Syarat Pendaftaran Pppk Non Guru 2021

By | Januari 13, 2024
|

Syarat Pendaftaran Pppk Non Guru 2021 – Pendaftaran seleksi Pegawai Negeri Sipil dengan Kontrak Kerja (PPPK) bagi tenaga pengajar dan nonprofesional dibuka mulai 30 Juni dan ditutup pada Rabu (21/7/2021). Lalu apa saja syarat guru PPPK dan guru non PPPK 2021?

Berdasarkan program yang dikeluarkan BKN, pendaftaran dilakukan secara online melalui laman https://sscasn.bkn.go.id. Selanjutnya, upacara penghargaan PPPK Guru dan Non Guru Tahun 2021 akan diumumkan pada 18-19 Desember 2021.

Syarat Pendaftaran Pppk Non Guru 2021

Syarat Pendaftaran Pppk Non Guru 2021

Berikut syarat pendaftaran PPPK guru dan non guru tahun 2021 seperti dikutip dari Permenpan RB Nomor 29 Tahun 2021.

Catat! Ini Dokumen Pendukung Afirmasi Pppk Guru Dan Non Guru

1. Setiap warga negara Indonesia dapat melamar menjadi PPPK dengan usia minimal 20 tahun dan maksimal 1 tahun sebelum batas usia jabatan yang akan dilamar sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan;

2. Tidak pernah dijatuhi pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang mempunyai kekuatan hukum tetap untuk melakukan tindak pidana yang diancam dengan pidana penjara dua tahun atau lebih;

Guru honorer yang masih aktif mengajar di sekolah negeri yang menjadi kewenangan pemerintah daerah dan terdaftar sebagai guru di Dapodik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Lulusan Pelatihan Profesi Guru (PPG) yang belum menjadi guru dan terdaftar dalam Basis Data Lulusan Pelatihan Profesi Guru Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Daftar Pppk Di Sscasn Saat Seleksi Cpns 2021 Akun Jadi Nonaktif, Ini Penjelasan Bkn

3. Verifikasi administratif terlebih dahulu dilakukan berdasarkan sertifikasi pelatih (serdik). Jika tidak sesuai, hal ini akan dilakukan berdasarkan kualifikasi pendidikan yang relevan

4. Sertifikat pendidikan dan kualifikasi guru mengacu pada Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 1460/B.B1/GT.02.01/2021 tanggal 15 Maret 2021.

5. Persyaratan pengalaman minimal 3 (tahun) di bidang yang relevan dengan jabatan fungsional yang dilamar, dibuktikan dengan surat pernyataan yang ditandatangani oleh

Syarat Pendaftaran Pppk Non Guru 2021

PPPK Guru PPPK CPNS CPNS 2021 Syarat Pendaftaran PPPK Guru 2021 PPPK Non Guru Syarat Guru PPPK 2021JAKARTA, KOMPAS.com – Meski belum jelas kapan dibuka, PPPK Non Guru 2021 sudah diumumkan melalui persyaratan pendaftaran resmi dari Portal Sistem Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil Negara (SSCASN) pada link sscasn.bkn.go.id.

Pengumuman Hasil Pppk Non Guru 2021 Dki Jakarta Dan Cara Sanggah

Tautan tersebut menjelaskan siapa saja yang dapat mendaftar Seleksi PPPK Non Mengajar 2021. Termasuk ketentuan lain terkait Pendaftaran PPPK Non Mengajar 2021.

Calon yang dapat mendaftar PPPK Non Pengajaran adalah warga negara Indonesia yang bersedia dan memenuhi persyaratan sesuai peraturan otoritas masing-masing (pendidikan, jabatan, dan lain-lain), sepanjang memenuhi batasan usia yang dipersyaratkan.

“Pada saat pendaftaran, batasan usia calon peserta Seleksi PPPK Non Guru 2021 minimal 20 tahun dan maksimal 1 tahun sebelum batas usia tertentu untuk jabatan yang dilamar sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. ” tulisnya sscasn.bkn.go.id, dikutip Sabtu (5/6/2021).

Bagi pelamar yang KTPnya belum dicetak oleh Dinas Kependudukan, dapat mengunggah Surat Keterangan Kependudukan sebagai pengganti KTPnya untuk persyaratan pendaftaran PPPK non-guru 2021.

Baca Juga:  Lowongan Kerja Pt Amartha Mikro Fintek

Jadwal Pppk Non Guru 2021: Tahapan Seleksi Dan Syarat Pemberkasan

Hal ini juga memperjelas pertanyaan apakah diperbolehkan menggunakan gelar universitas sebagai persyaratan pendaftaran. Jawabannya adalah: cek persyaratan pendaftaran masing-masing instansi yang membuka pendaftaran SSCASN 2021.

Dengan demikian, terhadap Akreditasi Jurusan dan Akreditasi Kampus yang digunakan dalam pendaftaran, status akreditasinya dicantumkan pada saat kelulusan berdasarkan tanggal ijazah.

Lantas, apakah boleh mendaftar ulang menjadi PPPK Non Guru 2021 jika sebelumnya mengundurkan diri dari CPNS atau PPPK THK-2?

Syarat Pendaftaran Pppk Non Guru 2021

“Pelamar yang sudah mengundurkan diri dari CPNS atau PPPK THK-2 pada masa uji coba berisiko terkena sanksi tidak dapat mengikuti seleksi tender pada periode mendatang,” demikian kutipan sscasn.bnk go.id.

Seleksi Pppk Non Guru Adalah Jalan Menjadi Asn Di 2022, Ayo Ikut!

Perlu diingat juga bahwa setiap agensi memiliki persyaratan khusus. Oleh karena itu, pelamar harus membaca persyaratan pendaftaran masing-masing lembaga dan memahaminya dengan cermat dan menyeluruh sebelum memutuskan untuk mendaftar atau memilih program gelar.

Dapatkan update berita pilihan dan berita terkini dari Kompas.com setiap hari. Bergabunglah dengan grup Telegram “Update Berita Kompas.com”, klik link https://t.me/kompascomupdate dan jadilah anggota. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Berita Terkait Sebelum mendaftar CPNS 2021, ada baiknya Anda mengetahui perbedaan PNS dan PPPK yang akan segera dimulai. Ini Syarat Pendaftaran Jalur Tes PPPK CPNS dan PPPK 2021 Guru 2021: Calon yang gagal bisa mengisi kolom yang kosong. Calon Guru PPPK 2021 bisa mengisi Dapatkan nilai tambahan, berikut syarat dan ketentuan Info PPPK dan CPNS 2021 Surabaya: Tahapan, Jadwal Pelatihan dan Ujian

Jixie mencari berita yang sesuai dengan preferensi dan pilihan Anda. Kumpulan berita ini disajikan sebagai berita pilihan yang lebih relevan dengan minat Anda Penulis: Nur Hidayah Perwitasari, – 20 Mei 2021 14:30 WIB | Diperbarui 13 September 2021 14:59 WIB

Tips Mengunggah Dokumen Pendaftaran Cpns, Pppk Guru, Dan Non Guru 2021 Halaman All

PPPK merupakan pegawai ASN yang disebut pegawai dengan kontrak kerja. Berbeda dengan PNS, PPPK bukanlah pejabat tetap pemerintah. PPPK terbagi menjadi dua, yaitu PPPK guru dan PPPK non guru.

Kemudian dilanjutkan dengan rangkaian tes seleksi pada bulan Juli hingga Oktober 2021. Sementara pengumuman kelulusan akan disiarkan pada bulan November 2021. Selanjutnya program pengajuan dan pembentukan PNI akan dimulai pada November 2021 hingga Januari 2022.

Tahun ini, usia pendaftaran minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun, menurut Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Birokrasi (MenpanRB) Tjahjo Kumolo.

Syarat Pendaftaran Pppk Non Guru 2021

“Setiap warga negara Indonesia dapat mendaftar menjadi CPNS dengan usia minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun pada saat pendaftaran,” kata Tjahjo Kumolo dalam siaran pers, Jumat (09-04-2021).

Cek Syarat Daftar Pppk Non Guru 2021 Terbaru Di Sscasn.bkn.go.id Halaman All

Namun untuk jabatan guru, peneliti, insinyur, dokter, termasuk dokter gigi, guru klinik, dan dokter spesialis, batasan usia pelamar lebih tinggi yaitu 40 tahun.

Baca Juga:  Lowongan Kerja Legal Staff Yogyakarta

ASN merupakan singkatan dari Aparatur Sipil Negara. Konsep ini pertama kali diresmikan pada tahun 2014 melalui Undang-Undang (UU) nomor 5 tahun 2014. Dalam undang-undang tersebut, ASN diartikan sebagai profesi bagi pegawai negeri sipil dan pegawai pemerintah dengan kontrak kerja yang bekerja di lingkungan pemerintah.

Dengan kata lain, ASN merupakan satuan pemerintahan yang meliputi PNS dan PPPK. Hal ini sesuai dengan Pasal 6 Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 yang menyatakan:

Calon ASN yang selanjutnya disingkat CASN adalah calon pegawai pemerintah yang memajukan seleksi CASN, baik berstatus PNS maupun PPPK. Seleksi CASN 2021 sendiri merupakan seleksi tahunan yang diselenggarakan untuk merekrut pegawai pemerintah termasuk PNS dan PPPK.

Menteri Panrb Umumkan Syarat Pendaftaran Cpns & Pppk 2023

Proses rekrutmen atau seleksi CASN 2021 meliputi rekrutmen Siswa Sekolah Kedinasan, Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Calon PPPK. Kandidat yang lolos rekrutmen CASN selanjutnya akan mendapat status ASN.

Istilah pegawai negeri sipil telah lama digunakan di Indonesia untuk menggambarkan status kepegawaian pegawai pemerintah. Status tersebut ditegaskan kembali dalam Pasal 7 Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 yang menyatakan bahwa PNS adalah pegawai ASN yang diangkat secara tetap oleh Pengawas Pegawai Negeri Sipil dan mempunyai Nomor Pokok Pegawai Nasional (NIP).

Singkatnya, PNS adalah pegawai tetap pemerintah dan menerima berbagai fasilitas termasuk gaji, tunjangan, pensiun, hari tua, perlindungan, dan pengembangan keterampilan. Calon pejabat tetap pemerintah selanjutnya disebut Calon Pegawai Negeri Sipil atau CPNS.

Syarat Pendaftaran Pppk Non Guru 2021

Pada tahun ini, proses rekrutmen CPNS dilakukan bersamaan dengan proses rekrutmen CASN. Pada tahun-tahun sebelumnya (sebelum adanya program PPPK dan istilah ASN), rekrutmen CPNS hanya dilakukan sebagai agenda tahunan dengan istilah Seleksi CPNS. Calon seleksi CPNS yang memenuhi syarat dan lulus ujian akan diangkat menjadi PNS.

Infografik: Syarat Pendaftaran Pppk Guru Tahap Iii

Kita masih membicarakan undang-undang yang sama: pengertian PPPK tertuang dalam Pasal 7 UU Nomor 5 Tahun 2014. PPPK adalah pegawai ASN yang diangkat oleh Pejabat Pembina Kepegawaian sebagai pegawai dengan kontrak kerja sesuai dengan kebutuhan. Instansi Pemerintah dan ketentuan Undang-undang.

Berbeda dengan PNS, PPPK bukanlah pejabat tetap pemerintah. Karena statusnya yang tidak tetap, fasilitas yang didapat tentu berbeda dengan PNS. Berdasarkan Pasal 22 UU Nomor 5 Tahun 2014, hak yang diterima PPPK antara lain gaji dan tunjangan, hari libur, perlindungan, dan pengembangan keterampilan.

Ketentuan ini sedikit berbeda dengan PNS yang menerima dana pensiun dan jaminan hari tua. Yang membedakannya juga dengan PNS adalah PPPK tidak mendapat NIP nasional karena tidak berstatus pegawai tetap.

Status kepegawaian PPPK juga terbagi menjadi dua jenis, yaitu PPPK guru dan PPPK non guru. Guru PPPK pada seleksi CASN 2021 dapat dilengkapi dengan:

Casn 2021 Dibuka Besok, Guru Honorer Punya Kesempatan 3 Kali Seleksi Halaman All

Dalam konferensi pers Kementerian PANRB pada 9 April 2021 disebutkan ada sejumlah dokumen persyaratan yang harus disiapkan calon pelamar.

Baca Juga:  Tes Cpns 2023 Lulusan S1

Selain memenuhi syarat dokumen, pelamar program PPPK juga harus memenuhi beberapa kriteria. Kriteria pemohon PPPK diatur dalam Pasal 16 Peraturan Pemerintah (PP) nomor 49 Tahun 2018. Kriteria tersebut antara lain:

Sementara itu, terdapat tambahan kriteria bagi pelamar PPPK Guru 2021. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menyatakan ada tiga kriteria pelamar yang dapat mengikuti seleksi Guru PPPK 2021. Kriteria tersebut antara lain:

Syarat Pendaftaran Pppk Non Guru 2021

Pelatihan ini terbuka untuk umum, penyandang disabilitas, putra-putri Papua dan Papua Barat, serta lulusan terbaik. Sedangkan dokumen yang diperlukan untuk pendaftaran adalah: “Untuk guru P3K ada 3 kali (kesempatan) diberikan.Jadi P3K Non Profesor itu satu kali,” Deputi Bidang Sistem Kepegawaian Badan Pemerintah Nasional (BKN) Suharmen ungkapnya dalam konferensi BKN, Selasa (29-06-2021).

Lowongan Cpns 2021 Akhirnya Dibuka Besok! Catat Syaratnya

“Mereka diberi (kesempatan) mengikuti seleksi sebanyak 3 kali. Jadi hanya untuk pertolongan pertama guru dan tidak ada yang lain,” kata Suherman.

Suherman mengatakan seleksi PPPK guru tahap pertama hanya diperuntukkan bagi guru honorer yang terdaftar di database THK-2-BKN dan terdaftar di Dapodik.

Pendaftaran akan dilakukan serentak untuk CPNS, CPPPK Non Guru dan CPPPK Guru, masing-masing tanggal 30 Juni – 21 Juli 2021.

Suherman mengatakan, akan dikeluarkan surat tersendiri dari Kepala BKN untuk guru CPPPK. Detail pelaksanaan seleksi akan diatur melalui surat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Ristek.

Simak Baik Baik! Ini Syarat Terbaru Pendaftaran Cpns, Pppk Guru, Dan Non Guru 2021

Pendaftaran CASN bagi CPNS, CP3K guru dan CP3K non guru dilakukan melalui portal resmi SSCASN yaitu www.sscasn.bkn.go.id.

Terima pembaruan berita terpilih dan berita terkini setiap hari dari . Yuk gabung di grup Telegram “News Update”, klik link https://t.me/comupdate lalu join. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Tag Guru Besar Kehormatan P3KCASN 2021 Persyaratan Pelatihan CASN 2021 Pendaftaran CPNS dan PPPK 2021 Seleksi CASN CPNS dan PPPK 2021 Seleksi CPNS dan PPPK 2021 Persyaratan PPPK 2021

Syarat Pendaftaran Pppk Non Guru 2021

Berita Terkait Program Resmi Pendaftaran dan Seleksi CPNS 2021 Pendaftaran CPNS 2021 Dibuka Tanggal 30 Juni Login www.sscasn.bkn.go.id Maklum, Berikut Proses Seleksi Administrasi CPNS 2021 Dibuka Tanggal 30 Juni 2021, Ini Jadwal Resmi dan PPPK Seleksi CPNS 2021 Pukul 14.00 WIB diumumkan BKN Kapan Pendaftaran CPNS 2021, Ini Linknya!

Info Pppk Terkini: Syarat Daftar Pppk 2021 & Beda Dengan Tahun 2020

Jixie sedang mencari berita

Syarat pppk non guru, pendaftaran pppk non guru 2021, contoh pppk non guru, soal pppk non guru, jadwal pendaftaran pppk non guru 2021, cpns pppk non guru, pendaftaran pppk non guru, pendaftaran cpns pppk non guru 2021, tes pppk non guru, syarat pppk non guru 2021, pppk non guru, pendaftaran pppk guru

Tinggalkan Balasan