Oleh Oleh Makanan Khas Blora

By | Februari 25, 2024
|

Oleh Oleh Makanan Khas Blora – Blora merupakan sebuah kota kecil yang terletak di Jawa Tengah. Salah satu makanan khas Blora yang terkenal adalah sate. Sate Blora berbeda dengan sate pada umumnya di daerah lain karena sate Blora menggunakan daun jati sebagai masakannya dan bumbu kacang sebagai kuahnya.

Daun jati sebagai makanan pokok merupakan hal yang umum di Blora. Blora bisa dibilang serasa berada di tengah hutan jati.

Oleh Oleh Makanan Khas Blora

Oleh Oleh Makanan Khas Blora

Meski serabi umumnya memiliki rasa manis, namun serabi khas Blora didominasi rasa asin yang dipadukan dengan tepung beras. Mengingat masakannya menggunakan panci tanah liat, konsistensinya lembut namun padat.

Oleh Oleh Khas Jawa Tengah Yang Wajib Kamu Coba!

Uniknya, serabi khas Blora ini disajikan dengan alas daun jati. Serabi Blora ada dua jenis, yaitu serabi yang disajikan dengan santan dan kelapa parut. Biasanya fatamorgana ini cocok untuk sarapan pagi.

Bagi yang ingin menikmati pancake ini cukup merogoh kocek sebesar Rp 2 ribu saja per potongnya.

Seperti serabi, nasi pesel ini enak untuk sarapan. Nasi pecel merupakan masakan tradisional yang terdiri dari nasi dan sayuran rebus seperti kacang panjang, tauge, glander, violet, bayam, bunga turi dan masih banyak lagi yang lainnya.

Warung nasi pesel banyak terdapat di Blora, salah satu pesel yang terkenal adalah “Pecel Pincuk” yang terletak di kawasan Kridosono Blora.

Kuliner Blora Makin Lengkap, Tak Perlu Jauh Menikmati Makanan Khas Betawi

Masakan khas Blora selanjutnya adalah Soto Ayam Kletuk. Karena di atasnya terdapat kletuk maka dinamakan soto kletuk. Tampilan soto ini tidak jauh berbeda dengan soto ayam kuah bening lainnya, hanya saja disajikan dengan topping kletuk.

Kletuk sendiri terbuat dari singkong yang dihaluskan, lalu dipotong kecil-kecil, dijemur, lalu digoreng agar nikmat. Soto Ayam Kletuk dapat ditemukan di Jalan G. Sindoro, Tempelan, Kota Blora.

Es Jati merupakan minuman khas Blora yang terbuat dari daun jati muda pilihan. Meski menggunakan daun jati sebagai bahan utamanya, namun rasanya manis dan membuat ketagihan.

Oleh Oleh Makanan Khas Blora

Caranya cukup sederhana, yaitu daun jati muda direbus untuk diambil klorofilnya. Kemudian tambahkan bahan pembantu seperti santan, gula jawa, penyedap rasa atau vanila dan sedikit garam. Keunikannya, setelah dimasak, meski hanya menggunakan campuran gula palem, warnanya menjadi hijau putih.

Soto Kletuk Khas Blora, Disajikan Dengan Taburan Bola Bola Ketela Goreng

Sebagai lauknya agar lebih nikmat, minuman ini juga menggunakan agar-agar yang dihancurkan dan es batu yang membuat minuman ini nikmat saat disajikan.

Blora identik dengan sate. Ada beberapa variasi sate yang tidak terlalu berbeda dengan daerah lain: sate ayam, sate sapi, dan sate kambing. Bedanya, sate Blora menggunakan kacang tanah sangrai yang digiling beberapa kali dengan tangan, sehingga teksturnya sangat halus.

Baca Juga:  Kuliah Jurusan Ips Yang Menjanjikan

Sate ayam bumbu kacang paling enak disantap dengan nasi panas. Apalagi sate biasanya disajikan di atas piring yang dilapisi daun jati. Daun ini terutama digunakan untuk memberi aroma khas pada makanan. Salah satu warung yang menjual sate yang populer adalah Sate Pak Daman yang terletak di Jl Gunung Sindoro, Blora.

Itulah 5 tips kuliner lezat khas Blora yang semuanya menggunakan daun jati sebagai pelengkapnya. Bupati H. Arief Rohman, S.IP., M.Si., meresmikan Blora Souvenir Center pada Minggu (5/1/2022) di eks food court sebelah selatan Alun-Alun Blora.

Jelang Lebaran, Produsen Kue Kering Khas Blora Mulai Kebanjiran Order

Peresmian ditandai dengan penyerahan batik khas Blora kepada Presiden Blora Hj di Dekranas. Ainia Shalichah, Bupati H. Arief Rohman, S.IP., M.Si.

Turut hadir dalam peluncuran tersebut Komandan Kodim 0721/Blora, Letkol Inf Andy Soelistyo Kurniawan Putro, S.Sos, M.Tr Han dan istrinya Wakapolres Blora, Kompol Christian Chrisye Lolobang, SH. , SIK., MH., Presiden Blora Hj di Dekranas. Ketua OPD Ainia Shalichah dan sejumlah tamu undangan lainnya.

Bupati Arief Rohman dalam sambutannya mengatakan, ide dibukanya pusat oleh-oleh khas Blora ini muncul setelah diselenggarakannya pasar UMKM di Alun-Alun Blora pada bulan Ramadhan.

Oleh Oleh Makanan Khas Blora

“Ini untuk menyambut saudara-saudara kita pulang ke Blora. Mudah-mudahan kalau pulang ke tempat masing-masing bisa membawa oleh-oleh dari Blora,” ujarnya.

Jual Oleh Oleh Khas Cepu Harga Terbaik & Termurah Februari 2024

Diakui Bupati saat ini produknya masih terbatas, namun meminta agar terus melakukan pengisian ulang dan mendorong teman-teman UMKM untuk mengisi dan mengantarkan produknya ke pusat oleh-oleh khas Blora ini.

“Pameran UMKM kemarin sebagian sudah selesai dan ini masih terus diproduksi. Ini upaya kami agar produk UMKM di Blora dikenal dan dipromosikan oleh saudara-saudara kita di sana,” ujarnya.

Tak hanya itu, Bupati juga meminta agar BUMD binaan UMKM juga bisa ikut mengisi pusat ini.

“Dengan hadirnya pusat donasi ini, saya berharap Blora dan Blora dapat membantu meningkatkan taraf UMKM di UKM,” ujarnya.

Oleh Oleh Khas Blora Yang Wajib Dibawa Pulang

“Kami menjamu teman-teman UMKM di Blora agar saudara-saudara kita di kampung halaman bisa mengenang dengan makanan khas Blora, kami menjamu teman-teman UMKM,” ujarnya.

Diakui Ainia, pusat oleh-oleh khas Blora ini akan dibuka selama sebulan dengan produk dari UKM Blora.

“Kami mendekatkan diri ke pusat kota agar kerabat kami dapat dengan mudah menjangkau mereka saat mencari oleh-oleh.”

Oleh Oleh Makanan Khas Blora

UKM Blora yang ketuanya juga berkewarganegaraan di Dekranas memuji produk Blora, bahkan kemarin menjadi perbincangan di channel YouTube artis Tanah Air.

Lontong Tahu Telur Khas Blora Memiliki Rasa Berbeda

“Ini bukti nyata bahwa produk UKM kita semakin meningkat, seperti produk olahan belalang goreng yang kemarin ada di YouTube, kita berharap kedepannya produk UKM di Blora bisa go internasional,” ujarnya.

Baca Juga:  Lowongan Kerja Untuk Lulusan D3

Usai pembukaan, Bupati bersama beberapa tamu undangan meninjau isi produk-produk UKM titipan pusat oleh makanan khas Blora, yang diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi peningkatan perekonomian masyarakat Blora dan memberikan ciri khas. Produk UMKM Blora ke luar daerah.

Di antaranya sambal pesel, belalang goreng, roti gulung, pretzel, aneka keripik dan jajanan lainnya, serta batik dan kerajinan tangan. (Dinkominfo Blora/Prokompim)., Blora – Berburu oleh-oleh khas menjadi kegiatan yang sayang untuk dilewatkan saat berkunjung ke Blora. Blora tidak hanya memiliki daya tarik wisata unggulan, namun juga beragam manisan tradisional, jajanan pasar, makanan dan minuman serta kerajinan tangan menarik lainnya.

Tak hanya daging, ikan lele juga menjadi salah satu bahan yang bisa dijadikan daging cincang. Hal inilah yang dilakukan masyarakat Blora.

Rekomendasi Makanan Khas Blora Yang Menggugah Selera, Semua Pakai Daun Jati

Sebelum diolah menjadi daging cincang halus, daging ikan digiling terlebih dahulu dan dikeringkan untuk menjamin kestabilan dan umur panjang. Seperti halnya abon sapi, abon lele khas Blora ini memiliki cita rasa yang nikmat.

Egg roll merupakan makanan ringan yang terbuat dari telur gandum dan terong. Camilan ini memiliki tekstur yang renyah namun lembut.

Telur gulung bisa menjadi oleh-oleh khas Blora untuk teman dan keluarga. Telur gulung bisa dinikmati pada pagi atau sore hari sambil minum kopi atau teh.

Oleh Oleh Makanan Khas Blora

Kue Gendu merupakan salah satu jajanan dan jajanan berupa kue kering khas Blora. Masakan ini hampir mirip dengan nastar, hanya saja bagian dalamnya diisi dengan buah durian atau selai.

Jatuh Cinta Dengan Sepiring Tahu Blora

Isian selai durian yang digunakan pada kue Gendu adalah buatan sendiri. Bisa dipastikan selai ini terbuat dari 100% daging buah durian yang sudah matang sempurna. Kalau dari bentuknya kue ini menyerupai ulat di pohon jati sehingga banyak orang yang menyebutnya kue ulat.

Salah satu makanan khas Blora adalah tape sugihan yang cocok dijadikan oleh-oleh. Tape merupakan makanan tradisional yang mudah ditemukan di berbagai daerah di Indonesia, termasuk Blora.

Permen Prapaskah umumnya dibuat dan diolah menggunakan bahan baku yang sama dengan Prapaskah, yaitu singkong yang difermentasi. Selain singkong, beberapa produsen juga memproduksi pita dengan bahan baku beras ketan.

Sugihan sendiri merupakan nama salah satu daerah penghasil pita di Blora. Pembuatan pita sudah menjadi kegiatan sehari-hari masyarakat sekitar kawasan Sugihan.

Lapak Sajikan Berbagai Makanan Di Festival Kuliner Tradisional Blora

Blora juga mempunyai keunikan batik tersendiri yang unik dan menarik untuk dijadikan oleh-oleh. Batik Blora memiliki ciri khas warna yang menggambarkan kearifan lokal daerah tersebut.

Baca Juga:  Jurusan Snmptn Yang Kurang Diminati

Salah satu motif batik Blora adalah barongan yang mewakili budaya daerah setempat. Model ini dibuat menampilkan bagian depan barong yang menonjolkan ekspresi wajah dan garis mata.

Blora dikenal sebagai salah satu kabupaten penghasil jati. Tak heran jika produk kayu jati bisa menjadi oleh-oleh yang menarik, salah satunya adalah hiasan kayu jati.

Oleh Oleh Makanan Khas Blora

Mainan jati merupakan souvenir berupa meja, kursi dan perlengkapan rumah tangga lainnya yang terbuat dari kayu jati. Produk ini biasanya memiliki ukiran yang sangat indah dan menarik.

Kuliner Lontong Tahu Gimbal Blora Yang Ada Di Semarang

Baju Samin Blora terinspirasi dari Samin Surasentika, pendiri dan pendiri ajaran Samin yang lahir di Blora. Baju ini menggunakan gambar karakter ini pada bagian depannya.

Pakaian ini tidak hanya sekedar pencitraan, namun juga mempunyai nilai filosofis yang mendalam. Warna hitam pada baju ini menunjukkan adanya kesetaraan antar manusia, sehingga kekayaan, kecerdasan dan lain sebagainya tidak ada bedanya.

Selain makanan, Anda juga bisa membawa oleh-oleh berupa kerajinan barongan. Barongan adalah seni tradisional atau tokoh mitologi yang sering digambarkan di Jawa dan Bali.

Blora juga memproduksi oleh-oleh Barongan berupa gantungan kunci. Ukiran pada gantungan kunci ini sangat detail seperti barongan berukuran besar.

Fakta Pecel Daun Jati Blora Yang Ajib Banget, Punya Ciri Khas Pada Bungkusnya!

* Fakta atau kebohongan? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, cukup ketikkan kata kunci yang diinginkan ke nomor WhatsApp Fact Check 0811 9787 670. Blora merupakan wilayah Jawa Tengah yang terletak sekitar 127 kilometer sebelah timur Semarang. Blora dikenal tidak hanya karena keunggulan daya tarik wisatanya, namun juga berbagai kuliner khasnya yang bisa dijadikan oleh-oleh bagi keluarga yang pulang kampung setelah liburan yang memuaskan. Blora punya beragam oleh-oleh yang bisa dipilih, mulai dari oleh-oleh unik, kue tradisional, hingga aneka jajanan pasar yang lezat.

Oleh-oleh khas Blora tidak sulit ditemukan. Bisa ditemukan di warung atau toko pinggir jalan, gerobak dan restoran. Nah berikut beberapa pilihan oleh-oleh yang bisa Anda bawa pulang. Dengar, oke?

Kue manco dibuat dengan ketan dan wijen di atasnya. Kue manco biasanya disantap dengan nasi goreng kering atau biasa disebut Blora

Oleh Oleh Makanan Khas Blora

Oleh oleh makanan khas lombok, oleh oleh makanan khas bali, makanan khas kota blora, makanan khas blora jateng, makanan khas blora cepu, makanan khas blora, makanan oleh-oleh khas yogyakarta, oleh oleh khas blora, oleh oleh makanan khas surabaya, resep makanan khas blora, makanan khas medan oleh oleh, oleh oleh khas blora jawa tengah

Tinggalkan Balasan