Materi Ujian Pppk Non Guru 2021

By | November 27, 2023
|

Materi Ujian Pppk Non Guru 2021 – Penulis: Nur Hidaya Pervitasari, – 20 Mei 2021 14:30 WIB | Diperbarui 13 September 2021 pukul 14:59 WIB

PPPK adalah pegawai ASN yang ditunjuk sebagai pegawai berdasarkan kontrak kerja. Berbeda dengan PNS, PPPK bukanlah pegawai tetap pemerintah. PPPK terbagi menjadi dua, yaitu PPPK guru dan PPPK non guru.

Materi Ujian Pppk Non Guru 2021

Materi Ujian Pppk Non Guru 2021

Setelah itu dilanjutkan dengan rangkaian tes seleksi pada Juli-Oktober 2021. Sedangkan pengumuman kelulusan akan disiarkan pada November 2021. Batas waktu penyerahan dan penetapan NIP selanjutnya dimulai pada November 2021 hingga Januari 2022.

Berita Kategori Cpns

Tahun ini, usia minimal untuk mendaftar adalah 18 tahun dan maksimal 35 tahun, seperti yang diumumkan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenpanRB) Tyahjo Kumolo.

“Setiap warga negara Indonesia dapat melamar menjadi CPNS dengan usia minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun pada saat melamar,” kata Tyahjo Kumolo dalam siaran pers, Jumat (09/04/2021).

Namun, batasan usia bagi pelamar untuk jabatan guru, peneliti, insinyur, dokter termasuk dokter gigi, pendidik klinis, dan spesialis medis lebih tinggi, yaitu 40 tahun.

ASN adalah singkatan dari Aparatur Sipil Negara. Istilah ini pertama kali dirumuskan pada tahun 2014 berdasarkan UU No. 5 Tahun 2014 (UU). Dalam undang-undang tersebut, ASN diartikan sebagai profesi pegawai negeri sipil dan pegawai negeri sipil yang bekerja di lingkungan pemerintah berdasarkan kontrak kerja.

Ini Jadwal Tes Pppk 2021 Khusus Pelamar Positif Covid 19

Dengan kata lain ASN adalah aparatur pemerintah yang meliputi PNS dan PPPK. Hal ini sesuai dengan Pasal 6 UU No. 5 Tahun 2014, yang mengatur:

Calon ASN yang selanjutnya disingkat CASN adalah calon pegawai negeri sipil yang lolos seleksi CASN, baik yang berstatus PNS maupun PPPK. Pemilu CASN 2021 sendiri merupakan pemilu tahunan yang diadakan untuk rekrutmen pegawai pemerintah, termasuk PNS dan PPPK.

Proses rekrutmen atau seleksi CASN 2021 meliputi rekrutmen siswa sekolah dinas, calon pegawai negeri sipil (CPNS), dan calon PPPK. Pelamar yang lolos rekrutmen CASN kemudian diberikan status ASN.

Materi Ujian Pppk Non Guru 2021

Istilah PNS sudah lama digunakan untuk menggambarkan status kepegawaian pegawai pemerintah di Indonesia. Ketentuan ini ditegaskan kembali dalam Pasal 7 UU No. 5 Tahun 2014 yang mengatur bahwa PNS adalah pekerja ASN yang ditetapkan sebagai pekerja tetap oleh Pengawas Kepegawaian dan memiliki Nomor Pokok Pegawai Nasional (NIP).

Skd Casn Dan Pppk Non Guru Pemkab Pasuruan Tahun 2021, Mulai Digelar

Singkatnya, PNS adalah pegawai tetap pemerintah dan menerima berbagai macam tunjangan termasuk gaji, tunjangan, pensiun, jaminan hari tua, perlindungan dan pengembangan profesi. Calon Pegawai Negeri Sipil Tetap ini kemudian dikenal dengan sebutan Calon Pegawai Negeri Sipil atau CPNS.

Baca Juga:  Lowongan Ppsu Dki Jakarta 2021

Pada tahun ini, proses rekrutmen CPNS dilakukan bersamaan dengan proses rekrutmen CASN. Pada tahun-tahun sebelumnya (sebelum adanya program PPPK dan istilah ASN), rekrutmen CPNS dilakukan sendiri sebagai agenda tahunan dengan istilah Seleksi CPNS. Pelamar seleksi CPNS yang memenuhi syarat dan lulus ujian disebut PNS.

Masih berbicara undang-undang yang sama, pengertian PPPK tahun 2014 terdapat pada pasal 7 UU no.5. PPPK adalah pegawai PSS yang diangkat menjadi pegawai berdasarkan kontrak kerja oleh Pejabat Pembina Kepegawaian berdasarkan kebutuhan organisasi. Instansi Pemerintah dan Ketentuan Hukum.

Berbeda dengan PNS, PPPK bukanlah pegawai tetap pemerintah. Karena statusnya tidak tetap, maka fasilitas yang didapat tentu berbeda dengan PNS. Sesuai dengan Pasal 22 UU No. 5 Tahun 2014, hak PPPK meliputi upah dan tunjangan, hari libur, perlindungan dan pembangunan.

Pendaftaran Seleksi Cpns Dan Pppk 2021 Resmi Diundur, Bkn Keluarkan Surat Keputusan Baru, Apa Isinya?

Fasilitas ini sedikit berbeda dengan PNS yang menerima pensiun dan jaminan hari tua. Selain itu, yang membedakannya dengan PNS adalah PPPK tidak mendapat NIP nasional karena tidak berstatus pegawai tetap.

Status kepegawaian PPPK juga terbagi menjadi dua jenis, yaitu PPPK guru dan PPPK non guru. Guru CASN PPPK 2021 bisa diisi seleksi.

Konferensi pers Kementerian PANRB pada 9 April 2021 menyebutkan ada sejumlah dokumen persyaratan yang harus disiapkan calon pelamar.

Materi Ujian Pppk Non Guru 2021

Selain memenuhi syarat dokumentasi, pelamar program PPPK juga harus memenuhi beberapa kriteria. Kriteria pemohon PPPK diatur dalam Pasal 16 Peraturan Pemerintah (PP) no. 49 Tahun 2018. Kriteria tersebut antara lain:

Link Pengumuman Hasil Seleksi Kompetensi Pppk Guru 2021

Sementara itu, ada tambahan kriteria bagi pelamar PPPK Guru 2021. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengumumkan ada tiga kriteria pelamar yang bisa mengikuti seleksi PPPK Guru 2021. Kriteria tersebut meliputi:

Pelatihan ini terbuka untuk umum, penyandang disabilitas, putra-putri Papua dan Papua Barat serta lulusan berprestasi. Selain itu, dokumen yang diperlukan untuk pendaftaran adalah: Catat jenis kualifikasi dan batas nilai minimal yang harus dipenuhi untuk lolos ujian seleksi jabatan fungsional PPPK non-pengajar tahun 2021.

Bisnis.com, SOLO – Badan Layanan Umum Negara (BKN) kembali membuka seleksi pegawai negeri tanpa kontrak kerja (PPPK) untuk jabatan fungsional (JK).

Dilansir dari akun Instagram BKN, ada beberapa keterampilan yang akan diujikan kepada peserta PPPK Non Guru JK, yaitu seleksi keterampilan teknis, seleksi keterampilan sosial budaya, seleksi kepemimpinan, dan wawancara.

Apakah Materi Pppk Non Guru 2021 Sama Dengan Pppk Guru?

Seleksi ini dilakukan untuk mengetahui pengetahuan, keterampilan dan sikap pelamar. Materi yang diujikan berkaitan dengan desain aplikasi itu sendiri, dengan jumlah total 90 soal.

Sedangkan nilai ambang batas yang ditetapkan bervariasi, berkisar antara 203 hingga 293 satuan, yang disesuaikan dengan formasi yang diambil. Maka skor kumulatif maksimal yang bisa diraih adalah 450 poin.

Baca Juga:  Lowongan Kerja Di Jambi Untuk Wanita

Seleksi keterampilan manajerial ini dilakukan untuk mengetahui pengetahuan, keterampilan dan sikap yang relevan dengan organisasi. Terdiri dari 25 soal dengan bobot tertinggi 4 nilai dan terendah 1 nilai. Nilai ambang batas yang harus dipertahankan adalah 130 poin.

Materi Ujian Pppk Non Guru 2021

Seleksi ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuan, keterampilan dan sikap yang berkaitan dengan interaksi dalam masyarakat, dari aspek agama, suku, budaya, gagasan kebangsaan, etika, nilai, moral, emosi dan prinsip.

Nilai Ambang Batas Seleksi Pppk Guru Dan Non Guru

Jumlah soal yang harus dijawab dalam waktu 120 menit (untuk peserta umum) dan 150 menit (untuk penyandang disabilitas) adalah 20 nilai dengan nilai ambang batas sebesar 130 nilai.

Wawancara penyaringan kemudian dilakukan untuk mengetahui integritas dan moral pelamar. Peserta akan mendapatkan 10 soal dalam waktu 10 menit, dimana skor tertinggi bernilai 4 poin dan skor terendah bernilai 1 poin. Sedangkan nilai ambang batas yang harus dipertahankan adalah 24 poin.

Dapatkan informasi lengkap di Bisnis.com yang dikembangkan secara detail untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel konten premium. Tangkapan layar pemaparan di media sosial Keputusan Menteri PANRB tentang Nilai Ambang Batas PPPK Guru dan Non Guru PPPK 2021, Virtual, Jumat (03/09).

JAKARTA – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), selain menetapkan nilai batas seleksi PPPK bagi pegawai pemerintah dengan kontrak kerja guru (PPPK), juga menetapkan nilai batas seleksi PPPK bagi fungsional non-pengajar. posisi (JF). ). Ketentuan ini tertuang dalam Keputusan Menteri PANRB Nomor 1128 Tahun 2021.

Sistem Layanan Program Seri Belajar Mandiri Calon Guru Asn Pppk

Plt. Asisten Deputi Katmoko Ari Sambodo Kementerian Perencanaan SDM dan Pengadaan Peralatan PANRB menjelaskan aturan tersebut memuat jenis seleksi keterampilan yang akan diujikan, nilai ambang batas, serta durasi kerja dan jumlah soal. Seleksi kompetensi ada empat jenis yang terdiri dari kompetensi teknis, kompetensi manajerial, kompetensi sosial budaya dan wawancara.

Nilai ambang batas seleksi kompetensi teknis bervariasi antara 203 hingga 293 tergantung bidang teknis jabatan pelamar dan dapat dilihat pada lampiran keputusan menteri no. 1128/2021 “Sementara untuk seleksi kemampuan manajerial dan sosial budaya masing-masing 130, dan nilai ambang batas wawancaranya 24”, jelas Ari dalam sosialisasi Keputusan Menteri PANRB tentang nilai ambang batas. guru PPPK dan non guru. PPPK, secara virtual, Jumat (03/09).

Lebih lanjut Ari mengungkapkan, peserta akan mengerjakan tiga materi seleksi keterampilan yaitu keterampilan teknis, manajerial, dan sosial budaya selama 120 menit, dilanjutkan dengan wawancara selama 10 menit. Selama 130 menit tersebut, peserta akan menghadapi total 145 soal.

Baca Juga:  Beasiswa Kuliah Yang Masih Dibuka

Materi Ujian Pppk Non Guru 2021

Keputusan Menteri yang ditandatangani Menteri PANRB Tyahjo Kumolo pada 1 September 2021 menjelaskan peserta akan mempertandingkan 90 soal kompetensi teknis, 25 soal kompetensi manajerial, dan 20 soal kompetensi sosial budaya. Sedangkan wawancara terdiri dari 10 pertanyaan.

Berbeda Dengan Cpns, Ketahui Materi Ujian Pppk 2022 Dan Bobotnya

Peserta PPPK JF dapat memperoleh total akumulasi poin maksimal 690. Sedangkan skor maksimal untuk kompetensi teknis adalah 450, kompetensi manajerial dan sosial budaya 200 dan wawancara 40.

Bobot evaluasi dibagi menjadi dua. Untuk kompetensi teknis, jawaban yang benar bernilai 5 poin, dan jawaban yang salah atau hilang bernilai 0. Untuk kelayakan manajerial dan wawancara, sebuah jawaban diberi bobot antara 1 dan 4 poin, dan 0 poin untuk tidak ada jawaban. Sedangkan tingkat bobot nilai respon kompetensi sosial budaya dimulai dari 1 poin dan 5 poin untuk bobot tertinggi.

Terdapat keleluasaan waktu bagi pelamar penyandang disabilitas sensorik penglihatan yang berbeda dengan kategori umum. Waktu tambahan yang diberikan untuk memilih skill adalah 30 menit dengan total 150 menit. Tambahan waktu wawancara adalah 15 menit. “Jadi total waktu seleksi kompetensi PPPK JF bagi penyandang disabilitas sensorik netra adalah 165 menit,” lanjut Ari.

Penetapan nilai ambang batas tersebut dikatakan sebagai penetapan standar agar PPPK yang direkrut mempunyai standar kompetensi teknis, manajerial, dan sosial budaya sesuai dengan kebutuhan jabatan dan perannya sebagai penyelenggara publik dan pegawai negeri sipil. Dengan demikian, dengan adanya ambang batas tersebut dapat mewujudkan PPPK yang bersih, kompeten, dan bermanfaat serta dapat memenuhi nilai dasar ASN dengan AXLAK.

Pengumuman Ketentuan Pelaksanaan Tes Kompetensi I Seleksi P3k

Pada kesempatan tersebut Ari juga menjelaskan materi seleksi keterampilan yang akan diujikan. Materi yang akan diujikan pada PPPK JF tidak berbeda dengan materi yang akan diujikan pada Guru PPPK.

Materi soal kompetensi teknis akan menguji dan menilai penguasaan pengetahuan, keterampilan dan sikap serta perilaku yang dapat diamati, diukur dan dikembangkan. Pertanyaan keterampilan teknis relevan dengan setiap posisi yang Anda lamar.

Misalnya, ahli arsiparis pertama-tama akan menghadapi masalah kearsipan. Sama halnya dengan lembaga kehumasan, permasalahan yang akan dihadapinya adalah masalah kehumasan. Namun materi soalnya akan berbeda dengan materi soal SKB seleksi CPNS karena sasaran PPPK berbeda dengan CPNS, kata Ari.

Materi Ujian Pppk Non Guru 2021

Pada saat yang sama, kompetensi manajerial akan dievaluasi

Soal Tes Wawancara P3k

Soal ujian pppk non guru 2021, contoh pppk non guru, syarat pppk non guru, ujian pppk non guru, materi ujian pppk guru, jadwal ujian pppk non guru 2021, ujian pppk non guru 2021, cpns pppk non guru, pppk non guru, soal ujian pppk non guru, ujian pppk guru, soal ujian pppk guru

Tinggalkan Balasan