Prospek Kerja Lulusan Geografi Murni

By | November 10, 2023
|

Prospek Kerja Lulusan Geografi Murni – Apakah Anda suka berbicara tentang keadaan dunia? Bagian Geografi hanya untuk Anda, teman-teman. Jurusan ini cocok bagi mereka yang ingin mempelajari informasi tentang permukaan bumi, wilayah, iklim dan cuaca. Geografi juga mempelajari tempat dan ruang, termasuk peristiwa fisik dan manusia di permukaan bumi.

Anda tidak hanya akan belajar tentang keadaan fisik dunia, tetapi Anda juga akan membahas bagaimana hubungan manusia dengan alam.

Prospek Kerja Lulusan Geografi Murni

Prospek Kerja Lulusan Geografi Murni

Wah, ini benar sekali. Faktanya, jurusan Geografi di banyak universitas termasuk dalam kelompok Sains dan Ilmu Sosial. Seperti dilansir dari Instagram Entercampus, luasnya bidang studi Geografi menjadi salah satu alasan mengapa Geografi masuk dalam kelompok IPTEK dan IPS. Alasan lainnya adalah beragamnya konsentrasi dalam Geografi yaitu Geografi Fisik, Geografi Manusia, dan Ilmu Pemetaan.

Jurusan Kuliah Ipa Yang Menjamin Masa Depan, Mana Pilihanmu?

Jadi Anda tidak akan bingung dan bisa percaya diri dalam memilih kategori ini. Yuk, simak semua informasi pada bagian Geografi di bawah ini.

Tentu saja pernyataan ini ada benarnya. Namun pada bab ini Anda akan mendapatkan pengetahuan yang lebih mendalam tentang proses fisik permukaan bumi dan hubungannya dengan proses sosial ekonomi dan budaya manusia.

Anda akan diajak mempelajari bentuk dan proses perubahan permukaan bumi mulai dari iklim, hidrologi, atmosfer, kualitas air, mineral, komponen batuan, ilmu lingkungan, ilmu kewilayahan, ekologi, dll. Anda juga akan mengeksplorasi hubungan antara orang dan tempat.

Anda juga akan belajar bagaimana memvisualisasikan data geospasial, serta pemodelan spasial untuk mengelola sumber daya alam dan lingkungan. Ada tiga konsentrasi yang dapat dipilih dalam departemen Geografi: Geografi Fisik, Geografi Manusia, dan Sistem Informasi Geografis (GIS).

Program Studi Sains Informasi Geografi

Sekarang Anda tahu bahwa bagian ini mendorong siswa untuk menemukan solusi masalah dengan penemuan-penemuan baru. Penemuan baru ini membuat masyarakat merasakan pentingnya Geografi dalam mendapatkan pengetahuan yang lebih baik tentang dunia tempat mereka tinggal.

Lulusan program studi Geografi diharapkan dapat membekali keterampilan tertentu, kata ui.ac.id. Apa pun? Lihat di bawah.

Lulusan jurusan ini biasanya memiliki kemampuan komputasi, penelitian, dan analisis yang baik. Selain itu, kamu juga bisa memecahkan masalah dengan baik, menghasilkan solusi untuk penelitian, memanfaatkan teknologi, dan mempunyai wawasan yang luas.

Prospek Kerja Lulusan Geografi Murni

Di antara berbagai karir yang dapat ditempuh oleh lulusan Geografi adalah spesialis Sistem Informasi Geografis, peneliti dan spesialis Teknologi Informasi Geospasial, guru Geografi, spesialis Geomapping, spesialis pertambangan dan geologi, teknik lingkungan dan konsultan lingkungan untuk industri teknik dan manufaktur.

Lakehead University Kanada

Sst, gaji seorang urban designer menggiurkan sekali, bisa mencapai puluhan juta rupee. Selain itu, Anda juga bisa menjadi spesialis manajemen transportasi untuk mendukung pelayanan masyarakat.

Baca Juga:  Lowongan Kerja Lulusan S1 Teknik Industri

Misalnya saja di Universitas Indonesia (UI), Jurusan Geografi termasuk dalam Fakultas Matematika dan Sains UI (FMIPA UI), yang termasuk dalam keluarga sains. Disampaikan dari ui.ac.id, pendidikan geografi pada program sarjana FMIPA UI bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa memahami bagaimana perspektif daerah dalam berbagai perkembangan daerah, termasuk penguasaan teknologi Sistem Informasi Geografis (SIG).

Bidang keahlian yang ditawarkan di departemen Geografi UI dibagi menjadi empat: geografi fisik, pengembangan wilayah, GIS dan Penginderaan Jauh.

Selain Universitas Indonesia, ada universitas lain yang membuka jurusan Geografi. Apa pun? Di bawah ini daftar kampus dengan Ilmu Geografi, Teknologi dan Ilmu Sosial.

Bedah Jurusan Matematika: Apakah Cuma Sekadar Ngitung?

Psst, pastikan untuk mencari informasi di kampus masing-masing, apakah jurusan Geografi di kampus tersebut termasuk dalam kelompok IPA atau IPS.

Ternyata ilmu yang dipelajari di geografi sangat luas. Apakah kamu tertarik? Apakah Anda ingin memilih jurusan di kelompok ilmu geografi atau ilmu sosial? Yuk persiapkan dirimu terlebih dahulu sebelum mengikuti ujian masuk perguruan tinggi bersama Ruangbelajar.

Penulis konten dan eksekusi konten. Saya harap apa yang saya tulis bermanfaat bagi Anda dan membantu Anda mempelajari satu atau dua hal! :Mata pelajaran IPA yang berada di bawah naungan FMIPA seringkali terabaikan karena dianggap tidak memiliki peluang kerja yang menjanjikan. Jadi apakah ini benar?

Prospek Kerja Lulusan Geografi Murni

Di dunia modern ini, bidang geografi merupakan bidang studi yang sangat penting dan mempunyai pengaruh yang besar dalam kehidupan sehari-hari. Ada banyak peluang untuk belajar dan bekerja internasional, dan peluang kerja juga sangat beragam.

Langkah Memilih Jurusan

Geografi adalah ilmu yang mempelajari dunia dan hubungannya dengan bidang sosial, ekonomi dan kemanusiaan. Selain mendalami ilmu pengetahuan dan fisik permukaan bumi, Anda juga akan mempelajari bagaimana kebudayaan dan wilayah terbentuk di permukaan bumi.

Geografi adalah bidang studi yang mempelajari ilmu kebumian dan dampak manusia terhadap lingkungan bumi. Ilmu ini mempelajari banyak hal, antara lain atmosfer, iklim, ekologi, ilmu kewilayahan, ilmu lingkungan, dan lain-lain.

Pekerjaan utama seorang spesialis teknologi informasi geospasial adalah penelitian dan pengembangan teknologi geospasial. Misalnya membuat database yang sesuai, merancang program aplikasi, memberikan pengetahuan teknis GIS kepada pengguna, dan lain-lain.

💰 Kisaran gaji spesialis teknologi informasi geospasial: Rp 4.700.000 hingga Rp 6.800.000 per bulan. Kisaran gaji ini ditentukan oleh posisi pekerjaan, pengalaman kerja dan uraian pekerjaan yang diselesaikan.

University Of Exeter Inggris

Badan Nasional Penanggulangan Bencana atau biasa disebut BNPB merupakan lembaga pemerintah nonkementerian yang bertugas menyelenggarakan penanggulangan bencana dan kepemimpinan kepada masyarakat. Tugas dan tanggung jawab BNPB meliputi:

Baca Juga:  Lowongan Kerja Untuk Lulusan S1 Teknik Kimia

💰 Kisaran gaji BNPB: Gaji bulanan seorang pegawai BNPB sangat bervariasi dan ditentukan oleh pengalaman kerja dan level saat ini. Umumnya level 1 akan menerima gaji pokok sebesar Rp1.968.000, sedangkan level 17 akan menerima gaji pokok sebesar Rp19.085.000 per bulan.

Tugas utama seorang peneliti adalah melakukan penelitian untuk memperoleh data tentang suatu daerah atau objek tertentu. Misalnya saja melakukan survei tanah untuk proyek konstruksi atau survei peta untuk navigasi jalan dan lain-lain.

Prospek Kerja Lulusan Geografi Murni

💰 Kisaran gaji surveyor: Gaji rata-rata surveyor Indonesia adalah Rp 4.900.000 per bulan. Perbedaan tempat kerja juga akan berdampak signifikan terhadap besaran gaji yang diterima setiap bulannya.

Profil Prodi Kartografi Dan Penginderaan Jauh Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada

Peluang kerja lainnya adalah kartografer dengan spesialisasi Geografi. Bidang studi ini berfokus pada penggunaan metode dalam pembuatan peta. Selain pemahaman geografis, seorang kartografer juga harus memahami cara membuat peta. Keterampilan matematika dan menggambar juga merupakan keterampilan penting yang harus dimiliki seorang surveyor.

💰 Kisaran gaji kartografer: Rata-rata gaji seorang kartografer di Indonesia berkisar antara Rp4.000.000 hingga Rp6.000.000 per bulan.

Perencanaan kota adalah peluang kerja berikutnya bagi lulusan geografi. Tugas seorang perencana kota adalah menyusun rencana tata ruang dan mengevaluasi berbagai kebijakan terkait tata ruang atau perencanaan wilayah.

💰 Kisaran gaji perencana kota: Gaji awal untuk posisi perencana kota dimulai dari Rp 4.000.000 per bulan dan tentunya akan meningkat sesuai dengan pengalaman dan jumlah proyek yang dikerjakan.

Peluang Kerja Jurusan Elektro Terbaik Dan Menjanjikan

Perencanaan transportasi merupakan bidang studi yang berfokus pada pengumpulan dan analisis proyek transportasi. Perencanaan transportasi merupakan salah satu peluang kerja bagi jurusan geografi. Mengapa? Karena geografi memegang peranan penting dalam penyusunan perencanaan transportasi di suatu daerah.

Lulusan fakultas geografi juga dapat bekerja sebagai spesialis pertambangan dan geologi. Salah satu tugas pokok ahli pertambangan dan geologi adalah menentukan sifat-sifat tanah, potensi mineral dan menentukan perkembangan lahan.

Salah satu bidang kajian yang berkaitan dengan geografi lingkungan adalah ahli prakiraan cuaca staf BMKG. Tugas utama pegawai BMKG adalah menganalisis data ilmiah fenomena alam dan memberikan prakiraan cuaca suatu wilayah.

Prospek Kerja Lulusan Geografi Murni

Sekarang, “Apa yang dilakukan lulusan geografi?” Anda tidak bingung… Berikut beberapa poin penting dari artikel ini:

Prospek Kerja Geografi Untuk Para Lulusan Geografi

Mata pelajaran ilmu geografi atau ilmu sosial Studi geografi fakultas geografi geografi peluang kerja utama geografi peluang kerja utama jurusan geografi apa saja peluang kerja utama pekerjaan geografi

Ini menciptakan resume/CV/generator biodata yang dapat diakses secara gratis bagi pengguna untuk membuat resume yang sepenuhnya dapat disesuaikan untuk membantu pencari kerja menunjukkan nilai mereka sepenuhnya. Resume yang mengesankan sangatlah mudah! Memilih universitas terkemuka adalah langkah pertama yang penting. Banyak orang yang salah memilih jurusan dan berakhir studinya tidak lancar. Ada baiknya Anda mengetahui informasi umum dan spesifik tentang sektor yang ingin Anda pelajari.

Baca Juga:  Lowongan Kerja S1 Semua Jurusan Bumn 2021

Jika kamu mengambil jurusan IPA saat SMA dan masih bingung, kamu bisa mengambil jurusan Geografi, salah satu jurusan yang paling banyak diminati. Jika anda tertarik dengan jurusan ini sangat cocok karena kali ini kita akan membahas jurusan Geografi lebih mendalam. Dengarkan baik-baik, oke?

Departemen Geografi merupakan salah satu cabang ilmu yang mempelajari tentang bumi dan hubungannya dengan sosial ekonomi manusia. Ilmu ini meliputi atmosfer, iklim, pembentukan awan, kualitas air, ekologi, ilmu regional, persebaran penduduk, ilmu lingkungan, dll. mempelajari banyak hal.

Jurusan Yang Paling Diminati Di Top 5 Universitas Dunia!

Mahasiswa yang mengambil jurusan geografi sebagai ilmu dengan fokus berbeda juga mengambil mata kuliah yang berbeda. Siswa tidak hanya belajar di dalam kelas, tetapi juga mengikuti kegiatan di dalam dan luar ruangan.

Geografi merupakan jurusan yang banyak diminati baik oleh mahasiswa IPA maupun IPS. Mahasiswa memilih jurusan ini bukan hanya karena ketertarikannya pada geografi, tetapi juga karena peluang kerja yang tersedia. Lulusan Geografi dibutuhkan oleh banyak institusi seperti BMKG, BPN dan lain-lain.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Geografi dapat dimasukkan ke dalam kategori ilmu-ilmu sosial dan juga kelompok ilmu pengetahuan dan teknologi. Perbedaan kelompok tersebut tentu saja didasarkan pada berbagai hal, seperti fokus ilmu yang dipelajari siswa. Misalnya, mata kuliah berikut umumnya ditawarkan di departemen Geografi:

Prospek Kerja Lulusan Geografi Murni

Alasan pertama yang membuat departemen geografi menarik adalah karena departemen ini menawarkan kesempatan untuk melakukan perjalanan keliling dunia. Manfaat tersebut dirasakan mahasiswa setelah mereka lulus dan memulai karir. Karena sebagian besar pekerjaan yang dilakukan oleh lulusan geografi akan berkaitan dengan proses mempelajari dampak polusi dan pola yang terjadi di seluruh dunia. Jadi, Anda memiliki karier yang membawa Anda keliling dunia.

Prospek Bekerja Untuk Kamu Yang Jurusan Fisika. Apa Saja, Ya?

Ketika Anda lulus dari jurusan Geografi, Anda juga memiliki kemungkinan untuk belajar di luar negeri. Karena ini sebagian besar merupakan program investigasi yang mengkaji dunia dan segala aspek yang mempengaruhinya. Untuk itu

Prospek kerja lulusan sosiologi, prospek kerja lulusan sarjana hukum, prospek kerja lulusan administrasi bisnis, prospek kerja lulusan sma, prospek kerja lulusan manajemen, prospek kerja lulusan arsitektur, prospek kerja lulusan matematika murni, prospek kerja lulusan stie ekuitas, prospek kerja lulusan manajemen bisnis, prospek kerja lulusan geografi, prospek kerja lulusan hi, prospek kerja lulusan biologi murni

Tinggalkan Balasan