Pabrik Sepatu Nikomas Serang Banten

By | November 5, 2023
|

Pabrik Sepatu Nikomas Serang Banten – (Berita) Serang, Redundansi Massal (PHK) diperkirakan menimpa pekerja di PT Nikomas Gemilang, Kecamatan Kibin, Kabupaten Serang. Setidaknya 3.000 pekerja PT Nicomas terancam PHK massal dalam waktu dekat. PHK karena kurangnya pesanan produksi perusahaan dengan penambahan karyawan. Meski demikian, Nikomas masih mencari solusi untuk mengatasi PHK massal tersebut.

Supandi Yusuf, Humas PT Nikomas Gemilang, mengatakan saat ini perusahaan mempekerjakan 56.000 pekerja. Pada tahun 2017, pabrik alas kaki ini memiliki lebih dari 4.500 karyawan. “Kami mengurangi (PHK) sebanyak 1.500 pegawai di akhir tahun 2017. Sekarang tinggal 3.000 pegawai yang menunggu,” ujarnya saat ditemui di Kota Serang, Jumat (23/03/2018).

Pabrik Sepatu Nikomas Serang Banten

Pabrik Sepatu Nikomas Serang Banten

Yusuf mengatakan, saat ini ada 3.000 karyawan yang menunggu PHK. Hal ini disebabkan adanya penurunan pesanan produksi perusahaan sehingga diperlukan pengurangan jumlah karyawan. “Jika ada lebih sedikit pekerjaan, maka akan ada lebih sedikit staf. “Dulu tenaga kerja kita berjumlah 80.000 orang,” ujarnya.

Pabrikan Sepatu Olahraga Pt Nikomas Tawarkan

Namun perusahaan padat karya terbesar di Provinsi Banten ini berupaya mempertahankan pekerjanya. Manajemen perseroan berupaya menarik pesanan dari merek alas kaki New Balance (NB). “Kalau tidak berhasil, maka tenaga kerja harus dikurangi. “Kami turut prihatin kepada mereka (redaksi) yang mempunyai keluarga yang harus dinafkahi,” ucapnya.

Jusuf mengatakan, seluruh pekerja di perusahaannya berstatus karyawan tetap. Oleh karena itu, pada saat pemutusan hubungan kerja, Pihak tersebut akan memberikan hak kepada pekerja sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. “Kami tidak memiliki karyawan kontrak. Hak-hak yang akan kami berikan antara lain pesangon, penghargaan, perumahan, penyesuaian masa kerja, jelasnya.

Jusuf menegaskan, rencana pengurangan pegawai bukan karena kenaikan upah minimum Kabupaten (UMK). “Ini hanya tentang mengurangi pesanan. “UMK pasti berdampak pada perusahaan, terutama pada biaya produksi,” tutupnya.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasar mengatakan pihaknya sangat menyayangkan jika rencana penarikan tersebut terjadi di PT Nikomas. Sebanyak 3.000 karyawan akan di PHK, sungguh luar biasa, ujarnya.

Pt Nikomas Gemilang Tawarkan Pengunduran Diri Ke 1.600 Karyawan, Buruh Ini Blak Blakan Cerita Kondisi Perusahaan

Namun Panđi mengaku belum mendapat informasi mengenai rencana PHK di Nikomas. Panji berjanji akan segera menghubungi pihak perusahaan untuk mengusut permasalahan tersebut. “Saya belum mendapat laporan dari Disnaker (terkait Dinas Janashakti dan Transmigrasi-Red). Pasti akan kami telepon pihak perusahaan,” tutupnya. Kompas.com Yang Terbaru Produsen sepatu olahraga PT Nikomas menawarkan “pengunduran diri” sukarela hingga 1.600 pekerja , Kementerian Janashakti: Ini tidak adil

Selasa (6/10/2020), ribuan pekerja PT Nicomas Gemilang keluar dari pabrik untuk melakukan aksi mogok nasional di Kawasan Industri Nicomas Gemilang, Serang, Banteay Meanchey. Saat ini PT Nikomas Gemilang menawarkan pengunduran diri secara sukarela kepada 1.600 karyawannya (11.1.2023). (Tribunbanten.com/Martin Ronaldo Pakpahan)

JAKARTA, Kompas.com – PT Nikomas Jemilang, produsen sepatu olahraga berlisensi merek ternama, menawarkan karyawannya untuk sukarela keluar dari perusahaan pada 10 Januari 2023.

Baca Juga:  Cari Uang Tambahan Untuk Ibu Rumah Tangga

Pabrik Sepatu Nikomas Serang Banten

Menanggapi hal tersebut, Indah Anggoro Putri, Direktur Jenderal Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Kementerian Sumber Daya Manusia mengatakan, apa yang dilakukan PT Nikomas Gemilang tidak tepat. Sebab pengunduran diri itu harus atas kemauan pegawai, bukan atas saran.

Ratusan Buruh Pt Bees Footwear Inc Ter Phk

“Sesuai ketentuan UU Ketenagakerjaan, pengunduran diri itu atas inisiatif pekerja sendiri, sehingga tidak ada paksaan atau permintaan pihak lain. Begitu pula dengan ketentuan jika program atau kebijakan yang dibuat oleh pemberi kerja untuk memberikan pemberitahuan tidak dibenarkan atau tidak,” ujarnya, Kamis (12/1/2023) kepada Kompas.com.

Namun sejauh ini Kementerian Tenaga Kerja belum menerima laporan apapun dari pihak karyawan maupun perusahaan terkait tawaran pengunduran diri tersebut. “Kami belum menerima keluhan apa pun dari pihak perusahaan,” kata Putri.

Sebelumnya, PT Nikomas Gemilang, produsen sepatu olahraga di Serang, Banten, menawarkan pengunduran diri kepada 1.600 pekerjanya.

Humas Nikomas Gemilang Danang Widi Pi dalam keterangan resminya mengatakan, alasan pengunduran diri secara sukarela adalah konflik Rusia-Ukraina yang masih berlanjut hingga saat ini, kenaikan harga bahan bakar global, dan tingginya tingkat inflasi. .

Penandatangan Pkb Nikomas

Kemudian penyebab lainnya adalah menurunnya pesanan dan pengaruh berbagai faktor internasional lainnya, yang menyebabkan pasar sepatu olahraga internasional turun drastis, dan harga bahan baku yang terus meningkat.

“PT Nikomas Gemilang telah melakukan berbagai upaya untuk bertahan di tengah kondisi perekonomian global yang penuh tantangan, namun demi kelangsungan perusahaan, dengan berat hati PT Nikomas Gemilang menawarkan pengunduran diri karyawan secara sukarela dengan kuota 1.600 orang,” ujarnya. Pernyataan tertulis.

Faktor-faktor ini menyebabkan reaksi berantai dan situasi yang sangat serius menimpa industri alas kaki olahraga. Hal ini terlihat dari kuartal III tahun 2021, ketika pabrik sepatu mulai melakukan PHK terhadap pekerjanya. Hal serupa juga dirasakan PT Nicomas Jemilang.

Pabrik Sepatu Nikomas Serang Banten

Dapatkan berita pilihan harian dan berita terhangat dari Kompas.com. Bergabunglah dengan grup Telegram “Kompas.com News Update”, klik tautan https://t.me/kompascomupdate lalu gabung. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Phk Massal Di Pt Nikomas, 487 Merupakan Warga Kabupaten Serang

Jixie mencari berita yang mendekati kesukaan dan preferensi Anda. Kumpulan berita ini disajikan sebagai berita pilihan yang paling sesuai dengan minat Anda.

Perjalanan Silent Express Capai Rekor Tertinggi, KCIC Tambah 4 Perjalanan Akhir Pekan Dibaca 4.480 Kali

Informasi Anda akan digunakan untuk memverifikasi akun Anda jika Anda memerlukan bantuan atau jika terdeteksi aktivitas yang tidak biasa di akun Anda -2022 dianggap sebagai tahun pemulihan bagi industri sepatu olahraga internasional buatan Indonesia. Namun faktanya konflik antara Rusia dan Ukraina pada awal tahun lalu sangat mempengaruhi permintaan, sehingga terjadi PHK, atau PHK.

Baca Juga:  Harga Produk Safi Untuk Usia 30 Tahun

Dampak kenaikan harga bahan bakar global, tingginya tingkat inflasi, berkurangnya pesanan dan berbagai faktor internasional lainnya telah menurunkan drastis pasar sepatu olahraga merek internasional.

Pengurangan Karyawan Pabrik Sepatu Terus Terjadi Di Kabupaten Serang, Bupati Serang: Ini Yang Saya Khawatirkan

Faktor-faktor ini menyebabkan reaksi berantai dan situasi yang sangat serius menimpa industri alas kaki olahraga. Terlihat sejak kuartal ketiga tahun lalu, pabrik sepatu mulai melakukan PHK terhadap pekerjanya. Hal serupa juga dirasakan oleh PT Nicomas Jemilang yang terdampak di Serang, Banten

“PT Nikomas Gemilang telah melakukan berbagai upaya untuk bertahan dalam kondisi perekonomian global yang penuh tantangan, namun demi kelangsungan hidup perusahaan, dengan berat hati PT Nikomas Gemilang menawarkan pengunduran diri secara sukarela kepada karyawannya dengan kuota 1600 per orang.” Danang Widi P selaku Humas Demikian disampaikan PT Nikomas Gemilang dalam siaran persnya.

“Iya, berbagai hal sudah kita lakukan seperti penghentian sementara kerja, tidak ada lembur, pengurangan jam kerja dan program cuti khusus, namun kita tidak bisa menghindarinya dan dengan berat hati kita harus melaksanakan program pengunduran diri secara sukarela,” kata Danang.

Pabrik Sepatu Nikomas Serang Banten

PT Nikomas Gemilang memastikan seluruh hak karyawan pelaksana program pemberhentian sukarela terjamin berdasarkan undang-undang ketenagakerjaan dan perjanjian kerja bersama.

Partai Buruh Minta 1.600 Karyawan Pabrikan Sepatu Pt Nikomas Tolak Tawaran

“Mari kita berharap PT Nikomas Gemilang dapat mengatasi kesulitan yang ada selama ini dan kembali bangkit. Semoga Yang Maha Kuasa memberikan kita semua kesehatan dan keselamatan.”

Pendaftaran pengunduran diri secara sukarela dibuka mulai tanggal 11 hingga 12 Januari 2023. Seluruh hak karyawan akan dibayar oleh perusahaan secara tunai sesuai ketentuan yang berlaku.

Baca Juga: Dua Siswa Anhas Raih Prestasi di Kancah Internasional: Pelajar Rusia Raih Medali Perak Olimpiade Matematika

Keputusan merumahkan ribuan karyawan merupakan pilihan terakhir. Pihak manajemen pun mengaku sudah membicarakan hal tersebut dengan serikat pekerja dan pemerintah daerah (PEMDA).

Pt Chang Shin Indonesia Rumahkan 2.300 Pekerja Dengan Upah 60%

Pahit harus diutamakan. Setelah perusahaan mencoba merasionalisasi keuangan dengan mengurangi jam kerja, gajinya hanya 70 persen sehingga semua orang bisa tetap bekerja meski hanya bekerja 3 hari.

Kantor redaksi portal media menerima naskah laporan warga. Email: [email dilindungi] atau Whatsapp 0811892345. Pastikan mengirimkan gambar sesuai isi laporan yang dikirimkan dalam format lanskap. Berita terkini dari Serang, Banten. PT Nikomas Gemilang menawarkan pengunduran diri karyawannya secara sukarela. Perusahaan pembuat sepatu untuk merek global seperti Nike dan Adidas ini menawarkan PHK terhadap 1.600 pekerjanya.

Apa alasannya? PR PT Nikomas Gemilang Danang Widi P menjelaskan tahun 2022 menjadi tahun pemulihan bagi industri alas kaki olahraga.

Pabrik Sepatu Nikomas Serang Banten

Namun karena konflik Rusia-Ukraina, kenaikan harga energi global, inflasi, berkurangnya pesanan dan berbagai faktor internasional, pasar alas kaki olahraga mengalami penurunan besar. Seiring dengan harga bahan baku yang terus meningkat.

Baca Juga:  Minimal Umur Pengajuan Home Credit

Buntut Perang Rusia Ukraina, Produsen Sepatu Brand Internasional Di Serang Phk Ribuan Karyawan

Situasi ini pun disebut berdampak pada perusahaan alas kaki olahraga, termasuk PT Nikomas Gemilang. Ia mengatakan dengan berat hati tawaran ini disahkan demi kelangsungan hidup perusahaan.

“PT Nikomas Gemilang telah melakukan berbagai upaya untuk bertahan di tengah kondisi perekonomian global yang penuh tantangan, namun demi kelangsungan hidup perusahaan, dengan berat hati PT Nikomas Gemilang menawarkan pengunduran diri karyawan secara sukarela dengan kuota 1.600 orang,” jelas Da Nang, Selasa. . (10/1/2023).

Menurut dia, berbagai upaya dilakukan perusahaan, mulai dari penghentian penerimaan pekerja baru, pengurangan jam kerja, hingga tidak adanya jam lembur. Hal ini dilakukan perusahaan demi penghematan biaya.

“Berbagai hal sudah kita lakukan, seperti penghentian sementara hubungan kerja, tidak ada lembur, pengurangan jam kerja dan program libur khusus, namun tidak bisa kita hindari dan dengan berat hati kita harus melaksanakan program pengunduran diri secara sukarela,” jelasnya.

Pabrik Sepatu Terbesar Asia Tenggara Pinta Ribuan Karyawan Mundur, Ini Respons Disnakertrans Serang Banten

Selain itu, seluruh hak karyawan yang berpartisipasi dalam program ini diatur oleh undang-undang ketenagakerjaan dan perjanjian kerja bersama. “Mari kita berharap PT Nikomas dapat mengatasi kesulitan ini dan bangkit kembali,” kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Migrasi Banten Danang Septo Kalnadi menyebutkan tiga perusahaan yakni PT Nikomas Gemilang, PT KMK Global Sport dan PT Parkland World Indonesia. (PWI).

Septo mengatakan PT Nicomas Gemilang akan memindahkan pabriknya ke Pekalongan. PT KMK Global Sport akan pindah ke Salatiga dan Temanggung. Kemudian PT pindah ke PWI lantai 1 dan 2.

Nikomas di Pekalongan, KMK di Salatig dan Temanggung, PWI 1 dan 2 di Pati. Industri besar, padat karya. Hanya di Nicomas sekarang ada 54 ribu (karyawan), kalau dia keluar, kita tidak tahu berapa ( karyawan) akan hadir di sini,” kata Septo, Kamis (10/11).

Pabrik Sepatu Nikomas Serang Banten

Dia mengatakan hengkangnya ketiga perusahaan tersebut kemungkinan besar akan menambah angka pengangguran di Banten. Sebab, relokasi tersebut tidak hanya berdampak pada PHK, namun juga efek domino lain yang dirasakan masyarakat sekitar perusahaan.

Berikut Penjelasan Disnakertrans Kabupaten Serang Terkait Phk Di Pabrik Sepatu Terbesar Di Asia Tenggara

Mulai dari banyaknya usaha makanan yang tutup hingga jasa kos-kosan yang terancam tutup. Dampaknya, pertumbuhan ekonomi provinsi tersebut terancam terpuruk.

“Teruslah berbelanja di tempat dia berada

Pabrik nikomas serang banten, loker nikomas serang banten, pabrik nikomas serang, loker pt nikomas serang banten, pabrik sepatu serang banten, lowongan kerja pabrik serang banten, lowongan kerja pabrik sepatu serang banten, nikomas serang banten, pt nikomas gemilang serang banten, lowongan kerja pabrik nikomas serang, pt nikomas serang banten, loker pabrik serang banten

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *