Alamat Pt Pln Persero Kantor Pusat

By | November 27, 2023
|

Alamat Pt Pln Persero Kantor Pusat – Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau biasa disingkat PLN adalah sebuah badan usaha milik negara Indonesia yang bergerak di bidang pengembangan ketenagalistrikan. Untuk menunjang operasionalnya, perseroan ini mengoperasikan sejumlah pembangkit listrik dengan total kapasitas terpasang 64.553 MW hingga akhir tahun 2021.

Perusahaan ini memulai sejarahnya pada tahun 1909, ketika Maintz & Co. berkantor pusat di Amsterdam, Belanda, mendirikan “Algemeene Nederlandsch-Indische Electriciteits-Maatschappij” (ANIEM) di Surabaya untuk melakukan kegiatan pengembangan ketenagalistrikan. Pada tahun 1942, Belanda menyerah kepada Jepang, sehingga perusahaan-perusahaan tenaga listrik yang saat itu ada di Hindia Belanda direbut oleh pasukan Jepang.

Alamat Pt Pln Persero Kantor Pusat

Alamat Pt Pln Persero Kantor Pusat

Sebuah lembaga bernama Djawa Denki Djigjo Kosja (ジャワ雥方事官公社) menangani permasalahan ketenagalistrikan di seluruh Pulau Jawa. Nama lembaga tersebut kemudian diubah menjadi Djawa Denki Djigjo Sja (ジャワ電方事官社) dan menjadi cabang dari Hosjoden Kabusiki Kaisja (日本电影電株式会社) yang berkantor pusat di Tokyo. Lembaga ini membawahi tiga lembaga, yaitu Seibu Djawa Denki Djigjo Sja (视青ジャワ電方事神社) yang berkantor pusat di Jakarta, Tjiobu Djawa Denki Djigjo Sja (中部ジャワ yang berkantor pusat di Sebuur) dan berkantor pusat di Cebu. Ja wa Denki Jijo Xia yang berkantor pusat di Surabaya. Ketiga lembaga tersebut masing-masing menangani masalah ketenagalistrikan di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Alamat Kantor Pln

Setelah Jepang menyerah kepada Sekutu dan Indonesia merdeka, pada tanggal 27 Oktober 1945, pemerintah Indonesia membentuk Departemen Listrik dan Gas Bumi di bawah Kementerian Pekerjaan Umum dan Energi untuk mengelola listrik dan gas alam di Indonesia. Saat itu, kapasitas pembangkit listrik yang dikelola otoritas hanya 157,5 MW. Namun, pemerintahan ini tidak berjalan mulus, karena status kepemilikan pembangkit listrik yang ada pada saat itu tidak jelas dan pemerintah memiliki pengalaman yang minim dalam bidang pembangkit listrik. Pembangkit listrik tersebut sebagian besar juga rusak parah karena tidak dirawat dengan baik pada masa pendudukan Jepang. Pada tahun 1953, pemerintah secara resmi menasionalisasi seluruh perusahaan listrik dan gas di Indonesia, termasuk ANIEM dan GEBEO.

Pada tanggal 1 Januari 1961, pemerintah menggabungkan Biro Listrik dan Gas serta seluruh perusahaan tenaga listrik yang dinasionalisasi menjadi Badan Pengurus Umum Perusahaan Tenaga Listrik Negara (BPU PLN).

Pada tanggal 1 Januari 1965, usaha gas BPU PLN dijadikan modal untuk mendirikan perusahaan milik negara (PN) bernama PN Perusahaan Gas Negara, sedangkan usaha ketenagalistrikan BPU PLN dijadikan modal untuk mendirikan perusahaan bernama PN Perusahaan Perusahaan Gas Negara.

Saat itu, kapasitas pembangkit listrik yang dikelola perusahaan ini hanya 300 MW. Pada tahun 1972, status perusahaan ini diubah menjadi Perusahaan Umum (Perum).

Pln Icon Plus Arsip

Pada tahun 2013, perusahaan ini mulai menggunakan CNG untuk menggantikan BBM sebagai bahan bakar pada pembangkit listrik beban puncak. Pada tahun 2014, perusahaan ini pertama kali masuk dalam daftar Fortune 500. Pada tahun 2015, perusahaan ini mulai membangun PLTU superkritis berkapasitas terpasang 2.000 MW di Batang, Jawa Tengah melalui kerja sama pemerintah-swasta. . Pada tahun 2019, perusahaan ini mulai membuka SPKLU untuk mendukung pengoperasian kendaraan listrik di Indonesia.

Baca Juga:  Cara Bikin Surat Lamaran Pekerjaan

Pada Agustus 2021, perusahaan ini mengakuisisi PT Mandau Cipta Bahan Nusantara yang didirikan untuk memenuhi kebutuhan listrik dan uap di blok Rokan.

Pada September 2022, untuk mempermudah operasionalnya, PLN resmi meluncurkan empat sub-holding yaitu PLN Energi Primer Indonesia untuk pengadaan bahan bakar pembangkit listrik, PLN Icon Plus untuk sektor ketenagalistrikan nonlistrik, serta PLN Indonesia Power dan PLN Nusantara. melakukan usaha di bidang pembangkit listrik.

Alamat Pt Pln Persero Kantor Pusat

PLN merupakan salah satu perusahaan yang menjual jasa ketenagalistrikan di Indonesia. Dalam pelayanan distribusi tenaga listrik, PLN membagi fungsi unit utama menjadi beberapa unit utama berdasarkan sistem kelistrikannya, yaitu pembangkitan, transmisi, dan distribusi. Selain itu juga terdapat divisi atau pusat lain yang lebih besar untuk menunjang operasional perusahaan. Karena luasnya cakupan wilayah kerja PLN, maka PLN mempunyai divisi-divisi di seluruh Indonesia yang mempunyai fungsi masing-masing sesuai dengan divisi utamanya.

Pt Pln Persero

PLN juga memiliki unit pengawasan internal yang dipimpin oleh kepala auditor. Hingga saat ini, PLN tercatat memiliki 58 departemen dan unit, 50 unit utama, 6 pusat, 373 unit penjualan, dan 1.042 unit layanan.

Unit PT PLN (Persero) dibagi menjadi beberapa wilayah untuk menangani produksi, distribusi (transmisi) dan penanganan beban, serta distribusi ke konsumen dibagi menjadi satu unit utama. Namun khusus untuk wilayah yang listriknya terhubung ke Jawa – Bali, unitnya dibagi menjadi unit induk tersendiri, untuk pembangkitan terpisah, distribusi terpisah (transmisi), penanganan beban terpisah, dan distribusi terpisah. Dalam hal pembangkitan listrik, sebagian besar listrik di Indonesia dipasok oleh perusahaan swasta, meskipun ada pula yang dimiliki oleh zloty. Untuk transmisi Sumatera sudah ada head unit P3B Sumatera, namun untuk urusan distribusi masih di head unit wilayah (belum ada head unit distribusi). (Catatan: Untuk jaringan listrik interkoneksi Jawa-Bali, unit PLN adalah wilayah Roman I, II dan III. Untuk wilayah selain Jawa-Bali, unit PLN adalah wilayah Roman V)

Pada awalnya Unit Pengelola Distribusi dan Beban Jawa-Bali digabung menjadi satu unit bernama PLN Pusat Distribusi dan Pengelolaan Beban Jawa Bali (PLN P3B JB), namun pada akhir tahun 2015, Unit Pengelola Distribusi dan Beban dipisahkan dengan membaginya menjadi 3 zona distribusi dan pusat kendali beban dengan 5 wilayah. Namun untuk Transmisi Interkoneksi Sumatera, PLN masih menjadi unit utama P3B Sumatera karena unit tersebut masih berbentuk regional. Unit utama transmisi meliputi:

Baca Juga:  Yang Masih Dibawah Umur Cherry

PLN merupakan perusahaan yang mempunyai pusat pelatihan sendiri (PLN PUSDIKLAT) bagi karyawannya. Pusat pendidikan dan pelatihan yang bisa disebut (Corporate University) ini digunakan sebagai kampus atau tempat pelatihan bagi pegawai PLN atau pegawai perusahaan lain (bisa anak perusahaan atau BUMN lain) yang ingin belajar tentang ketenagalistrikan dan manajemen khususnya di bidang ketenagalistrikan. teknik elektro. PLN PUSDIKLAT memiliki beberapa Dinas Pelaksana Pendidikan dan Pelatihan (UPDL PLN) di beberapa lokasi, dan beberapa UPDL fokus pada pelatihan khusus. Daftar UPDL PLN meliputi:

Pertemuan 4 Pilar Kekuatan Pln

Pada tahun 2012, Direktur Utama PT PLN (Persero) Nur Pamuji meluncurkan logo PLN bersih yang bertujuan untuk menunjukkan kepada masyarakat bahwa PLN berkomitmen mewujudkan lembaga yang bebas korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN). , dengan membatasi kontak personal antara pelanggan dengan petugas PLN melalui sistem online dan call center yang disediakan PLN yaitu nomor telepon (kode area) 123.

Pada tahun 2010, PLN mengeluarkan kebijakan pembayaran listrik baru, yang sebelumnya menggunakan pembayaran listrik pascabayar, yaitu pelanggan menggunakan listrik terlebih dahulu dan membayar kemudian pada bulan berikutnya. Setiap bulannya, PLN harus melakukan registrasi meter, menghitung dan menagih pelanggan yang akan membayar, menagih pelanggan yang terlambat atau tidak membayar, dan mematikan listrik jika pelanggan terlambat atau tidak membayar tagihan listriknya setelah jangka waktu tertentu. Pada sistem ketenagalistrikan pintar (prabayar), pelanggan terlebih dahulu mengeluarkan uang/biaya untuk membeli listrik yang akan dikonsumsinya. Jumlah listrik yang dibeli pelanggan dimasukkan ke dalam Meter Prabayar (MPB) yang dipasang di lokasi pelanggan dengan menggunakan “token” (kredit) atau sistem tenaga listrik. Perubahan yang terjadi jika peralihan ke layanan listrik prabayar hanya menggantikan kWh meter yang sebelumnya analog hanya untuk menghitung jumlah listrik yang terpakai, sedangkan meteran listrik prabayar menggunakan kWh khusus yang dapat disetorkan ke pulsa/token/ruangan listrik , dan ketika token daya habis, daya akan mati secara otomatis.

Namun PLN tidak mewajibkan pelanggan menggunakan listrik prabayar, PLN hanya memberikan pilihan kepada pelanggan untuk menggunakan listrik prabayar atau pascabayar

Alamat Pt Pln Persero Kantor Pusat

Perhitungan meteran listrik pintar KWH sama dengan KWH meter analog, karena sudah melewati tahap standarisasi Tera (tidak lebih mahal), dan harga listrik Rp/kWh diatur pada saat penyesuaian tarif listrik melalui Menteri Energi. dan Peraturan Sumber Daya Mineral No. 31 Tahun 2014 tentang Tarif Tenaga Listrik yang Disediakan Oleh PT PLN (Persero). Yang menentukan hemat atau borosnya adalah perilaku konsumen dalam menggunakan peralatan listrik. Seperti halnya telepon seluler, orang yang menggunakan kartu prabayar cenderung menghemat uang, sedangkan orang yang menggunakan kartu pascabayar cenderung lebih berhemat karena kendalinya lebih kecil. Keuntungan listrik prabayar:

Baca Juga:  Cara Cek Jadwal Keberangkatan Haji Berdasarkan Nomor Porsi

Profil Anak Perusahaan Pln Batubara, Ada Yang Masih Seumur Jagung Halaman All

Token adalah angka 20 digit yang dimasukkan ke dalam meteran kas saat Anda mengisi daya listrik. Nilai token prabayar terdiri dari unsur kWh, PPJ dan stempel. Nilai Token (Token untuk isi ulang di ATM, toko online atau titik pembayaran: 20.000 rupiah, 50.000 rupiah, 100.000 rupiah, 250.000 rupiah, 500.000 rupiah, 500.000 rupiah dan 1.000.000 rupiah dan 1.000.000 rupiah, -)

Lainnya: Joko Raharjo Abumanan (Pj Dirut periode Mei s/d Agustus 2019) Sripeni Inten Kahyani (Plt Dirut periode Agustus s/d Desember 2019) Pusdiklat PLN merupakan bagian dari PT PLN (Persero) yang berperan penting dalam pengembangan sumber daya manusia (SDM) . berkompeten dan dapat menjadi pilar sosok perusahaan. PLN Pusdiklat didirikan pada tahun 1973 berdasarkan surat keputusan direktur PLN no. 033.K/DIR/1973 tanggal 22 Agustus 1973 sebagai kelanjutan dari Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Tenaga Listrik No. 01/PRT/1973 yang mengatur tentang susunan dan tugas pokok lembaga pendidikan dan pelatihan. Dalam perjalanannya, terbentuklah organisasi Pelayanan Pendidikan dan Pelatihan (Jasdik) PT PLN (Persero) yang tergabung dalam Pusat Pengembangan Manajemen (PPM) PLN. berdasarkan Surat Keputusan Dewan Nomor 018.K/010/DIR/2008 tanggal 24 September 2008, PT PLN (Persero) Jasdik diubah menjadi Pusat Pendidikan dan Pelatihan PT PLN (Persero).

Pusdiklat PLN sebagai bagian dari perusahaan strategis PT PLN (Persero) mempunyai program pelatihan yang sangat baik. Pusdiklat PLN berupaya menjadi pusat pengetahuan untuk mengantisipasi dinamika kebutuhan listrik PLN, menjadi pusat rujukan pengetahuan di bidang ketenagalistrikan dan mampu proaktif mengidentifikasi tantangan ketenagalistrikan masa depan dengan kemajuan ilmu pengetahuan terkini, serta menjadi pengalaman pembelajaran yang fenomenal. / Kesatuan Roh.

Untuk mencapai hasil terbaik melalui peningkatan keterampilan staf di ekosistem bisnis PLN, diperkenalkanlah Corporate University. Corporate University didukung oleh unsur-unsur penting yaitu Pusdiklat PLN sebagai penyelenggara, Direksi sebagai Komite Pendidikan, serta KDIV dan Kepala Departemen sebagai Pengarah Pendidikan. Dukungan ketiga elemen tersebut menjamin produktivitas sistem pendidikan di Pusdiklat PLN

Pln Setor Dividen Rp2,19t Dan Pajak Rp35,33t Dinas Komunikasi Dan Informatika Provinsi Jawa Timur

Akta pendirian pt pln persero, alamat pln kantor pusat, contoh surat lamaran kerja di pt pln persero, gaji pt pln persero, pt pln persero kantor pusat, pt pln persero pusat, pt pln persero tbk, kantor pusat pt pertamina persero, pln persero kantor pusat, alamat pt pln persero, profil pt pln persero, struktur organisasi pt pln persero kantor pusat

Tinggalkan Balasan