By | Februari 25, 2024

Naik Kereta Ke Karawang Dari Jakarta – Anda sedang membaca kolom Stori, yaitu berita dengan pendekatan jurnalisme sastra. Pada artikel ini, kami mewawancarai pekerja yang tinggal di Karawang dan bekerja di Jakarta. Namanya Fandhy, ia bolak-balik setiap Senin-Jumat menempuh jarak lebih dari 160 km dan memakan waktu sekitar tiga jam sekali jalan. Kisah Fandhy diceritakan kembali dalam format sudut pandang orang pertama oleh penulis Agus Ghulam. Nikmati ceritanya!

Setiap kali pikiran untuk mengakhiri hidup terlintas di benak saya, saya mengerahkan keinginan untuk hidup. Keduanya membutuhkan keberanian, tapi yang pertama terkesan lebih pengecut jadi saya menghindarinya. Sekalipun aku mati, aku tetap ingin hidup bangga tanpa penyesalan, dikelilingi oleh orang-orang terkasih.

Naik Kereta Ke Karawang Dari Jakarta

Nama saya Fandhy, tahun ini menandai 30 tahun saya menghabiskan hidup saya. Meskipun pemikiran tentang kehidupan masih lebih aktif daripada kematian, saya telah mencapai tahap di mana saya tidak bermimpi atau ingin menjadi apa pun. Tinggal menghitung hari dan menunggu hari tua tiba. Segalanya berjalan seperti kereta yang membawaku berangkat dan pulang kerja dari Karawang ke Jakarta setiap hari.

Life To Love: Kereta Api Karawang Jakarta

September 2023, hampir setahun saya bekerja sebagai tim kreatif di salah satu kantor event organizer di Blok M, Jakarta Selatan. Jarak di peta sekitar 80 kilometer dari rumah saya di Karawang Jawa Barat. Setiap hari kerja bagaikan perjalanan yang melelahkan untuk menemukan tulisan suci. Saya tidak tahu sampai kapan.

Nanti saya ceritakan tentang perjalanan pulang pergi saya saat ini dari Karawang ke Jakarta. Sebelum itu mari kita simak cerita saya sampai selesai. Semua mimpi yang hancur setelah wabah datang.

Jauh sebelum saya bekerja sebagai penulis ide kreatif di Blok M, saya terlebih dahulu mengisi posisi sebagai operator produksi di Perum Peruri: pemilahan barang; menghitung stok bahan produksi; kemasannya; dan menulis laporan barang masuk dan keluar.

Belum tujuh tahun yang lalu saya mulai bekerja di sebuah perusahaan percetakan uang. Perusahaan impianku.

Rute Ka Matarmaja 2023 Dan Jadwalnya

Di pinggir jalan yang saya lewati setiap hari untuk berangkat dan pulang kerja, tak jauh dari kantor saya yang lama, berdiri deretan rumah dinas para pekerja tetap Perum Peruri. Impian saya adalah tinggal di sana dan diangkat menjadi karyawan tetap pada tahun kelima. Setiap kali aku memandangi deretan rumah dari jok sepeda motorku, aku selalu menenangkan diri dan berkata dalam hati, “Sebentar lagi, aku juga akan tinggal di sini.”

Ibuku tersayang, tahun kelimaku di sana bertepatan dengan datangnya wabah penyakit mengerikan yang menyapu bersih segalanya, baik nyawa banyak orang maupun impian kecilku. Surat yang datang, bukannya menjadikanku pegawai tetap, tapi malah menggagalkan karirku. Saya tiba-tiba kehilangan pekerjaan.

Setelah itu, yang kuingat hanyalah penolakan demi penolakan atas lamaran kerjaku. Saat itu, saya mengira dunia sedang sekarat dan penduduknya tidak sehat. Pasti ada ratusan ribu pencari kerja di luar sana yang bernasib sama dengan saya atau lebih tragis lagi.

Baca Juga:  Beasiswa Full S1 Di Luar Negeri

Naik Kereta Ke Karawang Dari Jakarta

Setelah setengah tahun lebih mencari kerja kesana kemari, saya baru diterima bekerja sebagai kurir pada Agustus 2021. Saya mengirim lebih dari 500 paket setiap minggunya ke puluhan titik di Karawang. Dan saya hanya bertahan lima bulan melakukannya, kemudian jam kerja mulai menjadi terlalu banyak dan motivasi saya turun drastis. Saat saya menjadi kurir, apalagi bermimpi, saya tidak sempat membaca atau bermain bola voli yang menjadi hobi saya. Akhirnya aku memilih untuk berhenti, untuk berpamitan.

Libur Natal Dan Tahun Baru, Stasiun Jatinegara Dan Stasiun Karawang Aktif Tapi Tidak Ada Penjualan Tiket

Dari karir terakhir saya sebagai kurir, saya bekerja sebagai staf billing selama tiga bulan, sebelum akhirnya mendapatkan tawaran yang lebih baik di Jakarta – ibu kota yang konon lebih kejam dari seorang ibu. Ini ceritaku.

Memilih bekerja di Jakarta sekaligus tinggal di Karawang bukanlah pilihan yang mudah. Tentu saja akulah yang dihadapkan pada pilihan itu. Namun, saya yang juga kehilangan pekerjaan dan tidak bisa kembali selama berbulan-bulan, mengambil pilihan yang lebih masuk akal dan bijaksana untuk bekerja di Jakarta. Karena orang seperti saya yang terlahir tanpa sendok emas di mulutnya tidak punya banyak pilihan.

Dulu aku menangis, tapi kini tak ada waktu untuk meratapi nasibku. Saatnya berjalan dengan kepala terangkat tinggi. Setiap langkahku semakin dekat dengan keputusasaan, cuplikan lagu KUE yang sering kudengar di kereta terngiang-ngiang di kepalaku:

Aku menghabiskan begitu banyak malam hanya untuk mengasihani diriku sendiri, dulu aku menangis tapi sekarang aku mengangkat kepalaku tinggi-tinggi

Erick Thohir Larang Kereta Cepat Jakarta Bandung Berhenti Di Stasiun Karawang, Ada Apa?

Jika mengingat kehidupan yang saya jalani selama 30 tahun terakhir dan suami menunggu di rumah, perjalanan pulang dari Karawang ke Jakarta lebih mudah. Meski hanya beberapa menit, itu lebih dari cukup untuk membuat siapa pun terus bersemangat, setidaknya bagi saya.

Saya sendiri menempuh perjalanan maksimal tiga jam. Saya mengendarai sepeda motor menuju Stasiun Cikarang sekitar setengah jam. Dari sana tinggal menunggu kereta tujuan Duri Angke lewat Manggarai dan turun di Stasiun Sudirman. Saya bisa menghabiskan waktu sekitar 1,5 jam di kereta, lalu berjalan kaki ke Stasiun Dukuh Atas selama lima menit dan naik MRT ke Blok M.

Dengan langkah panjang dan tergesa-gesa, kantorku hanya berjarak 10 menit jalan kaki dari Stasiun Blok M. Dengan cara ini, saya yang biasanya berangkat kerja jam 8 pagi, bisa sampai di kantor jam 11. Bahkan tanpa hambatan seperti kecelakaan yang menghalangi jalan; Sepeda motor rusak; atau jadwal kereta yang terkadang menyimpang. Sayangnya waktu saya bisa lebih dari empat jam sekali jalan.

Baca Juga:  Contoh Resume Kerja Fresh Graduate

Naik Kereta Ke Karawang Dari Jakarta

Jalur yang saya tempuh tadi (Karawang-Cikarang-Sudirman-Dukuh Atas-Blok M) merupakan hasil perhitungan dan berbagai pengujian yang menempuh jalur lain. Berdasarkan perhitungan kasar saya, opsi ini adalah yang paling efisien, baik dari segi waktu, tenaga, dan biaya. Saya bisa naik kereta api dari Karawang ke Cikarang daripada naik sepeda motor. Namun, jadwal kereta lokal tidak dapat diprediksi.

Kai Perpanjang Tidak Beroperasinya Ka Lokal Karawang Jakarta

Rute lainnya adalah naik bus ke Cikarang-Blok M dari Lippo City Walk dekat Tol Cikarang Barat. Sayangnya, jarak rumah menuju tol sekitar 40 kilometer dan melewati kemacetan yang memusingkan. Saya tahu cara mengendarai sepeda motor di Kalimalang, namun pada malam hari jalur tersebut rawan perampokan. Saya masih mencintai sepeda dan hidup saya, jadi saya menghapus opsi itu.

Sudah 11 bulan saya melakukan rutinitas yang melelahkan ini, setiap Senin-Jumat tanpa istirahat. Berangkat ke kantor jam 11 pagi, pulang lagi jam 11 malam. Aku beruntung masih bisa menjaga kewarasanku.

Jika menurut Anda pengalaman saya paling buruk, simak kisah seorang ayah yang setiap harinya bekerja dari Jogja-Semarang (112 kilometer) dengan mengendarai sepeda motor. Saya bukan satu-satunya pekerja ibu kota yang meninggalkan Karawang. Mereka semua adalah manusia berdarah dan daging yang nyata, bukan karakter fiksi. Saya hanyalah sebuah roda gigi dalam sebuah mesin dengan banyak roda gigi lain yang lebih kecil, lebih besar, lebih tebal, atau lebih datar.

Ada yang bertanya, kenapa tidak sewa di Jakarta saja, dekat kantor? Tentu saja mudah untuk mengatakannya. Kalau saja bisa seperti itu, tentu semuanya akan lebih baik. Namun, banyak hal yang membuat saya tinggal – atau menetap – di Karawang.

Dengan Kereta Cepat, Waktu Jakarta Karawang Kurang Dari 15 Menit

Pertama, saya sudah menikah. Kedua, suami saya bekerja di Karawang. Ketiga, rumah saya juga di Karawang. Selanjutnya, persoalan uang. Semua biaya perjalanan ke Jakarta saya hitung, ternyata hasilnya lebih mahal dibandingkan pulang pergi Karawang-Jakarta yang tidak lebih dari Rp 35 ribu per hari (parkir motor Rp 5-10 ribu, kereta api Rp 10 ribu, dan MRT Rp. 14 ribu).

Menghabiskan waktu 3 jam sehari di dalam gerbong kereta menyadarkan saya bahwa salah satu momen terbaik untuk berdiam diri – selain buang air besar – adalah saat menunggu tiba di stasiun tujuan. Apalagi jika masih punya tempat duduk, sambil menutup telinga dengan headset dan melihat orang datang dan berdesakan mencari tempat, berdiri diam di dalam gerbong itu seperti meditasi.

Untungnya, penumpang dari stasiun terjauh bisa leluasa memilih kursi yang sebagian besar kosong. Saya selalu bisa duduk secara otomatis, bahkan di tengah perjalanan. Di sana saya biasanya membaca buku yang selalu saya bawa di tas untuk mempersingkat waktu penerbangan. Sebab membaca buku sambil berdiri hanya mengundang rasa sakit; menunggu jenazah terjatuh saat kereta berguncang.

Baca Juga:  Lowongan Kerja Pt Ahm 2021

Naik Kereta Ke Karawang Dari Jakarta

Dari stasiun ke stasiun, gerbong akan semakin ramai. Jalur Cikarang mulai ramai penumpang saat memasuki Stasiun Tambun dan semakin ramai saat berhenti di Bekasi. Di setiap pemberhentian, saya hanya berharap tidak ada lansia, ibu hamil atau penumpang prioritas lainnya yang menaiki gerbong saya. Dengan begitu saya bisa duduk tanpa merasa bersalah.

Daop I Tambah Layanan Naik Turun Penumpang Ka Di Stasiun Karawang

Namun, seringkali saya harus memberikan kursi itu kepada mereka yang lebih berhak. Dan kalau harus berdiri, aku pilih posisi dekat pintu, bersandar di kursi pojok, sambil memperhatikan orang-orang: yang pura-pura tidur di kursinya, atau yang sedang menonton sesuatu di layar ponsel. Di kereta, sedikit keegoisan bisa dimaklumi.

Mendekati Jatinegara, kereta akan mulai melambat dan berhenti sebelum memasuki stasiun, karena jalur ini banyak dilalui kereta jarak jauh. Setiap gerbong harus sabar menunggu gilirannya untuk menghindari kecelakaan. Dan sesampainya di Jatinegara, setiap penumpang menyadari bahwa mereka harus bersiap menghadapi pertempuran sesungguhnya, Manggarai.

Manggarai diperuntukkan bagi penumpang kereta api. Disana semua orang hanya memikirkan dirinya sendiri, seperti di Padang Mahsyar. Yang di dalam kereta berteriak-teriak untuk keluar, yang di luar berteriak-teriak untuk masuk. Penumpang di dalam gerbong berkerumun dari segala arah, membuat mereka yang berdiri tetap tegak tanpa mengeluarkan tenaga saat diapit ke kanan dan kiri, depan dan belakang, di tepi lautan penumpang.

Untung saja hanya sesaat. Di Sudirman, kisruh di Manggarai baru terungkap. Banyak penumpang yang turun dan berhamburan seperti lalat. Saya pun memilih berhenti di sini sebelum berganti moda transportasi. Begitu turun dari gerbong, kualitas udara Jakarta sepertinya sedang dalam kondisi terbaiknya.

Yuk, Cobain Serunya Naik Ka Cikuray Dari Jakarta Ke Garut, Tiketnya Rp 45 Ribuan

Entah sampai kapan saya akan melakukan rutinitas Karawang-Jakarta ini. Tentu saja saya tidak ingin seperti ini selamanya. Ada kalanya aku mendapati kereta dan jalan raya sebagai rumahku, padahal rumahku di Karawang benar-benar tempat persinggahan. Kalau memang aku harus bermimpi lagi, mimpiku sederhana saja, lebih banyak waktu bersama keluarga dibandingkan di luar rumah, tanpa berpikir untuk membayar sedikit kesana kemari. Sesuai janji saya sebelumnya, saya juga akan memposting rute KRL.

Cara naik kereta dari jakarta ke karawang, karawang ke jakarta naik kereta, naik kereta dari jakarta ke karawang, naik kereta dari karawang ke jogja, dari karawang ke bandung naik kereta, dari bogor ke karawang naik kereta, naik bus dari jakarta ke karawang, cara naik kereta dari karawang ke bandung, jakarta karawang naik kereta, naik kereta ke karawang, naik kereta dari bekasi ke karawang, dari karawang ke kota tua naik kereta