Cara Melamar Pekerjaan Lewat Gmail

By | November 29, 2023
|

Cara Melamar Pekerjaan Lewat Gmail – Bingung bagaimana cara melamar pekerjaan melalui email yang baik dan benar? Ikuti 9 Cara Ini Agar Tidak Ditolak Lamaran Kerjamu dari HRD! –

Kemajuan teknologi membuat banyak hal menjadi lebih mudah, termasuk dalam proses lamaran pekerjaan. Sebelumnya, melamar pekerjaan dilakukan dengan mencetak berkas lamaran, menggunakan amplop dan mengirimkannya ke perusahaan sasaran melalui kurir. Atau melamar pekerjaan dengan mendorong masuk

Cara Melamar Pekerjaan Lewat Gmail

Cara Melamar Pekerjaan Lewat Gmail

Society for Human Resource Management (SHRM) melakukan survei terhadap 1.500 perekrut profesional. Hasilnya, 70% perekrut lebih memilih rekrutmen virtual karena lebih hemat biaya dan waktu. Perubahan ini akan membuat pekerjaan lebih mudah bagi Anda dan perekrut.

Apply Kerja Lewat Email‼️

Melamar pekerjaan lewat email sebenarnya bukan hal baru. Namun, beberapa pihak yang berkepentingan masih bingung dan melakukan kesalahan. Akibatnya lamaran kerja Anda tidak mendapat respon dari HRD atau tidak terbaca. 🙁

Tenang saja, berikut 9 cara melamar pekerjaan lewat email yang terbaik dan benar. Simak sampai habis ya!

Untuk memudahkan proses melamar pekerjaan melalui email, sebaiknya siapkan semua dokumen yang diperlukan. Pastikan untuk memperhatikan persyaratan yang tercantum dalam iklan pekerjaan.

, salinan penilaian (jika diperlukan) dan dokumen lainnya. Siapkan dokumen-dokumen ini dalam format PDF dan kompilasi sesuai kebutuhan. Jadi ketika Anda melamar pekerjaan melalui email, Anda bisa langsung mengunggahnya

Cara Menulis Email Lamaran Kerja

Tanpa perlu mencari atau menyiapkan dokumen satu per satu. Jika dokumen sudah siap, Anda juga bisa melamar pekerjaan melalui email menggunakan ponsel Anda.

Saat melamar pekerjaan, pastikan untuk menulis surat lamaran dan email dengan menggunakan bahasa yang sopan dan baku. Perhatikan tata bahasa, penggunaan tanda baca, dan penggunaan huruf kapital agar HRD mudah memahami isinya.

Selain itu, koreksi surat lamaran dan badan email yang Anda tulis untuk memastikan tidak ada kesalahan atau kesalahan ketik. Ini mencerminkan bahwa Anda adalah orang yang profesional dan elegan. Jika Anda menulis surat lamaran kerja atau email dalam bahasa Inggris, pastikan untuk memperhatikannya

Cara Melamar Pekerjaan Lewat Gmail

Yang mana yang dapat digunakan pelamar saat mengirim email lamaran pekerjaan. Misalnya, (nama)_(posisi melamar). Namun masih banyak pelamar yang tidak memperhatikan hal ini dan mengirimkan email tanpa itu

Cara Melamar Kerja Lewat Email Hp Paling Mudah Dan Cepat

Ratusan atau ribuan orang melamar dari satu iklan lowongan kerja yang diunggah. Bayangkan berapa banyak email yang harus dibuka oleh seorang wanita dan seorang HRD?

Jika tidak cocok maka email lamaran Anda tidak akan masuk dalam filter. Jadi HR tidak akan melihat atau menghapus email lamaran Anda karena dianggap spam.

Setelah kamu mempelajari cara email lamaran kerja yang benar, jangan lupa untuk belajar/praktik wawancara kerja ya! Hadiri kelas di bawah ini dan dapatkan tips sukses wawancara kerja bersama Kak Iman Usman!—

Baca Juga:  Surat Lamaran Kerja Fresh Graduate

, isi email juga penting. Seringkali, badan email kosong bahkan saat mengirim lamaran pekerjaan. Karena Anda bingung untuk apa fungsi body email atau Anda bingung ingin menulis apa di body email.

Ini Nih, Cara Melamar Kerja Via Email

Badan email lamaran kerja bisa dikatakan sebagai sapaan awal kepada perekrut. Hal ini dapat menjelaskan tujuan lamaran, memberikan image Anda kepada HRD dan memberikan kesan yang baik bagi HRD.

Di bawah ini adalah contoh poin utama email lamaran kerja beserta topik utama yang harus dicakupnya. Kamu bisa menggunakannya sebagai cheat, nih!

Beberapa hal yang dapat Anda tulis di badan email lamaran pekerjaan antara lain perkenalan Anda, posisi yang Anda lamar, seberapa memenuhi syarat Anda untuk posisi tersebut, atau cerita pendek tentang pengalaman kerja yang relevan, ucapan terima kasih, dan bahkan a kontak yang dapat Anda hubungi.

Cara Melamar Pekerjaan Lewat Gmail

Dokumen yang dibutuhkan setiap perusahaan biasanya berbeda-beda. Pastikan dokumen yang diperlukan terlampir. Misalnya perusahaan meminta resume dan portofolio, maka keduanya perlu dikirimkan. Jangan mengirimkan berkas lain seperti KTP, Ijazah atau Kartu Keluarga (KK) kecuali diminta. Hati-hati jika ingin mengirimkan dokumen pribadi karena banyak terdapat lowongan kerja palsu.

Cara Mengirim Lamaran Kerja Lewat Email Yang Benar

Saat Anda membuka email lamaran kerja, HRD akan membuka atau mendownload file yang Anda lampirkan. Disarankan ukuran lampiran dalam email tidak melebihi 2 MB. Jangan lupa periksa kembali ukuran lampirannya. Jika ukuran dokumen terlalu besar, Anda dapat mengompresnya ke ukuran yang sesuai.

Karena HRD harus memeriksa banyak aplikasi, jika lampiran Anda terlalu berat, maka akan memakan waktu lama untuk diunduh. Harap ingat untuk menggabungkan semua file terlampir untuk memudahkan HRD mengunduh file lamaran Anda.

Selain itu, silakan kirimkan file lamaran pekerjaan dalam format PDF. Format ini dapat diakses di banyak perangkat dan tidak mengubah tata letak, sehingga dokumen tetap bersih. Jangan mengirimkan lampiran dalam format ZIP, RAR atau HTML.

Mungkin terlihat sepele, namun jika nama email Anda masih kurang profesional, coba ubah sekarang. Gunakan nama email yang sederhana dan mudah dibaca seperti nama asli Anda.

Tutorial Cara Lamar Kerja Di Aplikasi Kitalulus

Nama email yang profesional dapat membuat Anda terlihat profesional. Selain itu, mereka tidak akan salah mengira Anda sebagai bot atau email spam. Jadi kemungkinan besar perekrut akan membuka dan membaca email Anda.

Ya, tentu saja, kirimkan lamaran pekerjaan Anda dengan cepat. Namun jika ya, Anda akan terlihat sangat profesional. Perilaku ini memberikan kesan bahwa Anda serius dan tidak malas.

Baca Juga:  Download Sistem Informasi Klinik Berbasis Web

Jadi sebaiknya kirimkan satu email lamaran pekerjaan untuk setiap lowongan pekerjaan. Sekalipun posisi yang dilamar sama, Anda harus mengajukannya satu per satu. Hal ini menunjukkan bahwa Anda serius bekerja di perusahaan tersebut.

Cara Melamar Pekerjaan Lewat Gmail

Waktu pengiriman lamaran kerja juga harus diperhatikan. Anda dapat mengirim email pada hari dan jam kerja. Menurut survei Campaign Monitor, waktu terbaik untuk mengirim email adalah antara jam 9 dan 11. Biasanya di pagi hari pihak HRD mengecek email yang masuk. Kalau dikirim pagi hari, kemungkinan besar sudah sampai dan HR akan melihatnya.

Cara Melamar Kerja Lewat Email Yang Benar, Jobseeker Harus Tahu!

Hindari mengirim email saat hari libur atau di luar jam kerja karena HRD tidak memeriksa email. Lalu banyak email biasanya datang pada hari Senin. Itu bisa menenggelamkan lamaran pekerjaan Anda. Terkubur di email lain. HR semakin kecil kemungkinannya untuk melihat dan membaca.

Inilah 9 cara melamar pekerjaan melalui email yang terbaik dan benar. Semoga ini bisa membantu, ya! Dengan Skill Academy Anda dapat mempelajari berbagai kursus dan mempersiapkan karir Anda. Ada juga bimbingan karir lho. Anda dapat berkonsultasi dengan HR profesional yang berpengalaman. Klik spanduk di bawah untuk menemukan peluang terbaik!

Pintu kaca. 2021. ‘Cara menulis email lamaran kerja yang sempurna’ [Online]. Tautan: https://www.glassdoor.co.uk//write-jobwining-email-pitches/ (Diakses: 8 Mei 2021)

Doyle, Alison. 2020. ‘Contoh Email Lamaran Kerja dan Tips Menulis’ [Online]. Tautan: https://www.thebalancecareers.com/sample-email-job-application-letter-2061608 (Diakses: 8 Mei 2021)

Cara Mengirim Dan Melamar Email Lamaran Kerja Beserta Tipsnya

Maurer, Roy. 2021. ‘Tren Rekrutmen 2021 yang Dibentuk oleh Pandemi’ [Online]. Tautan: https://www.shrm.org/resourcesandtools/hr-topics/talent-acquisition/pages/2021-recruiting-trends-shape-by-covid-19.aspx (Diakses: 9 Mei 2021)

Ellering, Nathan. “Waktu Terbaik Mengirim Email Didukung 14 Studi Berbasis Data” [Online]. Tautan: https://coschedule.com//best-time-to-send-email (Diakses: 9 Mei 2021) Di era digital ini, pengiriman lamaran kerja tidak lagi dilakukan secara offline tetapi sudah beralih secara online melalui email atau akses langsung ke situs web perusahaan. Meski teknologi sudah semakin memudahkan, namun satu hal penting yang masih dilupakan oleh calon pencari kerja adalah bagaimana cara melamar pekerjaan melalui email dengan etika yang baik dan benar. Menulis email profesional tidak sama dengan menulis email pribadi. Itulah mengapa penting untuk bersikap sopan dan etis saat menulis email lamaran pekerjaan.

Agar email lamaran pekerjaan yang Anda kirim dapat diterima dan dipertimbangkan oleh departemen HR perusahaan, simak Cara Sukses Melamar Pekerjaan Melalui Email yang dirangkum di bawah ini!

Cara Melamar Pekerjaan Lewat Gmail

Sebelum mengirimkan email lamaran kerja ke suatu perusahaan, sebaiknya perhatikan penggunaan alamat email dengan nama formal dan buktikan bahwa Anda adalah orang yang profesional. Jangan menggunakan alamat email palsu yang terkesan tidak profesional, misalnya: [email protected].

Baca Juga:  Sk Ii Penghilang Flek Hitam

Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email, Auto Dilirik Perusahaan!

Baris subjek email adalah bagian pertama yang dilihat penerima email. Tuliskan nama dan posisi yang ingin dilamar dengan jelas agar HRD dapat dengan mudah memilah email yang masuk. Jangan sampai perekrut melewatkan email lamaran Anda karena Anda tidak mengisi isi email dengan jelas!

Salah satu kesalahan fatal paling umum yang dilakukan calon pencari kerja adalah membiarkan isi email kosong dan hanya mengirimkan lampiran tanpa informasi. Selain kasar, Anda juga dianggap tidak profesional. Sebaiknya isi badan email dengan surat lamaran yang pendek agar tidak perlu dimasukkan ke dalam lampiran lagi. Surat lamaran bisa menjadi perkenalan singkat yang menjelaskan siapa Anda bagi HRD.

Cara lain untuk mengirimkan lamaran pekerjaan melalui email adalah dengan menuliskan tujuan email tersebut kepada perekrut. Setelah memperkenalkan diri, jelaskan secara singkat, padat dan jelas apa yang Anda lakukan dan apa tujuan Anda mengirim email tersebut.

Setelah menulis tujuan pengiriman email, Anda dapat langsung memasukkan lamaran kerja dan posisi spesifik yang Anda inginkan. Pastikan untuk menjelaskan kualifikasi singkat dan kontribusi Anda terhadap posisi yang Anda lamar. Lengkapi dengan informasi mengenai file yang Anda lampirkan dan jangan lupa sertakan paragraf penutup yang sopan.

Viral Kritik Kaesang Tentang Cara S1 Melamar Pekerjaan

Ada kesalahan kecil namun berpotensi fatal yang sering dilakukan calon pencari kerja. Sebelum menambahkan file pada bagian lampiran, pastikan Anda memberi nama file tersebut dengan nama yang sesuai dan sesuai, misalnya: “CV Nadya Hafida – Content Writer”. Tidak cukup hanya sekedar submit dan lupa mengganti nama file sehingga nama file tetap “doc1.pdf”. Begitulah cara Anda harus memperhatikan detail saat melamar pekerjaan, agar tidak salah dan memberikan kesan buruk pada perekrut.

Hal penting lainnya yang sering dilupakan oleh calon pencari kerja adalah kapan harus mengirim email. Jangan mengirim email pada waktu yang dianggap tidak sopan, seperti tengah malam. Alih-alih langsung diproses, email yang dikirim bisa saja masuk daftar hitam. Waktu terbaik untuk mengirim email adalah pada jam kerja, misalnya jam 9 pagi hingga jam 5 sore.

Inilah 7 hal yang harus Anda perhatikan saat melamar pekerjaan lewat email. Bagaimana Ini adalah email yang Anda kirim

Cara Melamar Pekerjaan Lewat Gmail

Cara melamar pekerjaan lewat google, cara melamar pekerjaan lewat link, cara melamar pekerjaan lewat website, melamar pekerjaan lewat wa, cara melamar pekerjaan lewat pdf, cara melamar pekerjaan lewat email, cara melamar pekerjaan lewat hp, cara melamar pekerjaan lewat jobstreet, cara melamar pekerjaan lewat online, melamar pekerjaan lewat email, cara melamar pekerjaan lewat linkedin, cara melamar pekerjaan lewat wa

Tinggalkan Balasan