gaji Pegawai Diminta Kenaikan Gaji Pegawai Negeri Sipil, Tapi Anggaran Tak Masuk APBN 2023

Baca Juga:  Sepak Bola Eropa Live 2021

Jixie mencari berita yang dekat dengan minat dan preferensi Anda. Berita-berita yang dikumpulkan di sini disajikan sebagai pilihan berita yang sesuai dengan minat Anda.

[POPULER] Periksa apakah NIK Anda terdaftar di NPWP | Penolakan KCIC terhadap proyek kereta cepat yang dikuasai bank China j Dibaca 4.972 kali Direktur Eksekutif PDI-P Megawati Soekarnoputr mengaku puas dan mengucapkan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo yang telah menerima undangan pada Musyawarah Kerja Nasional -P III PDI di Jakarta.

Presiden Joko Widodo memimpin Dirjen PDI-P Megawati Soekarnoputri pada pembukaan Musyawarah Kerja Nasional III PDI-P di Sekolah Partai PDI-P, Jakarta, Selasa (6/6/2023).

Psi Soal Dukungan Capres: Kompas Kami Adalah Jokowi

JAKARTA, – Presiden Joko Widodo menjabat tangan Presiden Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Megawati Soekarnoputri usai membuka Musyawarah Kerja Nasional III PDI Perjuangan di Jakarta, Selasa (6/6/2023). Keduanya tampak bersahabat saat ada rasa konflik budaya mendukung Presiden 2024.

Jokowi berpapasan dengan Megawati yang berjalan di depannya usai berfoto bersama dalam Konferensi Aksi Nasional III di Aula Sekolah Partai PDI Perjuangan, Lenteng Agung, Jakarta. Pengurus PDI Perjuangan itu kemudian menggandeng tangan Megawati dan berjalan menuruni tangga sambil menggandeng tangannya. Mereka berdua saling tersenyum.

Mereka yang hadir pada Konferensi Perburuhan Nasional langsung bertepuk tangan melihat pemandangan tersebut. Setelah Megawati dan Jokowi, berjalan kaki dari Ketua DPP PDI-P Puan Maharani dan Prananda Prabowo serta calon presiden PDI-P Ganjar Pranowo.

Kompas Com Jokowi Hari Ini

Megawati menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas kesediaan Jokowi menyampaikan undangan pembukaan Konferensi Perburuhan Nasional yang bertepatan dengan hari ulang tahun Bung Karno, Presiden pertama Indonesia. Kehadiran dan instruksi Presiden tersebut akan menjadi pembahasan dalam berbagai Rapat Kerja Nasional yang digelar selama tiga hari ke depan.

Cek Perbaikan Jalan Rusak, Presiden Jokowi Bakal Kunjungi Lampung

Presiden Joko Widodo bersama Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Jenderal Megawati (PDIP) Soekarnoputri (tengah) bersama calon presiden PDIP Ganjar Pranowo (kanan) hadir pada rapat kerja nasional (rakernas) III PDIP di Sekolah Partai PDI Perjuangan, Lenteng Agung. Jakarta , Selasa (6/6/2023).

“Saat ini Munas Perburuhan sangat penting karena kita sedang berupaya menghimpun partai, dari tingkat tertinggi hingga terkecil, untuk mulai melakukan penerangan terkait pemilu 2024,” kata Megawati saat memberikan keterangan usai rapat. . pembukaan Konferensi Perburuhan Nasional.

Meski sebelumnya belum ada kerja sama, imbuhnya, namun Rakernas III PDI Perjuangan mengusung tema “Anak dan Anak Dalam Binaan Negara”, yaitu Hak Mengatasi Kemiskinan. dengan dukungan Presiden. Bagi Megawati, hal ini menunjukkan kesatuan di antara keduanya.

“Saya dan Pak Jokowi belum membuat janji, tapi ini menunjukkan bahwa saya dan Pak Jokowi sebagian besar, tidak banyak, (tetapi) sebagian besar memiliki tujuan yang sama dalam membangun negara dan negara,” ujarnya.

Baca Juga:  Kabar Olahraga Sepak Bola Terbaru

Berita Harian Pidato Jokowi Hari Pancasila Terbaru Hari Ini

Menurut beberapa kader PDI Perjuangan, rasa persatuan sudah terasa sejak dibukanya rapat kerja negara tertutup tersebut. Megawati dan Jokowi memberikan orasi politik di hadapan peserta Rakernas. Musyawarah Kerja Nasional meliputi pengurus DPP, pengurus daerah (DPD), pengurus pimpinan partai (DPC), dan organisasi sayap partai.

Saya dan Pak Jokowi belum menetapkan janji, tapi ini menunjukkan bahwa saya dan Pak Jokowi tidak punya tujuan utama, banyak, (melainkan) satu tujuan terutama membangun negeri dan negara ini.

Ketua DPC PDI-P Kota Semarang, Jawa Tengah, Hendrar Prihadi menilai, tidak ada kontradiksi dalam pernyataan Jokowi dan Megawati. Kedua dewan berbagi persiapan Pilpres 2024 di pihak keluarga.

Kompas Com Jokowi Hari Ini

Sekretaris DPD PDI-P Kepri Lis Darmansyah menambahkan, alih-alih menyalahkan Jokowi atas permasalahan dukungan parpol lain terhadap presiden, Megawati justru banyak melontarkan candaan. Megawati disebut meminta Ganjar mengintegrasikan program penanggulangan kemiskinan yang diusung partainya dengan proyek pemerintah di masa depan.

Jokowi Gandeng Megawati

Jokowi menyambut baik hal tersebut dengan mengatakan dirinya yakin Ganjar dapat mencapai tujuan dari berbagai program yang dijalaninya. Kenapa, karena Ganjar dikatakan komunikatornya lebih baik dari dirinya (Jokowi), ujarnya.

Lis membantah rumor dukungan Jokowi terhadap calon presiden dari partai politik lain menimbulkan keraguan di kalangan prajurit PDI Perjuangan. Namun kehadiran dan pidato Jokowi semakin menegaskan kepercayaan TNI terhadap dukungan mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut.

Presiden Joko Widodo disambut calon presiden PDIP Ganjar Pranowo (kedua dari kanan) saat tiba di pembukaan rapat kerja nasional (rakernas) III PDIP di Sekolah Partai PDI Perjuangan, Lenteng Agung, Jakarta, Selasa (6/ 6/2023).

Pak Jokowi tidak ragu-ragu saat berbicara. Artinya, beliau berbicara tentang citra Ganjar sebagai teladan terbaik yang bisa diambil di masa depan, katanya.

Berita Harian Jokowi Pegang Data Intelijen Parpol Terbaru Hari Ini

Di penghujung konferensi, Megawati memberikan bingkisan kepada Jokowi yang terlihat dalam foto bersama saat pengumuman Ganjar di Istana Batutulis, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, 21 April. Dalam foto tersebut, tampak Jokowi bersama Megawati, Puan, Prananda dan Ganjar berdiri di PDI-P memberi hormat tiga jari.

Jokowi dalam rapat tertutup Rakernas III PDI Perjuangan menegaskan dirinya berbicara mengenai banyaknya tantangan yang akan dihadapi Indonesia terkait perubahan konteks tersebut. Untuk menghadapi keadaan tersebut, sikap seorang pemimpin yang berani dan tegar sangatlah penting. Ganjar memiliki keduanya. “Berani adalah nomor satu. Berani dan berani. Saya lihat Pak Ganjar sudah, kata Jokowi.

Kesatuan Megawati, Jokowi, dan seluruh anggota Partai Buruh Nasional terjadi di tengah berkembangnya spekulasi bahwa Presiden melakukan tindakan tidak senonoh terhadap PDI Perjuangan jelang Pilpres 2024. Banyak pihak yang melihat hal itu sejak akhir. Pada tahun 2022, Jokowi kembali menegaskan dukungannya terhadap Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menjadi presiden pada tahun 2024.

Baca Juga:  Pembunuhan Di Manado Hari Ini

Kompas Com Jokowi Hari Ini

Presiden Joko Widodo bersama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meninjau hasil panen dan melakukan pertemuan dengan petani di Desa Lajer, Kecamatan Ambal, Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah, Kamis (9/3/2023). ).

Berita Harian Gerindra Yakin Bisa Jadi Penerus Jokowi Terbaru Hari Ini

Hal ini didasari dari beberapa kali persatuan dan banyaknya pengumuman dari Presiden kepada Prabowo, di partai politik, dan di agenda politik.

Ketua DPP PDI-P Eriko Sotarduga mengatakan momen Jokowi menjabat tangan Megawati sangat berarti bagi kekuatan partainya. Hal ini menunjukkan bahwa keduanya benar-benar bersatu. “Kami lihat mereka sangat kompak dan kami lihat Pak Jokowi mendukung Bu Mega dan Pak Ganjar seperti itu,” ujarnya.

Secara terpisah, Peneliti Senior Pusat Pengkajian Pusat Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Firman Noor, menilai persatuan yang dihadirkan Jokowi dan Megawati merupakan drama di hadapan para politisi yang akan berbeda dengan situasi di belakang. mereka . Sebagai pakar politik, baik Jokowi maupun Megawati sama-sama mempunyai kalkulasi sederhana bahwa keduanya tidak akan saling bersinggungan. Namun keduanya masih bisa bersatu ketika melihat kemampuan bekerja sama.

Ia mengatakan, gimmick yang terlihat saat pembukaan Konferensi Perburuhan Nasional tidak bisa serta merta menjadi kesatuan. Untuk mengubah gimmick ini menjadi sangat kuat, diperlukan lebih banyak tindakan. Misalnya menciptakan peluang kolaborasi antara Presiden dan PDI Perjuangan yang membuahkan hasil yang baik.

Jokowi Beri Sinyal

“Bukan kegiatan biasa, sekedar berfoto, tapi perlu konstruksi yang terintegrasi dengan manfaat tambahan,” ujarnya.

Menurut Firman, soliditas nyata harus segera dilakukan. Jika masih terjadi perpecahan dukungan, hal ini akan berdampak pada keberhasilan terpilihnya Ganjar. keputusan pilihan mereka.

Presiden Joko Widodo bersama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meninjau hasil panen dan melakukan pertemuan dengan petani di Desa Lajer, Kecamatan Ambal, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, Kamis (9/3/2023).

Kompas Com Jokowi Hari Ini

Pemilu 2024 akan menjadi waktu yang dipilih pendukung Presiden Joko Widodo untuk mundur.

Berita Harian Jokowi Ke Afrika Terbaru Hari Ini

Jokowi hari ini kompas, kompas brita hari ini, kompas online hari ini, iklan kompas hari ini, kompas com jokowi, kompas hari ini terbaru, berita jokowi hari ini kompas, kompas com hari ini, kompas news com hari ini, berita hari ini kompas, jokowi kompas, artikel kompas hari ini

Tinggalkan Balasan