Harga Oli Di Spbu Pertamina 2020

By | November 20, 2023
|

Harga Oli Di Spbu Pertamina 2020 – Sabtu pagi adalah hari yang cukup sibuk sehingga saya harus segera bangun dari tempat tidur. Hal ini karena ada tarikan kuat yang disebut “kemalasan”. Saat aku terbangun dari tidurku, aku langsung teringat rencana hari ini untuk berwisata ke Cilegon. Hal itulah yang memicu saya untuk menghancurkan rasa malas ini. Semua gambar indah akan segera muncul dalam perjalanan ke tujuan Anda. Setelah menyiapkan sepeda motor dengan perlengkapan keselamatan seperti helm, sepatu, kacamata hitam, sarung tangan dan masker, saya pun melarikan diri. Perkiraan waktu tempuh dari Lebak Bulus menuju Cilegon sekitar 3 jam jika lancar dan tidak terlalu banyak berhenti. Rute yang saya pilih adalah melalui Pamulang, BSD, hingga Jl. Raya Serang.

Sesaat setelah sepeda motor dihidupkan, saya merasakan ada yang tidak beres dengan mesinnya. Suaranya agak kasar dan drawnya berat. Dari situ saya baru ingat sudah waktunya GANTI MINYAK! “Ya Tuhan, apa yang harus aku lakukan? Kamu ingin melakukan perjalanan jauh tapi kamu belum mengganti oli?!” Saya pikir itu konyol. Dalam dunia otomotif, permasalahan penggantian oli mungkin terkesan sepele, namun dampaknya sangat besar jika diabaikan. Ketika saya tinggal di Jogja, saya melakukan kesalahan ini. Kalau sudah waktunya ganti oli, saya selalu berpikir “nanti”. “Baru besok, kalau aku mengingatnya lagi.” Yang terjadi kemudian knalpot saya menjadi mobil desa yang berkabut. Seluruh jalan yang saya lewati dipenuhi asap putih dari knalpot, hingga beberapa pengendara lain mengeluhkan masalah tersebut karena menimbulkan polusi udara. Setelah itu sepeda motor saya cek ke bengkel, sang mekanik menyatakan bahwa sepeda motor tersebut mengalami keausan pada piston dan beberapa komponen lainnya, karena oli sudah kering. Artinya, sepeda motor tersebut harus menginap semalaman karena mesinnya harus dibongkar dan ternyata biaya yang dibutuhkan cukup besar karena berbagai bagian harus diganti. Sebelumnya, sekitar tahun 2011, digunakan sekitar satu juta atau ratusan. Bagi saya yang saat itu masih kuliah, biayanya sangat mahal dan cukup berat. Mereka juga menegur saya setelah ayah saya mengetahui apa yang terjadi. Meski sudah lama dia mengingatkan saya untuk mengganti oli, namun itu belum terlambat. Dan ini akibat dari mengabaikan pesan orang tuanya. Dari situ saya sadar bahwa mobil ibarat organ dalam tubuh manusia yang perlu diberi nutrisi.

Harga Oli Di Spbu Pertamina 2020

Harga Oli Di Spbu Pertamina 2020

Kembali ke perjalanan…. Begitu saya menyadari ada yang tidak beres dengan mesin, yang harus saya lakukan hanyalah mencari bengkel terdekat untuk mengganti oli. Kebetulan saat itu saya sedang berada di Ciputat sehingga saya mencoba kembali ke SPBU Pertamina untuk mengambil minyak. Dan ternyata benar, di kios kecil bernama Bright Olimart ini selain bisa isi nitrogen juga menyediakan ganti oli. Namun kebetulan saat itu stok minyak habis dan saya disarankan untuk membelinya di Bright Mart yang masih ada di dalam toko.

Baca Juga:  Lowongan Kerja Banyuwangi Kab Jawa Timur

Update Harga Oli Motor Metic, Rp 30 Ribuan Dapat Pertamina Enduro

Sebenarnya saya cukup familiar dengan minyak dan gas. Ada beberapa pilihan oli yang tersedia, namun yang paling familiar adalah Fastron dan Enduro, keduanya memiliki kategori untuk tipe sepeda motor yang berbeda. Untung saja kasir di mini market ini memberikan rekomendasi kepada saya, karena saya menggunakan sepeda motor manual akhirnya saya memilih PERTAMINA ENDURO 4T Racing yang merupakan produk terbaru. Untuk produk sejenis, harga oli mesin Enduro tergolong murah yaitu Rp 45.000 untuk 1 liter dan Rp 35.000 untuk 0,8 liter, sehingga Anda tinggal menyesuaikannya dengan kapasitas masing-masing sepeda motor. Setelah membayar, saya kembali ke kios untuk mengganti oli. Pilih… pilih, ingin minyak berbeda ditemukan di sini.

Biasanya saya menggunakan produk oli motor lain, dan ini pertama kalinya saya menggunakan oli pertamina asli indonesia. Saya ingin mencoba membuktikan betapa sulitnya di jalan segera.

Tampaknya mudah untuk membedakan produk oli asli dan palsu. Lihat saja tutup dan leher botolnya, ada nomor seri, posisi dan font harus sama. Selain itu, minyak Enduro berwarna biru dan berbau seperti permen karet. Saya baru tahu seumur hidup bahwa ada minyak yang berbau seperti ini.

Wah, jadi harus lebih teliti cek keaslian olinya, siapa tahu kalau ganti di tempat lain mungkin ada mekanik nakal. Jadi kita rugi besar dan itu berbahaya juga. Seperti halnya manusia, konsumsinya harus jelas dan tepat, karena jika salah akan menyebabkan gangguan pencernaan. Begitu pula dengan oli, jika tidak sesuai bisa menyebabkan mesin mati atau bahkan rusak.

Pertamina Berikan Pelayanan Ganti Oli Gratis Warga Terdampak Banjir Di Melawi

Sore itu saya dan mekanik berdiskusi panjang lebar tentang oli. Saya yang masih awam menjadi lebih tercerahkan tentang minyak. Beliau menjelaskan arti 10W – 40 pada botol oli. Tampaknya ini adalah ukuran standar viskositas minyak yang diakui secara internasional. Jadi formulasi ini disesuaikan untuk musim dingin, agar saat suhu sepeda motor dingin, oli tidak mengental.

Angka di sebelah huruf “W” menunjukkan tingkat kekentalan oli pada suhu dingin, sedangkan angka setelahnya merupakan tingkat kekentalan saat mesin hidup atau hangat. Semakin tinggi angkanya, semakin kental minyaknya. Logika ini mirip dengan sensitivitas ISO dalam fotografi. Untuk Indonesia yang mempunyai iklim tropis, disarankan 10W – 40 hingga 15W – 50.

Tak lama kemudian, ganti oli pun selesai dan biaya servisnya pun tidak mahal, hanya Rp 10.000 saja, sudah termasuk “konsultasi”.

Baca Juga:  Tidur Tengkurap Saat Hamil 3 Bulan

Harga Oli Di Spbu Pertamina 2020

Sambil kami melanjutkan perjalanan menuju Cilegon. Beberapa saat setelah sepeda motor berjalan, saya merasakan perbedaannya setelah mengganti oli di Pertamina Enduro.

Pertamina Lubricants Hadirkan Pelumas Khusus Motor Big Matic » Berita Energi & Minerba Hari Ini

Jadi Anda tidak perlu terlalu ragu untuk melakukan throttle karena yakin mesin akan terlindungi dan mengurangi panas akibat gesekan mesin. Namun tetap saya berkendara dalam batas wajar sesuai peraturan lalu lintas yang ada.

Tiga jam berlalu dan saya tiba tepat waktu di Cilegon. Disini aku istirahat sebentar sambil menjemput Lia dan Epil untuk menemani mereka ke Suralaya.

“Iya soalnya sebelum berangkat aku ganti oli dulu, ternyata mesinnya bagus banget, makanya bisa jalan tanpa kendala sampai disini,” jawabku.

Kebanyakan masyarakat di luar Banten mengenal Cilegon sebagai kota industri yang banyak pabriknya sehingga jarang ada tempat wisata alam yang bagus. Namun siapa sangka, di ujung barat laut terdapat sebuah bukit indah bernama Bukit Kembang Kuning. Disebut juga Bukit Teletubbies oleh banyak orang. Untuk sampai ke sana dari Cilegon masih membutuhkan waktu 45 menit. Arah yang dituju adalah melalui jalan raya Merak. Setelah sampai di pelabuhan langsung melanjutkan perjalanan menuju Suralaya. Meski jauh, tempat ini masih berada di kawasan perkotaan Cilegon.

Mau Ganti Tahun, Ini Daftar Lengkap Harga Bbm Pertamina Di Seluruh Spbu

Sepanjang Jalan Raya Merak hingga Suralaya didominasi bus AKAP, serta truk besar dan panjang. Sehingga harus ekstra hati-hati saat melintasi jalan ini, apalagi terdapat kendala berupa lubang. Sesampainya di kawasan Suralaya, jalan menjadi kecil. Jalan menuju bukit ini cukup sempit dan menanjak karena melewati jalan desa. Pendakian yang cukup sulit dan berkelok-kelok ini membuat saya merinding, namun saat dicoba ternyata sangat mulus tanpa tersendat atau mengeluarkan suara yang keras. Hhmmm..Ini pasti karena pengaruh minyak pertamina enduro.

Sore yang terik, akhirnya aku sampai di kaki gunung untuk memarkir sepeda motorku di sebuah toko untuk melanjutkan perjalanan menuju puncak bukit dengan berjalan kaki. Tak butuh waktu lama untuk mencapai puncak gunung, hanya 15 menit saja. Sesampainya di puncak, saya sangat bersyukur bisa menikmati pemandangan indah dan pemandangan alam perbukitan dan laut Selat Sunda. Saya suka bepergian karena saya sangat menikmati semua proses yang terlibat. Karena disana kita bisa belajar banyak dari pengalaman dan bisa mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

Bagi saya, ini adalah wujud rasa syukur atas nikmat Tuhan karena mendapat nikmat kesehatan dan alam yang indah. Benar kata orang, penyakit itu mahal, karena lebih baik mencegah dengan hidup sehat dibandingkan mengobati. Seperti halnya mobil, lebih baik melakukan perawatan rutin daripada merusaknya. Jangan pernah menganggap remeh peran oli asli dalam berkendara karena merupakan salah satu hal yang menunjang kehidupan sebuah mobil. Saya juga membuktikan betapa kerasnya oli Pertamina Enduro melindungi mesin saat mendaki banyak tanjakan. Tak ada salahnya memilih oli mesin terbaik di kelasnya layaknya Enduro. Jika salah memilih bahan bakar, bukan tidak mungkin perjalanan ke barat laut Pulau Jawa gagal sesuai rencana JAKARTA, KOMPAS.com – Satu bulan setelah pengumuman kenaikan harga BBM subsidi dan nonsubsidi pada 3 September lalu. 2022, PT Pertamina (Persero) terpantau kembali melakukan penyesuaian. harga Sabtu 1 Oktober 2022.

Baca Juga:  Bedak Tabur Emina Untuk Kulit Berminyak Dan Berjerawat

Harga Oli Di Spbu Pertamina 2020

PT Pertamina (Persero) telah melakukan penyesuaian harga Bahan Bakar Minyak (BBM) umum untuk melaksanakan Keputusan Kementerian ESDM (Kepmen) No. “62 K/12/MEM/2020 tentang Formula Harga Dasar dalam Perhitungan Bahan Bakar Minyak (BBM) harga eceran jenis BBM umum, jenis bensin dan solar yang disalurkan melalui SPBU,” kata Pertamina (30-09-2022).

Harga Bbm Naik, Polisi Awasi Pembelian Bbm Di Sejumlah Spbu Kota Bengkulu

Berdasarkan laman resminya, Pertamina telah menurunkan harga Pertamax khususnya di wilayah Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Bali, NTB, dan NTT sebesar Rp 600, dari sebelumnya Rp 14.500 per liter menjadi Rp . 13.900 per liter. Pertamax Turbo kemudian turun menjadi Rp 14.950 per liter dari harga Rp 15.900 per liter.

Shell Super sebelumnya dibanderol Rp 15.420 per liter turun menjadi Rp 14.150 per liter. Kemudian Shell V-Power turun dari Rp 16.130 per liter menjadi Rp 14.840 per liter.

Sementara itu, PT Vivo Energy Indonesia selaku pengelola SPBU juga sudah melakukan penyesuaian dengan menaikkan harga jual bahan bakar minyak (BBM) 89 menjadi Rp 11.600 per liter.

Dapatkan update harian dan berita terkini pilihan dari Kompas.com. Ayo gabung di grup Telegram “Update Berita Kompas.com”, klik link https://t.me/kompascomupdate dan gabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel Anda.

Jual Pertamina Pom Bensin Harga Terbaik & Termurah November 2023

Jixie mencari berita yang dekat dengan preferensi dan pilihan Anda. Kumpulan berita ini disajikan sebagai berita pilihan yang paling sesuai dengan minat Anda.

[POPULER] Tol Cijago Selesai, Total Panjang 14,64 Km | Daftar Harga

Harga mesin spbu pertamina, harga oli di spbu pertamina, harga oli motor di spbu pertamina, beli oli pertamina di spbu, lowongan kerja di spbu pertamina, harga bbm spbu pertamina, harga oli fastron di spbu pertamina, harga dispenser spbu pertamina, ganti oli di spbu pertamina, harga oli di spbu pertamina 2021, harga spbu pertamina, ganti oli mobil di spbu pertamina

Tinggalkan Balasan