Jurusan Yang Kurang Diminati Tapi Menjanjikan

By | November 5, 2023
|

Jurusan Yang Kurang Diminati Tapi Menjanjikan – Mahasiswa baru terkadang bisa dibuat kewalahan dengan banyaknya pilihan jurusan kuliah. Khususnya bagi lulusan IPS yang ingin mengambil jurusan dengan apa yang digelutinya di sekolah. Berikut 10 jurusan terpopuler di kalangan mahasiswa IPS.

Berbeda dengan anak sains, anak IPS umumnya lebih suka menghafal rumus dibandingkan matematika atau ilmu lainnya. Kecenderungan untuk lebih banyak mempelajari ilmu-ilmu sosial juga menyebabkan mereka memiliki jiwa sosial yang tinggi dan komunikatif.

Jurusan Yang Kurang Diminati Tapi Menjanjikan

Jurusan Yang Kurang Diminati Tapi Menjanjikan

Lalu jurusan apa saja yang cocok untuk mahasiswa IPS? Agar tidak salah memilih jurusan, simak dulu ulasan 10 jurusan IPS untuk mahasiswa IPS yang dirangkum di laman resmi Go Kampus di gokampus.com, Senin (15/11/2021). .

Jurusan Yang Menjanjikan Di Masa Depan

Psikologi merupakan jurusan perguruan tinggi pertama bagi mahasiswa IPS. Psikologi adalah ilmu yang mempelajari perilaku, pemikiran, dan pikiran manusia. Tidak jarang mahasiswa psikologi dianggap psikolog karena bisa membaca dan menikmati tingkah laku orang-orang disekitarnya. Terbuka peluang untuk menjadi psikolog utama, mulai dari HRD, peneliti dan juga psikolog.

Sastra adalah langkah besar berikutnya bagi siswa IPS. Jika Anda senang belajar bahasa baru, jurusan sastra adalah pilihan jurusan kuliah yang tepat bagi mahasiswa IPS. Anak sastra tidak hanya belajar bahasa Inggris, tetapi juga belajar bahasa negara lain yang semakin populer, seperti sastra Jerman, sastra Perancis, sastra Rusia, sastra Jawa, dan lain sebagainya. Pilih literatur mana yang sesuai dengan minat Anda dan temukan peluang kerja yang bagus seperti penerjemah, jurnalis, dosen, bahkan bekerja di kedutaan.

Departemen Hubungan Internasional juga biasanya menjadi tujuan bagi lulusan IPS yang tertarik dengan politik luar negeri. Karena bisa dikatakan jurusan ini merupakan salah satu jurusan IPS yang paling digemari karena selalu menjadi incaran banyak pelajar Indonesia. Mahasiswa HI akan belajar banyak tentang hubungan dan interaksi antar negara, diplomasi, politik luar negeri, ekonomi luar negeri, IPS, dan lain-lain. Lulusan tersebut bisa memilih sejumlah jabatan bergengsi, seperti pejabat, dosen, PNS, jurnalis, bahkan pengendali Kementerian Luar Negeri.

Banyak anak muda saat ini yang bukan pekerja, namun ingin membuka lapangan kerja baru. Oleh karena itu, jurusan ini cocok bagi siswa IPS yang ingin menjadi pebisnis atau wirausaha. Namun, jurusan ini tidak hanya memberikan wawasan bisnis, namun memiliki peluang kerja masa depan yang menarik. Mereka akan belajar tentang keuangan, bisnis, ekonomi, inflasi, kewirausahaan dan banyak lagi. Jalur karir yang bisa ditempuh antara lain analis investasi, akuntan, penasihat keuangan, pajak, pengusaha dan masih banyak lainnya.

Jurusan Sepi Peminat Tapi Prospek Kerja Menjanjikan

Dunia pertelevisian dan media massa yang semakin pesat menuntut adanya orang-orang kreatif. Oleh karena itu, tingkat persaingan untuk menjadi mahasiswa sektor ini selalu sulit di beberapa universitas jurusan jurnalisme/penyiaran. Program Studi Jurnalistik ini akan membantu mempertajam seluruh pemikiran anda, tidak hanya membuat anda semakin kritis dalam berpikir, namun juga memperdalam ilmu menulis, public speaking dan juga problem solver. Ketika Anda lulus sebagai mahasiswa jurnalistik, Anda juga dapat mempraktekkan berbagai profesi seperti jurnalis TV, surat kabar atau radio, editor media, pembuat konten, analis media, peneliti dan profesi lainnya.

Baca Juga:  Cara Menambah Tinggi Badan Secara Alami

Perguruan tinggi terbaik untuk mahasiswa IPS ini sangat ideal bagi mereka yang ingin menjadi anggota parlemen atau politisi. Ilmu politik merupakan bidang yang sangat menarik untuk dipelajari karena Anda akan mempelajari berbagai mata pelajaran seperti sosiologi, antropologi, hak asasi manusia (HAM) serta sistem politik luar negeri. Meski terkesan sulit, namun peluang karir di jurusan ilmu politik tidak hanya membuat lulusannya menjadi politisi, dengan minat dan bakat yang cukup, lulusan bisa menjadi analis politik, dosen, peneliti, pengamat politik bahkan bekerja di bidang lain. seperti ekonomi dan bisnis. .

Langkah besar berikutnya bagi siswa IPS adalah sosiologi. Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari interaksi antara seseorang dengan orang lain dan bagaimana struktur sosial tercipta dalam masyarakat. Jika kamu lulus sebagai mahasiswa sosiologi, kamu pasti akan lebih memberikan dirimu untuk membantu masyarakat, seperti menjadi dosen atau peneliti, bergabung di lembaga sosial, dan profesi lain yang berkaitan dengan pembangunan sosial.

Jurusan Yang Kurang Diminati Tapi Menjanjikan

Jurusan Hukum merupakan jurusan dengan peluang kerja yang sangat cemerlang dan terkenal. Tak heran jika jurusan Hukum mempunyai banyak sekali penggemarnya. Ilmu hukum memaparkan mahasiswa pada hukum pidana dan perdata, hukum perpajakan, hukum internasional, filsafat hukum, hukum dagang dan lain-lain.

Daftar Jurusan Kuliah Yang Banyak Peluang Kerja

Meski belum diketahui, jurusan ini memiliki peluang karir yang menjanjikan di masa depan. Jurusan administrasi fiskal ini cocok bagi mahasiswa IPS yang tertarik mempelajari seluk beluk pengelolaan aset dan keuangan pemerintah, termasuk perpajakan dan kebijakan fiskal. Peluang karir di bidang Administrasi Fiskal juga sangat luas, misalnya menjadi dosen, peneliti, pengawas imigrasi dan bea cukai, spesialis perencanaan pajak, pegawai negeri sipil dan berbagai profesi lainnya untuk Anda.

Bagi Anda yang menyukai bahasa Inggris dan ingin berkarir di bidang pariwisata/perhotelan, jurusan manajemen perhotelan bisa menjadi pilihan. Siswa manajemen perhotelan akan mempelajari desain akomodasi, manajemen, tata kelola dan manajemen. Jangan khawatir dengan peluang karir karena bidang yang bisa Anda geluti setelah lulus juga luas seperti meeting planner, manajer hotel, manajer layanan makanan, manajer akomodasi, kepala koki dan lain-lain. Inilah 10 jurusan mahasiswa IPS yang banyak peminatnya. Jika ada yang relevan, segera cari informasi tambahan mengenai universitas yang ingin Anda masuki.Meski prioritasnya tidak terlalu banyak, jurusan sains berikut ini memiliki masa depan cerah dan tidak banyak peminatnya. Simak ulasannya!

Baca Juga:  Kuliah Teknik Sipil Di Luar Negeri

Sebaiknya jangan gegabah dalam memilih jurusan di SMA, karena jika mengambil jurusan IPA, sebenarnya masih banyak SMA lainnya. Tentunya Anda sudah mengetahui beberapa program studi favorit, namun bagaimana dengan jurusan sains yang kurang populer?

Meski mahasiswa tersebut tidak terlalu diprioritaskan oleh calon mahasiswa, berikut daftar jurusan yang mempunyai peluang bagus di masa depan, berikut informasinya!

Jurusan Yang Kurang Diminati Di Universitas Jambi Untuk Persiapan Snbt 2023

Padahal, banyak keuntungan yang bisa Anda peroleh dengan memilih jurusan yang kurang populer. Selain karena persaingan ujian masuknya tidak akan seketat jurusan favorit Anda, Anda juga berkesempatan untuk kuliah di universitas yang sangat bergengsi.

Ada beberapa daftar jurusan IPA yang akan memberikan inspirasi bagi Anda saat memilih jurusan untuk dipelajari di perguruan tinggi, berikut ulasannya yang perlu Anda ketahui!

Berbeda dengan pendidikan fisika utama, bidang fisika murni sendiri kurang populer. Pada bagian ini Anda akan mempelajari fisika secara lebih mendalam dan detail.

Jurusan Yang Kurang Diminati Tapi Menjanjikan

Kemudian, Anda akan dapat memilih program studi atau peminatan yang sesuai dengan penawaran universitas. Misalnya Fisika Nuklir, Fisika Material, Partikel, dll.

Jurusan Kuliah Ips Yang Jarang Diminati Tapi Menjanjikan Karirnya

Peluang kerja pada jurusan ini sangat luas dan juga menjamin penghasilan yang sangat besar. Misalnya saja perusahaan migas dan telekomunikasi, LIPI dan BMKG.

Universitas di Indonesia yang menawarkan jurusan fisika terbaik adalah ITB atau Institut Teknologi Bandung. Kedua, ada juga Universitas Indonesia yang menawarkan enam program studi untuk sektor ini, termasuk Departemen Fisika Medis.

Jurusan ini sangat jarang terdengar di telinga siswa SMA maupun perempuan sehingga kurang menarik. Sama seperti jurusan astronomi, jurusan teknik nuklir sendiri sebenarnya mempelajari dan mempelajari bidang ilmu fisika.

Jadi wajar jika peminat jurusan ini semakin sedikit, apalagi banyak mahasiswi yang tidak menyukai mata pelajaran fisika. Selain itu, hal lain yang menyebabkan sektor ini tidak diminati adalah karena efek radiasi, jika terlalu sering terkena radiasi malah menyebabkan kemandulan.

Jenis Pekerjaan Bidang It Yang Paling Diminati Versi Dicoding

Jurusan utama di Yogyakarta hanya bisa Anda temukan, yaitu Universitas Gadjah Mada (UGM). Padahal, peluang kerja untuk jurusan ini sangat bagus, kamu bisa masuk ke instansi pemerintah di Badan Tenaga Nuklir Nasional atau BATAN.

Bidang ini juga menjadi salah satu topik utama yang diungkap pada SBMPTN kemarin. Hal ini mungkin yang menyebabkan banyak calon mahasiswa yang belum memahami prospek jurusan ini, dan banyak juga yang menganggapnya terlalu sulit.

Baca Juga:  Contoh Penulisan Alamat Yang Benar Pada Surat Lamaran Pekerjaan

Astronomi sendiri merupakan salah satu ilmu tertua yang bertujuan mempelajari alam semesta dan benda-benda langit. Keterampilan dan minat yang kuat terhadap fisika dan matematika sangat penting untuk mempelajari jurusan Astronomi ini.

Jurusan Yang Kurang Diminati Tapi Menjanjikan

Karier yang bisa Anda tekuni setelah lulus jurusan ini adalah menjadi peneliti di berbagai lembaga penelitian. Misalnya di Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Observatorium Bosscha, atau di LAPAN atau Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional.

Jurusan Ilmu Hukum Punya Prospek Kerja Yang Beragam Dan Gaji Tinggi, Buruan Cek!

Saat ini baru satu universitas yang menawarkan jurusan Astronomi, yaitu ITB. Bukan hanya jurusan ini satu-satunya yang ada di Indonesia, namun jurusan ini merupakan yang pertama dan satu-satunya di Asia Tenggara

Indonesia sebagai negara kepulauan yang sedang memperkuat sektor maritimnya tentu membutuhkan sumber daya manusia yang berkualitas dan berkapasitas untuk mencapai tujuan tersebut. Oseanografi sendiri merupakan salah satu bidang ilmu yang mempelajari berbagai aspek yang berkaitan dengan kelautan.

Seperti orgasme laut, arus laut, geologi dasar laut, ekosistem laut, ombak, dan lain sebagainya. Pengetahuan ini juga dapat digunakan di sejumlah bidang linier lainnya seperti teknik lingkungan, mitigasi bencana kelautan, dan perikanan.

Lulusan jurusan Oseanografi nantinya dapat berkecimpung dalam profesi peneliti antariksa dan atmosfer, konsultan konservasi lingkungan, dan lain sebagainya. Dua kampus ternama di Indonesia yang menawarkan jurusan ini antara lain Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Diponegoro (Undip).

Prospek Kerja, Persyaratan Mendaftar & Masa Depan Lulusan Jurusan Ilmu Administrasi Negara / Publik

Jika saat ini Anda senang menghabiskan waktu di luar ruangan dan ingin dekat dengan alam, jurusan kehutanan mungkin merupakan jurusan kuliah yang tepat untuk Anda.

Meski terlihat menarik dan menarik, nyatanya bagian ini sangat tidak menarik lho! Padahal jika dicermati, peluang kerja bagi para alumni sangat menjanjikan, dan peluang mereka memperoleh gaji sangat besar.

Materi yang akan Anda pelajari pada bagian ini terkait dengan teknologi produksi hutan, ekologi dan konservasi hutan. Massa ini juga dapat membantu Anda mengatasi deforestasi di Indonesia dari tahun ke tahun

Jurusan Yang Kurang Diminati Tapi Menjanjikan

Jurusan yang kurang diminati di unpad, jurusan kuliah yang kurang diminati, jurusan kuliah ips yang jarang diminati tapi menjanjikan, jurusan kuliah yang jarang diminati tapi menjanjikan, jurusan kuliah ipa yang jarang diminati tapi menjanjikan untuk wanita, jurusan kuliah santai tapi menjanjikan, jurusan kuliah mudah tapi menjanjikan, pekerjaan yang jarang diminati tapi menjanjikan, jurusan kuliah yang jarang diminati tapi menjanjikan untuk wanita, jurusan kuliah yang kurang diminati tapi menjanjikan, jurusan kuliah ips yang jarang diminati tapi menjanjikan nguli, jurusan kuliah yang santai tapi menjanjikan

Tinggalkan Balasan