Jurusan Kuliah Ips Yang Jarang Diminati Tapi Menjanjikan

By | November 6, 2023
|

Jurusan Kuliah Ips Yang Jarang Diminati Tapi Menjanjikan – Memilih sekolah menengah bukanlah tugas yang mudah. Juga bagi calon mahasiswa yang ingin menekuni bidang Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).

Seiring berjalannya waktu, beberapa mata kuliah sosiologi kurang diminati oleh calon mahasiswa, padahal mata kuliah tersebut memiliki peluang karir masa depan yang menjanjikan.

Jurusan Kuliah Ips Yang Jarang Diminati Tapi Menjanjikan

Jurusan Kuliah Ips Yang Jarang Diminati Tapi Menjanjikan

Oleh karena itu, pada artikel kali ini kita akan membahas 7 jurusan IPS yang tidak populer, namun memiliki peluang karir yang menjanjikan. Yuk cari tahu lebih detail!

Daftar Jurusan Kuliah Ips Yang Jarang Diminati

Antropologi adalah ilmu tentang manusia dan kebudayaannya. Keahlian ini kurang begitu populer karena dianggap tidak populer di kalangan calon mahasiswa.

Bahkan, dengan jurusan ini, mahasiswa bisa bekerja sebagai arkeolog atau arkeolog, seringkali bekerja di museum atau lembaga penelitian.

Mahasiswa antropologi juga dapat bekerja sebagai konsultan di bidang kebijakan publik, hubungan internasional, atau sektor industri, khususnya dalam memahami perilaku konsumen.

Posisi karir lain yang tersedia bagi lulusan komunikasi termasuk jurnalis, manajer pemasaran dan konsultan PR.

Portal Karir Kolaborasi

Namun, lulusan sosiologi memiliki banyak peluang karir di sektor publik dan swasta, termasuk kesehatan, pendidikan, penelitian dan kebijakan publik.

Beberapa posisi profesional yang dapat diambil oleh mahasiswa sosiologi adalah analis kebijakan, peneliti, konsultan perencanaan, dan manajer risiko.

Jurusan ini mencakup topik-topik seperti perubahan iklim, pengelolaan limbah, dan energi terbarukan. Banyak perusahaan dan organisasi mencari pakar lingkungan untuk membantu

Jurusan Kuliah Ips Yang Jarang Diminati Tapi Menjanjikan

Mereka mengembangkan kebijakan dan prosedur lingkungan. Peluang karir bagi lulusan lingkungan hidup juga terbuka di sektor publik, dimana mereka dapat bekerja di bidang lingkungan hidup atau energi.

Jurusan Paling Diminati Anak Ips 0

Jurusan ini mengkaji bagaimana mengembangkan usaha mikro, kecil dan menengah untuk menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan perekonomian daerah.

Siswa yang mempelajari studi perempuan dan gender dapat bekerja di organisasi nirlaba, pemerintah, atau perusahaan swasta yang fokus pada kesetaraan gender dan hak-hak perempuan.

Jurusan Antropologi Hubungan Internasional dalam Sosiologi Jurusan ilmu-ilmu sosial yang tidak populer dan seringkali tidak populer tetapi menjanjikan.

Informasi Anda akan digunakan untuk memverifikasi akun Anda jika Anda memerlukan bantuan atau jika aktivitas yang tidak biasa terdeteksi di akun Anda. Begitu banyaknya pilihan perguruan tinggi untuk senior terkadang membingungkan bagi mahasiswa baru. Terutama bagi para sosiolog yang ingin mendapatkan informasi lebih lanjut tentang apa yang dipelajarinya di sekolah. Di bawah ini adalah 10 teratas untuk mahasiswa sosiologi.

Jurusan Kuliah Cocok Untuk Pendiam Dan Pemalu Sun Edu

Berbeda dengan anak-anak sains, anak-anak IPS sering kali lebih suka menghafal rumus daripada matematika atau sains lainnya. Kebiasaan mempelajari banyak ilmu-ilmu sosial juga menjadikannya sangat sosial dan mudah bergaul.

Baca Juga:  Lowongan Kerja Bumn Di Bali

Lantas, topik apa saja yang cocok untuk mahasiswa IPS? Agar tidak salah memilih jurusan, simak dulu 10 jurusan terbaik untuk mahasiswa Sosiologi Umum di halaman resmi Go Kampus di gokampus.com pada Senin (15/11/2021) di bawah ini. .

Perguruan tinggi besar yang pertama untuk jurusan sosiologi adalah psikologi. Psikologi adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku, pikiran dan budi manusia. Mahasiswa psikologi dianggap psikolog karena mereka tahu cara membaca dan senang mengamati perilaku orang-orang di sekitarnya. Terbuka peluang untuk memperoleh pendidikan psikologi yang lebih tinggi, dimulai dari HRD, peneliti dan psikolog.

Jurusan Kuliah Ips Yang Jarang Diminati Tapi Menjanjikan

Prioritas berikutnya bagi mahasiswa sosialis adalah sastra. Jika Anda senang belajar bahasa baru, jurusan sastra adalah jurusan perguruan tinggi yang tepat untuk mahasiswa ilmu sosial. Anak-anak sastra mempelajari tidak hanya bahasa Inggris, tetapi juga bahasa asing yang semakin populer, seperti sastra Jerman, sastra Perancis, sastra Rusia, sastra Jawa, dll. Pilih publikasi mana yang sesuai dengan minat Anda dan temukan peluang kerja yang bagus sebagai penerjemah, jurnalis, dosen, bahkan bekerja di kedutaan.

Jurusan Kuliah Ips Yang Jarang Diminati Tapi Menjanjikan

Departemen Hubungan Internasional juga sering menjadi rumah bagi mahasiswa ilmu sosial yang tertarik dengan kebijakan luar negeri. Karena topik ini bisa dikatakan salah satu yang paling populer dalam ilmu sosial, karena selalu menjadi incaran banyak pelajar Indonesia. Mahasiswa HI belajar banyak tentang hubungan dan kerjasama internasional, diplomasi, kebijakan luar negeri, ekonomi luar negeri, ilmu sosial, dan banyak lagi. Para pelajar ini bisa memilih banyak jabatan tingkat tinggi, seperti perwira, guru, PNS, jurnalis, bahkan pimpinan Kementerian Luar Negeri.

Banyak anak muda saat ini yang bukan pekerja, namun berani membuka lapangan kerja baru. Oleh karena itu, mata pelajaran ini cocok bagi siswa IPS yang ingin menjadi pebisnis atau wirausaha. Namun jurusan ini tidak hanya membuka pemahaman tentang bisnis, tetapi juga membuka peluang karir menarik di masa depan. Mereka belajar tentang keuangan, bisnis, ekonomi, inflasi, bisnis dan banyak lagi. Jalur karir yang dapat ditempuh antara lain analisis investasi, akuntan, penasihat keuangan, akuntan pajak, wirausaha, dan banyak lagi.

Dunia televisi dan media yang bergerak cepat membutuhkan orang-orang kreatif. Inilah sebabnya mengapa lingkungan persaingan bagi mahasiswa di bidang ini tetap ketat di beberapa universitas jurnalisme/penyiaran. Program pelatihan jurnalistik ini akan membantu mempertajam seluruh kemampuan berpikir Anda, tidak hanya membuat Anda menjadi lebih kritis, tetapi Anda juga akan memperdalam keterampilan menulis, berbicara di depan umum, dan memecahkan masalah. Sebagai mahasiswa sastra, Anda juga dapat mengejar berbagai karir seperti televisi, jurnalis atau radio, editor media, produser berita, analis berita, peneliti dan profesional lainnya.

Baca Juga:  Placement Test Bahasa Inggris Pdf

Perguruan tinggi unggulan mahasiswa sosiologi ini sangat cocok bagi Anda yang ingin menjadi anggota parlemen atau politikus. Ilmu Politik merupakan bidang yang sangat menarik untuk dipelajari karena Anda akan mempelajari berbagai mata pelajaran seperti Sosiologi, Antropologi, Hak Asasi Manusia (HAM) serta sistem politik luar negeri. Meski terdengar sulit, namun peluang karir yang ada di jurusan ilmu politik tidak hanya mengantarkan mahasiswa menjadi politisi, dengan minat dan bakat yang cukup, mahasiswa bisa menjadi analis politik, guru, peneliti, komentator politik, bahkan bekerja di bidang lain. seperti ekonomi dan bisnis. .

Jurusan Kuliah Ips Yang Jarang Diminati Tapi Menjanjikan, Apa Saja?

Sosiologi merupakan mata pelajaran besar berikutnya bagi mahasiswa sosiologi. Sosiologi merupakan ilmu yang mempelajari hubungan antara setiap orang dan bagaimana norma-norma sosial terbentuk dalam masyarakat. Lulusan sosiologi pasti akan mengabdikan diri untuk membantu masyarakat, seperti menjadi pendidik atau peneliti, mengikuti organisasi kemasyarakatan, dan kegiatan lain yang berkaitan dengan pengembangan masyarakat.

Fakultas Hukum merupakan fakultas besar dengan peluang karir yang sangat cerah dan teratur. Tidak mengherankan jika Hukum Agung mempunyai banyak pengikut. Ilmu hukum akan membekali mahasiswa dengan pengetahuan tentang hukum pidana dan perdata, hukum perpajakan, hukum internasional, filsafat hukum, hukum bisnis, dll.

Meski masih jarang, topik ini mempunyai peluang karir yang menjanjikan di masa depan. Mata kuliah Manajemen Keuangan ini cocok bagi mahasiswa IPS yang tertarik mempelajari aspek aset publik dan pengelolaan keuangan secara mendalam dan mendalam, termasuk perpajakan dan kebijakan keuangan. Prospek karir pengelola keuangan juga sangat luas, seperti menjadi dosen, peneliti, manajer imigrasi dan bea cukai, perencana pajak, pekerja sosial dan berbagai profesi lainnya untuk Anda.

Jurusan Kuliah Ips Yang Jarang Diminati Tapi Menjanjikan

Bagi kamu yang menyukai bahasa Inggris dan ingin bekerja di bidang pariwisata/perhotelan, kamu bisa mengambil jurusan manajemen perhotelan. Siswa manajemen hotel mempelajari semua tentang perencanaan akomodasi, manajemen, administrasi dan layanan. Jangan khawatir dengan peluang kerja karena bidang yang bisa Anda geluti setelah lulus juga beragam seperti penyelenggara pertemuan, manajer hotel, manajer katering, manajer akomodasi, chef dan lain-lain. Inilah 10 spesialisasi sosiologi yang paling banyak diminati. Jika ada yang cocok, segera cari informasi lebih lanjut mengenai perguruan tinggi yang ingin Anda masuki. Jurusan Ilmu Sosial atau IPS bisa dipilih oleh siswa SMA yang akan melanjutkan ke perguruan tinggi.

Jurusan Kuliah Ips Yang Menjamin Masa Depan Disertai Prospek Kerja

Ada beberapa jurusan sosiologi populer yang banyak dipilih mahasiswa, seperti manajemen dan bisnis, akuntansi, komunikasi, pendidikan, psikologi, dan masih banyak jurusan ilmu sosial populer lainnya.

Namun ada juga jurusan khusus sosiologi yang jarang diminati, namun dinilai menjanjikan karena terbukanya lapangan kerja setelah lulus.

Bagi mahasiswa sosiologi, jurusan IPS yang jarang diminati namun menjanjikan ini mungkin bisa menjadi pilihan saat masuk perguruan tinggi tahun depan.

Baca Juga:  Jurusan Kuliah Yang Kurang Diminati

Seperti dilansir laman Kementerian Perindustrian kemenperin.go.id, Minggu (29/10/2023), berikut 6 jurusan sosiologi yang jarang diminati namun memiliki peluang kerja yang bagus.

Intip Jurusan Akuntansi, Prodi Favorit Dengan Prospek Kerja Luas

Mata kuliah ini akan mempelajari kebudayaan manusia dahulu dan sekarang. Mahasiswa Departemen Arkeologi akan menganalisis peninggalan purbakala dan purbakala.

Sedangkan untuk peluang karir di Departemen Arkeologi, Anda bisa bekerja sebagai peneliti, teknisi atau pegawai museum.

Spesialisasi studi pemerintahan berikutnya adalah departemen manajemen keuangan. Mahasiswa departemen ini mempelajari dasar-dasar perpajakan, dasar-dasar kebijakan keuangan dan pengelolaan aset publik.

Jurusan Kuliah Ips Yang Jarang Diminati Tapi Menjanjikan

Setelah lulus, lulusan Departemen Manajemen Keuangan akan mampu menjadi peneliti, ilmuwan, petugas imigrasi, konsultan perencanaan pajak, namun tidak bisa menjadi petugas pajak.

Jurusan Kuliah Ips Yang Tak Kalah Populer Halaman All

Spesialisasi sosiologi yang paling tidak biasa namun menjanjikan berikutnya adalah Departemen Kriminologi. Keahlian ini jarang ditemukan karena hanya tersedia di beberapa universitas. Seperti Universitas Indonesia, Universitas Islam Riau dan Universitas Budi Luhur.

Mahasiswa kriminologi akan mempelajari teori dan praktik kriminologi di tingkat nasional dan internasional.

Jurusan sejarah merupakan jurusan sosiologi yang sangat luar biasa namun menjanjikan. Departemen ini tidak hanya akan mempelajari masa lalu, namun departemen sejarah juga akan mempelajari sejarah politik, ekonomi, budaya, militer, biografi, dan maritim.

Peluang karir di Fakultas Sejarah tidak terbatas pada profesi sejarawan. Peluang kerja di bidang ini banyak sekali mulai dari menjadi peneliti, penulis, kritikus dan berbagai bidang lain yang berhubungan dengan sejarah.

Ini 5 Jurusan Ips Yang Paling Dibutuhkan 5 Tahun Ke Depan

Jurusan sosiologi terpopuler kelima namun menjanjikan adalah jurusan filsafat. Meski sering dianggap sulit, hal ini dikarenakan jurusan filsafat membutuhkan bahasa yang baik dan pemikiran yang logis.

Siswa filsafat belajar banyak hal, mulai dari pentingnya pemecahan masalah hingga studi tentang perilaku dan peristiwa manusia.

Prospek kerja untuk spesialisasi ini juga sangat luas. Bagaimana menjadi diplomat, menjadi guru, menjadi penulis, menjadi penulis.

Jurusan Kuliah Ips Yang Jarang Diminati Tapi Menjanjikan

Dapatkan update dan berita setiap hari

Jurusan Ipa Yang Sepi Peminat Tapi Peluang Kerja Besar, Apa Saja?

Jurusan kuliah yang jarang diminati tapi menjanjikan untuk wanita, pekerjaan yang jarang diminati tapi menjanjikan, jurusan kuliah yang santai tapi menjanjikan, pekerjaan yang jarang diminati tapi gajinya besar, jurusan kuliah mudah tapi menjanjikan, jurusan kuliah ipa yang jarang diminati tapi menjanjikan untuk wanita, usaha yang jarang diminati tapi untung besar, jurusan ips yang menjanjikan, jurusan kuliah yang jarang diminati tapi menjanjikan, universitas yang jarang diminati, jurusan kuliah ips yang jarang diminati tapi menjanjikan nguli, jurusan kuliah yang kurang diminati tapi menjanjikan

Tinggalkan Balasan