Jurusan Kuliah Yang Jarang Diminati

By | Desember 3, 2023
|

Jurusan Kuliah Yang Jarang Diminati – JAKARTA, CNBC Indonesia – Jurusan perguruan tinggi yang banyak diminati seringkali dipengaruhi oleh tren dunia kerja. Saat ini banyak calon mahasiswa yang mencari jurusan di bidang teknologi, seiring dengan kebutuhan akan tenaga kerja di bidang tersebut dan pesatnya transformasi digital yang dilakukan banyak perusahaan di seluruh dunia.

Berdasarkan penelitian dari Center for Education and the Workforce di Georgetown University Amerika Serikat, mahasiswa yang mengambil jurusan STEM atau bidang sains, teknologi, teknik, dan matematika berpotensi memperoleh penghasilan lebih banyak secara keseluruhan.

Jurusan Kuliah Yang Jarang Diminati

Jurusan Kuliah Yang Jarang Diminati

Selain STEM, jurusan kesehatan dan bisnis juga masuk dalam daftar tersebut, yang berpotensi membawa seseorang memperoleh gaji lebih tinggi. Hal ini didasarkan pada rata-rata gaji tahunan yang lebih tinggi pada level awal dan lebih tinggi dalam hal karier.

Jurusan Kuliah Ipa Yang Menjamin Masa Depan, Mana Pilihanmu?

Secara umum lulusan jurusan perguruan tinggi memperoleh gaji yang tinggi yaitu US$3,4 juta atau Rp. 52 miliar (dengan asumsi nilai tukar Rp 15.539/US$) seumur hidup, dibandingkan lulusan jurusan dengan gaji lebih rendah.

Berdasarkan hasil survei ZipRecruiter terhadap lebih dari 1.500 lulusan perguruan tinggi yang sedang mencari pekerjaan, mayoritas lulusan yang memasuki dunia kerja dengan prospek karir lebih baik dan gaji awal lebih tinggi menyatakan puas dengan bidang studi yang dipilihnya. Saat belajar.

Dalam survei tersebut, jurusan ilmu komputer dan sistem informasi dikatakan paling sedikit menimbulkan penyesalan besar yaitu sebesar 72 persen, sedangkan jurusan kriminologi dengan persentase yang sama dan jurusan teknik menempati posisi kedua. ketiga dengan 71 persen.

Menurut ZipRecruiter, orang-orang yang mengambil jurusan ilmu komputer mengaku lebih bahagia secara keseluruhan. Sebab, penghasilan mereka rata-rata sebesar US$100.000 atau sekitar Rp. 1,5 miliar sebagai gaji awal tahunan.

Jurusan Paling Sepi Peminat Di Snmptn Ui

Sementara itu, mahasiswa jurusan kriminologi, teknik, keperawatan, bisnis, dan keuangan juga mengatakan hal serupa. Mereka puas dengan pilihan jurusannya.

“Gaji masih merupakan faktor penting, namun keamanan kerja lebih penting saat ini. Hal itu terjadi setiap kali kita menghadapi ketakutan akan resesi,” kata Ekonom Utama ZipRecruiter, Sinem Buber. Banyaknya pilihan jurusan di perguruan tinggi terkadang membuat calon mahasiswa baru kebingungan. Khususnya bagi lulusan IPS yang ingin mengambil jurusan secara linier dengan apa yang dipelajarinya di sekolah. Berikut 10 jurusan terpopuler di kalangan mahasiswa IPS.

Berbeda dengan anak IPA, anak sosiologi lebih suka menghafal rumus dibandingkan matematika atau ilmu lainnya. Kecenderungan untuk lebih banyak mempelajari ilmu-ilmu sosial menyebabkan seseorang menjadi lebih ramah dan komunikatif.

Jurusan Kuliah Yang Jarang Diminati

Jadi jurusan mana yang terbaik untuk mahasiswa IPS? Agar tidak salah pilih jurusan, simak dulu ulasan 10 jurusan IPS untuk mahasiswa IPS yang dihimpun laman resmi Go Kampus di gokampus.com pada Senin (15/11/2021) di bawah ini.

Baca Juga:  Contoh Surat Lamaran Pekerjaan Secara Umum

Langka! 10 Jurusan Yang Jarang Diminati

Jurusan perguruan tinggi pertama untuk mahasiswa ilmu sosial adalah Psikologi. Psikologi adalah ilmu yang mempelajari perilaku, pemikiran, dan gagasan manusia. Tidak jarang mahasiswa psikologi dianggap psikis karena bisa membaca dan menikmati tingkah laku orang-orang disekitarnya. Prospek untuk fokus di bidang psikologi terbuka lebar, mulai dari menjadi HRD, peneliti, hingga psikolog.

Sastra merupakan mata pelajaran penting berikutnya bagi mahasiswa ilmu sosial. Jika Anda ingin belajar bahasa baru, jurusan sastra adalah pilihan jurusan perguruan tinggi yang ideal bagi mahasiswa IPS. Anak sastra tidak hanya belajar bahasa Inggris tetapi juga belajar bahasa negara lain yang lebih populer seperti sastra Jerman, sastra Perancis, sastra Rusia, sastra Jawa dll. Pilih literatur mana yang sesuai dengan minat Anda dan Anda akan mendapatkan prospek kerja yang luar biasa sebagai penerjemah, jurnalis, dosen, bekerja di kedutaan.

Departemen Hubungan Internasional kerap menjadi tujuan lulusan IPS yang tertarik dengan politik luar negeri. Karena jurusan ini bisa dikatakan sebagai salah satu jurusan IPS yang bergengsi dan selalu menjadi incaran banyak pelajar Indonesia. Mahasiswa HI belajar banyak tentang hubungan dan interaksi antar negara, diplomasi, politik luar negeri, ekonomi luar negeri, ilmu sosial, dan banyak lagi. Lulusan tersebut dapat memilih sejumlah karir bagus, seperti perwira, dosen, PNS, jurnalis dan mendominasi Kementerian Luar Negeri.

Saat ini banyak generasi muda yang belum bekerja namun berani membuka lapangan kerja baru. Oleh karena itu jurusan ini cocok bagi siswa IPS yang ingin menjadi wirausaha atau wirausaha. Namun jurusan ini tidak hanya membuka wawasan bisnis tetapi juga prospek kerja yang menarik di masa depan. Mereka belajar tentang keuangan, bisnis, ekonomi, inflasi, kewirausahaan dan lain-lain. Jalur karir yang dapat ditempuh antara lain analisis investasi, akuntan, penasihat keuangan, perpajakan, wirausaha dan masih banyak lagi.

Jurusan Upi Yang Sepi Peminat

Dunia pertelevisian dan media massa yang berkembang pesat membutuhkan orang-orang kreatif di dalamnya. Oleh karena itu, tingkat persaingan untuk menjadi mahasiswa disiplin ilmu ini selalu ketat di banyak universitas jurusan jurnalisme/penyiaran. Program studi jurnalisme ini akan membantu kamu mempertajam segala ide, menjadi lebih kritis dalam berpikir, namun juga memperdalam ilmu menulis, public speaking, dan problem solver. Ketika Anda lulus sebagai mahasiswa jurnalisme, Anda juga dapat mengejar berbagai karir seperti jurnalis televisi, surat kabar atau radio, editor media, pembuat konten, analis media, peneliti dan karir lainnya.

Perguruan tinggi terkemuka untuk mahasiswa ilmu sosial ini ideal bagi mereka yang bercita-cita menjadi anggota parlemen atau politisi. Ilmu politik merupakan bidang yang sangat menarik untuk dipelajari karena mempelajari berbagai mata pelajaran seperti sosiologi, antropologi, hak asasi manusia (HAM) dan sistem politik luar negeri. Meski terkesan sulit, namun peluang karir di jurusan ilmu politik mengarahkan lulusannya untuk menjadi politisi, dengan minat dan bakat yang cukup, lulusan dapat bekerja sebagai analis politik, dosen, peneliti, pengamat politik dan bidang lainnya. Misalnya ekonomi dan bisnis. .

Baca Juga:  Asuransi All Risk Mobil Meliputi Apa Saja

Sosiologi merupakan mata pelajaran penting berikutnya bagi mahasiswa ilmu sosial. Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari interaksi antara seseorang dengan orang lain serta bagaimana struktur sosial terbentuk dalam masyarakat. Selama lulus sebagai mahasiswa sosiologi, Anda pasti akan lebih mengabdikan diri untuk membantu masyarakat dengan mengikuti organisasi sosial dan profesi lain yang berkaitan dengan pembangunan sosial sebagai dosen atau peneliti.

Jurusan Kuliah Yang Jarang Diminati

Departemen Hukum adalah departemen dengan prospek kerja yang cerah dan familiar. Tak heran jika jurusan hukum ini memiliki banyak sekali penggemarnya. Ilmu hukum membekali mahasiswa dengan pengetahuan tentang hukum pidana dan perdata, hukum perpajakan, hukum internasional, filsafat hukum, hukum dagang dan lain-lain.

Sindografis: Jurusan Kuliah Kurang Diminati Tapi Peluang Karier Gaji Tinggi

Meski belum diketahui, hero ini memiliki karir yang menjanjikan di masa depan. Mata kuliah Administrasi Fiskal ini cocok bagi mahasiswa IPS yang tertarik mempelajari seluk beluk pengelolaan kekayaan negara dan keuangan, termasuk perpajakan dan kebijakan fiskal. Prospek karir di bidang administrasi keuangan juga cukup luas, seperti dosen, peneliti, pengawas imigrasi dan bea cukai, spesialis perencanaan pajak, pegawai negeri sipil dan masih banyak karir lainnya untuk Anda.

Bagi Anda yang menyukai bahasa Inggris dan ingin berkarir di bidang pariwisata/perhotelan, fokus pada manajemen hotel adalah salah satu pilihannya. Siswa Manajemen Perhotelan mempelajari semua tentang perencanaan, manajemen, pengendalian dan pengawasan akomodasi. Jangan khawatir dengan prospek karir karena bidang yang bisa Anda kejar setelah lulus sangat luas seperti meeting planner, manajer hotel, manajer layanan makanan, manajer akomodasi, kepala koki dan lain-lain. Berikut 10 jurusan untuk mahasiswa IPS yang banyak peminatnya. Jika ada yang cocok, segera cari informasi tambahan mengenai universitas yang ingin dituju. Jurusan sains tidak selalu berurusan dengan angka. Yuk simak 8 Jurusan Sains dan Teknologi yang Tidak Ada Matematikanya! –

Bidang ilmu identik dengan kegiatan akuntansi. Angka ibarat sahabat sejati yang tidak bisa dipisahkan dari orang-orang yang bekerja di bidang tersebut. Mulai dari matematika, fisika, kimia, ada mata pelajaran yang berhitung.

3 tahun belajar? Tunggu dulu, banyak program studi sains dan teknologi yang jarang masuk hitungan. Ideal bagi mereka yang suka belajar sepenuh hati dan ingin merasakan IPS tanpa harus melintasi jurusan.

Jurusan Paling Diminati Anak Ips 0

Dia memilih biologi sebagai jurusan. Seperti yang sudah Anda ketahui, biologi lebih tentang menghafal daripada menghitung. Jurusan ini membahas tentang organisme secara lebih detail. Sekarang

Baca Juga:  Lowongan Kerja Bumn Pt Industri Kereta Api (persero)

Makhluk hidup di sini tidak hanya terbatas pada manusia, hewan, dan tumbuhan, tetapi juga organisme lain, seperti mikroba. Hal ini membedakan biologi dari bidang kedokteran. Jadi, jangan menganggap keduanya sama.

Jurusan psikologi merupakan salah satu jurusan yang banyak diminati di bidang sosial dan humaniora. Namun, siapa sangka mahasiswa sains bisa mendaftar di jurusan ini.

Jurusan Kuliah Yang Jarang Diminati

Orang-orang cerdas. Ada beberapa kampus yang hanya lulusan sains yang bisa masuk jurusan psikologi. Contohnya adalah Universitas Padjadjaran, Universitas Sebelas Maret, Universitas Sriwijaya, Universitas Hasanuddin, dan Universitas Andalus.

Inilah 5 Jurusan Paling Diminati Mahasiswa Di Indonesia, Manajemen Jadi Primadona

Lantas, adakah perbedaan antara jurusan psikologi sains dan teknologi dengan jurusan ilmu sosial dan humaniora? Ada Perbedaannya terletak pada penekanan informasi yang sesuai dengan masing-masing kelompok. Bagi Departemen Psikologi Scientech, ruang lingkup ilmunya adalah tentang kesehatan mental ditinjau dari kepribadian, emosi, perilaku, cara berpikir dan kesehatan seseorang. Sedangkan Departemen Psikologi Sosial dan Kemanusiaan lebih fokus pada penerapan fenomena sosial.

Apakah lulusan psikologi bisa langsung membuka klinik? Syarat untuk mendapatkan SIP (Lisensi Praktek) adalah mengambil gelar sarjana profesional selama dua tahun. Namun peluang karir bagi mahasiswa pascasarjana bidang psikologi cukup beragam, antara lain: HRD, konsultan pendidikan, dosen, penulis, konselor bimbingan,

Jurusan sistem informasi merupakan jurusan yang sangat menarik. Mengapa? Jurusan ini tidak hanya mempelajari ilmu komputer tetapi juga ekonomi, manajemen, dan bisnis. Dengan adanya materi ekonomi diharapkan mampu melahirkan lulusan yang tidak hanya memiliki pengetahuan tentang teknologi informasi tetapi juga pengetahuan bisnis. Makanya di jurusan ini jangan terus menerus berkutat dengan hal-hal yang berkaitan dengan perhitungan.

Secara sederhana, bidang teknik lingkungan merupakan bidang keilmuan yang mempelajari upaya kuratif (perbaikan) dan preventif (pencegahan) untuk menyelamatkan lingkungan hidup melalui metode rekayasa rekayasa. Oleh karena itu, departemen ini termasuk dalam bidang Fakultas Teknik.

Jurusan Di Universitas Yang Jarang Diminati

Jika Anda tertarik menjadi mahasiswa teknik lingkungan, Anda berkesempatan bekerja sebagai petugas perlindungan lingkungan, konsultan lingkungan, perencana restorasi lingkungan, manajer energi atau ahli ekologi. Anda bisa berkarir di instansi pemerintah, kementerian atau LSM.

Dalam bisnis pertanian besar,

Beasiswa yang jarang diminati, jurusan kuliah yang jarang diminati tapi menjanjikan, jurusan kuliah ipa yang jarang diminati, pekerjaan yang jarang diminati tapi gajinya besar, usaha yang jarang diminati tapi untung besar, pekerjaan yang jarang diminati, jurusan kuliah ipa yang jarang diminati tapi menjanjikan untuk wanita, jurusan kuliah ips yang jarang diminati, jurusan kuliah ips yang jarang diminati tapi menjanjikan, jurusan kuliah yang jarang diminati tapi menjanjikan untuk wanita, jurusan snmptn yang jarang diminati, jurusan yang jarang diminati

Tinggalkan Balasan