Bandara Soekarno Hatta Terminal 2

By | Desember 13, 2023
|

Bandara Soekarno Hatta Terminal 2 – Suasana di Terminal 2 Bandara Sukarno Hatta masih terkesan sepi, meski Natal 2022 tinggal seminggu lagi pada Senin (19/12/2022). Peningkatan jumlah penumpang diperkirakan terjadi pada Jumat (23/12/2022). (Elivon Pranitha)

TANGIERANG, KOMPAS.com- Sepekan jelang Natal 2022 dan dua pekan jelang Tahun Baru 2023, Terminal 2 Bandara Sukarno Hatta masih tampak sepi pada Senin (19/12/2022).

Bandara Soekarno Hatta Terminal 2

Bandara Soekarno Hatta Terminal 2

Sekelompok orang terlihat membawa barang bawaan seperti koper dan tas serta kotak berisi banyak barang di area perakitan penumpang.

Optimalisasi Pemeriksaan Penumpang, Gate 2 Dan 4 Terminal 3 Bandara Soetta Ditutup

Tidak terlihat antrian penumpang di sana-sini, artinya menjelang libur Natal 2022 dan libur Tahun Baru 2023 tidak ada penambahan penumpang.

Kondisi tersebut sesuai prakiraan PT Angkasa Pura II Bandara Soekarno-Hatta yang menyebutkan peningkatan jumlah penumpang mulai terjadi pada H-2 perayaan Natal 2022, yakni Jumat (23/12/2022).

Sementara itu, penumpang H-2 pada Natal 2022 diperkirakan mencapai 159.000 penumpang per hari, naik 12 persen dari kondisi normal.

Sementara itu, Putri (18), salah satu penumpang Bandara Sukarno Hatta mengaku hendak berlibur ke Makassar.

Mulai 16 Desember Ini Daftar Maskapai Di Tiap Terminal Bandara Soekarno Hatta, Lion Air Ke Terminal 2f

Sebagai mahasiswa yang memasuki bangku kuliah tahun 2020, Putri masih belum bisa membandingkan perbedaan mudik dari Jakarta menjelang libur Natal dan Tahun Baru kali ini dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Sekadar informasi, Terminal 2 Bandara Sukarno Hatta merupakan hub penumpang rute domestik dan internasional maskapai Lion Group.

Dapatkan berita pilihan dan berita terhangat setiap hari dari Kompas.com. Gabung di grup Telegram Update Berita Kompas.com, klik link https://t.me/kompascomupdate, lalu gabung. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Bandara Soekarno Hatta Terminal 2

Jixie mencari berita yang mendekati preferensi dan pilihan Anda. Kumpulan berita ini disajikan sebagai berita pilihan yang lebih relevan dengan minat Anda.

Soekarno–hatta International Airport

Mantan narapidana asal Tiongkok kembali ke Indonesia setelah dideportasi untuk berkumpul kembali dengan suami dan anak angkatnya Baca 10.781 kali

Calon Presiden Bicara Upaya Pemberantasan Korupsi, Pukat UGM: Tapi Tak Ada yang Bilang Caranya Baca 7.572 kali Jakarta (ANTARA) – PT Angkasa Pura II (Persero) menyebut seluruh penerbangan internasional Lion Air Group (Lion Air, Batik Air , Batik) Airlines (Air Malaysia) dan Thai Lion Air) akan beroperasi melalui Terminal 2F Bandara Soekarno-Hatta, selanjutnya Terminal 3, mulai tanggal 16 Desember 2022.

Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin mengatakan penerbangan internasional Lion Air merupakan bagian dari program penyeimbangan kapasitas terminal di Bandara Sukarno Hatta.

Dengan mendistribusikan penerbangan secara merata di seluruh Terminal 1, Terminal 2, dan Terminal 3 sehingga standar pelayanan dan operasional dapat tetap terjaga.

Baca Juga:  Tiket Bus Sinar Jaya Cibitung Tegal

Apa Kabar Low Cost Terminal Bandara Soetta?

Sementara itu, Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta Dwi Ananda Vikasana mengatakan seluruh pemangku kepentingan telah menyiapkan Terminal 2F untuk seluruh penerbangan internasional Lion Air Group.

Dikatakannya, ada koordinasi yang erat antara AP II sebagai operator bandara, Imigrasi, Bea dan Cukai, Pusat Karantina, Lion Air Group, AirNav Indonesia sebagai penyedia layanan – navigasi penerbangan dan kemudian

Calon penumpang pesawat diimbau memperhatikan informasi dari AP II selaku operator Bandara Sukarno Hatta, serta dari Lion Air Group terkait penundaan penerbangan internasional, kata Dwi Ananda.

Bandara Soekarno Hatta Terminal 2

Dwi Ananda mengatakan AP II saat ini secara berkala memberikan kehidupan baru pada Terminal 2F untuk meningkatkan kenyamanan penumpang.

Berkas:soetta Arrival Hall 2f.jpg

“Terminal 2F pasti siap menerima penerbangan internasional Lion Air Group. Diperkirakan jumlah penerbangan internasional Lion Air Group di Terminal 2F sekitar 32 penerbangan (total

Relokasi penerbangan internasional Lion Air Group juga merupakan bagian dari upaya AP II dalam menyeimbangkan penerbangan di setiap terminal Bandara Soekarno-Hatta.

Oleh karena itu, lalu lintas pesawat di Terminal 3 akan berkurang sebesar 19 persen, dan penumpang pesawat akan berkurang sebesar 9,8 persen.

“Di terminal, lalu lintas penerbangan merata di Terminal 1, Terminal 2, dan Terminal 3 sehingga standar pelayanan dan operasional dapat tetap terjaga,” ujarnya.

Kementrian Perdagangan Republik Indonesia

Sementara itu, Lion Air Group mengapresiasi upaya AP II dan pemangku kepentingan lainnya dalam memastikan kelancaran perpindahan penerbangan internasional ke Terminal 2F.

“Lion Air Group mengucapkan terima kasih atas koordinasi dan kerja sama dengan pihak pengelola bandara – PT Angkasa Pura II, regulator, AirNav Indonesia dan mitra terkait lainnya untuk mempermudah dan mempercepat proses perjalanan udara bagi setiap penumpang,” ujar Lion’s Corporate. Grup Udara Departemen Komunikasi Strategis Danang Mandala Prihanthora.

AP II mengimbau calon penumpang untuk selalu memperhatikan informasi maskapai mengenai jadwal keberangkatan dan kedatangan di Bandara Sukarno Hatta.

Bandara Soekarno Hatta Terminal 2

Baca Juga: AP II Seimbangkan Kembali Kapasitas Terminal di Bandara Sukarno Hatta Baca Juga: AP II Pertimbangkan Pembangunan Data Center di Bandara Sukarno Hatta “Bandara Jakarta” dialihkan ke sini. Untuk bandara lain di kota ini, lihat Bandara Internasional Halim Perdanakusum. Untuk bekas bandara yang melayani kota ini, lihat Bandara Kemayoran.

File:patung Di Dekat Lahan Parkir Kendaraan Roda 4 Terminal 2 Bandara Soekarno Hatta

Atau Soetta, sebelumnya secara resmi dikenal sebagai Bandara Jakarta Cgkarg (Bahasa Indonesia: Bandar Bandara Jakarta Cgkarg) (dari sebutan IATA “CGK”), adalah bandara utama yang melayani Bandara Metropolitan Jakarta, di pulau Jawa, Indonesia. Bandara yang diberi nama sesuai nama presiden dan wakil presiden pertama Indonesia Sukarno (1901–1970) dan Mohammad Hatta (1902–1980) ini terletak di Bda, Tangerang dan Kkarg, Jakarta Barat, yaitu sekitar 20 km barat laut Jakarta Pusat. . Bersama Bandara Internasional Halim Perdanakusuma, mereka melayani lebih dari 80 juta penumpang pada tahun 2019.

Baca Juga:  Lowongan Kerja Lulusan Sma 2023

Bandara ini mulai beroperasi domestik pada tanggal 1 Mei 1985, menggantikan Bandara Kemayoran lama yang kelebihan kapasitas. Bandar udara ini diperluas pada tahun 1991 menggantikan Bandar Udara Internasional Halim Perdanakusuma untuk penerbangan internasional yang masih melayani penerbangan carter domestik, penerbangan VIP, penerbangan swasta, dan kembali menjadi bandar udara komersial kedua untuk penerbangan domestik untuk mengurangi beban Bandar Udara Sukarno – Hut yang sekarang berada. kelebihan kapasitas. Pada tahun 2018, bandara ini menangani 66,9 juta penumpang, Airports Council International menempatkannya pada peringkat ke-18 tersibuk di dunia dan tersibuk di Asia Tenggara.

Landasan pacu ketiga dibuka pada Agustus 2019 untuk mengurangi kemacetan dan memenuhi target penanganan 100 penerbangan per jam. Dua landasan pacu asli diperbaiki demi keselamatan dan mengakomodasi pesawat berbadan lebar.

Bandara ini akan mampu menangani 100 juta penumpang per tahun pada tahun 2025 setelah selesainya pekerjaan pembangunan yang sedang berlangsung.

Guide To Airlines Operating At Soekarno Hatta International Airport

Karena terlalu dekat dengan bandara utama militer Halim Perdanakusum. Wilayah udara sipil di wilayah tersebut menjadi semakin terbatas, sementara lalu lintas udara meningkat pesat sehingga menimbulkan masalah bagi lalu lintas udara internasional. Pada tahun 1969, keprihatinan ini diungkapkan pada pertemuan pejabat senior komunikasi di Bangkok.

Pada awal tahun 1970-an, delapan lokasi potensial untuk bandara internasional baru dianalisis dengan bantuan USAID, yaitu Kemayaran, Malaka, Babakan, Jongol, Halim, Kurug, Tanggerang Selatan dan Tanggerang Utara.

Akhirnya, lokasi Tanggerang Utara terpilih; Jonggol juga tercatat bisa dijadikan bandara alternatif. Sementara itu, sebagai langkah sementara, pemerintah Indonesia telah meningkatkan lapangan terbang Halim Perdanakusuma untuk digunakan sebagai angkutan penumpang. Pada tahun 1985, kawasan Kemayoran lama ditutup dan lahannya kemudian digunakan untuk tujuan komersial dan perumahan.

Bandara Soekarno Hatta Terminal 2

Antara tahun 1974 dan 1975, sebuah konsorsium Kanada yang terdiri dari Aviation Planning Services Ltd., ACRESS International Ltd. dan Searle Wilbee Rowland (SWR), memenangkan tender proyek studi kelayakan bandara baru. Studi kelayakan dimulai pada 20 Februari 1974 dengan total biaya satu juta dolar Kanada. Proyek tahunan ini dikerjakan bersama mitra Indonesia yang diwakili oleh PT Konavi. Pada bulan Maret 1975, penelitian menunjukkan rencana untuk membangun tiga landasan pacu terpadu, tiga gedung terminal internasional, tiga gedung domestik dan satu gedung untuk penerbangan haji. Tiga terminal domestik dibangun antara tahun 1975 dan 1981 dengan biaya US$465 juta dan satu terminal domestik, termasuk apron, dari tahun 1982 hingga 1985 dengan biaya US$126 juta. Proyek terminal baru bernama “Bandara Internasional Jakarta Cgkarg” telah dimulai.

Baca Juga:  Lowongan Kerja Cuci Gosok Harian

Alhamdulillah! Revitalisasi Terminal 2 Bandara Soekarno Hatta Berakad Syariah, Bank Muamalat Kucurkan Rp500 M

Terminal 1 dan 2 bandara ini dirancang oleh Paul André, seorang arsitek Perancis yang juga merancang Bandara Paris-Charles de Gaulle. Salah satu ciri khas bandara ini adalah masuknya arsitektur lokal dalam desainnya dan adanya pembatas tropis antar ruang tunggu. Fitur unik ini membuat bandara ini mendapatkan Penghargaan Aga Khan untuk Arsitektur tahun 1995.

Landasan pacunya membentang dari timur laut-barat daya. Terdapat tiga landasan pacu paralel, dua di sisi utara dan satu di sisi selatan. Terminal bandara memiliki rancangan kipas yang luas, dengan panggung terminal utama terhubung ke serangkaian paviliun tunggu dan naik pesawat melalui koridor. Paviliun tunggu dan pendaratan ini terhubung ke pesawat melalui jembatan pendaratan. Terminal 1 berada di sisi selatan bandara, dan terminal 2 dan 3 berada di sisi utara.

Konsep bandara digambarkan sebagai “taman di bandara” atau “bandara di taman”, karena tanaman hias dan bunga tropis memenuhi ruang antara koridor, paviliun tunggu, dan boarding. Penginapan ini menampilkan arsitektur vernakular lokal Indonesia, khususnya atapnya, dengan gaya atap Jawa pdopo dan joglo. Desain interiornya menampilkan keragaman seni dan budaya Indonesia dengan elemen dekoratif etnik mulai dari ukiran kayu dari Jawa, Bali, Sumatra, Dayak, Taraj hingga Papua. Contoh lainnya adalah pegangan tangga, pintu, dan gapura yang menampilkan tema kala-makara (kepala raksasa dan mitos ikan gajah) khas candi-candi kuno Indonesia seperti Borobudur. Namun Terminal 3 memiliki gaya arsitektur yang berbeda – tidak seperti arsitektur nasional Indonesia di Terminal 1 dan 2, Terminal 3 menggunakan gaya kontemporer modern berupa jendela kaca besar dengan bingkai dan kolom logam.

Otoritas Bandara Schiphol Amsterdam berkonsultasi mengenai rencana bandara dan menyimpulkan bahwa proposal tersebut cukup mahal dan dirancang secara berlebihan. Biaya meningkat dengan menggunakan sistem desentralisasi. Sistem yang dinetralkan akan menjadi pilihan yang lebih cocok.

Terminal 2f Diharap Buka Pasar Lcc Di Bandara Soekarno Hatta

Terminal kargo bandara soekarno hatta, lounge bandara soekarno hatta terminal 2, bandara soekarno hatta terminal 1a, hotel dekat bandara soekarno hatta terminal 2, terminal bandara soekarno hatta, grab bandara soekarno hatta terminal 2, terminal cargo bandara soekarno hatta, hotel bandara soekarno hatta terminal 2, menginap di bandara soekarno hatta terminal 2, penginapan di bandara soekarno hatta terminal 2, hotel transit bandara soekarno hatta terminal 2, hotel di terminal 2 bandara soekarno hatta

Tinggalkan Balasan