Pengalaman Kerja Di Kapal Tanker

By | Desember 6, 2023
|

Pengalaman Kerja Di Kapal Tanker – Saat ini banyak sekali jenis kapal yang digunakan untuk berbagai keperluan di Indonesia; Salah satunya adalah kapal niaga. Bahkan kapal niaga mempunyai variasi dan jenis yang cukup banyak. Tahukah Anda daftar jenis kapal dagang yang populer?

Setiap jenis kapal pada pelayaran mempunyai nama dan bentuk yang berbeda-beda. Penting untuk mengetahui berbagai jenis kapal dagang, terutama bagi para pelaut, karena hal ini akan sangat membantu. Mengetahui jenis-jenis kapal niaga merupakan salah satu informasi dasar yang perlu Anda ketahui.

Pengalaman Kerja Di Kapal Tanker

Pengalaman Kerja Di Kapal Tanker

Kapal dagang atau sering juga disebut kapal niaga adalah kapal yang digunakan untuk mengangkut penumpang dan mengangkut barang. Kapal-kapal ini datang dalam berbagai bentuk dan ukuran. Namun perlu diperhatikan bahwa kapal penumpang yang tidak membawa penumpang tidak dianggap sebagai kapal dagang atau kapal perang.

Suryadi Lo On Linkedin: We Are Still Looking For Below Candidates

Kapal niaga ini umumnya dioperasikan oleh sebagian besar negara di dunia. Jenis kerajinan ini sepertinya cukup banyak, tergantung fungsinya masing-masing.

Kapal Roro merupakan kependekan dari Roll-on/Roll-off atau sering juga disebut kapal pengangkut mobil shi karena kapal ini dapat mengangkut truk, trailer, dan lain-lain. Ini dirancang untuk membawa beban besar pada roda seperti.

Kapal ini memiliki jalur landai yang memungkinkan kargo meluncur ke kapal saat berada di pelabuhan. Hal ini tentu berbeda dengan kapal lo-lo (angkat-angkat) yang memerlukan dayung untuk membongkar dan memuat muatan.

Beberapa orang mungkin familiar dengan jenis kapal tanker yang dirancang untuk mengangkut cairan dalam jumlah besar. Umumnya jenis kapal tanker utama adalah kapal tanker kimia, kapal tanker minyak, kapal tanker gas alam cair, dll. Namun kapal ini justru memiliki muatan cair yang beredar di dalam kapal sehingga membahayakan stabilitas kapal.

Solusi Industri Kelautan Dan Perkapalan

Untuk mengatasinya, kapal biasanya dibagi menjadi beberapa ruangan berbentuk tangki. Selain itu, sistem desain kapal akan disesuaikan untuk memastikan cairan yang dibawa kapal tetap aman.

Kapal pesiar yang tergolong kapal niaga adalah kapal pesiar yang mengangkut penumpang untuk disewa. Kapal ini dirancang sebagai kapal pesiar untuk perjalanan pribadi. Yang menonjol dari kapal ini adalah fasilitas kapal dan pelayaran tengah laut yang memberikan pengalaman kepada penumpangnya.

Kapal pesiar yang umumnya populer di industri pariwisata melakukan perjalanan pada rute tertentu dan kembali ke pelabuhan asalnya. Namun ternyata ada juga kapal pesiar yang melakukan perjalanan jauh dan tidak kembali ke pelabuhan asalnya dalam jangka waktu tertentu karena melakukan perjalanan pulang pergi.

Pengalaman Kerja Di Kapal Tanker

Kapal Bulk Carrier atau disebut juga kapal Bulker adalah jenis kapal niaga yang dirancang khusus untuk mengangkut muatan atau muatan curah seperti batu bara, semen, biji-bijian dan segala jenis muatan curah. Keunggulan kapal curah adalah daya angkutnya yang besar. Dengan kata lain, beban yang diangkut bisa jauh lebih tinggi.

Baca Juga:  Daftar Bkk Online Smk Mitra Industri

Sinergi Jaga Ketahanan Energi, Kapal Ptk Bantu Towing Fso Pertamina Abherka

Berikutnya adalah kapal kargo, salah satu jenis kapal niaga yang paling populer dan familiar. Kapal kargo merupakan kapal yang mengangkut segala barang dengan truk kontainer dan berukuran cukup besar. Banyak orang menyebutnya sebagai kapal kargo kontainer.

Kargo yang dimuat di kapal ini dikemas, dibundel, dikotak, dll. Merupakan kargo umum yang terdiri dari berbagai macam barang. Barang-barang tersebut kemudian dikirim ke pelabuhan tujuan dengan kapal kargo.

Tongkang adalah kapal atau perahu berbentuk datar yang dirancang untuk menjadi alat transportasi di sungai dan membawa beban berat.

Biasanya beberapa tongkang tidak dapat berjalan sendiri atau dapat bergerak sendiri. Oleh karena itu terkadang kapal-kapal tersebut memerlukan bantuan dengan cara ditarik oleh kapal tunda atau didorong oleh kapal tunda.

Index Berita Perwakilan Kedutaan Besar Republik Indonesia, Di Dakar,, Senegal

Itulah berbagai jenis kapal niaga atau kapal niaga yang sering ditemui. Faktanya, masih banyak jenis kapal niaga yang masih beroperasi.

Terkadang, jika kapal komersial dioperasikan di air dalam waktu lama, rangka kapal bisa rusak. Bahkan tidak menutup kemungkinan jika terjadi kerusakan pada peralatan kapal atau mesin kapal akan menimbulkan resiko keselamatan yang serius.

Jadi, tersedia asuransi rangka kapal untuk memberikan garansi pada rangka kapal. Dengan menyertakan asuransi ini, Anda dapat menjamin kerusakan atau kehilangan kapal akibat berbagai risiko bahaya. Misalnya kebakaran, kecelakaan instalasi reaktor, ledakan kapal, kontak pesawat, petir, dan lain-lain.

Pengalaman Kerja Di Kapal Tanker

Untuk menggunakan asuransi kelautan komersial Astra, cukup menghubungi Astra langsung untuk mendapatkan pilihan asuransi yang tepat. Apalagi kapal merupakan alat transportasi yang bernilai tinggi dan jika terjadi kerusakan pasti membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Alangkah baiknya jika menggunakan asuransi untuk memberikan perlindungan pada kapal. JAKARTA, KOMPAS.com – Kabar gembira bagi para pencari kerja, terbuka lowongan kerja untuk cabang PT Pertamina (Persero) yaitu PT Pertamina International Shipping (PIS) kontrak awak kapal (AKK).

Cara Hexagon Menciptakan Nilai Untuk Galangan Kapal

Dikutip dari akun Instagram @pertamina_pis, Rabu (10/5/2022), ada 17 posisi yang dibuka pada lowongan PT Pertamina International Transportation kali ini.

Ini termasuk posisi Kapten, Perwira Kedua, Perwira Kedua, Perwira Ketiga, Kepala Insinyur, Insinyur Kedua, Insinyur Gas, Insinyur Ketiga, Insinyur Keempat, Teknisi Listrik, Pengemudi, Pemadam Kebakaran, Pelaut Utama, Pelaut Biasa, Mandor, Tukang Minyak dan juru masak.

Bagi yang berminat, Anda bisa melamar sekarang karena lowongan ini dibuka hingga 14 Oktober 2022.

Baca Juga:  Lulusan Teknologi Informasi Kerja Apa

PT Pertamina International Transport atau PIS merupakan anak usaha Pertamina yang dinobatkan sebagai subholding pelayaran utama Pertamina pada tahun 2021. Hingga akhir tahun 2021, perusahaan ini memiliki 425 kapal.

Tahap Kegiatan Kapal Di Pelabuhan

Bagi yang berminat dengan posisi terbuka di atas dapat mengirimkan CV (Resume) ke alamat email [email protected]. Harap sertakan posisi yang Anda lamar di baris subjek email Anda. Contoh: Aplikasi gelar master

Hanya kandidat yang memenuhi persyaratan yang akan diproses. Proses rekrutmen dan penempatannya tidak dipungut biaya.

Dapatkan update berita pilihan dan berita terhangat setiap hari dari Kompas.com. Bergabunglah dengan grup Telegram “Kompas.com News Update”, klik tautan https://t.me/kompascomupdate lalu gabung. Pertama-tama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Pengalaman Kerja Di Kapal Tanker

Berita Terkait Apa Itu Resume Lamaran Kerja : Pengertian, Format dan Contohnya 10 Contoh Resume Lamaran Kerja Yang Baik Dan Wajar Untuk Melihat HRD 9 Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Baik Dan Wajar 7 Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Baik Untuk Melihat Lowongan HRD Untuk Lamaran PT Cara Membuatnya CV lamaran kerja yang bagus dan menarik untuk diangkat menjadi HRD

Pertamina Pesan 8 Kapal Dari Perusahaan Galangan Nasional

Jixie mencari berita yang dekat dengan preferensi dan pilihan Anda. Kumpulan berita ini disajikan sebagai berita kurasi yang lebih sesuai dengan minat Anda. Ah, puasa seperti itu enaknya istirahat sambil menunggu berbuka puasa. Tapi tiba-tiba saya ingin menulis cerita. Kisah bekerja sebagai masinis di kapal.

Saya lulus dari Politeknik Ilmu Kelautan Semarang pada bulan Mei 2006. Setelah beberapa bulan menganggur saat berkeliling Jakarta dan Batam untuk mencari pekerjaan, sebuah perusahaan di Singapore Megaports Shipmanagement akhirnya memanggil saya untuk bekerja di kapal mereka. Saat itu bulan November 2006. Saya diangkat sebagai perwira kecil, tidak masalah bagi saya siapa lagi yang punya pengalaman. Perahu pertama saya adalah MT. bintang Orion. Kapal tanker Kelas III ini memiliki DWT sekitar 6.000 ton dan berbendera kelas Nippon Kaiji Kyokai dan Singapura. Saat itu saya hendak ke WPA Singapore bersama 2 Oilers. Sesampainya di sana, kapal tersebut membawa minyak dan perbekalan. Komandannya adalah orang Korea Selatan, 72 tahun. Chief Engineernya adalah Rihat Hotman, kakak kelas saya di kelas 25, dan engineer pertama adalah M. Arif Pramono, kakak kelas saya di kelas 32. Teman sekelas saya Achmad Wisnu sudah bergabung dengan saya. Alhamdulillah, mereka semua membantu saya menyesuaikan diri dengan kehidupan kapal saat itu.

Perjalanan pertama saya adalah memuat kargo CPO dari Singapura ke Belitung. Kapal akan berlayar dari Belitung menuju pelabuhan bongkar muat di Johor Baru. Setelah itu kapal menuju Bintulu, Malaysia, dan memuat CPO untuk dibawa ke Nabhe, Vietnam. Saat kru berangkat ke Star Orion, semuanya baik-baik saja kecuali ombak di akhir tahun. Warna kuning membuatku muntah, saat itu kapal sedang melewati Selat Karimata menuju Bintulu, perabotan di kamarku berantakan, jika badai seperti ini aku hanya bisa berbaring sambil berpegangan pada tempat tidur, alhamdulillah . Badai itu hanya berlangsung satu malam. Setelah itu, ekor badai yang kita temui di Laut Cina Selatan mungkin hanya terjadi sebulan sekali. Kalau sudah begitu, saya langsung kehilangan nafsu makan, hanya makan mie mentah dan sering berdiam diri.

Baca Juga:  Lowongan Kerja Bumn Semua Jurusan

Selain orang Indonesia dan Korea Selatan, krunya juga termasuk orang Burma, kami menyebutnya sarung. Karena di negaranya sarung seperti memakai batik di Indonesia. Mungkin mereka menyebut orang Indonesia sebagai batik di belakang kita. Saya tidak mengerti bahasa Myanmar, yang saya tahu mereka suka mengunyah daun lontar, begitu pula para tetua desa. Selain Singapura, beberapa pelabuhan yang sering kami kunjungi antara lain Johor Baru dan Bintulu (Malaysia), Belitung, Pontianak, Pasang Kayu, Kuala Tanjung, Dumai, Palembang (Indonesia), Nabhe, Cailan (Vietnam), Saigon (Myanmar) dan pelabuhan. Di Kamboja yang namanya saya lupa. Tapi yang jelas kalau di Indonesia semua pelabuhan muat CPO dan sejenisnya, jadi di Bintulu kita muat CPO, di Singapura kita muat Bensin atau Minyak Tanah dan sejenisnya, sedangkan Vietnam, Myanmar dan Kamboja muat pelabuhan.

Lowongan Pelaut 2/officer Di Kapal Tanker

Pengalaman yang paling mengesankan di berbagai pelabuhan adalah sistem barter dengan pedagang di pelosok Indonesia. Situasi ini merupakan hal yang lumrah ditemui oleh kapal-kapal yang memasuki wilayah terpencil di Indonesia. Kami berdagang dengan masyarakat setempat di Pasang Kayu Sulawesi Barat, mereka membawa ayam, kambing, dan buah-buahan. Kami berbelanja ikan di Pontianak. Selama di Vietnam kita bisa bertukar buah dan pakaian.

Pengalaman lain yang saya alami di Star Orion adalah mengalami kecelakaan. Subuh kapal sedang berlabuh di West OPL Singapore, saya sedang bertugas di ruang mesin, cuaca buruk memaksa Kapten harus bergerak untuk menghindari tabrakan dengan kapal lain yang berlabuh di sekitar kapal. Sayangnya, saat kami sedang bergerak, kapal kami menabrak haluan kapal.

Kerja di kapal tanker, lowongan kerja kapal tanker non pengalaman 2021, persyaratan kerja di kapal tanker, lowongan kerja di kapal tanker, syarat kerja di kapal tanker, kerja kapal tanker, lowongan kerja kapal tanker, pengalaman kerja di kapal pesiar, cara kerja di kapal tanker, lowongan kapal tanker non pengalaman, lowongan kerja kapal tanker non pengalaman, syarat kerja kapal tanker

Tinggalkan Balasan