Beasiswa Ekstensi D3 Ke S1 Di Luar Negeri

By | Februari 5, 2024
|

Beasiswa Ekstensi D3 Ke S1 Di Luar Negeri – , karena tidak bisa masuk ke kampus negeri Indonesia di Jakarta, ia malah diterima di beasiswa sarjana internasional. Demikian pengalaman Arroyan Pram. Pemuda asal Boyolali, Jawa Tengah ini menceritakan kisah inspiratifnya. Berawal dari tayangan video TikTok @arroyanpramm, kami berhasil menyusulnya untuk berbagi cerita dan tips mendapatkan beasiswa.

Pemuda bernama lengkap Arroyan Irsya Dulloh Pram ini tak menyangka akan mendapat pengalaman luar biasa seperti yang dialaminya saat ini. Awalnya bernama Roy, pemuda ini ingin masuk Institut Teknologi Bandung (ITB), namun takdir berkata lain.

Beasiswa Ekstensi D3 Ke S1 Di Luar Negeri

Beasiswa Ekstensi D3 Ke S1 Di Luar Negeri

“Sebenarnya sejak saya tinggal di Kabupaten Boyolali, saya tidak pernah menyangka bisa melakukan perjalanan seperti itu. Soalnya saya waktu SMA saya suka matematika, fisika, dan saya juga pernah ikut olimpiade dan dapat medali. Akhirnya pengen banget masuk ITB” ujar Arroyan saat dihubungi melalui telepon, Kamis (1/6/2023).

Saya Lulusan D3 Di Suatu Akademi Pariwisata, Lalu Saya Ingin Melanjutkan Ke S1 Pariwisata Di Universitas Lain. Apakah Mungkin?

Diselenggarakan oleh beberapa kampus di Jawa Tengah. Semua rute ujian masuk telah diuji. Roy yang lulus SMA pada tahun 2018 ini mencoba ujian tertulis dengan pilihan ITB, UGM dan UNS.

Beasiswa merupakan dambaan sebagian besar orang untuk menuntut ilmu, apalagi mendapatkan beasiswa ke luar negeri. Namun, tidak perlu khawatir. Pasalnya, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mewujudkan impian Anda…

Tiga perguruan tinggi negeri yang dipilih tidak “cocok” -nya. Saat itu, Arroyan juga mencoba ujian masuk STAN. Namun sayangnya hal itu tidak berhasil. Pada tahap penolakan, pemuda peraih beberapa olimpiade ini tak menyerah. Ia mencoba membuat daftar program beasiswa dalam dan luar negeri.

“Kurang lebih berhasil di bulan Maret-April 2018, jadi tahap itu saya cari lagi 5 bulan kemudian di bulan Agustus. Kebetulan ada daftar program lain untuk cadangan. Cari kampus yang ada beasiswanya,” kata Arroyan.

Penerimaan Mahasiswa Baru Program Studi S1 Keperawatan Dan Profesi Ners Tahun Akademik 2022/2023

Akhirnya, 6 dari 8 daftar beasiswa yang dilamarnya di Indonesia lolos. Dari situ, Arroyan harus memilih salah satu yang sesuai dengan keinginannya. Pilihan jatuh pada Badak LNG Academy.

Badak LNG Academy adalah program beasiswa penuh Diploma III (D3) yang dibuat bekerja sama dengan perusahaan minyak dan gas terbesar di Indonesia, Badak LNG. Setelah melewati 6 babak seleksi, Arroyan masuk dan melanjutkan program akademi 3 tahun dengan beasiswa.

Dijelaskan juga bahwa sebagian besar dosen di sana merupakan lulusan ITB, UGM dan berbagai kampus luar negeri. Selama tiga tahun ini, otaknya dipaksa belajar setiap hari. Terakhir, Arroyan lulus pada tahun 2021 dengan gelar AMd T pada program Teknik Mesin dengan konsentrasi Pengolahan Gas.

Baca Juga:  Batas Umur Pinjaman Kur Bri

Beasiswa Ekstensi D3 Ke S1 Di Luar Negeri

Perjuangannya untuk mendapatkan pendidikan tinggi tidak berakhir di situ. Setelah lulus, pria kini berusia 22 tahun itu mempertimbangkan untuk melanjutkan studi ke luar negeri, mencari beasiswa tambahan untuk memperpanjang ijazah D3 menjadi Sarjana Teknik Mesin.

Smb Telkom University

Saat itu, ia sedang mencoba menyusun daftar program beasiswa dari berbagai negara, termasuk Taiwan. Sebulan sebelum lulus dari Badak LNG Academy, tepatnya pada Juni 2021, Arroyan mendapat pengumuman dari pemerintah Indonesia dan Taiwan bahwa esainya telah lolos program beasiswa kerja sama dengan dua negara.

Mahasiswa yang gemar membuat konten unik ini berhasil lolos seleksi administrasi dari total 10 program beasiswa dari negara yang didaftarkannya. Namun karena berbagai kendala, Arroyan akhirnya memutuskan untuk menerima program beasiswa Kerjasama Taiwan Academy of Industry dan resmi menjadi mahasiswa di Cheng Shiu University mulai tahun 2021.

“Programnya bernama 2+i Industrial-Academic Mechanical Engineering Program di Cheng Shiu University. Saya sudah kuliah di Taiwan selama hampir 2 tahun,” lanjutnya.

Arroyan menambahkan, program beasiswa S1 hanya berlangsung selama 3 semester. Namun, sebagai mahasiswa penerima beasiswa, ia harus menyelesaikan magang penuh waktu di perusahaan lokal di Taiwan selama 1,5 tahun ke depan.

Dokumen Yang Wajib Disiapkan Sebelum Mendaftar Beasiswa

“Di Badak LNG Academy itu 6 semester, lalu perpanjangan saat ini hanya 3 semester, jadi hanya 9 semester. Kemarin saya akan menyelesaikan S1 dan lulus. Karena saya sedang beasiswa, saya wajib mengambil satu mata kuliah. 1,5 tahun magang di perusahaan Taiwan. Jadi sekarang satu semester 4. Jadi seperti membaca sambil bekerja,” ujarnya.

Kini, setelah 3 semester di Taiwan, Roy masih kuliah sebagai mahasiswa internasional. Ia juga terus mengembangkan kemampuannya dengan mengikuti berbagai program seperti sertifikasi di Massachusetts Institute of Technology (MIT).

Selain rajin belajar dan bekerja keras untuk meraih mimpinya, Arroyan juga senang berbagi pengalaman dan pesan motivasi di seluruh akun media sosialnya. Salah satunya di TikTok @arroyanpramm. Bahkan, video bertajuk “Terima Kasih Tak Masuk PTN” itu sudah ditonton sebanyak 6,4 juta kali.

Beasiswa Ekstensi D3 Ke S1 Di Luar Negeri

Namun karena kesibukannya, Arroyan hanya bisa membuat konten pada hari Sabtu atau Minggu. Setidaknya video yang dibagikan di TikTok memberikan informasi sebanyak-banyaknya kepada orang lain. Pada April 2022, ia mulai aktif membuat konten pengalaman inspiratif, kini ia memiliki lebih dari 140 ribu pengikut di TikTok.

Daftar Mahasiswa Lanjutan Atau Ekstensi Di Ibi Kesatuan

“Pekerjaan mahasiswa semester 4, semua mata kuliah teknik sudah selesai, sekarang saya ada kelas dan saya sedang belajar bahasa Mandarin, magang penuh waktu, mengambil beberapa program sertifikat dari kampus Amerika, dan jika saya masih punya waktu, saya akan membuat konten ,” dia berkata. .

Saat ditanya bagaimana membagi waktunya, Arroyan tak ambil pusing. Dia akan melakukannya satu per satu. Perhatikan apa yang sedang dilakukan sekarang. Inilah prinsip yang dia ikuti sejak awal.

Baca Juga:  Lowongan Kerja Umur 25 Karawang

Arroyan Pram juga memberikan nasehat bagi para mahasiswa yang masih takut menentukan cita-citanya. Menurut dia, ada dua faktor yang perlu diperhatikan, yakni terkendali dan tidak terkendali.

Pertama, hal-hal yang dapat dikontrol seperti seberapa cepat Anda akan belajar, berapa banyak tempat yang akan Anda coba pilih, dan seberapa sulit upaya Anda. Sedangkan yang tidak dikontrol adalah lolos atau tidaknya.

Persiapan Kuliah Di Luar Negeri, Pahami Dulu 5 Hal Ini

Fokusnya bukan pada diterima atau tidaknya. Anda harus mendorong diri Anda secara maksimal. “Kalau kita coba luncurkan di banyak tempat, mudah-mudahan kita bisa berkembang, dan pada akhirnya kalau dilihat dari jangka panjang, peluangnya akan lebih besar dibandingkan kalau kita fokus dari awal saja di tempat yang tepat. ” dia berkata.

Saat gagal sebelumnya, Wali Kota Boyolali ini mengaku sadar dengan mentalitasnya sehingga fokus pada hal-hal yang bisa diatasi. Ia belum terlalu memikirkan apakah akan bergabung dengan PTN. Fokusnya adalah belajar secepat mungkin agar dalam jangka panjang segala sesuatunya meningkat baik dari segi keterampilan maupun kualitas pribadi. Terakhir, ada banyak peluang di banyak tempat. Jadi fokuslah pada hal-hal yang dapat dikendalikan, bukan pada hal-hal yang tidak dapat dikendalikan.

Ia mengatakan, perjuangan BJ Habibi lah yang mendorongnya hingga bisa mencapai titik seperti sekarang ini. Ia pun mengagumi dan meneladani Presiden ke-3 RI tersebut. Kalau bisa, ia ingin meniru perjuangan almarhum semasa masih kuliah di Jerman. Terakhir, ia dipanggil ke Indonesia untuk berkontribusi dalam pembangunan Indonesia.

Beasiswa Ekstensi D3 Ke S1 Di Luar Negeri

Apalagi, anak pertama dari lima bersaudara ini juga harus menjadi teladan bagi adik-adiknya kelak. Sebagai orang yang takut akan kegagalan di masa depan, Arroyan melakukan segala daya untuk membantu pengikut media sosialnya mencapai kesuksesan sesuai cita-citanya.

Lulus D3? Berikut Pilihan Program Studi S1 Untuk Ekstensi Kuliah Di Binus Online

Oleh karena itu, Anda bisa langsung mengunjungi media sosial Arroyan Pram bagi yang berminat berbagi cerita pengalaman dan tips pelatihannya.

* Fakta atau kebohongan? Silakan WhatsApp 0811 9787 670 dengan kata kunci yang Anda inginkan untuk mengecek keakuratan informasi yang dibagikan.

3 Berita Sepak Bola Teratas: Real Madrid Butuh Kekuatan Baru, 2 Pemain Ini Akan Diboyong ke Santiago Bernabeu

Tautan Live Streaming Liga Premier Inggris Manchester United vs West Ham di Vidio Minggu 4 Februari 2024 21:00 WIB Perpanjangan beasiswa dari D3 ke S1 merupakan jalan pintas bagi lulusan D3. Program ini dirancang untuk memberikan kesempatan lebih besar bagi mereka yang ingin mengejar gelar sarjana tanpa perlu khawatir dengan mahalnya biaya pendidikan. Selain itu, banyak pula institusi yang menawarkan program beasiswa D3 hingga S1 di berbagai negara.

Baca Juga:  Lowongan Kerja Lulusan Sma Wanita Di Gresik

Mengapa Memilih Kuliah D3? Ini Alasannya Yang Perlu Anda Ketahui

Banyak institusi yang menawarkan beasiswa ekstensi D3 hingga S1 yang mewajibkan calon mahasiswanya memperoleh IPK yang tinggi selama studi D3. Biasanya, IPK minimum yang dibutuhkan adalah sekitar 3,0 atau setara. Tapi itu juga tergantung kebijakan masing-masing institusi.

Calon mahasiswa harus menyerahkan transkrip nilai yang baik dari program D3. Transkrip nilai ini akan menjadi salah satu faktor penentu dalam proses seleksi.

Beberapa institusi memerlukan surat rekomendasi dari guru atau profesor selama studi D3. Surat rekomendasi ini dapat membantu meningkatkan aplikasi Pemburu Anda.

Beasiswa Ekstensi D3 Ke S1 Di Luar Negeri

Jika Jager ingin melanjutkan studi ke luar negeri, Jager mungkin perlu menguasai bahasa Inggris atau bahasa resmi negara studi. Hal ini bisa dibuktikan dengan sertifikat bahasa seperti IELTS atau TOEFL.

Kursus Di Luar Negeri?

Menyertakan surat motivasi dan rencana bisnis yang jelas merupakan komponen penting dalam pengajuan beasiswa. Pelamar harus menjelaskan mengapa pelamar ingin melanjutkan pendidikannya, apa tujuan akademik pelamar dan bagaimana program ini akan membantu mereka mencapainya.

Beberapa institusi mungkin memerlukan dokumen tambahan sesuai dengan kebutuhan spesifiknya. Pastikan untuk membaca ketentuan aplikasi dengan cermat.

Banyak negara di dunia menawarkan program mulai dari D3 hingga S1 yang dapat diambil oleh mahasiswa internasional. Beberapa negara yang terkenal dengan program ini adalah:

Ada banyak universitas di AS yang menawarkan program ekstensi dari D3 hingga S1. Beberapa universitas terkemuka yang sering menawarkan beasiswa adalah Harvard University, Stanford University, dan Massachusetts Institute of Technology (MIT).

Kuliah Murah Di Cilacap

Kanada juga menjadi tujuan populer bagi mereka yang ingin melanjutkan pendidikan ke tingkat pascasarjana. Beberapa universitas terbaik di Kanada yang menawarkan beasiswa adalah University of Toronto, University of British Columbia, dan McGill University.

Australia mempunyai sistem pendidikan tinggi yang terkenal dengan kualitasnya. Universitas seperti University of Sydney, University of Melbourne dan Australian National University kerap menawarkan program ekstensi dari D3 hingga S1 dengan berbagai beasiswa.

Beberapa negara di Eropa, seperti Jerman, Perancis, dan Belanda, memiliki universitas terkemuka yang membuka pintu bagi mahasiswanya.

Beasiswa Ekstensi D3 Ke S1 Di Luar Negeri

Beasiswa program ekstensi d3 ke s1, ekstensi d3 ke s1, ekstensi d3 ke s1 di luar negeri, beasiswa ekstensi d3 ke s1 ui, beasiswa ekstensi d3 ke s1 dalam negeri, beasiswa ekstensi d3 ke s1, beasiswa ekstensi d3 ke s1 luar negeri 2021, ekstensi d3 ke s1 luar negeri, beasiswa ekstensi d3 ke s1 luar negeri 2022, beasiswa transfer d3 ke s1 luar negeri, beasiswa ekstensi d3 ke s1 luar negeri 2023, beasiswa ekstensi d3 ke s1 luar negeri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *